Advertisements
Advertisements

Daftar Aplikasi Al Qur_an Untuk Laptop Windows 10

Advertisements

Bagi umat beragama Islam, membaca Al Qur’an sendiri merupakan sebagian dari ibadah. Bahkan dengan membaca Al Qur’an mampu membawa kesejukan dalam hati. Dengan kemajuan teknologi saat ini, para umat Islam dapat membaca Al Qur’an dimana saja tanpa harus membawa Al Qur’an kemana-mana, dengan memanfaatkan aplikasi Al Quran untuk laptop Windows 10. Pengguna dapat membacanya melalui perangkat laptop.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi Al Qur’an dapat kompatibel pada windows 10, padahal pada saat ini kebanyakan laptop menggunakan OS Windows 10. Meski terdapat aplikasi Al Quran pada perangkat Android, namun bagi beberapa pengguna lebih tertarik membaca Al Qur’an melalui perangkat laptop dibandingkan melalui ponsel, alasannya karena membaca melalui laptop lebih leluasa karena perbandingan layar. Berikut rekomendasi aplikasinya:

1. Ayat KSU (King Saud University)

Aplikasi ini mampu menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk membaca Al Qur’an. Aplikasi Ayat KSU memiliki fitur 20 bahasa terjemahan, termasuk bahasa Indonesia di dalam aplikasi ini. Selain itu, terdapat murottal yang dapat diputar, sehingga para pengguna dapat mendengarkan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Ayat KSU dipastikan tidak akan mengalami error saat dijalankan pada laptop dengan sistem operasi Windows 10. Kelebihan lain dari Ayat KSU adalah, aplikasi ini masih dapat dijalankan secara offline, sehingga para pengguna dapat menghemat penggunaan kuota internet.

2. Al Qur’an

Meski memiliki ukuran yang relatif besar, yaitu 458 Mb, namun aplikasi buatan developer Emanuel ini, sudah teruji aman dan mampu dijalankan pada perangkat laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 tanpa perlu khawatir aplikasi akan mengalami error.

Aplikasi Al Qur’an ini dapat digunakan meski dalam keadaan tidak ada jaringan internet, tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa para pengguna dapatkan secara gratis. Namun sayangnya, aplikasi Al Qur’an, hanya tersedia dalam bahasa Inggris tanpa ada terjemahan Indonesia.

3. Qur’an Explorer

Bagi pengguna Windows 10, Qur’an Explorer merupakan salah satu aplikasi yang cukup praktis untuk digunakan. Para pengguna dapat membaca melalui halaman situs Qur’an Explorer, atau mendownload aplikasinya agar tetap dapat membaca meskipun dalam keadaan offline.

Dalam aplikasi ini, terdapat banyak bahasa yang disediakan, termasuk bahasa Indonesia di dalamnya. Bagi para pengguna yang ingin menjalankan aplikasi ini pada ponsel, Qur’an Explorer juga tersedia dalam versi Android, aplikasi ini bisa didownload melalui website resmi Qur’an Explorer.

4. Zekr

Aplikasi Al Quran untuk laptop Windows 10 selanjutnya adalah Zekr, dalam aplikasi ini para pengguna akan dimanjakan dengan banyaknya fitur yang tersedia. Menggunakan konsep interface yang sederhana, memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi ini, merupakan salah satu kelebihan dari aplikasi Zekr.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini juga terdapat murottal yang dapat diputar. Tentunya aplikasi ini menyediakan bahasa yang bervariasi, termasuk bahasa Indonesia. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diunduh melalui sourceforge, sebuah situs yang masih asing untuk beberapa orang.

5. Al Qur’an Mushaf Madinah

Aplikasi yang satu ini sudah teruji aman dan kompatibel untuk digunakan pada laptop Windows 10. Tidak hanya itu saja, aplikasi Al Qur’an Mushaf Madinah juga memiliki fitur pencarian surat hanya dengan cara menyisipkan sebuah lafadz Al Qur’an.

Al Qur’an Mushaf Madinah juga menyediakan fitur suara bacaan dari lafadz Al Qur’an, dengan adanya fitur ini, sangat membantu bagi pengguna yang dalam tahap belajar membaca Al Qur’an atau hanya sebagai bahan koreksi tajwid saat membaca. Aplikasi ini dapat di download pada situs resmi Al Qur’an Mushaf Madinah.

Itu tadi daftar aplikasi Al Quran untuk laptop Windows 10. Bagi para pengguna sistem operasi tersebut tidak perlu lagi khawatir untuk mendownload aplikasi di atas, karena aplikasi yang telah disebutkan tadi sudah teruji aman dan kompatibel dijalankan pada laptop Windows 10.