4 Cara Buka Situs Tanpa VPN dengan Aman

Cara Buka Situs Tanpa VPN
Cara Buka Situs Tanpa VPN

Cara Buka Situs Tanpa VPN dengan Aman – Meskipun di internet kita bisa mengakses banyak hal, mulai dari berita, informasi, tutorial, hingga entertainment. Namun tidak semua yang ada di internet dapat kita akses dengan mudah loh. Ada beberapa kategori website yang sengaja diblokir oleh pemerintah. Biasanya website tersebut ilegal dan tidak berada dalam pengawasan pemerintah.

Oleh karenanya untuk membuka situs yang diblokir pemerintah tersebut kita membutuhkan perangkat lunak atau pihak ketiga sebagai perantara. Salah satunya ialah VPN (Virtual Private Network). VPN adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Kenapa Harus Membuka Situs Tanpa VPN?

Sebenarnya ada beberapa alasan sih yang menjadi dasar kenapa orang tidak suka menggunakan VPN. Tapi sebelum kita melompat kesitu, alangkah baiknya kita mengetahui aplikasi VPN apa saja yang bisa anda pakai di artikel berikut ini.

Cara Buka Situs Tanpa VPN

Mungkin anda mengira menggunakan VPN itu memiliki benefit yang jauh lebih besar ketimbang tanpa VPN. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan VPN. Anda wajib menyimak penjelasan ini supaya bisa lebih luas dalam memandang penggunaan VPN untuk mengakses situs yang diblokir.

Kelebihan:

  • Kerahasiaan data lebih terjamin
  • IP komputer tidak mudah untuk diketahui secara langsung
  • Bisa mengakses jaringan di lokasi yang berbeda
  • Bisa membuka situs yang diblokir di suatu jaringan tertentu

Kekurangan:

  • Biasanya koneksi lebih lambat
  • Konfigurasi manual cukup rumit
  • Koneksi tidak stabil
  • Terdapat batasan pengguna (biasanya harus premium)

Salah satu opsi yang biasa diambil oleh pengguna internet ketika hendak mengakses web tersebut ialah dengan menggunakan VPN. Namun tahukah anda jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakses situs blokiran tanpa menggunakan VPN? Nah di artikel kali ini kami akan memberikan tutorial cara cara buka situs tanpa VPN.

Merubah DNS

DNS atau Domain Name System adalah sistem penamaan  hirarkis dan desentralisasi untuk komputer, layanan, atau sumber daya lain yang terhubung ke Internet atau jaringan pribadi. Dengan adanya DNS, sebuah layanan internet bisa diketahui dimana keberadaannya, karena ini merupakan informasi yang terbuka.

Merubah DNS merupakan cara yang paling mudah untuk membuka situs tanpa VPN. Namun cara ini harus dilakukan oleh anda yang benar benar paham. Karena jika salah, yang terjadi kita tidak bisa mengakses internet. Layanan internet kita tidak diketahui, karena kesalahan memasukan nomor DNS.

Untuk melakukan cara ini, anda cukup mengikuti langkah langkah merubah DNS:

Baca Juga:  Perusahaan Menjadi Target Serangan Phising via Email Outlook
  1. Temukan pengaturan jaringan dalam Control Panel.
  2. Buka Network & Internet > Network & Sharing Center. 
  3. Klik kanan pada connection dan pilih Properties. 
  4. Pilih Properties TCP/IPv4. 
  5. Pilih “Use the Following DNS Servers.” 
  6. Masukkan Server DNS Google secara manual (8.8.8.8; 8.8.4.4). 
  7. Klik OK untuk menyimpan dan keluar. 
  8. Anda sekarang menggunakan server DNS Google. 
  9. Situs yang diblokir oleh penyedia layanan internet Anda sekarang dapat dilihat.

Jadi intinya ialah anda harus mengganti nomor DNS, yang awalnya milik jaringan anda, harus diganti manual server DNS Google atau server DNS manapun, yang penting memiliki otoritas untuk akses situs yang diblokir tersebut.

Setelah anda menggunakan DNS, anda harus mengembalikan DNS tersebut ke semula. Karena dikhawatirkan akan terjadi masalah jaringan. Namun jika anda masih tetap ingin menggunakan DNS Google itu bukanlah sebuah masalah, yang terpenting anda dapat mengatasi troubleshooting seputar jaringan.

Sebelum menggunakan cara DNS, ada kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah penjelasannya.

Kelebihan:

  • Situs menjadi lebih mudah untuk diakses
  • Keamanan data terjamin aman
  • Meskipun IP Address berubah, alamat hostname tidak berubah
  • Konfigurasi jadi lebih mudah

Kekurangan:

  • Butuh sedikit pengetahuan tentang jaringan supaya mudah untuk diaplikasikan
  • Nama domain yang sangat terbatas
  • Pengguna memiliki keterbatasan penggunaan nama untuk situs

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan DNS untuk mengakses situs tanpa VPN, anda bisa lebih mempertimbangkan. Memang sih, jika penggunaan DNS dapat menjaga kerahasiaan data. Namun perlu dipertimbangkan kelemahannya.

Menggunakan Alamat IP

Terkadang yang diblokir bukanlah situsnya, tapi URL nya. Jadi untuk mengakali hal ini anda bisa menggunakan teknik alamat IP untuk mengakses URL tersebut. Sebelum menggunakan cara ini, anda diharuskan mengetahui alamat IP nya terlebih dahulu. Bagaimana cara mengetahui alamat IP sebuah situs?

  1. Klik ikon Windows + R. 
  2. Ketik “cmd” dan klik OK. 
  3. Tampilan command prompt akan muncul. 
  4. Tulis kata “ping” diikuti situs web yang diblokir. 
  5. Misal “ping situsweb.com”, tekan Enter. 
  6. Akan muncul alamat IP dari web tersebut. 
  7. Salin dan tempel alamat IP ke browser Anda. 

Kelebihan cara ini diantaranya ialah lebih aman dan tidak mempengaruhi jaringan yang digunakan. Namun kekurangannya ialah tidak semua situs membuka informasi tentang alamat IP nya. Jadi ada beberapa situs yang sengaja menyembunyikan IP mereka. Selain itu, tidak selalu URL yang diblokir, bisa jadi semuanya diblokir oleh jaringan kita.

Menggunakan Wayback Machine

Opsi lain Cara Buka Situs Tanpa VPN yang bisa anda ambil ialah dengan menggunakan Wayback Machine. Wayback Machine adalah sebuah situs yang mendokumentasikan konten yang ada di sebuah website. Frekuensi pendokumentasian konten di website cukup besar, jadi anda bisa melihat konten terupdate dari waktu ke waktu. 

Baca Juga:  Tor Browser: Pengertian dan Cara Menggunakan

Jika anda ingin mengakses sebuah situs yang diblokir dan tidak ingin menggunakan VPN atau DNS, anda bisa menggunakan Wayback Machine ini. Cara menggunakan wayback machine cukup mudah, anda hanya cukup mengunjungi archive.org. Disana anda cukup memasukan situs yang ingin anda buka. Dan setelah itu, tinggal atur saja waktu kapan yang ingin anda buka.

Situs archive ini juga bisa menampilkan sejarah sebuah domain. Ini menjadi sebuah cara mencari domain yang tepat dan berkualitas. Anda harus mengeceknya lewat wayback machine ini. Untuk membuka wayback machine juga tidak harus membutuhkan VPN, ganti DNS, atau ganti IP Address kok. Website wayback machine ini bisa diakses dimana saja.

Sebelum menggunakan Wayback Machine, alangkah baiknya anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Wayback Machine untuk membuka situs yang diblokir pemerintah tanpa VPN.

Kelebihan:

  • Lebih aman untuk segala jaringan. Anda tidak perlu khawatir jaringan anda terkena sadap atau semacamnya. Karena wayback machine sudah menjadi fasilitas umum di internet.
  • Tidak perlu ribet otak atik server, DNS, dan lain sebagainya. Jika anda tidak paham dengan dunia jaringan, tak ada salahnya untuk menggunakan ini.
  • Tidak melalui pihak ketiga. Berbeda dengan VPN atau proxy yang harus melalui pihak ketiga untuk mengakses sebuah situs. Dengan wayback machine, anda tidak membutuhkan itu. Karena wayback machine itu sendiri ialah hasil “jepretan” dari waktu ke waktu.

Kekurangan:

  • Archive tidak selalu menyimpan data sebuah situs dari waktu ke waktu. Jadi terkadang ada tanggal yang terlewatkan. Saran saya ketika menggunakan wayback machine, mundurlah waktu yang dekat dekat saja. Jangan terlalu jauh, karena waktu mundur dekat lebih update.
  • Menggunakan wayback machine terkadang malah bikin lemot. Bahkan terkadang anda tidak bisa membuka sebuah situs secara penuh. Namun cukup efektif lah untuk melihat situs tanpa VPN.

Menggunakan Web Proxy

Alternatif lain cara buka situs tanpa VPN ialah dengan memasukan link website yang diblokir pada web proxy. Ada banyak sekali web proxy yang bisa anda coba. Salah satu dari sekian banyak ialah CroxyProxy.com. 

Cara menggunakan situs web proxy di CroxyProxy cukuplah mudah. Anda tinggal memasukan link website yang diblokir oleh pemerintah. Dengan begitu, secara otomatis link tersebut akan terbuka. Jika anda khawatir dengan menggunakan web proxy akses internet menjadi turun, tenang saja, pasalnya kalau pun turun juga tidak terlalu signifikan.

Baca Juga:  Keuntungan Menggunakan Keyboard Logitech K120

Selain CroxyProxy, ada web proxy yang kami rekomendasikan lainnya, salah satunya ialah ProxySite.com. Proxy Site ini support dengan berbagai macam server, seperti server US dan Europe. Anda bisa memilih server mana yang ingin anda gunakan. Server yang anda gunakan pun juga bisa mempengaruhi kecepatan web proxy tersebut mengakses sebuah website.

Web proxy itu bisa anda gunakan gratis, untuk membuka situs yang diblokir. Tentu anda harus menggunakannya dengan bijak ya. Ada banyak kok sebenarnya situs situs bermanfaat yang diblokir oleh pemerintah. Untuk membuka situs tersebut bisa menggunakan web proxy ini.

Ada beberapa kelebihan dan kelemahan jika menggunakan web proxy. Kami akan memaparkan beberapa poin tersebut di artikel ini. Sehingga anda bisa membandingkan apakah ingin menggunakan web proxy atau tidak.

Kelebihan:

  • Terdapat fitur filtering untuk konten, waktu, dan pengguna.
  • Mengakses situs menjadi lebih cepat, untuk situs yang telah diakses sebelumnya. Karena di proxy nya tersebut sudah terdapat Direktori Cache yang memudahkan loading website.
  • Keamanan anda akan lebih terjaga. Karena dengan menggunakan proxy server, terdapat pembatas antara jaringan lokal dan luar. 

Kekurangan:

  • Untuk pertama kali mengakses sebuah situs memang membutuhkan waktu yang cukup lambat. Pasalnya proses permintaan data menempuh birokrasi yang sedikit lebih kompleks.
  • Bisa terjadi update konten yang lambat, karena biasanya ini bermasalah pada proxy server yang lambat dalam mengupdate cache.

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda? apakah worth it membuka situs tanpa VPN? Jika emang benar iya, maka anda bisa meninggalkan VPN anda sekarang dan mulai beralih ke cara cara diatas. Tapi tidak selamanya menggunakan VPN itu buruk. Bahkan di beberapa kondisi, VPN jauh lebih memudahkan dan memiliki benefit lebih besar ketimbang harus menggunakan cara alternatif tanpa VPN diatas.

Jika anda menggunakan VPN, maka alangkah baiknya anda menggunakan VPN yang terpercaya dan telah direkomendasikan oleh reviewer. Selain itu, untuk meningkatkan performa penggunaan VPN, anda tidak ada salahnya untuk mengupgrade VPN ke premium. Sehingga anda mendapatkan akses jaringan VPN banyak negara. Dan anda bisa memilih jaringan mana yang lebih stabil dan lebih cepat.

Jika anda memilih untuk menggunakan cara di atas, pastikan anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Pastikan anda menguasai dengan betul cara cara di atas, supaya bisa berjalan dengan optimal. Ada banyak kok tutorialnya di Youtube, anda bisa melihatnya.