Daftar Aplikasi VPN Anti Internet Positif Terbaik

VPN Anti Internet Positif

VPN Anti Internet Positif – Berselancar di dunia maya bisa memberikan dampak positif maupun dampak negatif bagi para pengguna aktif internet. Positif, jika memang bisa menyerap ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan. Negatif, jika kurang bijak dalam memanfaatkan kemudahan akses informasi.

Berkaitan dengan dampak positif dan negatif tersebut, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet positif. Terblokirnya suatu situs dan konten yang dirasa ilegal dan negatif oleh pemerintah. Namun, pemerintah seringkali salah sasaran dalam melakukan pemblokiran situs atau konten.

Ada solusi bagaimana pengguna aktif internet bisa membuka situs yang sudah terblokir. Salah satu caranya yaitu menggunakan aplikasi VPN anti internet positif. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Internet Positif

Munculnya istilah internet positif di Indonesia sudah ada sejak 17 Juli 2014 oleh Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informasi) yang pada saat itu menyampaikan kepada publik perihal Trust + Positif. Keputusan ini juga dipublikasikan dalam situs trustpositif.kominfo.go.id.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan bahwa internet positif merupakan istilah yang sering digunakan untuk menamai aktivitas pemblokiran terhadap situs-situs yang dianggap ilegal dan menyajikan konten negatif atau tidak layak muat oleh pemerintah Indonesia. Misalnya, berita hoax, pornografi, dan hal-hal yang mengandung SARA.

Bukan tanpa alasan pemblokiran tersebut dilakukan. Pemerintah ingin membatasi situs-situs yang terdeteksi ilegal dan berisi konten negatif agar masyarakat Indonesia khususnya bisa lebih bijak menggunakan internet. Masyarakat bisa beralih mengakses situs-situs yang bermanfaat, sehat, aman, dan tidak merusak moral.

Sisi Lain Pemblokiran Situs

Faktanya, seringkali sensor yang dilakukan oleh Kominfo salah sasaran. Pernah pada saat itu Kominfo memblokir situs Reddit yang notabene merupakan situs terbesar di dunia. Alasannya, karena situs tersebut dianggap mengandung konten negatif. Padahal tidak semua konten yang ada di situs Reddit bersifat negatif. Sebaliknya, banyak sekali konten positif yang bisa diambil ilmunya.

Mengatasi permasalahan tersebut dan sejenisnya, tentu banyak orang mencari cara agar bisa mengakses situs yang terblokir. Salah satu caranya yaitu Anda bisa menggunakan VPN (Virtual Private Network) sebagai koneksi antara jaringan satu dengan lainnya secara private melalui jaringan publik.

Membuka Blokir Internet Positif Menggunakan Ekstensi VPN Pada Google Chrome

Untuk membuka blokir dari situs internet positif, Anda bisa menggunakan ekstensi tertentu yang bisa Anda tambahkan di browser. Salah satu contohnya adalah ekstensi VPN anti internet positif dengan Google Chrome. Lakukan langkah-langkah berikut dengan bijak.

  1. Kunjungi Chrome Web Store.
  2. Pada kolom pencarian yang ada di sebelah kiri tampilan Chrome Web Store, ketikkan VPN Zen Mate dan temukan halaman tersebut.
  3. Setelah ketemu, Anda bisa klik Add to Chrome.
  4. Munculkan ikon berwarna biru yang ada di ujung kanan browser Chrome dengan cara klik Add Extension.
  5. Klik Get Limited untuk yang versi gratis dan klik Activate Instantly untuk yang versi premium.
  6. Aktifkan Zen Mate dengan cara klik Login dan masukkan email serta password.
  7. Ada berbagai macam lokasi pilihan. Pilihlah dari VPN server dimana Anda ingin mengakses situs yang terblokir sebelumnya.

Itulah cara menggunakan ekstensi VPN anti internet positif dengan Google Chrome. Selain menggunakan cara tersebut, tentu ada cara lain seperti menggunakan Chrome Proxy, mengubah setting restricted list yang ada di Chrome, dan mengubah HTTP menjadi HTTPS. Cara lain tersebut bisa Anda pelajari sendiri.

Membuka Blokir Internet Positif Menggunakan Aplikasi VPN

Bagi Anda yang lebih nyaman membuka internet positif menggunakan aplikasi VPN, lakukan saja. Ada banyak tool VPN yang bisa Anda gunakan. Kurang lebih langkah-langkah antara satu VPN dengan VPN lainnya sama. Hanya saja, pada langkah-langkah ini, kami menjelaskannya secara umum. Lakukan langkah-langkah berikut dengan bijak.

  1. Download aplikasi VPN.
  2. Install aplikasi VPN.
  3. Buka aplikasi VPN dan klik menu connect.
  4. Jika ada pop up attention, Anda bisa mencentang tulisan tersebut dan klik OK. 
  5. Biarkan HP Anda beberapa saat hingga internet terkoneksi dengan baik. Selanjutnya, Anda bisa mengakses situs-situs yang terblokir seperti biasa tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

Itulah cara membuka blokir internet positif menggunakan VPN anti internet positif. Karena jaringannya bersifat privasi, maka kerahasiaan data Anda bisa terjaga dengan baik dan Anda bisa terhindar dari serangan hacker.

Rekomendasi VPN Anti Internet Positif

Ada banyak aplikasi VPN anti internet positif yang bisa Anda unduh di ponsel pintar Android maupun iOS. Mulai dari yang versi gratis, hingga yang versi premium. Yang mana semuanya juga memiliki plus minusnya masing-masing. Berikut beberapa rekomendasi VPN anti internet positif yang bisa Anda gunakan.

1. Thunder VPN

Aplikasi VPN anti internet positif yang satu ini menjadi penyedia layanan VPN gratis super cepat yang bisa Anda unduh di Google Play Store dengan ukuran sekitar 6,2 MB. Ada banyak server yang bisa Anda pilih untuk membuka situs yang terblokir. Namun, Thunder VPN hanya support pada Android dengan spesifikasi 5.0 ke atas.

2. Psiphon Pro

Sebagai pengguna Android versi 4.0 ke atas, Anda bisa menggunakan aplikasi Psiphon Pro. Sebab, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan. Misalnya, tampilan interfacenya simple, bisa mengakses situs yang terblokir, bisa mengatur proxy, dan membatasi aplikasi yang tidak diizinkan terkoneksi VPN. Namun, Psiphon Pro memiliki ukuran yang lumayan besar, 29 MB.

3. Touch VPN

Aplikasi Touch VPN 100% gratis. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Tenang, dengan ukuran yang hanya 15 MB dan kompatibel untuk perangkat Android 4.2 ke atas, VPN ini bisa Anda gunakan secara unlimited, tanpa batasan Bandwidth. Bahkan, aplikasi Touch VPN bisa melindungi Anda dari hacker saat mengakses situs yang terblokir.

4. Hotspot Shield

Aplikasi Hotspot Shield mampu meningkatkan keamanan koneksi saat terhubung dengan jaringan WiFi. Hotspot Shield mampu menghindari hacker yang biasanya mencari mangsa di jaringan internet publik. Namun, Hotspot shield hanya kompatibel di Android versi 5.0 ke atas dengan ruang yang dibutuhkan sekitar 52 MB. Begitu pula limit datanya hanya sebesar 500 MB/ hari dan itu bisa habis dalam hitungan detik.

5. VPN Proxy Master

Banyak kelebihan yang ditawarkan VPN Proxy Master. Misalnya, kompatibel untuk semua perangkat dengan ukuran aplikasi yang bervariatif, dilengkapi dengan Military-grade encryption yang bisa menjadikan koneksi internet terhindar dari hacker dan lebih aman, serta bisa memilih server dari berbagai negara. Namun, kekurangan Proxy Master pada jumlah iklan yang ditampilkan.

6. Hola VPN Proxy Plus

Hal paling utama dalam mengakses internet adalah masalah privasi. VPN ini sangat menjaga masalah privasi tersebut. Bahkan, menjadi satu-satunya yang memberikan akses sederhana secara langsung ke situs yang terblokir. Anda tidak akan melihat pesan menakutkan seperti berikut: “Sorry, but this content is not available in your country”.

7. VPNHub

Aplikasi VPNHub mampu menjaga privasi online dan juga menyembunyikan IP pengguna. Selain itu, VPNHub juga menawarkan koneksi internet yang stabil bahkan dalam mengakses Netflix menggunakan Indihome maupun Telkomsel. Namun, VPNHub memiliki keterbatasan server. Hanya ada satu server yang ditawarkan, yaitu Amerika.

8. AVG Secure VPN

Menjadi salah satu VPN anti internet positif, AVG Secure bisa menjaga privasi dalam mengakses internet. Dengan dilengkapi sistem Proxy Server dari banyak negara, Anda bisa menikmati jelajah dunia maya secara unlimited, lengkap dengan kecepatan yang bisa disesuaikan sesuai keinginan.

9. Turbo VPN

VPN anti internet positif yang bernama Turbo ini bisa digunakan pada semua jaringan internet, baik itu 3G, 4G LTE, hingga WiFi. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Namun, karena ukurannya yang kecil, Anda akan kesulitan saat terjadi masalah konektivitas atau lainnya yang berhubungan dengan kecepatan.

10. Melon VPN

Kemudahan akses Melon VPN bisa Anda rasakan karena aplikasi ini support untuk semua jaringan, baik itu 3G, 4G LTE, 5G, hingga WiFi. Tampilan user interfacenya juga sederhana dan bisa langsung terhubung ke server hanya dalam satu kali tekan. Namun, ada bypass pembatasan regional, jaringan pemerintah, dan firewall sekolah.

11. TunnelBear VPN

Aplikasi Tunnelbear ini sangat digemari oleh masyarakat China, karena memiliki koneksi internet yang stabil dibanding VPN anti internet positif lainnya. Banyak di antaranya yang menggunakan Tunnelbear untuk mengakses situs yang terblokir. Misalnya, Facebook, Twitter, dan lainnya. Namun, Tunnelbear memiliki bandwidth yang terbatas setiap bulannya.

12. Priv VPN

Bandwidth Priv VPN sebagai VPN Anti Internet Positif tersedia secara unlimited dan bisa digunakan secara gratis. Bahkan, dengan tampilan interfacenya yang sederhana, Anda bisa mudah menggunakannya. Selain itu, adanya fitur Smart Proxy dalam Priv VPN

memungkinkan Anda untuk memiliki aplikasi tertentu yang juga didukung oleh Proxy dan tidak.

Itulah beberapa rekomendasi VPN anti internet positif yang bisa Anda gunakan. Masih banyak aplikasi yang bisa menjadi alternatif pilihan. Namun, apapun itu pilihannya, Anda harus tetap bijak dalam menggunakannya. Akseslah informasi yang memang bisa bermanfaat.

Exit mobile version