Tips Belajar Investasi Untuk Pemula Agar Terhindar Penipuan

Belajar Investasi Untuk Pemula
Belajar Investasi Untuk Pemula

Saat ini investasi sudah banyak menarik minat banyak orang tak hanya orang dewasa dengan finansial yang kuat, tetapi juga para anak millennial. Belajar investasi untuk pemula adalah hal terpenting untuk dilakukan sebelum memulai investasi. Terdapat beberapa tips untuk pemula yang bisa diterapkan yaitu:

Ingin Belajar Investasi ? Simak Tips dibawah Ini Khusus Untuk Pemula

1. Mempelajari Investasi Lebih Intens

Pemberitaan terhadap investasi palsu yang berujung dengan penipuan kerap beredar di berbagai pemberitaan. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi karena investor yang tidak mengerti detail jenis investasi yang digunakannya. Oleh sebab itu belajar investasi untuk pemula dengan lebih mendalam sangat dibutuhkan.

Hal ini tak hanya berlaku bagi pemula, tetapi juga untuk yang sudah memulainya terlebih dahulu. Tidak hanya itu penyesuaian kemampuan terhadap apa yang dibutuhkan dan tujuan dari investasi harus selaras. Jadi segala sesuatunya lebih teliti dan mendetail, sehingga bisa terhindar dari penipuan di kemudian hari.

2. Pilih yang Bisa Bertahan Serta Berkelanjutan

Berikutnya cara investasi untuk para pemula yang bisa diterapkan yaitu dengan memilih instrumen yang dapat bertahan dalam jangka panjang. Jenis instrumen yang dapat bertahan dan berkelanjutan dalam waktu yang lama bisa menjadi pilihan untuk pemula. Selain itu alasan dari suku bunga yang rendah dapat menjadi keuntungan yang diperoleh.

Jadi, sangat direkomendasikan untuk para pemula yang baru memulai Belajar Investasi untuk menggunakan cara tersebut. Contoh instrumennya yaitu seperti saham dan Reksadana. Keuntungan yang diperoleh dari instrumen tersebut bisa terus meningkat dengan berjalannya waktu.

3. Mulai dari Modal Kecil

Terkadang para pemula tidak sabar untuk memperoleh untung cepat dengan melakukan investasi, sehingga berani mengeluarkan modal besar. Ketika hal itu terjadi dan terdapat penurunan harga jual, para investor pemula biasanya akan merasa stress  akibat kerugian yang diterimanya. Oleh sebab itu para profesional menyarankan untuk mulai dengan modal kecil.

Selain meminimalisir kerugian dalam jumlah besar, para pemula pun akan lebih tenang ketika terjadi penurunan harga jual. Namun bukan menutup kemungkinan mulai dengan modal besar itu selalu merugi. Jika pemula dirasa sudah matang dan paham dengan konsep investasi sah-sah saja menggunakan modal besar.

4. Menetapkan Tujuan

Tujuan dari investasi biasanya tidak hanya untuk mengembangkan sejumlah dana yang dimiliki, tetapi ada hal lain yang ingin diperoleh biasanya. Mulailah dengan menetapkan jangka waktu untuk investasi, berapa jumlahnya, dan apa tujuan yang diinginkan. Contohnya investasi dilakukan dengan tujuan untuk melunasi DP mobil, membeli Apartemen, membeli tanah dan sebagainya dalam jangka waktu 15 tahun. Hal yang perlu dipikirkan jika sudah mengetahui tujuan dari investasi selanjutnya yaitu memilih instrumen yang tepat.

Penggunaan instrumen yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan tersebut bisa menggunakan investasi  saham atau Reksadana saham. Melakukan investasi lewat instrumen tersebut dipercaya dapat memperoleh hasil yang optimal sehingga target dan tujuan yang diinginkan pun tercapai.

5. Pelajari Resiko

Setiap jenis dari investasi yang tersedia pastinya mempunyai resiko berbeda masing-masingnya. Dimulai dari resiko kecil, rendah hingga tinggi pun ada. Oleh karena itu mempelajari dan memahami resiko sangat penting. Selain bisa terhindar dari yang namanya kerugian, investor juga bisa menganalisis sistem pasar saham terkini.

Maksudnya yaitu jika dengan mengetahui jenis investasi yang dipilih seharusnya para pemula juga sudah mengetahui kemungkinan resikonya. Hal ini memungkinkan para investor untuk dapat teliti dan cermat dalam memilih instrumen, karena sebelumnya sudah paham akan resiko yang dihadapi.

Demikianlah tips Belajar Investasi untuk pemula yang harus dipahami dengan baik sebelum memulai investasi. Proses belajar ini juga bisa dilakukan ketika sudah mulai berinvestasi. Seiring berjalannya waktu, kemampuan dan pengetahuan juga akan bertambah karena pengalaman yang dimiliki.

Exit mobile version