Google I/O 2022 Akan Berlangsung 11-12 Mei 2022 Apakah Ada Yang Akan Diumumkan?

LiputGoogle telah mengumumkan jadwal konferensi pengembang Google I/O tahunannya. Informasi ini dilaporkan langsung oleh CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai.

Melalui unggahan di akun Twitternya, Sundar mengumumkan bahwa Google I/O akan berlangsung secara online dari Shoreline Amphitheatre pada 11-12 Mei 2022.

Acara tahun ini akan disiarkan langsung ke audiens terbatas, kata juru bicara Google Alex Garcia-Kummert kepada The Verge. Acara ini tersedia secara gratis dan terbuka untuk semua orang.

Di masa mendatang, jumlah penonton yang hadir di suatu lokasi hanya akan mencakup karyawan Google dan beberapa mitra perusahaan. Meski baru diluncurkan minggu ini, sejumlah prediksi tentang produk yang akan diumumkan Google di Google I/O sudah beredar di internet.

Mengutip informasi dari CNET, Minggu (5/8/2022), raksasa internet itu mengumumkan berbagai produk, mulai dari Android versi terbaru hingga perangkat Pixel. Meski ini masih berupa prediksi, tak ada salahnya mengetahui kira-kira apa saja yang dihadirkan Google di acara tersebut. Berikut pembahasannya.

Android 13

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google kemungkinan akan mengungkap Android 13 di ajang tahun ini. Saat pengenalan masih dalam versi beta, Google biasanya mengungkapkan sejumlah fitur utama dari sistem operasi ini.

Piksel 6A

Google diperkirakan akan memperkenalkan Pixel 6A tahun ini. Menurut sejumlah bocoran, Pixel 6A akan menggunakan chip Tensor buatan Google di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

jam piksel

Perangkat lain yang akan diluncurkan di acara Google I/O 2022 adalah Pixel Watch. Bocoran tentang jam tangan pintar ini telah beredar di internet dalam beberapa bulan terakhir.

Android 12L

Selain Android 13, Google diperkirakan akan merilis lebih banyak Android 12L, sebuah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat layar besar seperti tablet, smartphone layar lipat, dan bahkan perangkat ChromeOS.

Perubahan Google Stage

Menurut laporan lain, Google akan membuat perubahan pada layanan streaming game Stadia-nya. Rumor mengatakan bahwa Google akan mengubah citra layanan.

* Fakta atau trik? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang dibagikan, Cek Fakta WhatsApp Liputan6.com di 0811 9787 670 cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Di sisi lain, Google telah mengakuisisi Raxium, sebuah startup teknologi MicroLED yang dapat memainkan peran kunci dalam menciptakan generasi baru headset augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan mixed reality (MR). Hal ini dikonfirmasi oleh kepala perangkat keras Google Rick Osterlo.

Sebelumnya pada tahun 2020, Google mengakuisisi pembuat kacamata North dan dilaporkan mempekerjakan insinyur untuk membangun sistem operasi augmented reality.

Pada Januari 2022, Google Labs dilaporkan membuat headset augmented reality yang disebut “Project Iris, ” di bawah panduan yang sama dengan demo obrolan video definisi tinggi Project Starline yang ditampilkan selama acara I/O tahun ini.

Ketika The Information pertama kali melaporkan pembelian Raxium oleh Google bulan lalu, disebutkan bahwa teknologi MicroLED dapat berguna untuk membuat tampilan AR yang lebih hemat energi sambil tetap terlihat berwarna.

Selain itu, Raxium sedang mengerjakan ‘integrasi monolitik’ untuk MicroLED, yang menurut laporan The Information terbuat dari jenis silikon yang sama untuk sebagian besar prosesor, yang berpotensi secara signifikan untuk mengurangi harga.

Perusahaan lain yang mengerjakan perangkat keras MicroLEDAR termasuk Oppo, Apple, dan Vuzix. Seperti dilansir The Verge, Jumat (6/5/2022).

Di sisi lain, Microsoft telah merilis perangkat augmented reality bernama HoloLens. Sedangkan Apple, Meta, Snap dan kawan-kawan dikabarkan berinvestasi besar-besaran dalam membangun perangkat keras mereka sendiri yang menjembatani batas antara dunia nyata dan dunia digital.

Menurut situs resmi Raxium, layar Super AMOLED pada sebagian besar ponsel memiliki pitch piksel (jarak antara pusat satu piksel dan pusat piksel lain di sebelahnya) sekitar 50 mikron.

Sedangkan MicroLEDRaxium dapat mengatur sekitar 3,5 mikron. Solusi ini patut dibanggakan karena mampu memberikan efisiensi yang tiada tara.

Osterlo menyebutkan ukuran dan efisiensi di blognya tentang teknologi tampilan masa depan yang dapat dibuat Raxium.

Dia mengatakan perusahaan akan bergabung dengan tim Alat & Layanan Google dan keahlian teknisnya di bidang tersebut akan menjadi kunci karena perusahaan terus berinvestasi dalam perangkat keras.

Sebelumnya, Google lebih serius dalam membatasi penyebaran aplikasi berbahaya, dan pengembang memiliki masalah dengan layanan Play Store.

Raksasa mesin pencari ini meningkatkan privasi dan keamanan di Play Store dengan lebih baik, menurut laporan Neowin.

Mengutip laporan Neowin, Minggu (5/1/2022), Google telah menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang dapat merekam panggilan pengguna.

Perusahaan juga mengungkapkan bagian “keamanan data” dalam aplikasi dan mengharuskan pengembang untuk memberikan informasi tentang data yang mereka kumpulkan dan tujuannya.

Selain itu, Google juga mengungkapkan bahwa data memblokir 190.000 akun pengembang aplikasi berbahaya dan spam pada tahun 2021 saja.

Mereka mengatakan telah menghapus sekitar 1,2 juta aplikasi dari toko digital mereka karena melanggar kebijakan Google Play.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California ini juga telah menutup lebih dari 500.000 akun pengembang tidak aktif di Google Play Store.

Keinginan Google untuk menjadikan Play Store lebih aman bagi pengguna tablet Android dan HP. Salah satunya dengan bagian “Keamanan Data”.

Это самая важная политика приложений для разработчиков, и она направлена ​​на то, чтобы предоставить более безопасные SDK миллиардам потребителей при создании своих приложений.

Чтобы защитить конфиденциальность и безопасность пользователей, Google также начнет ограничивать использование старых приложений в магазине Google Play.

В Google пояснили, что с 1 ноября 2022 года приложения, не использующие новый API через два года после выхода ОС Android, не будут появляться в поиске.

Любое приложение, попадающее в эту категорию, будет удалено из Play Store с 1 ноября.

Пользователи, которые регулярно обновляют свои устройства, «должны быть в курсе всего потенциала всех средств защиты конфиденциальности и безопасности, которые может предложить Android».

Di sisi lain, Google sekarang mengizinkan pengguna untuk meminta agar data pribadi mereka dihapus dari hasil pencarian. Namun, di masa lalu, Google hanya mengabulkan permintaan pengguna untuk menghapus data pribadi mereka dalam kasus doxing dan penipuan keuangan.

Merujuk pada Gizchina, pada Sabtu (30 April 2022), Google baru-baru ini merilis unggahan yang mengatakan akan memperbarui kebijakannya.

Di blognya, Google menulis: “Pengguna sekarang dapat meminta penghapusan jenis informasi tambahan ketika mereka menemukannya di hasil pencarian, termasuk informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik. “

Kebijakan ini juga memungkinkan Anda menghapus informasi tambahan yang dapat menimbulkan risiko pencurian identitas, seperti kredensial login rahasia yang muncul di hasil penelusuran Google.

Google dapat mempertimbangkan informasi berikut untuk dihapus dari hasil penelusuran:

1. Nomor identifikasi negara, seperti nomor asuransi kesehatan atau nomor informasi pajak.

2. nomor NIK

3. Nomor rekening

4. Nomor kartu kredit

5. Gambar dengan keterangan di atasnya

6. Foto pribadi

8. Rekam data sensitif seperti data medis

9. Informasi kontak pribadi seperti alamat fisik, nomor telepon, alamat email.

10. Informasi Login Rahasia

========================