Advertisements
Advertisements

5 Aplikasi Paling Boros Kuota Internet Yang Wajib Diketahui

Advertisements

Penggunaan media sosial kini tentu menjadi satu hal yang sudah terikat dengan kegiatan sehari-hari. Cukup dengan mengisi kuota internet maka aplikasi media sosial dapat digunakan sesuka hati. Akan tetapi beberapa diantaranya justru menjadi aplikasi paling boros kuota yang tentu membuat pengguna harus ekstra mengeluarkan biaya.

Pemakaian kuota internet yang boros dipengaruhi oleh banyaknya aktivitas yang digunakan pada aplikasi. Biasanya aplikasi ini memiliki tampilan berupa foto dan video yang akan terputar secara otomatis. Hal inilah yang kerap kali tidak disadari oleh pengguna sehingga lebih banyak menghabiskan kuota. Lantas apa saja aplikasi paling boros kuota? Simak ulasannya dibawah ini:

1. YouTube

Aplikasi YouTube merupakan aplikasi berbasis video yang sangat populer. Siapa yang tidak mengenal salah satu aplikasi pemutar video ini. Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan aplikasi layanan video streaming terbesar ini.

Menonton dengan durasi yang cukup lama pada aplikasi ini dapat menghabiskan banyak kuota. Apalagi kini YouTube telah mengeluarkan versi terbaru dengan adanya fitur autoplay pada video sehingga semakin boros. Untuk menghematnya, pengguna dapat mematikan fitur autoplay dan memilih tingkat kualitas video yang rendah atau sedang.

2. Twitter

Aplikasi ini telah menemani pengguna media sosial sejak tahun 2006. Kini Twitter menjadi aplikasi yang kembali ramai digunakan oleh masyarakat. Tampilannya yang berbasis teks justru disebut sebagai salah satu aplikasi paling boros kuota.

Penyebab borosnya kuota bisa diakibatkan karena adanya fitur autoplay foto dan video ketika melihat beranda. Selain itu, kini pengguna juga dapat menonton atau melakukan siaran langsung pada aplikasi ini. Untuk mengakalinya, pengguna bisa mengaktifkan mode hemat pada penggunaan data dengan membuka setelan dan akun.

3. Instagram

Aplikasi paling boros kuota selanjutnya adalah Instagram. Sama seperti aplikasi Twitter, Instagram memiliki tampilan berbasis foto dan video. Selain itu, Instagram dapat digunakan untuk mengunggah snapgram hingga melakukan siaran secara langsung.

Semakin sering pengguna melakukan scroll pada beranda, semakin banyak pula kuota yang dihabiskan. Pengguna akan semakin terlena sehingga lupa akan banyaknya kuota yang terkuras. Untuk mengatasinya, lakukan pengaturan dengan mengaktifkan mode penggunaan sedikit data yang terdapat pada penggunaan data seluler.

4. Facebook

Yang keempat adalah aplikasi media sosial terbesar di dunia, yaitu Facebook. Di Indonesia, aplikasi ini sendiri sudah cukup lama menemani keseharian pengguna media sosial. Saat masuk laman beranda pasti akan muncul banyak notifikasi dari pertemanan yang dibuat. Biasanya pada laman beranda akan tampil dalam bentuk status terbaru berupa foto atau video.

Selain foto dan video, Facebook kini meluncurkan fitur terbarunya yang dapat melakukan siaran secara langsung. Hal inilah yang semakin membuat kuota menjadi boros. Agar lebih hemat, matikan fitur autoplay atau gunakan dalam mode gratis.

5. Netflix

Siapa yang suka menonton film atau drama? Aplikasi Netflix tentu bukan hal asing lagi bagi kalangan penggemar tontonan film atau drama. Netflix kini menjadi aplikasi yang begitu populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini dapat terhubung melalui berbagai perangkat seperti ponsel, laptop, hingga televisi.

Banyaknya video yang dapat diputar secara langsung dapat membuat kuota semakin banyak terkuras. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh video yang ingin ditonton dari aplikasi Netflix ini. Untuk mencegah pemborosan kuota, atur kualitas video yang diputar menjadi mode rendah atau sedang pada penggunaan data.

Demikian 5 aplikasi paling boros kuota internet yang membuat pengguna terkadang lalai dalam pemakaiannya. Sejatinya, aplikasi ini dapat menjadi hiburan di tengah sibuknya kegiatan sehari-hari. Disamping itu, pengguna diharapkan untuk tidak berlebihan ketika menggunakan aplikasi media sosial, sehingga kuota menjadi lebih hemat dan uang tetap aman di dompet.