Cara Mudah Mining Bitcoin di Smartphone Android Dengan Aplikasi

Cara Mudah Mining Bitcoin
Cara Mudah Mining Bitcoin

Cara Mudah Mining Bitcoin – Bitcoin adalah salah satu koin digital yang terpopuler di tahun 2021. Oleh sebab itu, semua kalangan tertarik untuk berinvestasi dengan menggunakan mata uang tersebut. Ada 2 cara untuk mendapatkan Bitcoin, yaitu membelinya secara langsung atau dengan mining di smartphone Android atau PC khusus.

Jika Anda ingin membeli Bitcoin, Anda bisa melakukan pembelian di situs yang melayani transaksi jual beli Bitcoin. Sedangkan untuk mining Bitcoin, Anda membutuhkan beberapa peralatan dan juga perangkat lunak khusus.

Kegiatan mining Bitcoin saat ini sudah bisa Anda lakukan dengan menggunakan ponsel Android yang pastinya lebih praktis dan hemat biaya. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Mining Bitcoin

Mining Bitcoin atau menambang Bitcoin sama halnya seperti menambang emas. Penambangan bisa Anda lakukan dengan menggunakan software dan perangkat komputer di server mining Bitcoin.

Ketika melakukan mining Bitcoin, Anda membutuhkan komputer yang sangat kuat, internet super cepat, dan daya listrik yang besar. Nantinya, komputer akan menjalankan software yang menghubungkan para penambang ke blockchain Bitcoin dan menyelesaikan permasalahan matematika.

Metode Mining Bitcoin Mudah Di Smartphone Android

Tersedia 2 cara atau metode untuk melakukan mining Bitcoin di ponsel Android milik Anda, yaitu:

1. Cloud Mining

Cloud mining merupakan teknik penambangan mata uang digital secara online. Seseorang menggunakan sistem ini biasanya untuk mendapatkan uang digital secara cepat. Jumlah koin yang dapat Anda terima juga sangat bervariasi tergantung dari layanan atau paketnya.

Cloud mining dapat Anda temukan secara bebas pada aplikasi dan website. Sistem penambangan ini memakai sistem sewa. Anda harus membayar mesin dalam jangka waktu tertentu. Saat waktunya habis, secara otomatis saldo tidak akan bertambah dan mesin berhenti bekerja.

Umumnya dalam proses penambangan tersedia beberapa paket dengan profit dan jangka waktu berbeda. Cara pembayarannya juga bervariasi, mulai dari memakai mata uang dolar, rupiah, atau dengan mata uang kripto. Semua tergantung dari pihak penyedia layanan cloud mining.

2. Menambang Langsung

Cara kedua untuk melakukan proses mining Bitcoin di smartphone Android adalah dengan melakukan mining secara langsung dengan aplikasi mining Bitcoin. Hash Rate Bitcoin yang akan Anda terima tergantung pada tingkat spesifikasi dari ponsel Android milik Anda.

Hash rate merupakan istilah di dalam dunia mining koin digital. Semakin banyak hash rate yang Anda dapatkan, maka akan semakin cepat proses penambangan Bitcoin. Sehingga, Anda akan semakin mudah untuk memperoleh Bitcoin. Umumnya aplikasi mining Bitcoin dapat Anda gunakan secara gratis dengan tingkat kecepatan tertentu.

Cara Mudah Mining Bitcoin di Smartphone Android

Saat ini, Anda sudah bisa melakukan mining Bitcoin menggunakan smartphone Android dengan aplikasi khusus. Simak uraian singkatnya berikut ini:

1. MinerGate Mobile Miner

MinerGate adalah salah satu perangkat lunak populer yang biasanya digunakan untuk mining Bitcoin di PC. Tetapi, MinerGate juga menyediakan aplikasi khusus Android. Supaya Anda dapat melakukan mining Bitcoin di ponsel Android Anda secara lebih praktis.

Aplikasi MinerGate rilis pada tahun 2014. Aplikasi ini menjadi mining pool pertama yang memberikan peluang bagi para penggunanya untuk menambang beragam mata uang kripto. Namun, Anda tidak perlu menurunkan hash level koin yang utama.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi MinerGate:

  • Unduh aplikasi MinerGate melalui Google Play Store.
  • Registrasi pada laman minergate.com
  • Jika Anda telah selesai membuat akun, akan muncul 2 pilihan, yaitu membeli cloud mining dan mining seluler. Mining seluler memakai sistem di chip smartphone, sedangkan pilihan membeli cloud mining artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.
  • Setelah login, kemudian masuk sebagai miner. Anda bisa memilih jenis mata uang kripto yang ingin Anda gali.
  • Semakin tinggi spesifikasi ponsel pintar yang Anda gunakan, maka akan semakin besar juga peluang yang Anda miliki untuk mendapatkan Bitcoin.
  • Sebagai pengguna aplikasi, Anda mempunyai kontrol atas kegiatan yang Anda lakukan. Misalnya mengurangi atau menambah jumlah prosesor yang akan Anda gunakan ketika proses penambangan Bitcoin.

2. Crypto Miner

Cara mining Bitcoin di ponsel Android yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Crypto Miner. Jika Anda bandingkan dengan aplikasi MinerGate, aplikasi ini masih mempunyai beberapa kekurangan yaitu tidak mempunyai lapisan yang lengkap seperti Minergate.

Aplikasi ini mempunyai operasional dan tampilan sederhana yang sangat mudah untuk Anda gunakan sebagai pemula. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, Anda harus masuk ke dalam mining pool atau pertambangan kripto. Selanjutnya, Anda dapat memilih algoritma dan memasukkan kredensial penambangan pada menu dropdown.

Crypto Miner dapat Anda andalkan karena mendukung adanya Bitcoin dan beberapa mata uang kripto lainnya. Satu hal yang harus Anda ingat dari Crypto Miner adalah tidak semua algoritma kripto dapat Anda dapatkan secara gratis. Anda harus membayar sekitar Rp 32.000,- untuk mengakses algoritma kripto favorit.

3. NeonNeon Miner

Aplikasi NeonNeon Miner selain mampu menambang Bitcoin juga mendukung jenis cryptocurrency lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai catatan pertambangan yang detail dan script konfigurasi otomatis terbaik.

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan Crypto Miner. Anda akan masuk ke dalam pool atau kolam pertambangan kripto. Aplikasi NeonNeon Miner rilis di tahun 2017 dan dapat mendeteksi sebagian besar sistem on chip hanya dalam hitungan detik.

4. AA Miner

Jika Anda tidak menyukai aplikasi penambangan yang beriklan, aplikasi ini adalah pilihan tepat bagi Anda. Karena AA Miner tidak menawarkan pembelian berbagai fitur atau mempunyai embel-embel iklan di dalam aplikasi.

Selain mampu menambang Bitcoin, aplikasi ini juga mendukung 50 lebih jenis mata uang kripto lain dan juga mendukung algoritma pertambangan CryptoNight. CryptoNight merupakan jaringan blockchain dengan sifat anonim. Sehingga, pengirim, transaksi, dan penerima tidak dapat terlacak seperti koin blockchain biasa.

Aplikasi ini juga memberikan Anda peluang untuk menentukan jumlah chain. Chain adalah jumlah inti pada prosesor yang berguna untuk mining Bitcoin.

5. Droid Miner

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mining Bitcoin di smartphone Android, yaitu dengan memakai aplikasi Droid Miner secara gratis. Selain bisa Anda gunakan untuk menambang Bitcoin, aplikasi ini juga bisa menambang jenis cryptocurrency lainnya.

Tersedia juga berbagai pengaturan yang bisa Anda gunakan seperti menjeda dan mengaktifkan proses penambangan. Anda dapat menjalankan aplikasi ini yang tetap running pada background ponsel Anda. Keunggulan lain dari aplikasi Droid Miner adalah tidak ada tampilan iklan yang akan mengganggu kegiatan Anda saat menambang Bitcoin.

Nah, seperti itulah cara mudah untuk mining Bitcoin di ponsel Android yang bisa Anda lakukan secara gratis. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan spesifikasi ponsel Anda dengan aplikasi mining Bitcoin yang ingin Anda gunakan. Jangan sampai penggunaan aplikasi tersebut membuat ponsel Anda menjadi terganggu atau bahkan mengalami kerusakan!

Exit mobile version