Cara Nonton TV Lewat YouTube Dengan Mudah Dan Gratis

cara nonton tv lewat youtube

Televisi merupakan media elektronik yang menyajikan berbagai macam tontonan. Mulai dari hiburan, berita, olahraga dan lain sebagainya. Berbagai channel televisi saat ini sudah banyak yang dapat ditonton secara streaming melalui YouTube. Cara nonton TV lewat YouTube pun saat ini sudah sangat mudah untuk dilakukan, asalkan perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet.

Jika ingin menonton televisi secara streaming melalui YouTube, tak perlu khawatir tentang biaya. Sebab penggunaannya gratis dan tak perlu berlangganan, tetapi seperti disebutkan di awal yaitu harus terhubung dengan jaringan internet saja. Adapun mengenai bagaimana cara untuk menonton televisi melalui YouTube, bisa dilakukan dengan dua cara alternatif yaitu:

Melalui Browser di Laptop atau Komputer

Browser adalah salah satu perangkat lunak (software) yang seringkali digunakan untuk mengakses berbagai situs dan mencari informasi di dalamnya. Browser ini bisa diakses melalui smartphone, laptop atau komputer. Adapun yang akan dijelaskan disini ialah cara dan langkah-langkah untuk menonton televisi melalui YouTube dengan bantuan browser pada laptop atau komputer. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Pastikan laptop atau komputer yang digunakan sudah terhubung dengan jaringan internet.
  • Buka browser pada laptop atau komputer.
  • Akses YouTube melalui URL https://www.youtube.com/.
  • Klik menu 3 bar yang terletak di pojok kanan bagian atas, kemudian pilih dan klik pada bagian fitur “Live”.
  • Pilih channel TV yang ingin ditonton, bisa channel TV lokal ataupun channel TV internasional kemudian klik channel TV yang dipilih.
  • Program televisi pun siap untuk ditonton.

Melalui Aplikasi YouTube di Smartphone

Selain melalui browser pada laptop atau komputer, menonton televisi juga bisa dilakukan melalui aplikasi YouTube pada smartphone. Cara nonton TV lewat YouTube langsung dengan aplikasinya ini merupakan cara paling mudah dan praktis dilakukan, terutama bagi orang yang tidak memiliki komputer atau malas membuka komputer. Adapun cara untuk menonton televisi melalui aplikasi YouTube di smartphone antara lain sebagai berikut:

  • Pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet.
  • Buka aplikasi YouTube yang telah terpasang pada smartphone.
  • Jika pada smartphone belum ada aplikasi YouTube, terlebih dahulu bisa diunduh melalui Play Store ataupun yang sejenisnya.
  • Ketik nama stasiun televisi yang ingin ditonton pada kolom pencarian, misal TVRI, KompasTV, SCTV atau yang lainnya.
  • Tekan menu yang terletak di pojok kanan atas.
  • Pilih dan klik kategori “Live”.
  • Program televisi yang ingin ditonton pun secara otomatis akan muncul dan siap untuk ditonton.
✅TRENDING :  10 Situs Baru Pengganti Otakudesu (Update Link)

Itulah beberapa cara nonton TV lewat YouTube yang bisa dilakukan. Menonton TV lewat YouTube ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif ketika ingin menonton program televisi namun terkendala sesuatu hal. Sebab menonton televisi dengan menggunakan YouTube bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, serta dalam menggunakannya juga tidak memerlukan jaringan UHF.

Menonton TV lewat YouTube juga akan membuat penggunanya lebih interaktif, karena di dalamnya terdapat fitur chat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan penonton lain. Namun, satu hal yang perlu diketahui bahwa channel televisi tidak semuanya menayangkan program televisinya secara streaming melalui YouTube. Ada juga televisi yang menayangkan streaming melalui aplikasinya tersendiri.

Walaupun demikian, tidak perlu khawatir jika ingin menonton seluruh program televisi dengan lebih mudah. Sebab saat ini sudah ada aplikasi yang menyediakan streaming seluruh stasiun televisi, seperti aplikasi video. Walaupun dalam penggunaannya harus berlangganan terlebih dahulu jika ingin mengakses semua channel.