Cek IP Address

Please log in or register to like posts.

Berikut adalah informasi lengkap IP Address dan Lokasi Anda saat ini:


Cara Cek IP Address

Meskipun Anda merasa telah mengetahui alamat IP, Anda tetap harus memeriksanya secara berkala karena mungkin telah berubah.

Dalam beberapa kasus, alamat IP yang Anda dapatkan dari penyedia layanan internet (ISP) Anda bersifat “statis” yang artinya tidak pernah berubah. Tetapi ISP Anda juga berhak untuk mengubah alamat IP publik Anda karena berbagai alasan, dan IP yang berubah ini disebut IP “dinamis”.

Jadi, bagaimana cara menemukan IP Address Anda? Cukup lihat pada kolom di bagian atas halaman ini, dan secara otomatis akan menunjukkan informasi berikut:

  • IP Anda: Alamat IP Anda saat ini
  • Kota: Lokasi kota dimana Anda berada saat ini
  • Negara: Lokasi Negara dimana Anda berada saat ini
  • ISP: Nama penyedia layanan internet yang Anda gunakan

Pengertian IP Address

IP address adalah kumpulan angka dan simbol yang ditetapkan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di internet atau jaringan lokal. Tidak ada perangkat di dunia ini yang dapat berkomunikasi dengan perangkat lain tanpa memiliki IP.

IP adalah singkatan dari “Internet Protocol”, yang merupakan seperangkat aturan yang mengatur format data yang dikirim antar perangkat yang berbeda.

Alamat IP umumnya berupa nama numerik yang ditetapkan ke sebuah perangkat sebagai “nomor identifikasi” sehingga dapat dipanggil oleh perangkat lain.

IP bertanggung jawab untuk membangun komunikasi dalam sebuah jaringan. Tidak hanya PC dan smartphone, perangkat jenis lain juga dapat memiliki IP-nya sendiri seperti router, server, telepon, lemari es, smart TV, robot, Alexa, dll.

Cara Kerja IP Address

Internet bekerja dengan cara berkomunikasi menggunakan pedoman (protokol) yang telah ditetapkan untuk menyampaikan informasi.

Semua jenis perangkat akan menemukan, mengirim, dan bertukar informasi dengan perangkat lain yang terhubung di jaringan internet menggunakan protokol ini.

Dengan menggunakan “bahasa” yang sama, maka perangkat mana pun di seluruh dunia dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.

Berikut cara kerja IP address pada perangkat yang sering Anda gunakan:

  • Perangkat seperti smartphone atau laptop hanya bisa terhubung ke internet dengan terlebih dahulu tersambung ke jaringan yang sudah terkoneksi ke internet, seperti misalnya penyedia layanan internet (ISP), yang kemudian memberikan perangkat Anda akses ke internet.
  • Jaringan tersebut tidak hanya terbatas pada ISP seperti Indiehome atau MyRepublik. Tetapi bisa juga berupa jaringan internal dalam perusahaan Anda.
  • Setelah itu, ISP akan memberikan perangkat Anda sebuah alamat IP yang unik.
  • Semua aktifitas online Anda akan melewati ISP, dan mereka akan mengarahkannya kembali ke Anda dengan menggunakan alamat IP unik tadi.
  • IP address ini bisa berubah jika terjadi pergantian yang disebabkan faktor tertentu. Misalnya, ketika Anda mematikan dan menyalakan kembali modem atau router, maka secara otomatis alamat IP Anda akan berubah.
  • Saat Anda bepergian dengan membawa perangkat laptop atau smartphone, maka alamat IP rumah Anda tidak akan digunakan lagi. Karena Anda akan menggunakan jaringan internet lain seperti Wi-Fi di hotel, bandara, atau cafe maka IP address perangkat Anda juga akan berubah sesuai dengan yang diberikan oleh pihak ISP dari hotel, bandara atau cafe tersebut.
Baca Juga:  Download Hideman untuk PC dan Android

Cara Cek IP Website

Jika Anda ingin mengetahui IP dari sebuah website, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs MXToolBox
  • Di kolom Domain, masukkan nama domain website yang ingin dicek dan klik “DNS Lookup”
  • Setelah hasilnya ditampilkan, Anda dapat melihat IP address dari website tersebut.

Jenis-jenis IP

Setiap aktifitas online selalu melibatkan pertukaran alamat IP, perangkat Anda mempelajari IP dari siapa yang sedang terhubung dengannya, dan demikian juga sebaliknya.

Berikut jenis-jenis IP address yang perlu Anda ketahui.

IP Privat

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet memiliki alamat IP pribadi. Ini termasuk laptop, smartphone, tablet, speaker, printer, atau smart TV.

Kemajuan Internet of Things (IoT) juga akan membuat hampir semua perangkat di rumah Anda memiliki IP pribadinya masing-masing. Router akan membutuhkan IP untuk mengidentifikasi semua perangkat di rumah Anda dan masing-masing perangkat ini akan membutuhkan IP untuk saling mengenal satu sama lain.

Router inilah yang nantinya akan memberikan IP privat yang merupakan pengenal unik untuk setiap perangkat dalam jaringan tersebut.

IP Publik

IP publik adalah alamat unik untuk mengidentifikasi jaringan yang sedang Anda gunakan. Meskipun masing-masing perangkat yang terhubung memiliki alamat IP privatnya sendiri, mereka juga diberikan alamat IP utama untuk mengenal jaringan Anda.

Alamat IP publik biasanya diberikan oleh penyedia layanan internet atau ISP Anda. Umumnya setiap ISP memiliki kumpulan besar alamat IP yang akan mereka distribusikan ke pelanggan mereka.

IP publik ini nantinya menjadi identifikasi unik yang akan digunakan oleh ISP untuk mengenali jaringan internet yang sedang Anda gunakan.

Misalnya IP publik untuk wifi di rumah Anda akan berbeda dengan IP publik wifi di rumah tetangga Anda, meskipun keduanya menggunakan internet provider yang sama. Alamat IP publik itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Baca Juga:  Download GB WhatsApp Terbaru 2021 (APK)

a. IP Dinamis

Ini adalah jenis IP dinamis yang akan berubah secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan misalnya setiap menit, setiap jam, atau setiap 3 jam.

ISP memiliki sejumlah besar alamat IP dan memberikannya secara otomatis ke pelanggan mereka. Secara berkala, mereka akan merubahnya kembali dan memasukkan alamat IP lama ke dalam “pool” untuk kembali digunakan oleh pelanggan lain.

Dengan mengotomatiskan perpindahan alamat IP secara teratur berarti mereka tidak perlu menetapkan kembali alamat IP pelanggan seandainya pelanggan tersebut pindah ruma.

Selain itu IP yang dinamis dan terus berubah-ubah akan mempersulit siapapun untuk meretas jaringan internet Anda.

b. IP statis

Berbeda dengan IP dinamis, alamat IP yang statis akan tetap konsisten. Setelah jaringan ISP menetapkan alamat IP, maka alamat itu akan selalu sama.

Umumnya jenis IP statis banyak digunakan oleh kalangan pebisnis atau perusahaan. Hal ini dikarenakan alamat IP statis akan memastikan bahwa situs, fitur, tools dan alamat email yang terkait dengannya akan memiliki alamat IP yang selalu sama dan memudahkan siapapun untuk mengaksesnya.

Baik IP publik dan pribadi dibangun dalam empat blok nomor. Setiap blok adalah angka dari 0 sampai 255 dan dipisahkan oleh titik (.). Sebagai contoh alamat IP publik Anda: 60.43.12.33 dan alamat IP pribadi Anda adalah 111.94.0.11.

Ancaman Keamanan IP Address

Dengan alamat IP maka kita tidak perlu memindahkan data dan informasi online dari satu perangkat ke perangkat lainnya secara manual.

IP address juga memungkinkan kita dan rekan kerja untuk dapat mengakses file bersama, mengirim email, atau berbelanja secara online. Dengan begitu peran IP address sangat penting dan vital dalam era teknologi modern.

Baca Juga:  Download Whatsapp Plus 2021 (Official)

Namun peretas juga dapat menggunakan melacak IP address Anda dan menggunakannya untuk melakukan berbagai jenis kejahatan siber.

Jika peretas mengetahui alamat IP Anda, mereka dapat melancarkan serangan terhadap perangkat Anda atau bahkan meniru identitas Anda. Berikut beberapa bahaya jika alamat IP Anda terekspos ke publik:

  • Melacak lokasi tempat tinggal Anda

Jika peretas mengetahui alamat IP Anda maka mereka dapat langsung mengidentifikasi wilayah, kota, dan negara dimana Anda tinggal. Mereka bahkan dapat menghubungkannya dengan akunmedia sosial Anda untuk mengidentifikasi kapan rumah Anda kosong dan berpotensi melakukan perampokan saat mereka tahu Anda sedang pergi.

  • Melakukan kegiatan ilegal menggunakan IP milik Anda

Peretas dapat menyamar menjadi diri Anda dan menggunakan IP Anda untuk melakukan kegiatan melanggar hukun seperti menyebarkan hoaks, ungkapan kebencian, pencurian data, mendownload film, musik, dan video ilegal.

Dan jika terjadi pengusutan secara hukum, maka IP address Anda lah yang akan dianggap sebagai pelaku kejahatan meskipun Anda tidak melakukannya.

Hal ini mungkin bisa Anda bantah, namun tetap akan merugikan waktu, tenaga dan juga finansial Anda.

  • Meretas perangkat Anda

Peretas yang mengetahui IP Anda dapat memaksa masuk ke koneksi internet melalui ISP yang Anda gunakan, dan mengambil alih smartphone Anda dan mencuri informasi penting di dalamnya.

Ketika mendapatkan akses ke perangkat Anda, peretas juga dapat memasukkan malware ke dalam perangkat tersebut.