Pelajari Kelebihan dan Kekurangan 5g Dibandingkan 4g yang Masuk ke Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan 5g
Kelebihan dan Kekurangan 5g

Sekarang ini 5g tengah digiatkan untuk perlahan menggantikan kehadiran 4g di Indonesia. Tentu karena hal ini banyak yang akhirnya memutuskan untuk beralih, namun sebelum itu ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g.

Karena dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g ini masyarakat bisa mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi. Apalagi saat ini penyebaran 5g belum terlalu merata di Indonesia, oleh sebab itu ada baiknya untuk mempersiapkannya dahulu.

Kelebihan 5g

Tentunya 5g ini diciptakan dengan beberapa kelebihan yang bertujuan untuk mendukung kegiatan digital menjadi lebih baik. Bagi yang penasaran dengan kelebihan 5g dari pendahulunya, berikut ini akan dibahas dengan lengkap.

1. Lebih Cepat

Pertama jelas jaringan 5g ini lebih cepat jika dibandingkan dengan 4g, jadi bisa mendukung kegiatan komunikasi menjadi lebih cepat. Bahkan karena kecepatannya ini, banyak yang mengatakan kalau jaringan ini anti delay.

Kalaupun terjadi delay ataupun keterlambatan hal ini hanya terjadi sebentar saja, dan sangat amat jarang terjadi. Tentu hal ini akan sangat mendukung kegiatan manusia, terutama yang memang hidupnya dihabiskan dengan menggunakan jaringan internet dan perangkat digital.

2. Proses Gaming Lebih Lancar

Gaming merupakan kegiatan yang sekarang tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi bagi beberapa orang juga bisa untuk menghasilkan uang. Karena itu tentu dibutuhkan sinyal yang kuat dan lancar untuk mendukung kegiatan ini.

Dengan menggunakan 5g, kegiatan gaming ini dijamin akan lebih lancar konektivitasnya. Jadi tidak perlu khawatir saat sedang melakukan kegiatan ini, akan terjadi lag ataupun konektivitas yang tiba-tiba terputus di tengah jalan.

3. Menghindari Lag

Selain proses gaming yang lebih lancar, konektivitas dari sinyal 5g ini jauh lebih kuat dan tidak akan terjadi lag. Jadi tidak akan kondisi dimana gambar yang ditampilkan menjadi putus-putus, ataupun konektivitas yang tidak lancar.

Kondisi lag seperti jaringan yang tiba-tiba terputus ataupun koneksi yang tiba-tiba terhenti tentu akan sangat mengganggu. Karena itu 5g diciptakan untuk meminimalisir kejadian ini dan membantu untuk memperbaiki kegiatan saat terkoneksi dengan internet.

4. Efisiensi Monitoring Jarak Jauh

Melakukan pengawasan secara jarak jauh memang sudah bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi 4g, namun kali ini pengawasannya jauh lebih cermat. Tidak hanya itu saja, pengawasannya ini juga ditampilkan secara realtime.

Hal itu berarti semua visualisasi yang ditampilkan oleh teknologi ini tidak memiliki jeda sama sekali. Tentu hal ini akan sangat membantu, dan tidak heran jika kemudian teknologi ini sangat berguna nantinya untuk masyarakat dalam berbagai sektor.

5. Teknologi Automobil

Sebenarnya kegiatan ini juga sudah bisa dijalankan dengan menggunakan teknologi 4g, namun dengan teknologi ini pergerakan yang dihasilkan jauh lebih mulus. Hal ini dikarenakan kecepatan koneksi yang dimiliki oleh jaringan ini sangat cepat.

Tidak hanya itu saja jaringan 5g ini sangat kuat, sehingga tidak akan mudah terputus. Dengan begitu pemrosesan data akan jauh lebih cepat, dan juga koneksi tidak akan terputus di tengah jalan begitu saja, jadi pergerakan bisa terjadi dengan lebih lancar.

6. Mengikuti Perkembangan Jaman

Perkembangan teknologi terutama dalam hal internet memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tentunya kehadiran 5g ini sangat mendukung hal tersebut, dan memang kehadirannya mengikuti perkembangan jaman.

Jadi semakin cepatnya koneksi ini, maka tentu akan sesuai dengan perkembangan jaman yang ada. Dengan menggunakan jaringan ini maka akan membuat konsumen menjadi nyaman dan mengikuti perkembangan jaman yang ada.

7. Dapat Menghubungkan Perangkat lebih Banyak

Kemampuan lainnya yang juga dimiliki oleh sinyal ini adalah banyaknya perangkat yang bisa dihubungkan, jika dibandingkan dengan 4g. Dalam skala beberapa km persegi perangkat ini bisa menjaring jutaan perangkat.

Dengan seperti itu, maka setiap perangkat tersebut dapat saling berbagi informasi secara real time dan juga sangat cepat. Selain itu penyambungan perangkat ini juga tidak membutuhkan banyak cara, dan bisa terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

8. Jangkauan Koneksi Lebih Luas

5g memiliki kemampuan yang sangat baik untuk beradaptasi dengan berbagai perangkat. Karena itu jaringan ini bisa digunakan pada lebih banyak perangkat, bahkan kapasitas yang dimiliki oleh jaringan ini bisa lebih banyak sampai 100 kali dari jaringan lainnya.

Dengan begitu, maka jaringan ini sangat memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi satu sama lain secara bersamaan dengan lebih banyak pengguna. Hal ini didukung juga dengan subcarrier spacing dari 5g yang bisa sampai kelipatan 15 kHz.

Kekurangan 5g

Setelah membahas kelebihannya, maka sekarang saatnya untuk membahas kekurangan jaringan 5g. Meskipun terlihat sangat sempurna seperti kekurangan, ternyata masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki lagi oleh jaringan ini, berikut ini adalah pembahasannya.

1. Baterai Hp Lebih Boros

Pertama bukan merupakan kekurangan jaringan 5g secara langsung, melainkan ini adalah kekurangan hp 5G yang paling sering ditemukan. Jadi kemungkinan besar saat digunakan, baterai dari hp ini akan lebih mudah habis alias lebih boros dibanding sebelumnya.

Hal ini mungkin terjadi, karena memang penyebaran 5g yang masih belum merata sehingga banyak perangkat yang belum siap. Oleh karena itu pada beberapa perangkat ada yang langsung mengalami baterai drop ketika menggunakan sinyal 5g.

2. Penyebaran Belum Merata

Hal ini juga mungkin terjadi karena jangankan sinyal 5g, sinyal 4g saja masih belum merata penyebarannya di Indonesia. Oleh karena itu penyebaran yang dimiliki oleh sinyal ini juga tentunya belum merata sama sekali.

Jadi tidak semua konsumen bisa menikmati jaringan ini, karena bisa jadi masih banyak daerah yang belum tercover dari jaringan ini. Karena hal tersebut kemungkinan juga sinyal yang dihasilkan masih belum terlalu bagus pada beberapa daerah tertentu.

3. Daya Tembus Minim

Percaya apa tidak ternyata ada kelemahan dari 5g yang bisa dikatakan spele, namun sangat lumayan berpengaruh. Jadi jaringan 5g ini dianggap memiliki daya tembus yang minim jika dibandingkan dengan sinyal sebelumnya, bahkan untuk menembus beton sekalipun jaringan ini masih belum sanggup.

Pada saat menembus penghalang ini bandwidth yang digunakan di jaringan ini meningkat, sehingga bisa mengurangi daya jangkau yang dimilikinya. Bisa dikatakan gelombang millimeter yang digunakan 5g punya daya tembus yang rendah karena tidak bisa melewati pohon, tembok, dan penghalang lainnya.

4. Isu Keamanan dan Privasi

Ternyata dari segi keamanan pengembangan jaringan ini dirasa belum terlalu sempurna. Hal ini dikarenakan jaringan 5g ini mengutamakan kemudahan transfer data dengan kecepatan tinggi, dan fitur itulah yang dianggap sedikit mengurangi tingkat keamanan jaringan ini.

Saat kondisi seperti ini, maka bisa dimanfaatkan oleh penyerang untuk masuk ke dalam sistem dan mendapatkan hal yang diinginkannya. Namun sekarang ini masih terus diteliti untuk ditemukan jalan keluar terbaiknya sehingga pengguna bisa nyaman saat menggunakan teknologi ini.

Perbandingan antara 5g dengan 4g

Setelah mengetahui plus minus jaringan 5g, maka selanjutnya akan dibahas tentang perbandingan antara 5g dengan 4g. Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g yang bisa digunakan sebagai referensi.

Pertama adalah kelebihan 5g dibanding 4g yang tentunya menjadi poin utama yang paling banyak diincar oleh masyarakat. Untuk kelebihan utamanya jelas, 5g lebih cepat dibandingkan 4g yang sebenarnya juga sudah sangat cepat.

Karena perlu diketahui kalau 4g ini merupakan jaringan generasi 4 yang kecepatannya sudah sangat mumpuni. Sementara untuk 5g sendiri, merupakan jaringan yang berada di atas jaringan tersebut jadi tentu pengembangan utamanya dari segi kecepatan.

Selain itu juga jangkauan dari 5g jauh lebih luas karena memanfaatkan lebih banyak menara dan pemancar untuk memancarkan jaringan ini. Jadi perangkat yang bisa terkoneksi juga jauh lebih banyak bahkan bisa mencapai 10 kali lipatnya dari jaringan 4g.

Hanya saja untuk kekurangan 5g ini memang penyebarannya belum merata, dan sekarang masih lebih banyak handphone yang mendukung jaringan 4g. Jadi konsumen tentu harus melakukan upgrade, dan itu membutuhkan waktu lama.

Lalu kekurangan terakhir yang dimiliki oleh 5g ini adalah keamanan yang dimiliki oleh jaringan ini masih dinilai lemah. Sebenarnya ini juga menjadi masalah umum di internet, jadi bukan sesuatu yang baru dan konsumen tidak perlu merasa terlalu khawatir.

Kelebihan dan Kekurangan 4g

Setelah mengetahui perbandingan diantara dua sinyal ini, maka ada baiknya untuk mengetahui  kelebihan dan kekurangan 4g. Karena dengan mengetahui hal ini, maka konsumen bisa langsung mengetahui apakah ingin segera bermigrasi ke 5g atau tetap dengan 4g.

1. Internet Cepat

Pertama adalah internet 4g ini masih terhitung cepat, dan bahkan kecepatannya di Indonesia masih lumayan. Karena memang jaringan ini merupakan jaringan nirkable generasi ke-4 yang kecepatannya sangat tinggi, dan terhitung kuat.

Apalagi di Indonesia sendiri penyebaran 4g ini sudah sangat merata, sehingga kecepatan sinyalnya dapat lebih baik. Bahkan untuk di daerah yang di luar perkotaan sekalipun sinyal 4g ini sudah sangat merata sehingga sudah banyak menara yang bisa memancarkan sinyal ini.

2. Tidak Mengalami Lag

Selanjutnya adalah sinyal ini sudah lumayan baik penyebaran, dan juga kecepatannya juga sangat tinggi. Hal ini tentunya memberikan pengaruh terhadap kinerja yang dimiliki oleh jaringan ini, dan salah satunya adalah tidak terjadinya lag atau gangguan.

Hal ini sudah bisa dibuktikan dari lancarnya orang saat bermain game dengan menggunakan sinyal 4g di Indonesia. Tidak terlalu banyak lag yang dialami, dan kalaupun ada hanya terjadi sebentar saja dan dalam waktu yang amat sangat jarang.

3. Kemungkinan akan Segera Tergantikan

Meskipun sudah memiliki banyak sekali keunggulan seperti yang sudah disebutkan di atas, namun tetap saja perlu diingat kalau jaman ini akan selalu berkembang. Hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan kalau sinyal 4g juga akan tergusur dan perlahan mulai digantikan oleh 5g.

Bisa dikatakan kalau ini merupakan kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g karena kemungkinan besar 4g akan segera digantikan, namun penyebaran 5g sendiri belum merata. Meskipun begitu tetap saja masyarakat harus segera bersiap karena pergantian ini pasti akan terjadi.

Oleh karena itu bagi yang memang sudah memiliki budget, maka tidak ada salahnya untuk membeli hp yang sudah 5g. Meskipun seperti yang dikatakan tadi kalau salah satu kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g adalah penyebarannya.

Namun sepertinya penyebaran itu bisa segera diatasi, dan kemungkinan dalam waktu kurang 2 tahun jaringan 5g akan lebih banyak digunakan. Karena itu setelah membaca pembahasan kelebihan dan kekurangan 5g dibandingkan 4g ini, tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan menggunakan jaringan 5g.

Pencarian Berdasarkan Kata Kuncikelebihan teknologi 5g
Exit mobile version