Cara Menggunakan dan Mengaktifkan VPN

Please log in or register to like posts.
VPN.co.id

Solusi untuk mengakses situs yang diblokir baik itu situs dalam negeri maupun situs luar adalah dengan menggunakan VPN. Selain itu VPN berguna untuk menjaga privasi dan melindungi kamu dari ancaman malware berbahaya saat sedang mengakses internet.

VPN saat ini semakin banyak digunakan terutama ketika perusahaan mengadopsi work-from-home selama pandemi COVID-19. VPN adalah pilihan ideal untuk mengenkripsi data dari komputer rumah ke jaringan milik kantor atau perusahaan. Dan semakin hari banyak bisnis yang mulai mempertimbangkan untuk menggunakan VPN demi mengamankan data yang sebagian besar dikerjakan dari rumah.

Cara terbaik untuk menggambarkan VPN adalah seperti sebuah “terowongan” antara perangkat kamu dan situs tujuan. Perangkat kamu akan terhubung ke server VPN, yang bisa berlokasi di Inggris atau bahkan Canada atau Jepang. Lalu lintas web kamu melalui “terowongan” yang dibuat oleh VPN tadi. Dan akan menjadi sangat sulit bagi siapapun untuk memata-matai aktivitas online kamu.

Ada banyak keuntungan ketika kita menggunakan VPN, diantaranya adalah.

  • Keamanan yang lebih kuat. Saat kamu terhubung ke jaringan melalui VPN, data dan koneksi kamu akan diamankan oleh enkripsi. Sehingga hacker tidak akan bisa meretas perangkat kamu.
  • Anonimitas. Keuntungan dari layanan VPN adalah memungkinkan kamu mengakses aplikasi dan situs secara rahasia dan tidak dapat dilacak oleh siapapun.
  • Buka blokir situs & bypass filter. VPN bisa digunakan untuk mengakses situs web yang telah diblokir atau untuk melewati berbagai jenis filter sensor di Internet.

Untuk membuat koneksi VPN seperti itu, kamu harus mengatur dan mengkonfigurasi software atau aplikasi VPN di perangkat kamu.

Namun masih banyak yang belum mengetahui cara penggunaan VPN yang benar dan aman. Apalagi pengaturan VPN di setiap perangkat pasti berbeda-beda.

Tim kami telah menyiapkan panduan lengkap cara penggunaan VPN sesuai dengan jenis perangkat yang kamu miliki.

1. Cara Menggunakan VPN di PC atau Laptop

Kamu wajib menggunakan VPN untuk menjaga aktivitas kamu ketika menggunakan PC atau laptop. Selain untuk memblokir iklan atau malware, VPN akan mengenkripsi data yang dikirim dan diterima setiap kali kamu terhubung ke internet.

Baca Juga:  Pengertian No Log Policy dan Privacy Insurance

Sebelumnya kamu harus memilih software VPN Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pada tutorial ini tim kami menggunakan Nord VPN. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Selalu download software VPN di situs resmi

cara menggunakan vpn di pc - 1

2. Klik file yang sudah didownload dan ikuti langkah untuk menginstal

cara menggunakan vpn di pc - 2

3. Setelah instalasi berhasil. Klik open untuk membuka software VPN dan masuk ke bagian Countries untuk memilih server. Atau pilih Setting jika kamu ingin melakukan konfigurasi tertentu.

cara menggunakan vpn di pc - 3

4. Setelah memilih lokasi server dari list yang ada, klik Connect. Dan kamu akan segera terkoneksi dan siap untuk browsing secara privat menggunakan VPN.

cara menggunakan vpn di pc - 4

2. Cara Menggunakan VPN di Android

VPN adalah layanan yang mengenkripsi koneksi kamu dengan cara menciptakan “jaringan pribadi” antara HP atau smartphone Android kamu dengan server VPN.

Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga keamanan koneksi kamu terutama ketika sedang berada di Wi-Fi publik seperti kafe atau jaringan universitas yang kurang aman.

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini, kamu harus memilih aplikasi VPN yang tersedia di laman Playstore. Cukup banyak aplikasi yang bisa kamu pilih, namun yang kami rekomendasikan adalah ExpressVPN & Turbo VPN.

1. Download aplikasi Turbo VPN di laman playstore

Turbo VPN - 1

2. Setelah itu klik Open untuk membuka aplikasi dan akan muncul tampilan di bawah ini. Klik gambar “bola dunia” di kanan atas untuk memilih lokasi yang diinginkan

Turbo VPN - 2

3. Turbo VPN menyediakan lokasi server di berbagai negara untuk browsing biasa

Turbo VPN - 3

4. Jika kamu klik tab “Netflix” maka akan ada pilihan lokasi server khusus untuk streaming Netflix

Turbo VPN - 4

5. Setelah memilih negara atau lokasi server, maka akan muncul notifikasi berikut. Klik OK.

Turbo VPN - 5

6. Jika berhasil maka akan ada tulisan “Connected”

Turbo VPN - 6

7. Kini kamu bisa menggunakan internet secara privat di HP android untuk melakukan browsing, menonton video, ataupun mengakses berbagai aplikasi.

3. Cara Menggunakan VPN di iPhone

iPhone terkadang memerlukan pengaturan jaringan yang berbeda, terutama untuk aplikasi VPN tertentu. Oleh karena itu silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar kamu dapat menggunakan VPN di iPhone kamu dengan mudah.

Baca Juga:  Pengertian VPN (Virtual Private Network)

Pilih aplikasi VPN yang akan digunakan untuk perangkat iPhone kamu di Appstore. Kami merekomendasi Turbo VPN atau Express VPN.

  • Download aplikasi Turbo VPN di appstore
vpn iphone - 1

1. Setelah selesai instalasi buka aplikasi Turbo VPN

vpn iphone - 2

2. Pilih lokasi negara atau server yang ingin di gunakan melalui menu “bola dunia” di kanan atas

vpn iphone - 3

3. Klik “connect”

vpn iphone - 4

4. Dan setelah terhubung, semua aktivitas kamu di iphone akan terlindungi secara privat dan dapat mengakses internet secara bebas

vpn iphone - 5

4. Cara Menggunakan VPN Bawaan di HP Android dan Xiaomi

Penggunaan VPN di Xiaomi atau Android lainnya cukup simple karena kita tidak perlu meng-instal aplikasi apapun.

Android memiliki dukungan terintegrasi untuk protokol VPN seperti PPTP dan L2TP. Kamu dapat terhubung ke jenis VPN ini tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga.

PPTP umumnya dianggap ketinggalan jaman dan kurang aman, sedangkan L2TP memiliki beberapa celah keamanan. Jika bisa, sebaiknya gunakan OpenVPN atau aplikasi pihak ketiga seperti poin di atas. Tetapi jika kamu harus menggunakan PPTP dan P2TP, berikut cara melakukannya.

1. Klik menu “Setting” di HP/smartphone kamu lalu pilih VPN

menggunakan vpn di xiaomi - 1

2. Pilih “Add VPN”. Di bagian ini pilih type PPTP. Lalu ada 3 kolom yang harus diisi yaitu Server Address, Username dan Password. Untuk mengisi kolom tersebut lihat langkah berikutnya

menggunakan vpn di xiaomi - 2

3. Kamu bisa mendapatkan list server VPN gratis termasuk username dan passwordnya di situs vpnbook.com (klik tab PPTP) seperti gambar di bawah ini

menggunakan vpn di xiaomi - 3

4. Setelah mengisi semua kolom, klik tombol OK di bagian atas.

menggunakan vpn di xiaomi - 4

5. Geser atau aktifkan tombol VPN, maka kamu sudah terhubung ke jaringan VPN gratis dan bisa mengakses semua situs secara privat

menggunakan vpn di xiaomi - 5

5. Cara Menggunakan VPN Tanpa Aplikasi

Kita dapat menggunakan VPN secara gratis tanpa harus menginstal software atau aplikasi di perangkat kita. Umumnya teknik yang disebut Free Proxy ini digunakan untuk melakukan browsing secara privat yang sifatnya sementara atau untuk mengakses situs-situs yang diblokir.

Baca Juga:  Cara Matikan VPN di PC dan Smartphone

Kelemahan teknik ini adalah kecepatan akses yang sangat lambat jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi atau software VPN. Selain itu proxy tidak melindungi koneksi kamu dari pelacakan ISP, pengawasan pemerintah dan ancaman peretas.

Namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi situs https://hide.me/en/proxy lalu masukkan alamat situs yang ingin diakses. Sebagai contoh kami mencoba mengakses situs yang diblokir di Indonesia bernama Reddit.com dan klik Go.
vpn tanpa aplikasi - 1
  • Setelah itu situs Reddit langsung bisa diakses melalui browser kamu. Jika ingin mengakses situs lain cukup masukkan alamat url di bagian atas menu Hide Me.
vpn tanpa aplikasi - 2

6. Cara Memasang VPN di Browser Chrome

Browser VPN adalah sebuah extension yang terpasang langsung di browser Google Chrome untuk melindungi aktivitas browsing kamu, termasuk menyembunyikan identitas kamu dan membuka akses bagi situs-situs yang diblokir.

Namun yang perlu diingat adalah bahwa Browser VPN sangat berbeda dengan aplikasi atau software VPN.

Ekstensi browser ini hanya mampu mengaktifkan pengaturan proxy, dan mereka tidak dapat memiliki tunnel keamanan sendiri seperti yang dimiliki oleh software VPN lainnnya.

Ekstensi Chrome dan plugin browser bukan VPN tetapi hanya proxy yang dienkripsi, biasanya HTTPS atau proxy SSL.

Namun, fungsinya tetap sama yaitu untuk mengenkripsi koneksi dan mengirimkannya melalui server perantara. Ini membantu untuk membuka blokir situs, dan melindungi privasi kamu.

Ada banyak eksensti VPN untuk Chrome namun kami merekomendasikan Hotspot Shield. Berikut cara mudah untuk menggunakannya

1. Buka link ini chrome://extensions/ lalu klik tombol Tambahkan ke Chrome

cara memasang vpn di chrome

2. Lalu akan muncul dialogue-box, cukup klik “Add Extension”. Dan proses instalasi akan segera berjalan, biasanya tidak sampai 1 menit.

cara memasang vpn di chrome

3. Browser VPN telah berhasil diinstal. Lihat di bagian pojok kanan atas browser Chrome kamu, dan klik logo Hotspot Shield (biasanya akan muncul keterangan nama ekstensi ketika mouse digerakkan).

Klik tombol “Connect” untuk mulai menggunakan VPN browser. Dan kamu sudah bisa browsing secara anonim dan membuka blokir situs.

cara memasang vpn di chrome

4. Untuk berhenti menggunakannya cukup klik tombol ‘Stop”. Setelah itu kamu bisa menggunakannya kembali di lain waktu.

cara memasang vpn di chrome