Categories
Review

10 VPN Terbaik Untuk Gaming Online (Aman & Cepat)

eSports dan game online sudah menjadi salah satu industri paling pesat di dunia. Perusahaan PC, konsol, dan smartphone berlomba-lomba untuk membuat inovasi terbaru demi menghadirkan game berkualitas kepada lebih dari 2 miliar penggemar game di seluruh dunia. Termasuk industri VPN yang telah menjadi kebutuhan utama para gamers.

Menggunakan VPN di PC atau game console kamu adalah hal yang penting. Karena dapat melindungi perangkat kamu dari serangan hacker dan DDos-attack.

Selain itu VPN dapat membuka blokir beberapa game seperti Fortnite yang diblokir di beberapa negara tertentu.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan VPN untuk online gaming:

  • VPN memungkinkan kamu untuk terhubung ke server di negara lain dan menggunakan alamat IP mereka. Sehingga kamu seakan connect dari negara itu dan bukan dari lokasi kamu saat ini. Hal ini membuat kamu bisa mengakses semua game yang tadinya tidak bisa dimainkan dari Indonesia.
  • Beberapa game berbayar biasanya memberi harga berbeda tergantung dari mana asal negara kamu. Dengan menggunakan VPN kamu bisa “berganti” negara dan melihat perbedaan harga game yang bisa raturan ribu lebih murah
  • Mencegah serangan DDoS, yang semakin sering terjadi di industri game dan mengakibatkan gamers kehilangan koneksi dari server utama. VPN dapat mencegah hal ini
  • Beberapa VPN dapat mengurangi lag dan meningkatkan kecepatan koneksi kamu saat memainkan game secara online
  • Memastikan data dan perangkat kamu selalu aman, ketika sedang online. Apalagi kalau gaming pakai wifi di tempat umum
  • Dan yang paling penting, menghindari Fair Usage Policy (FUP). Pernah ngerasa internet di rumah tiba-tiba melambat? Itu karena pihak ISP mengurangi bandwitdh kamu karena sudah mencapai batas tertentu, mungkin karena sering digunakan untuk streaming dan lain-lain. Dengan menggunakan VPN, kamu bisa berganti-ganti lokasi dan ISP akan tetap merasa penggunaan bandwitdh kamu biasa saja.
  • Menghindari Swatting. Pernah merasa ada yang “stalking” kamu di dunia maya, bisa jadi itu gamers yang merasa kesal karena kalah poin dengan kamu. Dengan menggunakan VPN, maka kamu anonimitas kamua akan selalu terjaga, tidak ada jejak digital sedikitpun.

Tahukah kamu jika beberapa judul game online cukup “boros” mengkonsumsi bandwitdh internet? Saya merangkum beberapa judul game dan kuota yang dihabiskan setiap jamnya. Dan kebetulan tim kami juga melakukan pengujian dengan judul game yang sama.

GamesKuota
Destiny 2 300 MByte / jam
Counter-Strike: Global Offensive250 MByte/ jam
Overwatch135 MByte/ jam
Warframe115 MByte/ jam
Fortnite100 MByte/ jam
PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) 40 Mbyte/ jam

Bayangkan kalau kamu main berjam-jam, maka kuota yang dihabiskan juga semakin banyak. Itulah kenapa banyak penyedia jasa internet (ISP) menerapkan Fair Usage Policy (FUP), yaitu kebijakan batas pemakaian internet, yang apabila mencapai kuota tertentu, kecepatan akan diturunkan.

Tetap unlimited, tapi lambat.. gak enak banget ya.

Hal ini bisa kamu atasi dengan VPN, karena lokasi IP kamu disembunyikan sejak menyalakan VPN, maka pihak ISP tidak akan merasa kamu telah mencapai FUP. Dan koneksi kamu akan tetap kenceng hingga akhir bulan.

VPN yang tepat dapat bekerja di hampir semua game dengan kualitas grafis yang tinggi. Semua rekomendasi kami di bawah ini dapat digunakan di perangkat berbasis Windows, Mac, Android atau iOS.

1. Surfshark – Paling Cepat untuk Semua Jenis Game

Dalam gaming, ping merupakan faktor yang sangat penting. Jika koneksi kamu memiliki ping yang rendah maka game akan menjadi lebih smooth, sedangkan jika ping-nya tinggi mak bisa mengakibatkan lag atau tersendat bahkan disconnect yang dapat merusak pertandingan.

Tapi semua hal itu tidak terjadi ketika kami menggunakan Surfshark VPN. Saat memainkan Dota 2 yang terkenal dengan kualitas grafis yang sangat bagus, kami bisa melakukan Assist dan Attack dengan sangat lancar.

Dengan jumlah lebih dari 1.700 server di 63 negara, kamu bisa bebas memainkan game apapun. Kamu juga bebas menikmati rilis game terbaru yang kadang dirilis pedana di negara-neraga tertentu.

Surfshark merupakan VPN berkualitas memiliki fitur CleanWeb, untuk menjamin kamu gaming secara nyaman tanpa iklan, pelacak, malware, dan jenis cyber attack lainnya.

  • Koneksi Sangat Cepat
  • 1.700 server
  • Maximum device: 10
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

2. NordVPN – Aman dan Tanpa Lag

NordVPN merupakan salah satu VPN terbaik untuk gaming terlebih karena memiliki fitur khusus untuk menjaga kecepatan koneksi saat sedang online.

Menariknya, dari beberapa game yang kami coba seperti Fortnite dan Warframe, dan voila! Ping-nya semakin rendah dan kecepatan koneksi meningkat.

Selain itu kamu dapat memilih lokasi server yang memang dioptimalkan untuk memaikan semua jenis game. Yang artinya, kecepatan kamu bisa lebih tinggi lagi dan dijamin tidak ada lag.

NordVN dikenal sangat menjaga privasi penggunanya termasuk fitur enkripsi Double VPN-nya yang berarti kamu bisa fokus gaming tanpa harus kuatir dengan masalah keamanan.

  • Koneksi Sangat Cepat
  • 5.212 server
  • Maximum device: 6
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

3. HotspotShield – Ping Rendah, Kecepatan Bagus

Meskipun tidak setenar dua nama VPN sebelumnya, HotspotShield menawarkan kecepatan yang sangat baik dan koneksi yang sangat aman. Mereka memiliki 950 lokasi server, jadi tidak ada masalah dengan blokir game, atau item-item yang hanya ada di negara tertentu.

Dari hasil pengujian, HotspotShield mampu menjaga ping-nya tetap rendah dan stabil. Aplikasinya juga mudah digunakan dan didukung oleh keamanan berbasis enkripsi yang sangat baik dan dukungan privasi yang menyeluruh. Jadi tidak ada histori kamu yang akan disimpan atau bisa dilacak pihak ketiga.

HotspotShield dapat digunakan di berbagai perangkat secara bersamaan dengan jumlah tak terbatas. Itu artinya hanya dengan satu akun kamu, teman atau seluruh tim eSports kamu bisa sama-sama menggunakan HotspotShield untuk gaming dengan aman.

  • Koneksi Cepat
  • 950 server
  • Maximum device: Unlimited
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

4. IPVanish – Rekomen Untuk Game FPS

IPVanish cukup dikenal dengan kualitas keamanannya. Platform ini akan mengenkripsi semua lalu lintas internet dan game kamu, kemudian melakukan tunneling dengan aman ke lokasi server yang kamu pilih. Server ini bertujuan untuk menyembunyikan alamat IP asli kamu dan memberikan IP baru.

Dari hasil pengujian, IPVanish masuk sebagai salah satu VPN terbaik untuk bermain game karena memberikan keseimbangan antara keamanan dan kecepatan. Selain itu platformnya juga sangat user-friendly.

Protokol yang digunakan IPVansih juga menawarkan koneksi yang cepat termasuk di lokasi server yang jauh dari Indonesia seperti Amerika dan Russia.

  • Koneksi Cepat
  • 1.300 server
  • Maximum device: 10 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

5. ExpressVPN – Rekomen Untuk Gamers Profesional

Untuk mendapatkan kualitas gaming tercepat dan teraman, ExpressVPN bisa menjadi pilihan kamu. Enkripsinya menggunakan protokol WireGuard® yang memberi pengalaman bermain lebih cepat dan lebih aman.

Dengan ExpressVPN, kamu bisa bermain lebih cepat, mengakses berbagai rilis game baru di negara lain, sekaligus meningkatkan kecepatan koneksi internet kamu.

ExpressVPN merupakan salah satu VPN tercepat di industri ini dan dan sangat kompatibel dengan semua game online. Sambungkan ke server pilihan Anda hanya dalam hitungan detik sehingga Anda dapat menjalankan game tanpa penundaan.

Ketika identitas asli kamu dapat dilacak melalui alamat IP, maka data dan perangkat kamu tidak lagi aman. ExpressVPN akan menyembunyikan alamat IP Anda sehingga semua aktivitas gaming kamu bersifat anonim dan rahasia, melindungi kamu dari pihak ketiga yang tidak diinginkan.

  • Koneksi Sangat Cepat
  • 3.000 server
  • Maximum device: 5 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

6. VirtualShield – Simple and Fast

VirtualShield membuat kamu tetap anonim saat bermain game online. Hanya dengan beberapa klik, kamu dapat mengakses game dari lokasi yang sama sekali berbeda di seluruh dunia.

Platform ini mendukung semua OS. Kamu bisa bebas menggunakannya di perangakat Windows, Mac, iOS dan Android. Apakah kamu seorang gamer yang sering bepergian atau gamer yang stand-by di rumah? VirtualShield akan menjaga data dan koneksi kamu tetap aman.

Meskipun Anda sedang dalam perjalanan ke kantor atau sekolah, Anda dapat mengubah lokasi secara instan dan menjaga agar hiburan tetap berjalan dari negara yang sama sekali berbeda.

VirtualShield bisa menjaga kestabilan koneksinya saat kita bermain game. Bayangkan ketika berada di tengah-tengah misi penting dan VPN tiba-tiba terputus?. Itu bisa terjadi kepada siapa saja. Namun tidak dengan VirtualShield, uptime rate mereka sangat tinggi dan inilah yang faktor penting bagi para gamer.

  • Koneksi Sangat Cepat
  • 1.800 server
  • Maximum device: 5 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

7. HideMyAss (HMA) – Fitur Keamanan Terlengkap

HMA sudah dipakai oleh banyak gamers karena kualitas keamanannya. Kita sudah sering mendengar tentang akun game yang di-hack, item yang hilang dan skin yang dicuri.

Dengan menggunakan HMA, maka kamu bisa merasa aman ketika memainkan game dimanapun. Platform mereka memberikan perlindungan koneksi dan privasi total.

HMA menggunakan standar enkripsi tertinggi, yaitu 256-bit AES:

  • Untuk Windows dan Android, mereka mengombinasikannya dengan protokol OpenVPN dalam Galois Counter Mode (AES-256-GCM), dengan kunci RSA 4096-bit untuk handshake, dan diautentikasi dengan SHA256.
  • Untuk perankgkat berbasis Mac dan iOS, mereka mengombinasikannya dengan IKEv2 / IPsec, untuk memastikan kompatibilitas dan kinerja terbaik.

Mereka memiliki jaringan server yang cepat dengan tingkat latensi rendah dan tersebar di 190 negara. Dengan pilihan lokasi negara yang sangat banyak, HMA cocok untuk siapa saja yang suka bermain game dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Kami mencoba PUBG dari beberapa lokasi server di negara yang berbeda, dan kecepatannya tetap stabil dan kualitas grafis tidak berkurang sama sekali.

Baik aplikasi maupun software HMA sangat mudah digunakan dan aman untuk semua sistem operasi. Dan kerennya, mereka memiliki aplikasi khusus untuk konsol game PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch.

  • Koneksi Cepat
  • 1.000 server
  • Maximum device: 5 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

8. CyberGhost – Banyak Pilihan Lokasi Server

Dengan jaringan besar servernya yang cepat dan bisa diandalkan, CyberGhost memenuhi semua kriteria sebagai VPN gaming terbaik.

Platform VPN asal Rumania secara otomatis melindungi kamu sejak mulai bermain game dari berbagai serangan siber seperti cookie hijacking, malware hingga DDoS.

Saat kami melakukan pengujian, CyberGhost bisa melewati semua blokir negara dengan baik tanpa terdeteksi.

Dan yang paling mencolok adalah kecepatannya. Ketika memainkan beberapa game menggunakan iPhone dan latptop, kecepatan koneksi justru meningkat dan ping-nya menjadi sangat rendah.

Hingga saat ini CyberGhost boleh berbangga sebagai VPN dengan jumlah server terbanyak di dunia, mencapai lebih dari 6.000 server. Sehingga kamu pasti akan menemukan server yang sesuai untuk semua kebutuhan gaming kamu.

Mereka juga mengutamakan keamanan dan privasi. Dengan rutin melakukan audit oleh pihak ketiga atas jaringan mereka maka kamu bisa merasa tenang bahwa keamanan privasi kamu tetap terjaga.

  • Koneksi Sangat Cepat
  • 6.200 server
  • Maximum device: 5 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

9. Hide.me – Sangat Cepat untuk Game RPG

VPN yang satu ini menangani semuanya yang berkaitan dengan keamanan gaming kamu. Kamu cukup duduk tenang dan menikmati kompetisi dengan pemain lain.

Dengan jumlah lebih dari 1.000, lokasi server Hide.me mencakup wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikta.

Hide.me bekerja dengan semua perangkat seluler dan desktop. Dan dalam pengujian menggunakan game Fortnite, tidak ada lag sama sekali

Hide.me menggunakan enkripsi 256-bit AES dan autentikasi SHA256 untuk melindungi koneksi kamu selama bermain game.

  • Koneksi Cepat
  • 1.000 server
  • Maximum device: 10 perangkat
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

10. PrivateVPN – Buat Yang Sering Gaming di Kafe

Private VPN adalah penyedia yang mungkin relatif baru di daftar kamu. Tapi mereka sudah menunjukkan kualitas yang sangat baik, platformnya sangat ramah pengguna dan bisa digunakan di banyak perangkat berbeda termasuk konsol game kamu.

Karena kecepatan PrivateVPN sangat bagus, kamu tidak perlu menunggu lama untuk loading game. Hasil ping menggunakan game Counter-Strike: Global Offensive dengan PrivateVPN juga sangat bagus, baik menggunakan server lokal maupun server lain di beberapa negara.

Platform yang satu ini akan memberi kamu perlindungan yang sempurna tanpa mengurangi kecepatan koneksi.

  • Koneksi Cepat
  • 100 server
  • Maximum device: Unlimited
  • Support semua OS (Windows, Mac, Android, iOS, Linux)

By David S

IT Enthusiast. Editor-in-Chief of VPN.coid

View Archive