Mengenal EPS Saham yang Bagus demi Kelancaran Investasi

EPS Saham yang Bagus

Banyak istilah penting yang harus dipahami jika ingin terjun ke dunia investasi saham. Salah satunya adalah EPS atau Earning per Share. Tak hanya memahami artinya, investor juga perlu mengenal dengan baik seperti apa EPS saham yang bagus demi kelancaran investasi. Langkah ini akan sangat membantu investor dalam membuat keputusan terbaik di dunia investasi saham.

Pengertian

Pertama mari pahami dulu pengertian dari EPS. Earning per Share merupakan sebuah perbandingan atau rasio antara laba bersih dengan jumlah lembar saham yang telah beredar di sebuah perusahaan. Dengan kata lain bisa dikatakan juga bahwa EPS adalah sebuah rasio keuangan fundamental dari perusahaan yang nantinya akan sangat penting bagi investor.

Mengapa EPS disebut penting? Nilai EPS ini akan digunakan sebagai bagian dari analisis fundamental agar bisa melihat seperti apa prospek profitabilitas dalam langkah investasi yang akan diambil. Nilai EPS akan menjadi acuan penting untuk melihat peluang pembelian saham nantinya. Tentu dengan memahami EPS ini, investor akan lebih mudah mendapat peluang besar untuk menerima banyak profit.

Tentu saja para investor akan membutuhkan nilai EPS yang bagus. Lalu, apa yang dimaksud dengan nilai EPS bagus ini? Pemahaman ini sangatlah penting untuk dikuasai oleh investor apalagi yang baru mulai masuk ke bidang saham.

Menilai EPS yang Bagus

Agar bisa mengetahui seperti apa nilai EPS saham yang bagus maka dibutuhkan analisis. Investor harus tahu bagaimana teknik analisis yang bisa dilakukan untuk menentukan bagus atau tidaknya EPS ini. Berikut adalah beberapa analisis yang dapat dilakukan:

1. Lihat Besar Kecil Nilai EPS

Langsung cek saja besar kecilnya nilai EPS. Jauh lebih baik untuk memilih nilai EPS saham yang besar. Nilai EPS besar memiliki status yang lebih baik daripada nilai EPS kecil. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah perusahaan dapat menghasilkan nilai laba bersih yang jauh lebih tinggi.

✅TRENDING :  Cara Investasi Emas Antam agar Berhasil yang Bisa Ditiru Pemula!

Perlu diketahui bahwa salah satu komponen dari perhitungan EPS adalah nilai laba bersih. Artinya, jika laba bersih tinggi maka EPS juga akan tinggi. Nilai EPS saham yang besar menunjukkan bahwa perusahaan memiliki tingkat profitabilitas yang juga tinggi. Namun untuk menentukan bahwa nilai EPS besar, perlu dilakukan perbandingan dengan jenis perusahaan yang serupa.

2. Perhatikan Konsistensi EPS

Langkah berikutnya adalah melihat seperti apa status EPS ini apakah pergerakannya cukup konsisten atau tidak. Lihatlah bagaimana riwayat EPS perusahaan selama 3 hingga 5 tahun ke belakang. Jika nilai EPS-nya bertumbuh secara konsisten maka bisa dikatakan bahwa nilai EPS tersebut cukup bagus.

Konsistensi pertumbuhan EPS ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan cukup stabil. Stabilitas pertumbuhan EPS juga membuktikan bahwa perusahaan bisa menghasilkan laba bersih yang berkembang dengan stabil. Ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut memiliki peluang pertumbuhan yang bagus sehingga sahamnya layak diinvestasikan.

3. Lihat Kemampuan Membagi Dividen

Perlu diketahui bahwa dividen yang akan dibagi oleh perusahaan akan diambil dari nilai EPS. EPS saham disebut bagus tidak hanya dilihat dari nilainya yang besar tetapi juga dari kemampuan perusahaan untuk membagi dividen secara konsisten. Jika perusahaan bisa membagi dividen secara rutin maka nilai EPS-nya bagus dan saham bisa dijadikan pilihan investasi.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai EPS saham yang bagus dan analisis penentuannya. Sangatlah penting bagi investor saham untuk menguasai EPS dengan baik. Pemahaman EPS yang baik akan membantu menentukan langkah yang tepat ketika harus mengambil keputusan investasi saham.