10 Marketer Terbaik di Indonesia, Semua Perusahaan Unicorn!

10 Marketer Terbaik di Indonesia
10 Marketer Terbaik di Indonesia

Marketer merupakan orang yang bertanggung jawab sebagai jantung dari perusahaan, karena memang peranannya yang sangat penting. Di Indonesia sendiri ada beberapa “jagoan”yang menjadi marketer terbaik di Indonesia dan keahliannya ini sudah diakui tidak hanya di Indonesia, tapi juga di internasional.

Nama orang-orang tersebut bahkan masuk dalam majalah bisnis, dan tentunya untuk mendapatkan marketer terbaik di Indonesia ada penilaian ketat yang harus dilalui. Jadi sama sekali tidak bisa sembarangan, dan ada beberapa faktor yang harus dinilai.

Daftar Marketer Terbaik di Indonesia

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau untuk menentukan seorang marketer yang terbaik di Indonesia ini tidaklah mudah. Ada beberapa penilaian yang harus dilakukan dan tentunya penilaian ini dilakukan oleh pakar marketing Indonesia yang memang sudah ahli di bidangnya, jadi sama sekali tidak sembarangan.

Bagi yang penasaran siapa saja nama yang berhasil masuk menjadi marketer terbaik di negara ini, berikut ini adalah beberapa namanya.

1. Nadiem Makarim

Mungkin sekarang orang Indonesia lebih banyak mengenalnya sebagai seorang menteri muda yang berprestasi. Namun jangan lupa jika dulu beliau juga pernah berkecimpung dalam dunia bisnis, dan tentunya bisnisnya tersebut juga mendulang kesuksesan yang bahkan sampai membuatnya dipanggil oleh presiden saat itu.

Saat itu dirinya bertugas sebagai marketing sekaligus sebagai CEO di perusahaan yang didirikannya, yakni GOJEK. Kesuksesannya ditandai dengan berhasilnya perusahaan itu menjadi unicorn pertama di Indonesia, pada tahun 2016 yang tentunya ini merupakan salah satu prestasi besar.

2. Ferry Unardi

Sebelum menjamurnya tempat pembelian tiket ataupun pemesanan hotel online, ada satu perusahaan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Meskipun bukan yang pertama, tapi perusahaan ini seolah-olah menjadi ikon dari perusahaan yang menyediakan layanan dan jasa yang serupa.

Nama dari perusahaan tersebut adalah traveloka, dan kesuksesan yang dimiliki oleh perusahaan ini tentunya tidak terlepas dari sang CEO yang sekaligus menjadi muka dari perusahaan Ferry Unardi. Bahkan karena kesuksesannya ini Ferry berhasil memukau tokoh marketing dunia, dan membuatnya masuk ke dalam daftar karena memenuhi semua penilaian yang diberikan untuk berada di posisi ini.

3. Alfatih Timur

Merupakan pendiri dari salah satu tempat untuk berdonasi terbesar di Indonesia yakni kita bisa.com. Selain merupakan yang terbesar, perusahaan ini juga menawarkan jaminan keamanan yang luar biasa sehingga tidak heran jika kemudian banyak yang menggunakan layanan di perusahaan ini.

Tentunya semua kesuksesan yang dimiliki boleh perusahaan ini tidak terlepas dari tangan pintar sang marketing sekaligus pendirinya ya ini Alfatih. Taktiknya dalam menjalankan perusahaan dan membuat masyarakat mengenalnya ini sangat jitu, apalagi di tengah gempuran dunia digital seperti sekarang perusahaannya justru semakin bersinar.

✅TRENDING :  Cara Membuat Timer Di Google Form Dengan Mudah

4. Hendrik Tio

Sebelum kehadiran banyaknya toko online di Indonesia, ada salah satu toko yang bisa dikatakan sebagai salah satu perintisnya. Nama dari toko ini adalah Bhinneka, oleh karena itu sangat disayangkan apabila nama dari perusahaan ini tidak masuk dalam jajaran ini.

Tentunya semua kesuksesan yang diraih oleh perusahaan ini tidak terlepas dari pendiri yang sekaligus menjadi muka bagi perusahaan. Dirinya berhasil membangun citra perusahaannya menjadi sangat positif, dan ini merupakan hasil dari kerja kerasnya dalam mempromosikan hal perusahaan ini

5. Together Life

Berbeda dengan yang sebelumnya kalau ini merupakan marketing agency Indonesia dan bukan merupakan marketer perorangan. Bisa dikatakan kalau sudah menggunakan layanan dari marketing agency ini, maka kemungkinan kegiatan marketing dapat berjalan dengan lebih lancar dan berkembang pesat.

Hal yang menjadi spesialis dari perusahaan ini adalah digital marketing, meskipun begitu bukan berarti perusahaan ini tidak bisa menangani yang lainnya. Pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan ini sangatlah berbeda, sehingga membuat kegiatan marketing yang dilakukannya selalu mendulang kesuksesan.

6. Michael Gaery Undars

Kalau tadi mungkin ada pendiri dari traveloka, maka sekarang ada perusahan dengan layanan serupa yang kesuksesan nya tidak kalah dari perusahaan itu. Adalah tiket.com yang didirikan oleh Michael dan berhasil mendapatkan penghargaan top brand award di tahun 2012.

Perkembangan dari perusahaan ini sangatlah luar biasa, bahkan jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis. Kemampuan marketing sekaligus CEO nya dalam mengenalkan perusahaan ini dengan cara yang unik menjadi salah satu faktor penyebab kesuksesannya.

7. William Tanuwijaya

Tokopedia menjadi salah satu perusahan startup yang layanan utamanya adalah kemudahan dalam berbelanja buatan anak bangsa paling sukses. Kesuksesannya ini ditandai dengan berhasil menjadi nya tokopedia sebagai salah satu perusahaan unicorn di Indonesia, dan artinya perusahaan ini memiliki valuasi lebih dari $ 1 Miliar.

Tokopedia juga berhasil mendapatkan gelar Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award pada tahun 2016. Pendekatan tokopedia terhadap pelanggan merupakan salah satu penyebab mengapa perusahaan ini bisa menjadi sukses seperti sekarang.

8. Adi Arriansyah

Mungkin nama dari perusahaan ini yakni sagara tech, tidak terlalu besar seperti beberapa nama perusahaan sebelumnya. Tapi perusahaan ini terkenal dikalangan para pengembang teknologi software, karena memang kelebihan yang dimiliki boleh perusahaan ini sangat luar biasa.

✅TRENDING :  Download uTorrent Gratis (Full Version)

Selain itu kemampuan dari Adi dalam melobi dan meyakinkan pelanggan menjadi salah satu penyebab perusahaan ini sangat sukses. Tidak heran jika kemudian namanya masuk dalam daftar marketer terbaik di Indonesia, bahkan disaat usianya yang masih muda.

9. Akaraya

Kembali lagi salah satu marketing agensi terbaik di Indonesia yakni Akaraya yang membesarkan setiap kliennya seperti anak sendiri. Tujuan utama dari perusahaan ini adalah meningkatkan serta menguatkan engagement bisnis, sehingga konsumen yang terjalin merupakan hubungan jangka panjang.

Dengan mengandalkan data aktual yang dimiliki, tidak heran jika kemudian semua proses yang dilakukan tepat sasaran dan berdasarkan realita. Karena itu tingkat keberhasilan yang dimiliki oleh perusahaan ini dalam hal kegiatan pemasaran sangatlah tinggi.

10. Chubby Rawit

Nama marketer terbaik di Indonesia terakhir merupakan sebuah perusahaan agensi yang memiliki nama unik dengan taglinenya yang khas yaitu hit ini every byte. Perusahaan ini menjanjikan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.

Karena keberhasilannya itulah membuat nama chubby rawit menjadi salah satu marketer terbaik di Indonesia. Bahkan perusahaan ini juga mampu meningkatkan brand awareness, engagement business, dan lainnya dari perusahaan yang masih kecil sekalipun.

Cara Menjadi Marketer Terbaik di Indonesia

Tentunya untuk bisa menjadi marketer terbaik di Indonesia dibutuhkan beberapa teknik yang baik untuk bisa menunjang semua kegiatan. Pantang menyerah menjadi kunci utama supaya bisa mendapatkan gelar tersebut, karena kegiatan ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Selain itu pendekatan yang dilakukan juga harus sesuai dengan data yang ada, karena kalau tidak sesuai dengan keadaan konsumen tentu akan sulit untuk menarik perhatian konsumen. Dengan begitu barulah konsumen merasa sesuai dengan produk yang ditawarkan, dan ingin berhubungan. Berikut ini adalah tips belajar internet marketing dari dasar hingga mahir.

1. Buatlah Website

Website menjadi senjata utama dalam bergelut di dunia online. Semua yang melakukan pemasaran online, pasti harus memiliki website. Website menjadi sarana penyapaian informasi dari kita kepada target market kita. Biasanya website tersebut berbentuk landing page atau company profile.

Untuk membuat website tidak perlu membutuhkan modal yang besar kok, cukup sediakan uang sekitar 1 jt saja anda sudah bisa memiliki website yang bagus dan bisa memikat orang orang. Setelah memiliki website, anda bisa belajar seputar SEO dan SEM untuk mengenalkan website anda ke orang orang.

2. Belajar SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu dari sekian banyak teknik pemasaran yang ada di internet. SEO berfokus pada bagaimana caranya website kita bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. Karena di halaman pertama inilah anda bisa mendapatkan banyak pengunjung tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.

✅TRENDING :  15 Browser VPN Anti Blokir Terbaik (2021)

Dengan menguasai teknik SEO, anda bisa masuk kategori marketer terbaik di Indonesia dan bisa mendominasi halaman pertama Google. Barang apapun yang anda jual dan relevant dengan kata kunci yang dicari oleh orang, maka kemungkinan besar produk anda akan laku dengan mudah. Itulah enaknya belajar SEO.

3. Belajar SEM

SEM hampir sama dengan SEO, namun bedanya trafik yang dihasilkan oleh SEM ialah berbayar sedangkan SEO mendatangkan trafik secara organik. SEM akan mempermudah pemasaran, karena kata kunci yang kita bidik akan mengenai target dengan tepat sehingga konversi yang dihasilkan pun juga bisa besar.

Banyak sekali situs untuk belajar SEM, setelah anda mempelajari 1 ilmu, anda harus segera mempraktekannya langsung. Belajar SEM atau Search Engine Marketing berarti anda harus belajar riset kata kunci, riset persaingan iklan, target iklan, dan optimasi modal.

4. Kuasai Social Media Marketing

Selain SEM, anda juga perlu mengkombinasikan ilmu Social Media Marketing supaya trafik dan leads yang dihasilkan dapat maksimal. Di ilmu Social Media Marketing tidak harus membutuhkan modal, tapi anda bisa memanfaatkan ilmu branding medsos, list building, content marketing, aktif komunitas online, dan lain sebagainya.

Media sosial yang sering dipakai oleh para marketer ialah Facebook, Instagram, dan Tiktok. Jadi cukup kuasai ketiga media sosial tersebut untuk memasarkan produk anda. Entah dengan cara berbayar maupun cara gratisan. Tentu saja cara berbayar akan lebih cepat mendapatkan leads.

Itulah 4 tips menjadi marketer terbaik di Indonesia. Sebenarnya teknik marketing tidak hanya saklek pada website, search engine, dan media sosial saja, tapi ada juga dari email marketing, paid promote, iklan banner di website dan lain sebagainya. Silahkan anda kombinasikan semua teknik marketing supaya anda bisa mendapatkan feel, teknik mana yang paling ampuh.

Kesimpulan

Kalau hanya berdasarkan berita atau tanpa ada data yang pasti, dan bukannya dari fakta yang ada maka tentu akan sangat sulit. Karena itu sifat pantang menyerah, pendekatan yang baik, dan mampu membangun kedekatan dengan konsumen merupakan syarat untuk menjadi marketer terbaik di Indonesia.

Dan juga anda harus menguasai teknik marketing terutama di dunia internet. Kami telah memaparkan tips menjadi internet marketer supaya masuk kedalam jajaran marketer terbaik di Indonesia.