3 Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler dengan VPN

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler
Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler – Semenjak SFH (School From Home), Kemendikbud RI memberikan kuota belajar gratis kepada murid, mahasiswa, hingga pengajar dengan jumlah yang berbeda setiap jenjangnya. Tujuannya, untuk menunjang pendidikan, layaknya sekolah offline. Sayangnya, kuota yang diterima hanya bisa untuk mengakses aplikasi  dan situs web tertentu yang berhubungan dengan pendidikan. Misal, untuk mengakses Zoom, Google Classroom, Rumah Belajar, Cakap, AyoBelajar, CloudX, Google Meet, Quipper, Udemy, dan ratusan e-learning sekolah/kampus lainnya. Keterbatasan akses seperti ini dirasa kurang efektif dan sia-sia, jika kenyataannya ada pembelajaran yang menggunakan aplikasi lain tetapi tidak disupport oleh kuota belajar. Salah satunya, streaming youtube yang harus menggunakan kuota reguler/ utama. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu menggunakan trik mengubah kuota belajar menjadi kuota utama menggunakan VPN.

Perbandingan Jumlah Kuota Belajar Kemendikbud

Pemerintah telah mensubsidi paket kuota belajar ke dalam dua jenis kuota, yaitu kuota belajar dan kuota reguler. Hanya saja, perbandingannya masih timpang. Kuota belajar disubsidi sebanyak  15 GB (siswa PAUD), 30 GB (siswa SD-SMP), 37 GB (siswa/ guru sekolah menengah), dan 45 (dosen & mahasiswa). Sementara, kuota reguler disubsidi sebanyak 5GB.

Syarat Mendapat Subsidi Kuota Belajar

Sebelum melakukan konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar, Anda harus mendapatkan kuotanya terlebih dahulu. Syarat menerima bantuan kuota belajar subsidi tidaklah rumit. Jika Anda pelajar, maka harus terdaftar sebagai pelajar berdasar jenjang pendidikan. Sedangkan jika Anda pengajar, maka juga harus terdaftar sebagai pengajar berdasar jenjang. Adapun jika kenyataannya Anda tidak bisa mendapat kuota belajar subsidi, jangan risau. Anda masih bisa membeli kuota belajar sebanyak 10 GB secara mandiri, baru kemudian melakukan konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar tersebut. Biasanya, harga yang ditawarkan juga murah. Ada yang Rp 10 sudah mendapat 10 GB, ada juga yang hanya Rp 5000, tergantung provider.
✅TRENDING :  Download Lagu Mp3 dengan Cepat dan Mudah (Gratis)

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler Dengan VPN

Provider yang menerima bantuan kuota belajar dari Kemendikbud diantaranya: Telkomsel, Indosat, XL dan Axis, 3, dan Smartfren. Berikut cara mengubah/mengkonversi kuota belajar menjadi kuota utama menggunakan VPN.

Aplikasi Anonytun

Anonytun adalah aplikasi VPN yang menyediakan jasa internet gratis dengan pengaturan khusus. Dalam aplikasi Anonytun, ada fitur SSL yang memiliki kemampuan mengubah kuota. Ada 10 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengkonversi kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi Anonytun. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Unduh dan install aplikasi Anonytun di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Anonytun.
  3. Ubah posisi Anonytun menjadi “Best Performance”.
  4. Klik “Stealth Settings”.
  5. Ganti status “Stealth Settings” menjadi
  • Ganti “Connection Protocol” menjadi “SSL”.
  • Ubah nilai “Connection Port” menjadi “443”.
  • Untuk Menu “Connect Via Parent Proxy : OFF”.
  • Ubah “Custom TCP/HTTP Headers : OFF”.
  • Ubah “Advanced SSL Settings: ON”.
  1. Klik “Edit SSL Settings” dan sesuaikan pengaturannya menjadi:
  • True SSL : ON.
  • Spoof Host Port : ON.
  • Spoof Host : whatsapp.com.
  • Spoof Port : 443.
  1. Klik “OK” dan klik ‘”Save” untuk menyimpan pengaturan.
  2. Klik “Connect” untuk menghubungkan ke jaringan.
  3. Klik “OKAY” untuk menyetujui adanya penayangan iklan agar layanan aplikasi dapat diaktifkan.
  4. Izinkan Anonytun berjalan di latar belakang dengan cara klik “OK” untuk mengatur sambungan internet dengan VPN untuk kuota belajar.
Ketika penginstalan selesai, Anda tidak dianjurkan untuk menutup aplikasi. Gunakan link cepat yang telah disediakan dalam aplikasi Anonytun atau multitasking untuk membuka aplikasi lain. Misal, youtube, facebook, whatsapp. browser, maupun lainnya.

Aplikasi HTTP Injector

HTTP Injector adalah sebuah alat VPN profesional yang berfungsi untuk menjelajahi internet secara pribadi dan aman menggunakan beberapa protokol dan teknologi tunneling dalam satu aplikasi.
✅TRENDING :  15 Live Streaming Bola Gratis (Update Link 2021)
Ada 5 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengkonversi kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi HTTP Injector. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Unduh dan install aplikasi HTTP Injector versi terbaru di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi HTTP Injector.
  3. Pilih “Import Config” yang ada di pojok kanan atas.
  4. Pilih file yang akan Anda simpan.
  5. Klik “Start” dan tunggu sampai berhasil connect.
Periksa kembali pada menu LOG, apakah sudah ada tulisan “Terhubung/Connect”atau belum. Jika sudah, kuota reguler sudah bisa Anda gunakan.

Aplikasi TLS Tunnel

TLS Tunnel adalah VPN gratis yang berfungsi untuk melewati batas pemberlakuan kuota oleh penyedia internet, pemerintah, sekaligus menjamin privasi, kebebasan,dan anonimitas bagi penggunanya. Ada 6 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan aplikasi TLS Tunnel. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Unduh dan install aplikasi TLS Tunnel yang ada di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi TLS Tunnel.
  3. Pada bagian “Connection Method”, pilih “Custom SNI”.
  4. Untuk Bagian “SNI Host”, isi dengan classroom.google.com.
  5. Untuk “PORT”, pilih ”443”.
  6. Pilih “Server Automatic” atau sesuai keinginan Anda.
Periksa kembali pada menu LOG, apakah sudah ada tulisan “Terhubung/Connect”atau belum. Jika sudah, kuota reguler sudah bisa Anda gunakan.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler Tanpa VPN

Aplikasi pihak ketiga, yaitu VPN memang telah terbukti work untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota reguler. Hanya saja, bagi beberapa orang justru menghindarinya. Menurutnya, keamanan VPN cenderung berisiko. Selain itu, tidak ingin tertangkap basah menggunakan VPN untuk kuota belajar menjadi kuota reguler. Ada hukum pasal 362 UU ITE Juncto 30-32 nomor 11 yang telah diterbitkan pada 2008, tentang informasi dan transaksi elektronik.
✅TRENDING :  17 Live Streaming F1 Gratis (Update Link)
Alternatifnya, Anda bisa menggunakan Google Drive dan Whatsapp untuk mengakses aplikasi di luar edukasi.

Dengan Aplikasi Google Drive

Aplikasi Google Drive adalah tempat aman yang berfungsi untuk mencadangkan dan mengakses file dari perangkat manapun. Orang lain yang Anda beri akses bisa melihat, mengedit, sekaligus memberi komentar pada file tersebut dengan mudah. Ada 3 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Siapkan link yang ingin Anda akses. Misal, link streaming atau video yang ingin Anda unduh.
  2. Buka link tersebut menggunakan Google Drive.
  3. Cek kuota belajar Anda, maka akan berkurang.
Tanpa perlu VPN untuk kuota belajar, Anda pun bisa memanfaatkannya.

Melalui Aplikasi Whatsapp

Selain sebagai media sosial, WhatsApp juga berfungsi sebagai pengganti konversi VPN untuk kuota belajar menjadi kuota reguler. Ada 3 langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengkonversi kuota belajar menjadi kuota reguler menggunakan WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Siapkan link yang ingin Anda akses. Misal, link streaming atau video yang ingin Anda unduh.
  2. Kirim link tersebut ke salah satu kontak WA Anda. Pastikan sampai muncul thumbnail video, baru Anda mengirimnya.
  3. Nikmati link tersebut secara gratis menggunakan kuota belajar.
Sebagai pengganti konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar, cara tersebut cukup rumit. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba.

Keuntungan Memindahkan Kuota Belajar Menjadi Kuota Reguler

Manfaat konversi menggunakan VPN untuk kuota belajar sudah dirasakan banyak orang. Selain Anda bisa mengakses aplikasi maupun situs edukasi, Anda juga bisa mengakses aplikasi maupun situs lain. Sehingga, kuota utama Anda akan lebih hemat. Begitupun Anda tidak perlu was-was karena sudah aman dan legal. Sehingga, Anda tidak perlu takut terjerat masalah apapun saat memanfaatkan kuota belajar untuk mengakses hal lain di luar edukasi.Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
cara mengubah kuota belajar menjadi kuota reguler