Cara Menggunakan VPN Bawaan Xiaomi

cara menggunakan vpn bawaan xiaomi

VPN Bawaan Xiaomi – VPN adalah salah satu metode populer yang memungkinkan Anda untuk mengakses situs web intranet, file, hingga printer yang menggunakan jaringan terenkripsi dari lokasi jauh sekalipun menggunakan internet.

Pada dasarnya, setiap jenis HP Android memiliki VPN bawaan yang bisa dimanfaatkan, tak terkecuali VPN bawaan yang ada di HP Xiaomi. Jika Anda bisa menggunakan VPN bawaan Xiaomi, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman lebih aman, lebih bebas, dan bisa terhindar dari pengintaian saat melakukan aktivitas berselancar dunia maya.

Berikut cara menggunakan VPN bawaan Xiaomi maupun VPN versi gratis dan premium!

Cara Menggunakan VPN Bawaan Xiaomi

Ada sedikit desclaimer, bisa jadi cara menggunakan VPN bawaan Xiaomi di bawah ini sedikit mengalami perbedaan dari tata letak menu VPN di HP Xiaomi lama dan terbaru. Namun, secara garis besarnya, langkah-langkah cara menggunakan VPN bawaan Xiaomi di bawah ini bisa Anda ikuti:

1. Cari menu pengaturan atau setelan di HP Xiaomi Anda.

2. Geser ke bawah, cari menu lainya.

3. Setelah itu, pilih menu VPN > klik tambah untuk menambah settingan VPN baru.

4. Isi beberapa kotak pilihan yang tersedia.

  • Kolom nama, isi dengan nama apa saja. Misalnya, VPN BARU.
  • Kolom jenis, biarkan saja sesuai pengaturan defaultnya, yaitu PPTP.
  • Kolom server, isi sesuai alamat server yang masih bisa dipakai. Alamat server ini bisa Anda temukan dengan cara pergi ke situs vpnbook. Di situs tersebut ada banyak server yang bisa Anda coba satu persatu. Pilih servernya > copy > paste alamat server di HP Anda (kolom server).
vpnbook

5. Setelah semuanya terisi lengkap, klik simpan.

6. Klik profil VPN untuk mengaktifkan VPN.

7. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi username dan password. Jangan lupa untuk memasukkan username dan password yang telah disediakan di bagian bawah situs vpnbook.com dan centang save account information yang ada di bagian bawah username dan password ya. Namun, username dan password ini tidak bisa di copy. Jadi, Anda harus mengetiknya secara manual.

✅TRENDING :  6 Top Aplikasi VPN Gratis Terbaik Update 2021

Sama seperti penggunaan alamat server, jika saat Anda memasukkan username dan password namun username dan password tersebut tidak bisa dipakai, coba buka situs tersebut sekali lagi dan cocokkan username dan passwordnya. Sebab, username dan password ini memang sering kali berganti-ganti.

8. Klik connect, maka VPN siap digunakan.

Itulah cara menggunakan VPN bawaan Xiaomi. Setiap HP Xiaomi yang sistemnya berbeda, pasti memiliki letak settingan tersendiri untuk mengakses VPN bawaan. Meski demikian, intinya tetap sama.

Hati-hati juga jika saat Anda menggunakan VPN. Hindari melakukan transaksi perbankan seperti memakai mobile banking atau transaksi lainnya yang mengharuskan mengisi pin dan password bersamaan dengan saat mengaktifkan VPN.

Jangan lupa juga untuk menonaktifkan VPN jika sudah tidak digunakan. Anda bisa menekan tombol profil VPN tadi dan tekan Disconnect.

Keuntungan Menggunakan VPN Bawaan Xiaomi

Umumnya, saat menggunakan VPN aplikasi pihak ketiga, Anda harus mengunduh aplikasinya. Itu berarti ruang memori Anda akan dialokasikan untuk tempat penyimpanan VPN pihak ketiga. Tentu, ini akan membuat ruang memori penuh.

Belum lagi jika VPN yang Anda unduh dari Play Store harus berbayar. Anda harus rela mengeluarkan sejumlah uang agar bisa menggunakan layanan VPN secara penuh.

Berbeda jika Anda menggunakan VPN bawaan, justru Anda tidak akan kekurangan memori dan tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang agar bisa mengaksesnya. Namun, bukan itu saja keuntungan saat menggunakan VPN bawaan dari Xiaomi. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat.

  1. Enkripsi Keamanan

Karena aplikasinya adalah aplikasi bawaan dan resmi dikeluarkan oleh Xiaomi, otomatis Anda akan memperoleh keamanan penuh saat berselancar di internet.

VPN bawaan di HP ini akan membuat terowongan enkripsi yang kuat dan aman untuk koneksi internet Anda. Sebab, VPN ini mampu mencegah siapapun yang akan mengakses informasi pribadi Anda. Anda bisa membuat aktivitas online menjadi anonim.

  1. Ubah IP Address
✅TRENDING :  Pengertian Work From Home dan Tips

Mayoritas layanan untuk Xiaomi menawarkan beberapa server di dunia. Saat server yang Anda pilih tidak bisa untuk mengakses situs, sebagai pengguna, Anda bisa mengubah alamat IP ke bagian dunia lain.

Dengan Anda mengubah alamat IP, Anda akan mendapat anonimitas penuh dari ISP dan pemerintah. Anda bisa memblokir peretas internet dan mengakses situs dari berbagai lokasi.

  1. Membuka Konten yang Terblokir

Adanya kebijakan internet positif membuat ribuan konten diblokir oleh pemerintah. Dengan Anda menggunakan VPN Xiaomi, Anda bisa menghubungkan ke server lain dan mengakses konten yang telah terblokir tersebut secara anonim.

Itulah keuntungan menggunakan VPN Xiaomi. Jika menggunakan VPN bawaan, HP Anda tidak akan lemot karena harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Selama ada aplikasi bawaan yang memang bisa bermanfaat, lebih baik Anda menggunakan aplikasi bawaan saja.

Cara Menggunakan VPN Pihak Ketiga

Meskipun ada VPN bawaan, tak jarang banyak pengguna Xiaomi lebih memilih VPN pihak ketiga yang diunduh dari Play Store. Alsannya bisa jadi karena merasa terlalu ribet harus mengatur VPN bawaan di menu pengaturan.

Anda bisa menggunakan VPN versi gratis maupun versi premium yang berbayar yang bisa diunduh secara langsung di Google Play Store. Begitu pula dalam pengoperasiannya semakin mudah.

Dengan Menggunakan Aplikasi VPN Gratis

Jika tidak ingin ribet mengatur VPN bawaan, Anda bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store secara gratis. anyak aplikasi Virtual Private Network yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Download dan install aplikasi VPN gratis, misalnya TunnelBear VPN.
  3. Buka dan jalankan TunnelBear VPN.
  4. Masukkan email > tekan create a free account guna mendapatkan akun VPN terlebih dahulu.
  5. Login ke aplikasi TunnelBear.
  6. Aktifkan VPN dan tekan OKE.
✅TRENDING :  Cara Pindah Server FF Menggunakan VPN

Itulah cara menggunakan VPN gratis. B Kunjungi situs tumblr atau lainnya untuk mengetahui apakah aplikasi VPN TunnelBear sudah benar-benar terhubung atau belum.

Dengan Menggunakan VPN Premium

Selain memanfaatkan aplikasi versi gratis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi versi premium. Dengan menggunakan apk premium, Anda semakin leluasa memanfaatkan fitur-fitur yang lebih lengkap. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play
  2. Download dan Instal Hide.me VPN.
  3. Buka aplikasi tersebut dan lakukan registrasi.
  4. Lakukan pembayaran VPN Premium. Harganya berkisar Rp 70.000.
  5. Anda bisa menggunakan VPN Premium tanpa batas atau unlimited kuota.

Itulah cara menggunakan VPN premium. Anda memang harus membayar sejumlah uang, tetapi ada banyak pilihan versi premium yang bisa Anda manfaatkan. Ada banyak fitur menarik yang tidak ada di aplikasi versi gratis.

VPN Xiaomi Terbaik

Layanan VPN terbaik untuk Xiaomi adalah VPN yang menawarkan proses instalasi secara langsung.  Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih VPN terbaik Xiaomi.

  • Terdapat server di banyak lokasi di seluruh dunia dengan jaringan server yang kuat.
  • Memiliki reputasi VPN baik.
  • Bisa digunakan di berbagai perangkat serta sistem operasi.
  • Koneksi simultan.
  • Enkripsi tinggi.
  • Layanan dan dukungan pelanggan secara langsung.
  • Bandwidth tidak terbatas.

Itulah pertimbangan dalam memilih VPN terbaik untuk HP Xiaomi. Baik Anda memilih menggunakan VPN versi gratis maupun versi premium, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih VPN.

Pun jika ingin memanfaatkan VPN bawaan Xiaomi. Meskipun mungkin itu lebih aman karena merupakan aplikasi resmi, tetapi Anda harus setting manual saat awal pemakaian.