2+ Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang yang Bisa Anda Coba

Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang
Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang

Jika dulu, pengisian formulir pendaftaran, kuisioner maupun data survey, dilakukan secara manual. Kini, dengan hadirnya Google Form, proses tersebut menjadi semakin mudah. Meskipun demikian, tetap saja, Google Form sering mengalami masalah. Misalnya Google Form yang tiba-tiba hilang, tidak bisa diakses dan lainnya. Jika hal ini terjadi, Anda bisa melakukan cara mengembalikan Google Form yang hilang, seperti yang akan dibahas kali ini.

Apa itu Google Form? Dan mengapa layanan Google yang satu ini sangat efektif untuk pengisian formulir, data survey, kuisioner, dan semacamnya? Anda juga bisa mengetahui jawabannya dalam pembahasan ini, berikut cara mengembalikan Google Form yang hilang  yang akan Anda ketahui sebentar lagi. Agar tidak membuat Anda semakin penasaran, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

 

Pengertian Hingga Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang

Cara Agar Google Form Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang bisa diakses secara gratis. Dimana dengan layanan ini, Anda bisa mengumpulkan informasi dari berbagai responden. Untuk dijadikan sebuah kuis, melengkapi data survey, dan yang lainnya.

Lebih jauh lagi, Google Form kini telah digunakan dalam pembuatan formulir pendaftaran. Bahkan, formulir lamaran kerja. Mengapa harus Google Form? Karena dengan menggunakan layanan Google yang satu ini, data yang dimasukkan, akan disimpan dengan aman.

Bukan itu saja, dengan menggunakan Google Form ini juga, Anda bisa melakukan pengeditan, menambahkan dan juga mengurangi data yang telah tersimpan sebelumnya. Cukup efektif, bukan? Meskipun demikian, dalam beberapa situasi, Google Form bisa tiba-tiba menghilang. Nah, jika hal ini terjadi pada Google Form yang Anda gunakan. Bagaimana cara mengembalikan Google Form yang hilang ini?

Bagaimana Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang?

Meskipun Google Form ini terbilang sangat efektif dalam menyimpan data yang diambil dari beberapa responden. Namun tak bisa dipungkiri, layanan Google yang satu ini juga, tak lepas dari berbagai masalah dan kendala.

✅TRENDING :  Begini 2+ Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF, Wajib Coba!

Seperti masalah Google Form yang tiba-tiba hilang. Bagi sebagian besar orang, hal ini tentunya akan membuat panik. Namun tidak bagi yang lainnya, terutama bagi yang telah mengetahui cara mengembalikan Google Form yang hilang.

Nah, agar Anda juga bisa mengembalikan Google Form yang hilang, dengan tanpa melibatkan orang lain. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya. Diantaranya :

 

1.Panduan Untuk Mengembalikan Google Form yang Hilang Karena Ditutup  

Google Form dilengkapi dengan fitur add on dan juga fitur limiter, yang salah satu fungsinya yaitu bisa membuka dan juga menutup Google Form secara otomatis. Dengan demikian, Google Form bisa saja hilang dengan sendirinya, saat fitur yang ada pada Google Form ini, melakukan penutupan secara otomatis.

Nah, jika hal ini terjadi. Tentunya, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuka kembali Google Form, untuk mengembalikan data yang sempat hilang. Caranya yaitu seperti berikut ini,

  • Buka Google Form yang telah ditutup secara otomatis tersebut
  • Kemudian pilih menu responses, dan klik menu tersebut
  • Jika menu responses sudah Anda klik, maka Anda bisa melanjutkan dengan menge-klik menu not accepting responses
  • Ubah menu tersebut hingga menjadi accepting responses
  • Langkah selanjutnya, yaitu dengan menge-klik menu preview, yang terletak di kanan bagian atas
  • Jika ternyata, dalam tampilan preview tersebut, data pada Google Form sudah muncul kembali. Maka cara mengembalikan Google Form dengan langkah-langkah tersebut, telah berhasil dilakukan

2. Mengembalikan Google Form yang Hilang Karena Terhapus  

Selain karena adanya fitur penutupan Google Form secara otomatis. Terkadang, Google Form bisa tiba-tiba hilang, dikarenakan secara tidak sengaja telah terhapus. Untuk mengembalikan Google Form yang hilang karena alasan ini. Terutama dalam mengembalikan data dari responden, yang juga ikut hilang, pada spreadsheet. Anda bisa melakukan hal-hal yang akan dibahas sebentar lagi.

✅TRENDING :  10+ Aplikasi Untuk Mengunci WA Terbaik

Namun sebelum membahas hal itu, perlu diketahui, bahwa dalam Google Form terdiri dari 3 tipe. Yaitu dokumen, spreadsheet dan juga slide. Sementara untuk penyimpanan yang lebih aman, dari ketiga tipe Google Form ini, bisa dilakukan pada Google Drive.

Nah, untuk pembahasan ini, akan diberikan cara mengembalikan Google Form yang hilang karena terhapus pada spreadsheet dan juga dari dokumen Google Form yang telah disimpan sebelumnya pada Google Drive. Adapun caranya kurang lebih seperti ini,

 

a.Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Google Form Berupa Spreadsheet

Cara Mengembalikan Google Form yang Hilang

Sebenarnya, Google Form telah dirancang agar fitur yang ada, tidak bisa menghapus data yang telah dimasukkan ke dalam salah satu layanan gratis dari Google ini. Namun,mungkin karena suatu hal, adakalanya data pada Google Form terhapus dengan tidak sengaja.

Nah, jika demikian adanya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

  • Buka Google Form dalam bentuk spreadsheet. Caranya dengan menge-klik tab dengan ikon persegi berwarna hijau dengan garis putih.
  • Lanjutkan dengan menge-klik opsi view responses in sheets. Posisi ikon dan opsi tersebut, di bagian kanan sebelah atas
  • Alihkan/slide opsi accepting responses ke kanan, hingga opsi tersebut menjadi aktif
  • Dengan demikian, secara otomatis, Anda akan diarahkan ke tab spreadsheet yang baru. Dimana dalam tab yang baru tersebut, semua data yang sebelumnya hilang karena terhapus, bisa muncul kembali

b.Mengembalikan Form yang Hilang Karena Terhapus di Google Drive

Bisa dibilang, Google Drive merupakan layanan Google lainnya, yang bisa digunakan untuk penyimpanan Google Form yang baru saja dibuat. Hal ini sebagai antisipasi, bilamana suatu saat Google Form tiba-tiba hilang, karena terhapus.

✅TRENDING :  15 AntiSpyware Android Terbaik (2021)

Adapun cara mengembalikan Google Form yang hilang, karena terhapus dengan melalui Google Drive ini, diantaranya :

  • Buka Google Drive di PC maupun hp android/smartphone Anda
  • Kemudian klik menu my drive
  • Cari file responses/data responden yang sesuai dengan yang dicari
  • Buka file tersebut, dan otomatis, data yang sebelumnya hilang, bisa muncul kembali
  • Copy file tersebut, dan simpan kembali di folder baru

c. Dengan Mengandalkan Menu Select Respondens

Cara ini bisa dilakukan untuk mengembalikan Google Form yang hilang karena terhapus. Baik itu yang berbentuk spreadsheet maupun yang berupa dokumen yang telah disimpan di Google Drive sebelumnya. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

  • Cari file Google Form pada Google Drive maupun spreadsheet
  • Jika tidak muncul di kedua folder tersebut, maka Anda bisa melakukan refresh pada PC maupun hp android Anda
  • Jika proses refresh telah dilakukan, Anda bisa menge-klik menu responses yang ada pada spreadsheet
  • Dilanjutkan dengan memilih menu select responses destination
  • Kemudian pilih opsi create a new spreadsheet. Biasanya Google Form dalam bentuk spreadsheet yang terakhir dibuat, akan muncul dalam kolom kosong tersebut
  • Anda tinggal menge-klik kolom learn more yang berada tepat di sebelah kanan opsi create a new spreadsheet tersebut
  • Secara otomatis, data yang hilang karena terhapus di Google Form, bisa muncul kembali. Anda bisa mengcopy file tersebut, untuk disimpan di folder yang lainnya

 

Demikian beberapa panduan yang bisa Anda coba lakukan, sebagai cara mengembalikan Google Form yang hilang. Baik itu karena Google Form yang ditutup, maupun karena terhapus dengan tidak sengaja. Cukup mudah, bukan? Jadi, mulai sekarang, Anda tak perlu panik, jika Google Form tiba-tiba hilang. Cukup dengan melakukan cara-cara diatas, maka data Google Form tersebut bisa muncul kembali secara otomatis.