Download Opera VPN untuk PC dan Android

download-opera-vpn

Browser dengan VPN seperti Opera, memungkinkan Anda untuk menjelajah internet dengan keamanan ekstra dan sekaligus mengakses berbagai konten tanpa batasan geografis.

Opera menawarkan fungsi VPN browser yang baik secara keseluruhan. Selain gratis untuk digunakan, Opera tidak membatasi limit bandwitdh dan memiliki fitur pemblokiran iklan dan teknologi kompresi untuk browsing yang lebih cepat.

Layanan VPN berguna untuk menjaga privasi agar Anda tetap anonim selama beraktifitas secara online. VPN juga menjaga koneksi internet tetap terenkripsi, sehingga ISP atau pihak manapun tidak dapat menyadap informasi pribadi Anda.

Download Opera VPN


  • Pilih Opera VPN sesuai perangkat yang Anda gunakan
  • Klik “Download”
  • Buka file tersebut dan klik Install
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat mulai menggunakan Opera VPN

Fitur Opera VPN

Opera adalah penyedia layanan browser ternama yang berbasis di Oslo, Norwegia. Platform VPN mereka merupakan fitur yang mudah digunakan yang tersedia untuk banyak browser dan platform smartphone.

Opera menawarkan perlindungan komprehensif terhadap privasi penggunanya. Ini juga mencakup keamanan dan perlindungan dari adware berbahaya, ketika Anda menggunakan jaringan internet di rumah maupun di tempat umum.

Browser VPN ini menyediakan serangkaian fitur keamanan yang cukup bagus sebagai sebuah platform gratis:

  • Proteksi kebocoran DNS untuk menyembunyikan alamat IP Anda
  • Enkripsi 256-bit
  • Proksi HTTP standar dengan mengenkripsi link situs yang dituju
  • Kinerja kebocoran DNS mereka sangat baik dan terjamin.
  • Aplikasi selulernya ringan

User Friendly

Browser VPN ini sangat sederhana. Sangat mudah untuk menginstal dan menggunakannya di Android, iOS, Windows maupun Linux.

Dapat Memilih Server

Ini adalah VPN yang nyaman dan ramah pengguna, yang memungkinkan Anda untuk memilih lokasi server dari 5 lokasi yang tersedia di berbagai negara.

Alternatif Kill Switch

Dengan Opera VPN, Anda tidak memerlukan Kill Switch. Alasannya karena jika terjadi masalah dengan koneksi server VPN, maka koneksi akan dibuat kembali langsung melalui browser tanpa harus memutuskan koneksi internet.

Kekurangan Opera VPN

Berbeda dengan layanan VPN lain, Opera VPN hanyalah sebuah fitur tambahan dari browser. Sehingga tidak bisa sepenuhnya melindungi PC atau smartphone Anda.

Opera hanya melindungi koneksi internet yang menggunakan browser Opera saja. Berikut beberapa kekurangannya:

Tidak Bisa untuk Torrent

Ketika Anda membuka situs torrent, Opera VPN akan menyembunyikan identitas Anda. Namun setelah Anda memulai proses download, maka itu akan tetap melalui klien torrent dimana koneksi Anda tidak terlindungi.

Sehingga identitas asli Anda dapat terlihat oleh ISP, situs torrent, seed & peer yang bersangkutan.

Kecepatan Tidak Stabil

Anda tentunya memerlukan kecepatan koneksi yang bagus untuk aktivitas online apa pun. Namun sayangnya, jumlah server mereka hanya 5 dan jika kelima server itu digunakan oleh jutaan orang secara bersamaan maka kecepatan koneksi Anda akan berkurang drastis.

Kebijakan Privasi

Opera memang menyatakan bahwa mereka tidak mencatat informasi apapun tentang aktivitas online Anda termasuk alamat jaringan IP. Namun dijelaskan juga bahwa mereka dapat memantau perangkat dan spesifikasi perangkat keras Anda termasuk sistem operasi dan konfigurasi, serta histrori penggunaan fitur Opera VPN. Ini menunjukkan inkonsistensi mereka dalam hal perlindungan privasi.

Protokol

VPN yang tertanam di dalam browser umumnya membuat sambungan VPN melalui protokol PPTP. Ini adalah protokol terlemah dan paling rentan dari segi keamanan dan sebagian besar layanan VPN sudah tidak menggunakannya lagi.

Opera memang mengenkripsi koneksi Anda, membuka akses ke berbagai situs dan aplikasi yang diblokir di lokasi Anda. Namun karena tidak menggunakan protokol yang jelas, maka sifatnya lebih seperti proxy.

Tidak Bisa Streaming

Meskipun browser ini memiliki banyak fungi dan mudah digunakan, namun kami tidak merekomendasikannya untuk penggunaan yang penting seperti transaksi perbankan, pengiriman file pribadi dan streaming.

Terutama karena server OperaVPN sangat lambat ketika digunakan untuk streaming dari berbagai situs seperti Netflix, Amazon Prime, Hotstar+ dan lain-lain.

Alternatif VPN Yang Lebih Aman dan Cepat

1. Cyberghost VPN

VPN ini dapat membuka blokir pada hampir semua jenis konten dan situs, sekaligus mengamankan koneksi dan identitas Anda saat mengaksesnya.

Anda bisa menghubungkan 5 perangkat secara bersamaan melalui 1 akun.

Terdapat fitur tombol pemutus otomatis untuk mencegah semua akses yang tidak terlindungi saat sedang online. Selain itu, fitur DNS Leak Protection juga akan melindungi dan merahasiakan alamat IP asli Anda.

Cyberghost VPN ini menyediakan enkrisi 256-bit dan mendukung protokol L2TP / IPsec termasuk juga PPTP dan OpenVPN.

2. NordVPN

Ini adalah salah satu VPN yang paling banyak digunakan di Indonesia. Terutama karena mereka memiliki jaringan server yang besar, dengan lebih dari 5.000 server yang tersedia di 60 negara di seluruh dunia.

Standar keamanan NordVPN juga cukup kuat dengan enkripsi 256-bit pada koneksi OpenVPN sebagai protokol standar ditambah dengan keamanan kunci Diffie-Hellman 2.048-bit.

Platform ini juga menawarkan berbagai fitur keamanan tambahan seperti Kill Switch, Double VPN, dan Onion over VPN, yang membuat lalu lintas internet melalui Jaringan TOR serta VPN untuk keamanan tambahan.

Tidak ada batasan bandwitdh dan pengguna, membuat NordVPN benar-benar merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna yang sering melakukan download torrent dan streaming.

3. ExpressVPN

ExpressVPN menggunakan enkripsi 256-AES dengan sistem penyandian yang sama yang digunakan untuk melindungi server militer Amerika Serikat.

Selain itu terdapat proteksi kebocoran (IP, DNS, dan WebRTC), Kill Switch, dan fitur anti-malware untuk koneksi yang lebih aman ketika sedang bermain game, streaming atau sekedar browsing.

4. Private VPN

Jika Anda benar-benar ingin memiliki perlindungan yang baik saat sedang online maka Anda harus mencoba Private VPN. Selain cepat, platform ini memiliki standar keamanan yang tinggi di semua jaringan servernya.

Anda juga dapat menghubungkan hingga 5 perangkat secara bersamaan dan menikmati perlindungan penuh ke mana pun Anda pergi.

VPN ini akan menawarkan kecepatan yang sangat tinggi termasuk bandwidth tak terbatas dan alamat IP samaran. Dan Anda dapat dengan mudah beralih dari satu server ke server lain.

Jaringan servernya berlokasi di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa bersama dengan Asia dan Afrika. VPN ini tersedia untuk semua platform utama dan perangkat portabel termasuk juga router.

5. Private Internet Access

Selain memiliki server di lebih dari 50 negara yang berbeda, kualitas server Private Internet Access (PIA) sangat cocok untuk berbagai kebutuhan seperti streaming kualitas HD, konferensi video, atau mengunduh file torrent.

Selain itu, PIA memiliki server di Indonesia, yang atinya Anda bisa mendapatkan alamat IP lokal namun pada saat yang bersamaan tetap mendapatkan privasi, karena lokasi Anda tetap tidak akan disamarkan.

PIA juga memiliki kebijakan privasi yang ketat dan menyediakan enkripsi setara militer yang tangguh.

Ada juga fitur VPN yang cukup penting seperti Kill Switch, proteksi kebocoran DNS, dan server yang disamarkan. Selain itu, VPN ini memungkinkan Anda untuk membuka blokir layanan streaming di luar negeri seperti Netflix Amerika Serikat dan Disney Hotstar+ US.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunciaplikasi opra vpn
Exit mobile version