Bagaimana Cara Mengubah Google Form Ke Word?

Cara Mengubah Google Form Ke Word

Seperti yang diketahui, Google Form memiliki segudang manfaat. Apalagi di masa pandemi yang pembelajaran ataupun bekerja banyak yang menggunakan sistem work from home. Ketika Anda memiliki keperluan menggunakan Google Form untuk membuat soal ataupun survey, namun Anda terlanjur langsung membuatnya di google form, tanpa diketik di word terlebih dahulu. Maka, Anda bisa mengubahnya dengan cara mengubah Google Form ke Word.

Jika Anda ingin membuat salinan soal atau survey tersebut, apakah Anda harus melakukan copy paste tiap satu per satu pertanyaan? ataukah ada cara lain untuk menyalin soal ataupun survey yang sudah diisi di Google Form? Tenang saja, Anda bisa melakukan beberapa cara mengubah Google Form ke Word dengan mudah dan cepat. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Urutan Cara Mengubah Google Form Ke Word

Berikut merupakan beberapa cara mengubah Google Form ke Word yang akan membantu Anda dengan cepat dan mudah.

1.    Copy dan Paste

Cara Mengubah Google Form Ke Word

Cara pertama untuk mengubah kuis, soal, survey, ataupun kepentingan lainnya pada Google Form yaitu dengan melakukan strategi seribu umat. Diantaranya dengan melakukan copy dan paste. Langkah yang harus Anda lakukan ialah buka Google Form yang ingin Anda ubah tersebut.

Kemudian, copy satu per satu kuis, soal, survey, ataupun kepentingan lainnya. Baru kemudian buka Microsoft Word, lalu klik paste untuk menyalin data tersebut. Lakukan cara tersebut hingga seluruh kuis, soal, survey, ataupun kepentingan lainnya sudah tersalin di Microsoft Word. Mungkin ada beberapa orang yang menilai cara ini terlalu susah dan ribet serta hasil salinan yang dibuat tidak akan rapi. Jika Anda berpikir demikian, silahkan coba cara selanjutnya.

✅TRENDING :  Cara Berhenti Astra Life Permata Bank Terbaru Mudah Dilakukan

2.    Membuat Salinan Melalui Google Form Langsung

Cara mengubah Google Form ke Word selanjutnya yang dapat Anda coba untuk mengubah file atau kuis, soal, survey, ataupun kepentingan lainnya yaitu dengan membuat salinan. Ternyata, Google Form sendiri telah menyediakan fitur salinan. Jika memang Anda menginginkan 2 soal dengan versi yang berbeda, atau bagi Anda yang menginginkan membuat survey dengan isi survey yang berbeda, yang  akan Anda sesuaikan dengan karakter atau kepentingan responden.

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengubah file Google Form ke Word adalah sebagai berikut :

  • Silahkan buka Google Form yang ingin Anda salin
  • Lihat pada bagian pojok kanan atas, silahkan pilih lainnya, dan pilih buat salinan
  • Setelah Anda klik buat salinan, maka silahkan beri nama file salinan tersebut
  • Jika Anda berniat untuk mengubah penyimpanan file pada Google Drive, silahkan klik folder dan pilih lokasi baru yang Anda inginkan
  • Jika Anda ingin membagikan salinan file dari Google Drive tersebut, silahkan klik menu bagikan dan Anda dapat membagikan dengan orang lain atau audiens yang Anda kehendaki.

3.    Memindahkan File Google Form Ke Word dengan Cara Convert

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk mengubah Google Form ke Word yaitu dengan mengunduhnya terlebih dahulu dalam bentuk PDF, kemudian Anda akan mengubah file PDF tersebut ke bentuk Word.

Cara Mengubah Google Form Ke Word

Meskipun mudah dan cepat, namun kebanyakan orang biasanya akan membuat file soal dalam bentuk Word terlebih dahulu, baru di import ke Google Form. Bagi Anda yang membuat soal langsung melalui Google Form dan ingin memiliki salinan soal tersebut, tidak usah khawatir. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam cara mengubah Google Form ke Word adalah sebagai berikut :

  • Silahkan Anda masuk ke Google Form yang terdapat dokumen berupa soal yang ingin Anda ubah ke dalam bentuk Word
  • Kemudian, pilih titik 3 yang berada di atas
  • Akan ada beberapa pilihan seperti buat salinan, pindahkan ke sampah, dapatkan link yang sudah terisi, cetak, tambahkan kolaborator, editor script, add on, dan preferensi. Pada menu tersebut, silahkan Anda klik menu cetak.
  • Setelah Anda klik cetak, maka akan muncul keterangan destination dengan pilihan save as PDF, page all, layout portrait dan sebagainya. Silahkan Anda lihat pada bagian paling bawah, maka akan ada tombol save and cancel. Silahkan Anda pilih save.
  • Dengan memilih save maka otomatis, file pada Google Form tersebut akan terunduh dalam bentuk PDF. Jika Anda membutuhkan file dalam bentuk PDF saja, maka langkah yang harus Anda lakukan cukup sampai disini. Namun, bagi Anda yang menginginkan file tersebut berbentuk Word, maka Anda harus mengkompress file dalam bentuk PDFtersebut menjadi Word. Memang, jika file berbentuk Word akan mudah untuk dilakukan proses editing. Berbeda dengan file bentuk PDF agak susah atau bahkan tidak bisa dilakukan proses editing.
  • Ketika Anda memilih save, file berbentuk PDF tersebut akan tersimpan di laptop Anda. Cara mengubah Google Form ke Word selanjutnya yaitu dengan memastikan lokasi penyimpanan file tersebut. Jika Anda temukan lokasi penyimpanan file tersebut, maka silahkan lakukan perubahan dokumen dari bentuk PDF ke Word dengan cara berikut,
  • Silahkan Anda buka mesin pencarian google, Anda bisa mengetik “Convert PDF to Word online”, maka akan muncul beberapa layanan online gratis yang dapat membantu Anda dalam mengubah file atau dokumen dalam bentuk PDF ke Word. Atau Anda bisa langsung mengakses laman atau situs small PDF I love PDF, free PDF convert, pDF 2 go, PDF to Word (semua tulisan dalam bentuk tanpa spasi).
  • Setelah Anda mengakses situs yang dapat mengubah file atau dokumen bentuk PDF ke Word, maka ada pilihan untuk drop your file atau silahkan Anda upload file bentuk PDF atau file salinan dari Google Form yang berbentuk PDF ke situs tersebut.
  • Tunggu sampai proses upload selesai
  • Selanjutnya, akan ada pilihan file atau dokumen tersebut akan diubah menjadi Word, atau bentuk file lainnya. Silahkan Anda pilih Word, dan klik convert.
  • Setelah Anda klik convert maka Anda harus menunggu proses convert tersebut hingga selesai. Proses convert ini biasanya memakan waktu sesuai besar file yang Anda upload dan kecepatan jaringan internet Anda.
  • Setelah proses convert selesai, silahkan download file atau dokumen Anda yang berbentuk Word. Selesai, Anda telah berhasil mengubah file Google Form ke Word.

Demikian, informasi mengenai cara mengubah Google Form ke Word yang dapat Anda coba. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling mudah. Semoga informasi mengenai ini dapat bermanfaat dan membantu permasalahan yang Anda hadapi terkait hal tersebut. Selamat mencoba!

✅TRENDING :  Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Windows 11,10,9