3 Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Cara Setting VPN iPhone IKEv2 – iOS memiliki fitur keamanan bawaan yang canggih untuk melindungi data, identitas, sekaligus lokasi Anda. Tetapi, iOS tidak memiliki fitur-fitur dasar layaknya VPN, yang biasanya berguna untuk menyembunyikan alamat IP sekaligus menerobos blokir geografis pengguna.

Jika Anda ingin memanfaatkan VPN untuk melindungi perangkat iOS Anda maupun data pribadi Anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab ketika Anda berselancar di dunia maya, Anda bisa menyimak artikel ini. Ada salah satu protokol IKEv2 yang bisa Anda setting pada perangkat iOS iPhone.

Apa Itu IKEv2 VPN?

cara kerja vpn ikev2

IKEv2 VPN adalah protokol tunneling yang bergantung pada sistem IPSec untuk proses enkripsi. Protokol ini didukung oleh perangkat serta sistem yang lebih sedikit. IKEv2 VPN termasuk satu dari 6 jenis protokol VPN yang ada, di antaranya:

  1. OpenVPN dengan TCP port
  2. OpenVPN dengan UDP port
  3. PPTP
  4. IKEv2
  5. L2TP/IPSec
  6. Wireguard (protokol percobaan yang masih dalam pengembangan)

­Dari semua jenis protokol VPN, tentu terdapat kelebihan dan kekurangan. IKEv2 sendiri dipilih bukan tanpa alasan.

IKEv2 termasuk protokol yang lebih kompleks dibanding dengan OpenVPN. Namun, terkadang IKEv2 membutuhkan proses konfigurasi yang lebih kompleks untuk bekerja dengan baik.

Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Setelah mengetahui alasan dipilihnya IKEv2, Anda bisa semakin paham urgensi penggunaannya dalam iPhone. Untuk itu, simak langkah-langkah cara setting VPN iPhone IKEv2 berikut ini.

Langkah 1: Pengaturan IKEv2 VPN

1. Buka pengaturan/settings yang ada pada iOS Anda.

2. Pilih VPN.

3. Klik Add VPN Configuration.

4. Ada banyak jenis protokol VPN. Anda bisa memilih jenis IKEv2.

Langkah 2: Konfigurasi IKEv2 VPN

Kembali dan masukkan detail VPN Anda. Anda bisa membeli server VPN IKEv2 atau mencari server gratis yang tersedia di Internet.

Deskripsi: isi bebas untuk mendeskripsikan VPN.

Server: isi hostname server yang diperoleh dari penyedia VPN (contoh : gbr.mypn.co)

Remote ID: isi sama dengan server.

User Authentication: biarkan default

Username: masukan username yang didapat dari penyedia server VPN

Password: masukan password yang didapat dari penyedia server VPN

Proxy: Off

Periksa kembali apakah Anda telah memasukkan data-datanya dengan benar. Kemudian klik selesai.

Langkah 3: Hubungkan ke VPN

1. Untuk terhubung ke VPN, pilih konfigurasi yang sudah Anda buat pada langkah 2. Baru kemudian Anda bisa menyalakan koneksi VPN dengan menggeser tombol VPN ON/OFF yang ada pada perangkat iOS, geser tombol ke posisi ON. 

2. Tanda VPN Anda berhasil terhubung adalah berwarna hijau dan tertera Connected. Selain itu, Anda akan melihat logo VPN yang ada di kiri atau kanan atas layar iPhone Anda.

Sekali lagi, jika Anda ingin terhubung ke negara lain, harap ubah deskripsi yang sesuai. Misalnya, MPN USA untuk bisa terhubung dengan USA dan ubah nama server menjadi usa.mypn.co.

Itulah cara setting VPN iPhone IKEv2. Anda bisa coba terapkan ke iPhone.

Mengapa VPN di iPhone Tidak Berfungsi?

Sayangnya, apa yang Anda lakukan bisa saja tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Jika cara setting VPN iPhone IKEv2 menggunakan server tertentu gagal, Anda bisa mencoba server lain. Coba dan coba lagi. Bisa juga ada beberapa indikasi berikut ini.

  1. Jaringan Internet Kurang Berfungsi Dengan Baik

Bisa jadi Anda sebagai pengguna lalai dengan jaringan internet. Saat ingin menggunakan VPN, ternyata Anda lupa belum menyalakan jaringan internet. Anda harus bisa memastikan jaringan internet benar-benar berfungsi terlebih dahulu.

  1. Pengaruh Server VPN Itu Sendiri

VPN memiliki banyak server. Bisa jadi Anda tidak menggunakan server terdekat. Bisa jadi Anda menggunakan VPN gratisan, yang tidak menjangkau banyak server, layaknya VPN premium. Karena, kapasitas server VPN bisa berpengaruh terhadap kinerja dari VPN itu sendiri.

  1. Tidak Menggunakan VPN yang Sesuai

Seperti Anda tahu, VPN ada banyak jenis dan versinya. Ada yang versi gratis dan premium. Ketika Anda menggunakan VPN gratis, itu riskan akan adanya virus malware. iPhone Anda bisa diretas dan dilacak. Layanan online iPhone Anda juga bisa diblokir. Jadi, meskipun Anda menggunakan versi gratis, Anda harus pandai memilih VPN yang sesuai.

Itulah beberapa permasalahan kenapa VPN di iPhone Anda tidak berfungsi dengan baik. Meskipun cara setting VPN iPhone IKEv2 di atas sudah benar, Anda harus aware juga dengan indikasi yang menyebabkan VPN di iPhone tidak berfungsi dengan baik.