Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 Via Aplikasi Bansos

Aplikasi bansos – Pemerintah genjot penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) pada 2022. Sejauh ini, BLT BBM telah disalurkan kepada 8.179.000 orang di 461 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Harus saya katakan, hingga saat ini pemerintah telah menyalurkan 8.179.000 orang (BLT BBM) dan telah berkembang menjadi 461 kabupaten dan kota. Kemarin 431 (Wilayah), sekarang 461 (Wilayah),” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi: Bantuan Sosial (Bansos) BLT BBM 2022 sebesar Rp 300.000 dua kali atau total Rp 600.000 yang dibayarkan dua kali angsuran melalui Indonesia Post.

Untuk daftar penerima bansos BBM BLT 2022 mengacu pada Data Terpadu Jaminan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Data ini tersedia untuk umum dan tersedia di Internet, Cek Namamu disini : >> Cek Data Penerima Bansos Melalui Aplikasi Bansos ini

Bagaimana Cara Cek Penerima BLT BBM 2022 via Aplikasi Bansos?

Langkah-langkah verifikasi penerima BLT BBM BLT Kemensos secara online melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Bansos adalah sebagai berikut:

1. Melalui Situs cekbansos.kemensos.go.id

Untuk verifikasi penerima Bantuan Sosial BBM BLT 2022 melalui website resmi Cekbansos.kemensos.go.id, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Akses laman https://cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, nama penerima manfaat sesuai KTP, dan ketikkan 8 huruf kode captcha yang tersedia
  • Pastikan data yang dimasukkan telah benar, lalu klik tombol “Cari Data”.

2. Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Download Aplikasi Bansos

Sedangkan cara pengecekan penerima BLT BBM dari Kementerian Sosial Tahun 2022 melalui aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Cek Bansos
  • Untuk mengakses daftar penerima manfaat BLT BBM, Anda harus memiliki akun yang bisa dibuat dengan klik tombol “Buat Akun”
  • Isikan informasi sesuai data kependudukan lantaran akan dipadankan dengan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), termasuk mengunggah foto KTP
  • Verifikasi akun menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui alamat email
  • Selanjutnya, login atau masuk ke aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terdaftar
  • Klik Menu “Cek Bansos”, lalu masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP
  • Setelah memastikan data yang diinputkan benar, klik tombol “Cari Data”.

Sistem Pencarian Daftar Penerima BLT 2022, baik melalui Aplikasi Pemeriksa Bantuan Sosial maupun website resmi Cekbansos.kemensos.go.id, akan menampilkan hasil pencarian penerima Bantuan Sosial Kementerian Sosial berdasarkan data yang dimasukkan.

Jika data yang dimasukkan termasuk dalam daftar penerima, akan ditampilkan informasi antara lain nama penerima, umur, dan jenis bantuan yang diterima. Sebaliknya, jika nama yang Anda cari tidak ada dalam daftar penerima Jamsostek, pesan “Tidak ada anggota/PM” akan muncul.

Perorangan yang bukan penerima Bansos BBM BLT 2022 dapat mendaftarkan diri melalui Bansos ke Kementerian Jamsostek.

Cara Daftar Penerima BBM BLT via Aplikasi Bansos

Anda dapat mendaftarkan atau mengusulkan penerima Bantuan Sosial BBM BLT 2022 melalui aplikasi Cek Bansos dengan cara sebagai berikut:

1. Login atau masuk ke aplikasi Bansos dengan akun yang telah terdaftar, lalu pilih menu ‘Daftar Usulan’
2. Pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat di lingkungannya
3. Isikan data kependudukan dari orang yang diusulkan atau didaftarkan sebagai penerima BLT BBM 2022, seperti nomor kartu keluarga, nama, tempat dan tanggal lahir, serta informasi lainnya yang dibutuhkan.
4. Setelah itu, unggah swafoto KTP dan foto kondisi rumah dari yang individu didaftarkan.
5. Apabila data yang diisikan telah benar, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai.

Anda bisa menunggu proses verifikasi oleh Kementerian Sosial yang akan dikirimkan ke alamat email Anda.

Keyword:
Google Playstore ,Update Google Playstore