2 Cara Setting VPN Android Tanpa Root Dengan Mudah

cara Setting VPN Android Tanpa Root

Cara Setting VPN Android Tanpa Root – Virtual Private Network (VPN) merupakan jaringan privat yang bersifat publik yang dilengkapi dengan enkripsi keamanan data. Walaupun Anda menggunakan WiFi publik untuk browsing, tetapi ketika Anda menggunakan VPN, Anda bisa mengakses internet secara aman dan anonim. Internet Protocol (IP) Anda tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Sebagai penikmat internet, penggunaan VPN sangat memudahkan Anda dalam berselancar di dunia maya. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan VPN tanpa harus melakukan root terlebih dahulu, baik menggunakan VPN built-in maupun VPN pihak ketiga. Namun, masih banyak pengguna VPN yang nyatanya belum mengetahui cara ini. Simak cara setting VPN Android tanpa root di bawah ini.

Cara Setting VPN Built-in Android Tanpa Root

Android telah menyediakan VPN built-in (bawaan). Hanya saja, sebelum menggunakannya Anda harus menyesuaikan pengaturan VPN terlebih dahulu pada menu pengaturan. Mulai dari mencari akun VPN PPTP yang bisa Anda lakukan secara gratis, hingga siap berselancar di dunia maya. Berikut tutorial lengkap cara setting VPN Android tanpa root menggunakan aplikasi VPN bawaan.

Buat Akun VPN PPTP Terlebih Dahulu

Masuk pada situs VPNBook.com.

  1. Pilih Opsi PPTP secara otomatis yang terdapat pada akun VPN.
  2. Catat akun VPN PPTP beserta username dan password yang ada pada halaman tersebut. Tulisan yang ujungnya vpnbook.com adalah server VPN. Semua server memiliki username dan password sama.
  3. Pilih alamat server yang akan Anda gunakan. Pada vpnbook, ada beberapa alamat server yang bisa Anda pilih, seperti euro217.vpnbook.com, euro214.vpnbook.com, us1.vpnbook.com, us2.vpnbook.com, ca1.vpnbook.com, dan de233.vpnbook.com.

Masuk ke Menu Pengaturan (Settings)

1. Buka menu pengaturan VPN di Android Anda. Biasanya ada pada kategori Wireless & Network, pilih More, pilih VPN.

2. Pilih tambah VPN.

3. Isi kolom alamat server, nama pengguna, dan sandi sesuai dengan akun VPN PPTP yang telah Anda dapat pada situs VPNBook sebelumnya.

4. Pada bagian nama, isi sesuai keinginan. Sedangkan pada bagian lainnya, cukup Anda biarkan saja.

5. Klik Oke/Save. 

6. Pilih pengaturan VPN yang telah Anda buat, lalu aktifkan VPN dengan cara memilih toggle yang ada pada baris VPN.

7. Pastikan VPN sudah terhubung dan selamat berselancar.

8. Itulah tutorial lengkap cara setting VPN Android tanpa root menggunakan aplikasi VPN bawaan. Jika koneksi sering terputus, Anda bisa menggunakan server lain yang ada pada situs VPNBook.

Bagaimana Cara Disconnect VPN Built-in?

Untuk memutus sambungan VPN, ikuti tutorial berikut.

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Pilih More.
  3. Masuk ke VPN. 
  4. Tap pada daftar VPN Service yang aktif.
  5. Pilih Disconnect. 

Cara disconnect VPN akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan notifikasi Android System. Biasanya akan muncul pop up pengaturan VPN yang masih aktif, kemudian tekan Disconnect untuk menonaktifkannya.

Cara Setting VPN Pihak Ketiga Android Tanpa Root

VPN pihak ketiga Android ada banyak jenisnya. Mulai dari yang gratis, hingga berbayar. Berikut ada 3 macam tutorial cara setting VPN Android tanpa root menggunakan 3 aplikasi berbeda. Yang mana, ketiganya termasuk VPN favorit banyak orang.

Setting Turbo VPN

Anda bisa menggunakan Turbo VPN untuk Android secara gratis dan unlimited. Aplikasi yang diusung oleh Innovative Connection ini dikenal memiliki kemudahan dalam penggunaannya. Hanya satu kali sentuh, Anda bisa mudah terhubung ke VPN. Berikut tutorial cara setting VPN Android tanpa root menggunakan Turbo VPN.

  1. Unduh dan install aplikasi Turbo VPN yang ada pada Play Store Anda.
  2. Buka aplikasi Turbo VPN.
  3. Tekan icon wortel yang ada di tengah layar.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan connected atau terhubung. 
  5. VPN siap Anda gunakan.

Untuk memilih server lain, Anda bisa memilih icon bola dunia yang ada pada pojok kanan atas layar sebelum Anda menghubungkan Turbo VPN. Sedangkan, jika Anda tidak memilih server secara manual, Turbo VPN akan menghubungkan secara otomatis, mencari server yang paling bagus.

Setting VPN Master

VPN Master memiliki pengembang yang sama dengan pengembang Turbo VPN. Anda bisa menggunakannya secara gratis maupun berbayar. Selain VPN Master memiliki tampilan antarmuka yang cukup memanjakan mata, nyatanya juga memanjakan pengguna barunya untuk menggunakan VPN Master tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Berikut tutorialnya.

  1. Unduh dan install VPN Master yang ada di Play Store Anda.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Pilih Mulai atau Go. 
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan connected atau terhubung. 
  5. VPN siap Anda gunakan.

Untuk memilih server lain, Anda bisa memilih melalui menu Faster Server yang ada pada bagian bawah tombol memulai. Anda bisa memilih server yang gratis maupun berbayar.

Setting VPN Private

Untuk Anda yang sering mengunduh file torrent, aplikasi VPN ini cocok Anda gunakan. VPN Private mengizinkan para penggunanya untuk mengunduh file torrent menggunakan VPN yang sudah tertanam di dalamnya. Berikut tutorial cara setting VPN Android tanpa root menggunakan VPN Private.

  1. Unduh dan install aplikasi VPN Private yang ada di Play Store Anda.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Pilih server yang ingin Anda gunakan. VPN Private menyediakan lebih dari 20 server dari berbagai negara dengan kecepatan tanpa batas.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan connected atau terhubung. 
  5. VPN siap Anda gunakan.

VPN private terdapat hitungan mundur yang ditampilkan di layar. Hitungan mundur ini sebagai tanda VPN Private berhenti secara otomatis. Jika ingin VPN Private terhubung dalam waktu lama, setiap satu jam sekali Anda harus menekan tombol Reset.

Jika Anda nyaman menerapkan tutorial cara setting VPN Android tanpa root menggunakan aplikasi bawaan, Anda bisa menggunakan cara pertama. Sebaliknya, jika Anda tidak ingin terlalu ribet, Anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bebas memilih aplikasi. Kurang lebih tutorialnya sama.

Exit mobile version