Cek Domain & Whois

Please log in or register to like posts.

Cari informasi WHOIS dan ketersediaan nama domain:


Cara Cek Whois Domain

Anda cukup mengetikkan nama domain atau nama website yang ingin diperiksa melalui kolom di atas. Gunakan format yang tepat seperti; domain.com atau namasaya.id. Setelah itu Anda dapat melihat informasi lengkap terkait nama domain tersebut.

Ketika seseorang mendaftarkan sebuah nama domain melalui registrar maka informasi yang dikumpulkan dari pendaftar domain disebut data WHOIS, dan itu termasuk rincian kontak untuk staf yang ditugaskan untuk mengelola situs, serta rincian kontak dari pemilik situs (perusahaan/perorangan).

Saat menggunakan alat Whois di atas untuk mengecek pemilik domain atau situs, maka salah satu sumber data yang paling berguna adalah detil pendaftaran domainnya.

Melalui Whois, Anda dapat mengetahui data-data berikut ini;

  • Informasi pemilik domain atau situs yang bersangkutan
  • Tanggal pendaftaran dan kadaluarsa domain
  • Registrar tempat pendaftaran domain
  • Nameserver yang sedang digunakan

Namun seringkali pihak pemilik domain tidak ingin datanya ditampilkan dalam Whois ini. Baik untuk alasan keamanan, menjaga privasi atau tidak ingin dikaitkan dengan situs yang bersangkutan, maka pemilik domain dapat menyembunyikan informasi aslinya dari Whois manapun.

Saat ini hampir semua domain dapat didaftarkan melalui organisasi perantara atau proxy yang menyembunyikan detail lengkap pendaftarnya.

Pengertian Nama Domain

Nama domain adalah nama yang unik dan telah didefinisikan secara logis untuk sebuah situs. Domain ini akan menjadi alamat situs yang dapat diketik di kolom URL browser untuk mengunjungi situs tersebut.

Analogi sederhananya sebagai berikut, jika sebuah situs adalah rumah maka nama domain adalah alamatnya.

Nama domain mendefinisikan sebuah kepemilikan, otoritas atau kendali atas situs, file atau konten tertentu di Internet. Nama domain ini tidak hanya bisa dibaca manusia, tapi juga harus memiliki arti tertentu.

Berbeda dengan nomor handphone Anda yang hanya berupa angka, nama domain dapat dibaca dan bisa memiliki makna tertentu sesuai yang diinginkan oleh pemilik situs.

Contoh Nama Domain yang Bagus dan Unik

Domain yang bagus adalah nama domain yang pendek dan mudah diingat. Dan sebaiknya mengandung kata kunci atau keyword yang relevan dengan jenis usaha dan kategori situs Anda.

Kami menyarankan agar nama domain sebaiknya kurang dari 15 karakter dan tidak lebih dari 2 kata. Domain yang terlalu panjang akan sulit untuk diingat oleh pengguna dan berpotensi menyebabkan typo atau salah ketik.

Nama domain dengan kata-kata yang rumit atau tidak umum akan sulit diingat dan dieja dengan benar. Sedangkan nama domain yang relevan membantu pengguna untuk menemukan Anda di internet dan langsung mengenali apa yang sedang Anda tawarkan atau lakukan.

Baca Juga:  8 VPN Murah Terbaik dan Teraman (Update 2021)

Berikut adalah beberapa contoh nama domain yang bagus dan unik:

1. Voice.com

Nama domain ini sangat catchy, mudah diingat dan diucapkan. Selain itu Voice.com adalah nama domain yang memiliki makna. Hanya dengan melihat nama Voice.com kita dapat menyimpulkan bahwa ini adalah sebuah situs atau aplikasi mengenai suara, lagu, musik atau komunitas.

Tidak heran jika nama domain ini berhasil terjual dengan harga $30 juta atau lebih dari Rp. 400 milyar!

Saat ini Voice.com dikembangkan untuk menjadi sebuah media sosial berbasis teknologi blockchain.

2. VPN.co.id

Anda pasti langsung mengetahui bahwa VPN.co.id adalah sebuah situs tentang VPN? Ya benar sekali, itulah mengapa kami memilih menggunakan nama domain VPN.co.id

Selain singkat dan mudah diingat, nama domain ini mewakili misi dan visi kami untuk menjadi portal VPN terdepan di Indonesia termasuk menyuarakan pentingnya perlindungan privasi dan keamanan siber.

3. Detik.com

Siapa yang tidak mengenal situs berita daring pertama di Indonesia ini. Nama domain Detik.com dipilih karena ingin menjadi situs berita tercepat di Indonesia yang dapat menyampaikan kabar terbaru hanya dalam hitungan detik.

Dan hal itu berhasil dicapai oleh Detik.com pada tahun 1998, ketika mereka secara real-time mengupdate berita mengenai kerusuhan yang terjadi di hampir seluruh pelosok negeri. Sebuah upaya yang sulit dilakukan oleh berita televisi pada masa itu.

Hingga kini nama Detik.com sudah menjadi brand yang sangat melekat pada masyarakat di berbagai kalangan. Tidak heran jika Detik.com akhirnya diakusisi dengan nilai mencapai Rp. 600 milyar oleh CT Corp milik Chairul Tanjung.

4. Tiket.com

Dari nama domainnya kita langsung mengetahui bahwa ini adalah situs penjualan tiket atau travel agent.

Tiket.com kini menjadi salah satu pemain travel terbesar di tanah air, yang sudah memiliki jutaan basis pengguna loyal.

Nama domain Tiket.com termasuk nama domain yang sangat bagus dan lolos radio-test, artinya ketika diucapkan melalui berbagai media atau word-of-mouth tidak akan terjadi salah persepsi. Saat seseorang mendengar kata Tiket.com maka yang akan mereka googling atau ketik adalah tetap Tiket.com dan bukan Ticket.com atau Tiktok.com.

5. Suara.com

Dibandingkan situs berita lainnya, Suara.com terbilang masih baru dan mulai beroperasi pada tahun 2014, tepatnya pada masa pemilihan umum.

Baca Juga:  Download NordVPN untuk PC dan Smartphone

Situs ini memiliki misi untuk menyampaikan “suara” dari berbagai pihak secara berimbang , jujur dan independen.

Dengan menggunakan nama domain Suara.com, tim mereka setidaknya bisa mencapai tujuan itu dengan lebih mudah. Karena Suara.com melambangkan profesionalitas dan integritas, yang membuat situs ini menjadi salah satu portal berita terpercaya di Indonesia.

Hingga saat ini, Suara.com masuk dalam Top 50 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

6. Hops.id

Contoh domain lainnya yang singkat dan unik. Meskipun tidak memiliki arti tertentu, nama domain berhasil dikembangkan menjadi media yang catchy untuk menyajikan berita-berita yang sedang viral dan trending.

Hops.ID juga menyediakan platform agar pengguna dapat mengunggah artikel atau kontennya sendiri.

7. Vidio.com

Bagi Anda yang sering menyaksikan sinetron, drama korea atau cuplikan pertandingan bola, pasti sudah familiar dengan situs Vidio.com

Nama domainnya pendek dan unik namun berhasil menyampaikan pesan mengenai apa isi situs itu sendiri.

Nama domain Vidio.com juga sangat mudah diingat sehingga tim mereka tidak terlalu kesulitan untuk mengembangkan brand awareness di kalangan pengguna di Indonesia.

8. Website.id

Ini nama domain yang keren terutama kalau kita ucapkan di depan klien atau banyak orang.

Website.id bisa memiliki makna Website Identity atau Website Indonesia. Dan jika Anda mengunjungi situs ini, Website.id memang menyediakan sebuah platform untuk membuat toko online.

9. Candy.com

Nama domain ini dibeli dengan harga $3 juta pada tahun 2009 silam. Dan sesuai namanya, situs ini menjual berbagai jenis permen secara online.

Memang marketnya masih sebatas benua Amerika saja, namun jika Anda mengetik keyword “candy” di Google atau Bing, maka candy.com pasti berada di halaman pertama.

Hal ini membuktikan bahwa nama domain yang bagus juga memiliki pengaruh terhadap SEO, atau setidaknya memberikan dampak terhadap brand awareness yang membuat situs tersebut memiliki value di mata mesin pencari.

10. Kaskus.co.id

Forum terbesar di Indonesia ini awalnya menggunakan nama domain Kaskus.us namun kemudian berganti menjadi Kaskus.co.id

Keinginan pihak Kaskus yang ingin fokus di pasar Indonesia merupakan pertimbangan utama untuk menggunakan ekstensi .co.id, karena ini adalah ekstensi resmi negara RI.

Penggunaan .co.id memiliki keuntungan sendiri karena Google versi Indonesia kerap menampilkan situs atau hasil pencarian relevan yang dikhususkan untuk pengunjung dari Indonesia.

Cara Beli Domain

Sebelum memutuskan untuk membeli domain, perhatikan tips dalam memilih nama domain yang bagus berikut ini:

  • Gunakan ekstensi yang sudah dikenal seperti .co.id, .com atau .org
  • Pastikan jumlah karakter tidak lebih dari 15 karakter atau tidak lebih dari 2 kata
  • Tidak mengandung angka misalnya catering404.com
  • Tidak mengandung tahun karena domain bisa menjadi tidak relevan di tahun berikutnya, misalnya desain2017.com
  • Tidak menggunakan tanda hubung (-)
  • Nama domain harus mudah diucapkan dan mudah untuk diketik
  • Gunakan kata kunci yang sesuai dengan bidang yang Anda kerjakan misalnya mengandung kata wedding, konsultan atau desain.
  • Bisa menambahkan lokasi jika diperlukan, misalnya jakartawedding.com

Setelah memutuskan nama domain yang tepat, Anda dapat mendaftarkannya melalui registrar manapun.

Baca Juga:  Cek IP Address

Khusus untuk pendaftaran nama domain Indonesia yang berakhiran .co.id, or.id, dkk dibutuhkan persyaratan berikut:

CO.ID

Nama domain .co.id ditujukan bagi badan usaha, organisasi atau sejenisnya yang berbadan hukum dan beroperasi di wilayah Indonesia. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • SIUP / TDP / Akte Notaris / Surat Ijin yang setara
  • Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila nama domain memakai merek terkenal)
  • KTP Republik Indonesia yang masih berlaku
  • Surat pernyataan keterkaitan nama domain dengan perusahaan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan.

SCH.ID

Nama domain .sch.id ditujukan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga
  • KTP Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga yang masih berlaku

AC.ID

Nama domain .ac.id ditujukan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki izin/akreditasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Teknis terkait lainnya. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan Perundangan.
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga.
  • KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.

BIZ.ID

Nama domain berakhiran .biz.id ditujukan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik perorangan maupun organisasi. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • KTP Republik Indonesia yang masih berlaku

MY.ID dan WEB.ID

Nama domain berakhiran my.id dan web.id ditujukan bagi perorangan atau entitas yang berbadan hukum Indonesia. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.

OR.ID

Nama domain .or.id ditujukan bagi yayasan atau organisasi bidang apapun yang memiliki Akta atau SK Internal Organisasi. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan
  • KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
  • Surat pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama organisasi)