Hideman Free Download (Android & PC)

Please log in or register to like posts.
download-hideman-gratis
download-hideman-gratis
  • Version 6.0.2
  • Download 1
  • File Size 9.6 MB
  • File Count 1
  • Create Date 10 November 2020
  • Last Updated 18 November 2020

Hideman Free Download (Android & PC)

VPN ini difokuskan untuk platform Android saja, namun memiliki cukup banyak kekurangan dari berbagai fitur termasuk beberapa hal yang cukup mencurigakan.

Saat melihat fitur keamanan sebuah VPN, yang terpenting adalah standar enkripsinya. Meskipun Hideman mengklaim bahwa mereka telah menggunakan OpenVPN untuk melindungi penggunanya, tetapi tidak ada informasi yang detil mengenai jenis enkripsi yang digunakan.

Meskipun pengguna diberi kendali untuk memilih lokasi server negara namun terdapat kekurangan yang mencolok dalam hal pengaturan konfigurasi di dalam aplikasi androidnya.

Standar enkripsi tidak diketahui, dan mungkin tidak aman. Selain itu Hideman tidak memiliki fitur "Kil Switch" yang artinya VPN ini tidak dapat menjaga keamanan koneksi Anda jika koneksi VPN tiba-tiba terputus. MEskipun dalam waktu singkat, namun hal ini dapat menyebabkan identitas Anda terungkap dan siapapun bisa melacak aktifitas online Anda, yang merupakan masalah besar bagi pengguna yang mengutamakan privasi.

No Log Policy Tidak Jelas

Hideman mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan data dan aktifitas penggunanya. Namun, ada beberapa data pengguna yang dikumpulkan secara anonim melalui penggunaan aplikasi. Ini adalah tipikal kebanyakan VPN gratis yang mengklaim tidak menyimpan apa pun, tetapi ternyata menyimpan "beberapa data" yang mereka butuhkan. Hal ini jelas merupakan tanda-tanda mencurigakan, apakah data Anda nanti dijual ke pihak ketiga? TIdak ada yang tahu.

Kecepatan

Satu hal di mana VPN ini memiliki sedikit kelebihan adalah kecepatan koneksinya. Aplikasinya sendiri sangat cepat, dan sebagian besar pengguna berkomentar bahwa mereka tidak mengalami masalah saat terhubung dengan cepat dari berbagai lokasi server yang tersedia.

Daftar server memang akan dibagi menjadi dua yaitu; server gratis dan berbayar. Namun tidak ada keterangan yang jelas mengenai berapa jumlah server yang mereka miliki, atau tersebar di lokasi negara mana saja.

Mereka tampaknya memiliki server yang cukup baik di Rusia, Inggris, Jerman, Belanda, dan Prancis. Di daerah lain, koneksinya agak kurang bagus dan tidak stabil. Daftar untuk server berbayar sedikit lebih banyak dan mungkin lebih dapat diandalkan, tetapi tetap tidak sebanyak VPN premium.

Kelemahan terbesar VPN ini adalah hanya berfungsi di Android. Ini agak mengecewakan, tetapi terkadang VPN yang berspesialisasi dalam satu platform lebih mudah untuk digunakan.

VPN ini tidak multi-platform, yang artinya tidak bisa digunakan di berbagai perangkat seperti Android TV dan Router. Aplikasinya sendiri memiliki interface yang sangat user-friendly.

Di luar kecepatan download dan upload yang tidak mengecewakan, saat menghubungkan ke server Amerika Serikat koneksinya secara agak tidak stabil, sering mengalami naik turun antara 4Mbps hingga 5Mbps, sangat lambat.

Latensi juga menjadi kelemahan dengan hasil terbaik hanya mencapai 70ms. Angka tersebut sangat lambat apalagi untuk memainkan game online. Bagi para gamer ini adalah sesuatu yang penting, dan mereka mungkin ingin berpikir dua kali sebelum menggunakan Hideman. VPN gratis lainnya ada yang menawarkan waktu ping di bawah 20 ms.

Sekali lagi Anda dapat browsing internet seperti biasa tapi jangan harap bisa melakukan streaming, download ataupun memainkan game online. Sepertinya itu di luar kemampuan Hideman.

Membuka blokir situs

Membuka blokir situs dan layanan streaming lainnya cukup sulit. Perlu dicatat bahwa aplikasi ini sering diblokir oleh situs streaming Netflix US. Selain itu kecepatannya juga seperti tidak mampu untuk buffering video.

Singkatnya, Hideman bukanlah pilihan terbaik untuk melewati pemblokiran meskipun sudah cukup jika digunakan untuk sekedar browsing. Sebagian besar pengguna banyak yang mengeluhkan mengenai fakta bahwa VPN ini tidak bisa membuka blokir semua situs.

Torrent

Meskipun ini adalah VPN khusus Android, masih ada kemungkinan bahwa beberapa pengguna mungkin ingin menggunakan VPN untuk melindungi mereka saat sedang melakukan torrenting. Sayangnya, Hideman secara khusus meminta agar pengguna tidak terlibat dalam aktivitas P2P seperti download torrent di situs Pirates Bay. Faktanya, mereka menyatakan bahwa setiap koneksi ke situs P2P akan diblokir.

Ini tentunya mengecewakan beberapa pengguna namun tidak mengherankan mengingat VPN gratis ini memang tidak memiliki kecepatan yang cukup untuk streaming apalagi torrenting.

Walaupun tidak begitu penting, HIdeman secara eksplisit memberi tahu bahwa layanan mereka tidak dapat digunakan di wilayah Tiongkok. Aplikasi itu sendiri tidak tersedia di negara ini.

Karena perusahaan ini berbasis di London, maka hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Negara-negara seperti UK harus berhati-hati dengan peraturan di Tiongkok. Ini juga berarti bahwa aplikasi Hideman sama sekali tidak berguna bagi pengguna wilayah Tiongkok, dan juga tidak memiliki fitur keamanan tambahan untuk menjamin penggunaan di negara-negara lain yang melakukan penyensoran.

Kebocoran DNS

Akun gratis Hideman memiliki batasan waktu berdasarkan sesi yaitu sebanyak 6 jam dalam sehari. Anda tidak hanya dibatasi dalam hal waktu tetapi ketika Anda memulai sesi gratis, masa waktu gratis Anda akan turun satu jam untuk pemakaian berikutnya.

Namun seperti disebutkan di atas, hasil tes kami menunjukkan bahwa VPN ini memiliki kecepatan yang lumayan. Saat menggunakan Indihome, kecepatan koneksi VPN bisa stabil di 30Mbps untuk lokasi server Singapura.

Meskipun ada pembatasan kecepatan di angka 512Kbps pada akun yang gratis, namun dari hasil uji coba kami tidak ada batasan sama sekali. Namun bukan berarti akan seperti itu terus, karena semuanya tergantung dari lokasi yang Anda pilih.

Dan sekali lagi kelemahannya adalah, kebocoran DNS. Saat menggunakan VPN ini, hasil tes dari situs DNSleaktest.com menunjukkan kebocoran DNS yang berarti lokasi kami masih dapat terlacak oleh ISP.

Server

Meskipun aplikasi ini memberi Anda pilihan beberapa lokasi berbeda, sebenarnya hanya ada empat. Awalnya terlihat banyak termasuk wilayah Eropa, Asia, Timur Tengah dan banyak lagi, namun kenyataannya hanya ada sedikit alamat IP yang tersedia untuk digunakan.

Dengan VPN Gratis, Anda hanya dapat terhubung ke negara-negara umum seperti AS, Inggris, dan Belanda.

Ini adalah daftar yang sangat terbatas, bahkan di untuk sebuah VPN gratis. Namun Hideman tidak pernah memberi tahu Anda tentang hal ini.

Kesimpulan

Hideman adalah aplikasi VPN khusus Android yang memungkinkan Anda menjelajahi internet secara anonim dan rahasia termasuk situs-situs yang diblokir di Indonesia.

Namun memang tampilan aplikasinya agak jadul tetapi simple. Walaupun tampilan tidak begitu penting, sejauh aplikasinya mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Setelah diinstal, aplikasi ini akan mengidentifikasi alamat IP termasuk negara dan kota Anda. Setelah itu akan ada tombol yang bertuliskan "Conect" setelah itu cukup klik lalu langsung browsing. Aplikasi ini akan secara otomatis memilih lokasi server tercepat, dan menyamarkan alamat IP Anda agar terlihat seakan koneksi Anda berasal dari negara lain.

Kekurangan Lainnya

  • Tidak ada dukungan pelanggan melalui live chat, kalaupun ada masalah biasanya melalui media sosial
  • Tidak ada FAQ atau dokumentasi yang lengkap