Advertisements
Advertisements

Mengetahui Perbedaan Hosting dan Domain

Advertisements

Saat membahas website, maka tidak akan lepas dari pengertian domain dan hosting. Keduanya memiliki peran vital, untuk memuat halaman website dapat ditemukan oleh pengunjung dan beroperasi dengan baik. Meskipun secara praktiknya sering digunakan secara bersamaan, namun keduanya memiliki penjelasan yang berbeda. Berikut akan dijelaskan perbedaan hosting dan domain untuk Anda!

Penjelasan Hosting dan Domain

Untuk menjelaskan domain, maka perlu perumpamaan agar memahami konsep domain di situs web. Domain merupakan identitas singkat dari laman web di internet. Singkatnya, jika website adalah rumah, maka domain adalah alamatnya. Setiap komponen di dalam internet akan saling terhubung satu sama lain melalui identitasnya.

Oleh karenanya, setiap komputer di dalam jaringan internet membutuhkan alamat yang unik, atau sering disebut dengan IP Address (alamat IP). Dengan alamat inilah, lokasi server untuk menyimpan file sebuah website akan ditunjukkan. Alamat IP juga memiliki format penulisan cukup rumit, agar terjaga keamanannya (karena website mudah diakses hanya dengan menulis alamat IP saja).

Untuk menentukan perbedaan hosting dan domain, ada baiknya Anda menyimpulkan pengertian hosting juga. Dimana hosting memiliki perumpamaan sebagai lahan ataupun tanah untuk membangun website. Antara domain dan hosting menjadi satu paket saat membeli layanan hosting. Mungkin Anda bisa membeli domainnya saja.

Namun, pengunjung yang membuka website Anda tidak akan melihat apapun, kecuali lahan kosong tanpa rumah. Hosting menjadi elemen penting saat website diakses oleh pengunjung. Selain itu, hosting juga menjadi tempat penyimpanan file dalam sebuah web, baik itu template dan desainnya. Dengan kata lain, website membutuhkan hosting untuk menjalankan fungsinya sesuai rencana.

Perbedaan Hosting dan Domain

Setelah memahami pengertian dan perumpamaan hosting sekaligus domain, Anda akan mengenali perbedaan keduanya. Dari penjelasan diatas, mungkin Anda sudah bisa mengidentifikasi perbedaan tersebut. Ada beberapa poin yang menjadi dasar perbedaan ini, berikut uraiannya.

1.     Format dan Bentuk

Secara konkret, perbedaan antara hosting dan domain terletak di wujud elemen keduanya. Sebagai alamat, domain menjadi nama sekaligus identitas website. Istilah URL merupakan nama lain untuk menyebut domain. Format domain juga beragam, sehingga bisa dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Domain paling umum seperti, .com, .id, .org, .net, .ac, .id, dan lainnya.

Sedangkan untuk hosting yang merupakan lahan, akan berbentuk nyata ataupun bisa disentuh secara fisik. Hosting juga kerap disebut dengan server, karena menyerupai perangkat lunak dan perangkat keras.

2.     Fungsi

Perbedaan hosting dan domain juga tergambar dari fungsi keduanya. Meskipun hosting dan domain saling terikat, namun nyatanya memiliki fungsi yang berbeda. Kalau domain, memiliki fungsi sebagai alamat identitas bagi pengguna saat mengakses sebuah website. Maka, hosting berfungsi sebagai media penyimpanan data pada web.

Selain itu, layanan hosting juga mempengaruhi kecepatan akses sebuah laman web. Hal ini berkaitan dengan ruang server yang disediakan untuk web. Semakin banyak sumber daya, maka perlu diimbangi dengan hosting yang besar pula, agar laman website lebih cepat terbuka.

Berikut merupakan penjelasan tentang perbedaan hosting dan domain. Saat membuat website, Anda perlu memastikan kebutuhan informasi web dengan resource hosting. Apabila sudah cocok, maka bisa memikirkan nama untuk domain web Anda. Setelah membaca ulasan ini, Anda dapat membedakan keduanya, dan memahami fungsi web dengan baik. Semoga bermanfaat!