Cara Setting VPN PPTP di Windows 10 Dengan Mudah

Cara Setting VPN PPTP di Windows 10

Cara Setting VPN PPTP di Windows 10 – Work From Home (WFH) mengharuskan Anda lebih melek teknologi. Jika awalnya Anda hanya mengetahui VPN untuk Android, nyatanya VPN justru lebih dulu ada untuk laptop/PC.

Dalam dunia kerja yang serba remote, VPN  sangat mempermudah Anda mengakses jaringan kantor, antara satu kantor dengan kantor lainnya, antara kantor pusat dengan kantor cabang, hingga antara perangkat Anda dengan jaringan lain secara lebih private. Berikut cara setting VPN untuk perangkat kerja Anda, khususnya pada Windows 10, agar pekerjaan Anda semakin lancar dan mudah.

Cara Setting VPN PPTP di Windows 10

Windows 10 sebenarnya sudah dilengkapi dengan VPN bawaan. Hanya saja masih banyak pekerja yang belum mengetahuinya.

Sebelum Anda mengatur VPN bawaan yang ada pada Windows 10, Anda harus membuat VPN PPTP terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

1. Membuat Akun VPN PPTP

Ada banyak cara untuk membuat akun VPN PPTP. Pada penjelasan kali ini, kami akan menggunakan Tcpvpn.com. Berikut cara setting VPN di Windows 10 menggunakan Tcpvpn.com.

  1. Masuk pada situs tcpvpn.com.
  2. Setelah halaman awal tcpvpn.com muncul, ada beberapa server yang bisa Anda pilih salah satu. Misalnya, Anda memilih server Asia, maka Anda harus klik Select in Asia. Begitupun, jika Anda ingin memilih server lain.
  3. Pada tampilan server yang Anda pilih, akan muncul secara spesifik terkait server berdasarkan negara-negara yang ada di Asia. Misal, Anda memilih server Singapore, maka Anda harus klik Select server Singapore.
  4. Di dalam server Singapore, terbagi lagi menjadi beberapa cabang server. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda memilih server TCP VPN SG1.
  5. Setelah Anda memilih server yang Anda inginkan, saatnya Anda klik button Create Username and Password yang terletak pada bagian bawah server yang telah Anda pilih.
  6. Isi username dan password untuk membuat akun VPN baru.
  7. Setelah Anda mengisi username dan password, klik button Create Premium Best Premium VPN.
  8. Saat akun VPN Anda jadi, Anda akan mendapat deskripsi mengenai username, password, IP, Host, date created, account will expire.
  9. Untuk mengatur VPN di Windows 10, Anda memerlukan config dari VPN yang telah Anda buat sebelumnya. Scroll ke bawah, temukan dan klik button Download Premium VPN Config (.ovpn).
  10. Masuk ke folder penyimpanan, ekstrak file yang sudah berhasil Anda unduh dan copy isi filenya.
  11. Paste file yang sudah Anda copy pada local disk C > program files > OpenVPN > config.

Itulah cara membuat akun VPN PPTP. Cara tersebut lumayan mudah, sekalipun Anda pemula.

2. Setting VPN PPTP di Windows 10

Setelah Anda membuat akun VPN PPTB, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengatur VPN tersebut. Pada penjelasan cara setting VPN PPTP di Windows 10 kali ini, kami mengambil contoh OpenVPN. Berikut penjelasannya.

  1. Unduh dan install aplikasi OpenVPN.
  2. klik icon Show hidden icons yang letaknya ada di bawah.
  3. Klik icon komputer yang terkunci.
  4. Anda bisa mencoba VPN SG1.tcpvpn.com-443.
  5. Klik Connect.
  6. Akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk mengisi username serta password. Isi username serta password sesuai dengan apa yang telah Anda buat pada penjelasan sebelumnya, “membuat akun VPN PPTP”.
  7. Klik OK. 
  8. Tunggu beberapa saat, hingga koneksi Anda muncul bahwa VPN Anda telah terhubung. 

Itulah cara setting VPN PPTP di Windows 10. Anda bisa menggunakan alternatif lain, seperti Surfshark VPN.  Pastikan Anda memilih fitur-fitur VPN sesuai kebutuhan.

Untuk memastikan koneksi VPN di Windows 10 Anda sudah berhasil, silakan Anda lakukan pencarian dengan kata kunci My Location. Jika lokasi Anda sesuai dengan server VPN yang sudah Anda setting, berarti pengaturan Anda berhasil.

Bagaimana Jika  VPN Pada Windows 10 Tidak Berfungsi?

Tidak cukup hanya melihat status terhubung. Biasanya, ada VPN yang mengalami kondisi terhubung tetapi VPN tidak ada akses, terhubung tetapi halaman web tidak memuat, dan lain-lain. Solusinya adalah penyiraman DNS sederhana ataupun serumit mengedit registri. Berikut penjelasannya.

  1. Install Ulang Perangkat Lunak

Baik VPN bawaan maupun VPN pihak ketiga, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menginstal kembali. Banyak waktu konfigurasi yang menjadi penyebab VPN Anda bermasalah. Juga, lakukan pemeriksaan silang apabila telah expired. .

  1. Install Ulang WAN MiniPorts

WAN Miniports adalah driver untuk berbagai macam koneksi jaringan. Ada WAN Miniport (IP), WAN Miniport (PPTP), dan WAN Miniport (Ipv6) yang digunakan untuk koneksi VPN, tepatnya koneksi ke server VPN PPTP.

  1. Troubleshoot TAP-Windows Adapter

Termasuk perangkat kernel jaringan virtual, Troubleshoot TAP-Windows Adapter menawarkan fungsionalitas alat TAP virtual pada OS Windows. Banyak diperlukan perangkat lunak yang bisa berfungsi dengan benar.

  1. Masukkan Exception untuk UDP

User Datagram Protocol (UDP) adalah cara lain dalam mentransmisikan data, seperti TCP. Banyak VPN dan Windows yang menggunakannya. Jika ada masalah keamanan, UDP perlu membuat asosiasi keamanan pada server dan PC Windows, juga dengan mengedit registry.

  1. Konfigurasikan Firewall

Fungsi Windows Firewall memastikan bahwa Windows Anda tidak ada koneksi yang bermasalah. Windows Firewall memungkinkan mengunci permintaan atau menonaktifkan koneksi yang tidak aman tersebut dari VPN dengan menganggapnya sebagai ancaman.

  1. Menonaktifkan IPv6

Banyak waktu IPv6 yang menyebabkan masalah koneksi internet. Sementara default masih diatur ke IPv4. Anda dapat menonaktifkan IPv6 sekaligus menjalankan semuanya di IPv4.

Bagi pemula mungkin sedikit kesulitan untuk mengatasi VPN yang tidak berfungsi. Karena, Anda harus memiliki pengetahuan baik untuk memahami permasalahan yang terjadi.

Semoga cara setting VPN PPTP di Windows 10 di atas bisa membantu Anda. Begitupun dengan cara mengatasi VPN yang tidak berfungsi bisa menjadi jembatan bagi Anda untuk terus mempelajari VPN.

Pencarian Berdasarkan Kata Kuncipengaturan vpn wimdos phone
Exit mobile version