10 VPN Terbaik di Indonesia (Update September 2020)

Memilih layanan VPN terbaik bukanlah perkara yang mudah, terlebih karena terdapat ratusan aplikasi dan software yang memberikan jenis layanan yang sama.

Namun tim VPN.co.id sudah menjalankan uji teknis dan analisis terhadap lebih dari 200 layanan VPN di Indonesia.

Deretan tes yang dilakukan adalah tes keamanan, kualitas kecepatan, kebocoran data, anonimitas dan jaminan privasi. Semuanya kami lakukan terhadap layanan berbayar dan gratis untuk memastikan kualitas layanan masing-masing VPN.

Tes yang dilakukan selama beberapa bulan ini melibatkan beberapa praktisi network security dan technical analyst untuk memberikan rekomendasi ahli yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk kepeluan pengujian, kami menggunakan layanan internet dengan kecepatan yang sama dari dua ISP yang berbeda:

  • Indiehome (up to 10 Mbps)
  • FirstMedia (up to 30 Mbps)

Dari hasil tes tersebut, kami menyimpulkan 10 layanan VPN Terbaik di Indonesia berikut ini.

1. NordVPN – Paling Cepat dan Stabil di Indonesia

NordVPN menjadi salah satu layanan penyedia VPN di Indonesia dengan kualitas paling stabil dalam tes uji coba kami.

Kenapa kami bilang stabil?

Karena umumnya kecepatan internet kita akan berkurang saat menggunakan VPN, dibandingkan dengan saat tidak memakai VPN.

Namun saat menggunakan NordVPN, koneksi kecepatan internet seakan tidak berubah sama sekali. Padahal kami sudah menggunakan lokasi server USA.

Dari pengujian menggunakan provider internet Indiehome (up to 10Mbps). Bisa dilihat bahwa kualitas download dan uploadnya tetap cepat dan stabil.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing10 ms27,83 Mbps
Streaming12 ms26,13 Mbps
Downloading (Torrent)20 ms29,87 Mbps
Gaming35 ms29,64 Mbps

Selain memiliki lokasi server yang tersebar di seluruh dunia, NordVPN juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan streaming luar negeri yang diblokir seperti Netflix USA, Netflix UK dan Vimeo.

Untuk masalah keamanan dan privacy sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Selain menggunakan standar enkripsi tertinggi, AES-256, NordVPN juga menggunakan protokol OpenVPN dan IKEv2/IPSec, sehingga koneksi kamu dijamin aman dan tetap rahasia.

NordVPN juga memiliki fitur Double VPN, dimana koneksi kamu akan melewati dua jaringan VPN, artinya akan ada dua kali enkripsi yang membuat koneksi kamu sangat aman dan tidak bisa diretas atau dilacak oleh pihak manapun.

8,5

Rating VPN.co.id

8,0

Rating Pengguna


2. PrivateVPN – Aman dan Mudah Digunakan

PrivateVPN sudah lama menyandang predikat sebagai salah satu VPN yang “paling aman”. Setelah berkali-kali dilakukan pengujian kebocoran DNS, layanan yang satu ini berhasil menjaga keamanan privasi penggunanya secara sempurna.

Mungkin sebagian dari kita masih ingat bagaimana Indonesia menjadi salah satu target phising terbesar di Asia. Hal ini membuat banyak orang merasa tidak aman ketika melakukan transaksi online, apalagi jika melibatkan data pribadi seperti kartu kredit, rekening bank atau informasi penting lainnya.

Itulah mengapa penggunaan VPN sangat dianjurkan ketika kita akan melakukan transaksi keuangan yang melibatkan data pribadi, seperti misalnya saat melakukan pembelian online atau transaksi e-banking.

PrivateVPN telah menggunakan AES 256-bit encryption yang juga digunakan oleh pihak militer Amerika Serikat sebagai standar keamanannya.

Selain itu PrivateVPN juga menggunakan WireGuard®, sebuah protokol terbaru yang menggabungkan protokol OpenVPN dan IKEv2, untuk menjaga keamanan tanpa mengurangi kecepatan koneksi kamu.

Jika dilihat dari hasil tes kami, kecepatan PrivateVPN di Indonesia terbilang stabil.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing15 ms29,44 Mbps
Streaming26 ms27,13 Mbps
Downloading (Torrent)30 ms29,11 Mbps
Gaming17 ms28,05 Mbps

Dan hingga saat ini, PrivateVPN boleh berbangga menjadi salah satu layanan VPN yang tidak pernah mengalami kebocoran data di semua servernya.

8,4

Rating VPN.co.id

8,2

Rating Pengguna

3. ExpressVPN – Super Cepat dan Banyak Pilihan Lokasi Server

ExpressVPN memberikan jaminan kecepatan yang maksimal untuk menikmati layanan streaming dari seluruh lokasi di dunia.

Sebagai salah satu layanan VPN yang telah berdiri cukup lama, ExpressVPN memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat, seperti Split Tunneling dan Network Lock Kill Switch.

Namun yang menjadi alasan banyak pengguna Indonesia menggunakan ExpressVPN adalah karena pilihan lokasi server yang sangat banyak, tersebar di lebih dari 90 negara.

Bayangkan jika kamu ingin menonton film action di Netflix Spanyol hari ini dan besok ingin menghabiskan waktu untuk menonton semua drama di Netflix Korea Selatan, maka kamu tinggal memilih lokasi server yang sesuai negara tersebut.

Beberapa situs streaming membatasi kontennya untuk wilayah negara tertentu, maka jumlah server ExpressVPN yang banyak ini akan sangat membantu.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing12 ms28,53 Mbps
Streaming24 ms29,10 Mbps
Downloading (Torrent)30 ms21,87 Mbps
Gaming22 ms26,64 Mbps

Kamu bisa memilih server USA untuk “menyamar” menjadi pengguna asal Amerika hari ini, dan besok bisa memilih server Spanyol untuk mengakses situs-situs yang ditujukan bagi warga Spanyol.

Untuk keamanan, ExpressVPN memiliki fitur tambahan IP Address Masking & Anonymous browsing.

Yang menarik dari Anonymous browsing ini adalah kerahasiaan koneksi, sehingga di mata ISP (Indiehome, First Media, dll) kamu seakan sedang browing biasa tanpa menggunakan VPN.

9,0

Rating VPN.co.id

8,5

Rating Pengguna


4. Hide.me – Simple, Ringan dan Stabil

Hide.me memiliki banyak pengguna loyal di Indonesia terutama untuk mengatasi blokir situs yang dilakukan oleh pemerintah akhir-akhir ini.

Seiring waktu, Hide.me terus meningkatkan kualitas server dan kecepatannya. Dari hasil pengujian di bawah ini, kecepatan koneksi saat mengaktifkan Hide.me bisa stabil di level 10 Mbps pada jam sibuk (peak).

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing20 ms27,83 Mbps
Streaming17 ms29,13 Mbps
Downloading (Torrent)30 ms24,77 Mbps
Gaming19 ms29,74 Mbps

Software atau aplikasi Hide.me bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari laptop, PC hingga smartphone.

Dan yang menarik adalah ukuran app atau softwarenya sangat kecil, user interfacenya juga sangat simple dan mudah sekali digunakan bahkan bagi kamu yang belum pernah menggunakan VPN sebelumnya.

8,2

Rating VPN.co.id

8,0

Rating Pengguna


5. VirtualShield – Streaming Dimanapun Tanpa Blokir

VirtualShield memiliki beberapa fitur unik seperti Protection Plus dan Unrestricted Streaming, dimana kita dapat mengakses situs Netflix dan situs streaming negara manapun tanpa takut akan ketahuan dan diblokir secara mendadak.

Bagi kamu pecinta streaming pasti tahu bahwa Netflix atau Hulu bisa memblokir akses kamu jika ketahuan menggunakan VPN untuk mengakses konten yang bukan diperuntukkan bagi warga Indonesia.

Hal ini untuk menjaga agar konten film hanya bisa diakses sesuai dengan asal negara penggunanya. Terutama karena konten setiap negara itu berbeda-beda. Konten Netflix USA sangat berbeda dengan film-film yang ada di Netflix Indonesia.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing18 ms29,03 Mbps
Streaming19 ms29,13 Mbps
Downloading (Torrent)28 ms28,87 Mbps
Gaming31 ms27,04 Mbps

Namun dengan VirtualShield kamu bisa merasa tenang, karena fitur Unrestricted Streaming mereka bisa menjamin bahwa koneksi VPN kamu tidak akan terdeteksi oleh layanan streaming manapun.

VirtualShield juga sangat terkenal dengan kualitas keamanannya. VPN yang satu ini bisa menjaga kemananan koneksi kamu bahkan saat sedang berada di wifi publik seperti kafe dan wargame.

Layanan VirtualShield juga sangat direkomendasikan untuk mengamankan akses internet keluarga di rumah. Terutama untuk menjamin privasi data yang sifatnya pribadi.

8,4

Rating VPN.co.id

8,0

Rating Pengguna


6. Surfshark – Cepat, Aman & Cocok untuk Netflix

Layanan Surfshark terbilang baru, namun sudah menunjukkan “tajinya” di Indonesia. Hingga saat ini Surfshark telah digunakan oleh lebih dari 25.000 pengguna di Indonesia.

Selain kecepatannya yang stabil, Surfshark juga mudah digunakan di berbagai perangkat seperti Macbook, iPhone, perangkat android hingga laptop.

Ketika kami melakukan tes kecepatan dengan menggunakan layanan First Media, koneksi SurfShark tidak pernah terputus dan malah bisa lebih cepat dari koneksi aslinya.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing29 ms29,83 Mbps
Streaming18 ms28,12 Mbps
Downloading (Torrent)22 ms25,03 Mbps
Gaming31 ms27,64 Mbps

Banyak pengguna Indonesia yang menggunakan Surfshark untuk mengakses beberapa situs streaming yang diblokir seperti LK21 dan indoXXI.

Pilihan servernya juga banyak, ada lebih dari 1.700 server di 63 negara. Setiap server sudah memiliki proteksi DNS dan enkripsi masing-masing. Jadi dimanapun lokasi server yang kamu pilih, koneksi kamu akan tetap rahasia dan aman.

8,0

Rating VPN.co.id

8,5

Rating Pengguna


7. Windscribe – Terbaik Untuk Download dan Torrenting

Windscribe sering digunakan oleh mereka yang suka mendownload lagu melalui torrent. Hal ini karena Windscribe dikenal aman dan sangat cepat saat melakukan P2P file sharing.

Perusahaan VPN asal Canada ini memang tidak setenar nama besar lainnya, namun kualitas servernya sangat bagus.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing22 ms29,11 Mbps
Streaming26 ms25,53 Mbps
Downloading (Torrent)25 ms24,86 Mbps
Gaming21 ms28,66 Mbps

Buktinya kami bisa streaming Netflix versi US dengan kualitas HD dengan lancar.

Meskipun ada beberapa blokir negara yang tidak bisa ditembus seperti Netflix Canada dan Hulu versi Amerika Serikat. Tapi secara keseluruhan kualitasnya sangat baik terutama untuk keperluan torrenting atau downloading.

8,7

Rating VPN.co.id

8,2

Rating Pengguna


8. IPVanish – Melindungi Privasi dan Keamanan Perangkat

Yang diunggulkan dari IPVanish adalah tingkat keamanan dan privasinya yang tinggi. Selain memiliki kebijakan No-log Policy, IPVanish juga dapat membuka blokir semua situs di seluruh dunia tanpa terkecuali.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing27 ms28,80 Mbps
Streaming17 ms26,77 Mbps
Downloading (Torrent)29 ms21,27 Mbps
Gaming19 ms25,64 Mbps

Tim kami mencoba mengakses semua layanan streaming seperti Vimeo, Netflix UK, HBO Go dan Disney+, semua dapat diakses dengan lancar tanpa masalah. Termasuk situs-situs yang diblokir di Indonesia seperti Reddit dan Samehadaku.

8,5

Rating VPN.co.id

8,0

Rating Pengguna


9. PureVPN – Kecepatan Stabil dan Cocok Untuk Wifi Publik

Dengan fitur anonymous browsing, PureVPN menjamin lokasi dan aktivitas kamu tetap rahasia dan tidak bisa dilacak oleh siapapun, termasuk oleh ISP kamu.

Tim VPN.co.id mencoba melakukan pengetesan DNS dari berbagai server di seluruh dunia, dan tidak ada satupun lokasi IP asli kami yang terdeteksi.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing29 ms27,23 Mbps
Streaming19 ms25,13 Mbps
Downloading (Torrent)20 ms21,70 Mbps
Gaming33 ms26,64 Mbps

Dari segi kecepatan juga terbilang stabil, sehingga nyaman digunakan untuk streaming dan gaming.

PureVPN juga telah dilengkapi dengan enkripsi 256-bit untuk menjaga keamanan koneksi kamu, termasuk fitur Chameleon yang membuat kamu dapat mengakses berbagai situs di negara yang benar-benar memblokir VPN seperti Tiongkok dan Rusia.

Bagi kamu yang sering melakukan streaming di wifi umum seperti kafe dan internet di kampus, maka PureVPN sangat direkomendasikan untuk mencegah hacker menyadap laptop kamu.

8,5

Rating VPN.co.id

8,7

Rating Pengguna


10. Ivacy – Memblokir Semua Jenis Iklan dan Malware

Ivacy merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengakses layanan penting seperti e-banking atau pengiriman file perusahaan, karena Ivacy akan menjamin keamanan koneksi kamu dengan enkripsi 256-bit sesuai dengan standar militer Amerika Serikat.

Itu artinya koneksi kamu dijamin aman dan tidak bisa diretas oleh para hacker.

Tes kecepatan dengan Firstmedia
Test IndihomePingSpeed
Browsing11 ms29,13 Mbps
Streaming13 ms27,10 Mbps
Downloading (Torrent)30 ms20,07 Mbps
Gaming27 ms28,64 Mbps

Kamu juga pasti sering merasa terganggu dengan iklan pop-up yang muncul di situs streaming INDOXXI atau LK21.

Selain mengganggu, iklan tersebut juga berpotensi berbahaya yang bisa merusak perangkat kamu dengan virus dan malware.

Namun Ivacy memiliki fitur yang bisa memblokir semua jenis iklan berbahaya dan menjaga perangkat kamu tetap aman sekaligus memastikan koneksi kamu tetap stabil.

8,0

Rating VPN.co.id

8,5

Rating Pengguna