Database Malware Terlengkap 2021

data-malware

Berikut adalah data dan jenis malware terlengkap di tahun 2021 yang perlu Anda waspadai:

Addrop

Jenis Adware yang menargetkan perangkat berbasis Windows yang mampu mengunduh adware lain atau program yang mungkin tidak diinginkan.

Adware

Anda akan melihat iklan yang muncul tiba-tiba dan tidak berasal dari situs yang mereka kunjungi.

Backdoor

Jika terinfeksi, peretas dapat mengendalikan perangkat Anda dari jarak jauh tanpa terdeteksi. Diantaranya mengakses data, mengunduh, dan mengubah sistem.

BatMobi

Anda mengalami pengalihan tiba-tiba ke situs pengiklan, terutama setiap kali melakukan update atau instal di PlayStore.

BindTool

Ini adalah jenis malware yang menyatukan beberapa file menjadi satu file yang dapat dieksekusi di perangkat Anda. Biasanya berasal dari file yang Anda download dari situs mencurigakan.

Bootkit

Perangkat Anda akan sering mengalami Crash atau Blue Screen. Karena malware ini menyerang Master Boot Record yang terletak di motherboard komputer Anda.

Call Protection (Android)

Smartphone kerap menerima panggilan dari nomor yang asing dan tidak dikenal.

CheatTool

Ini adalah file cheat untuk game yang di download dari situs mencurigakan. Biasanya sudah disusupi malware yang dapat merusak atau menyadap perangkat Anda.

CookieMiner

Jenis malware yang dapat mencuri uang kripto, termasuk username dan kata sandi dompet digital pengguna yang terdapat di ekstensi browser seperti Chrome.

CooTek Ads

Iklan dari CooTek akan muncul secara agresif di smartphone Anda, tanpa mengetahui dari aplikasi mana iklan itu berasal.

CrackTool

File yang digunakan untuk dapat membuka software yang di-unduh secara ilegal. Biasanya telah mengandung malware yang dapat menginfeksi perangkat Anda.

CryptTool

Software untuk mengenkripsi file namun ternyata mengandung malware. Biasanya didapat dari situs yang mencurigakan.

Baca Juga:  Review NordVPN untuk PC dan Smartphone

DDoSTool

Jenis malware yang mampu melancarkan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Exploit

Artinya ditemukan celah keamanan dari perangkat lunak atau perangkat keras yang Anda gunakan, dan bisa menjadi “jalan masuk” bagi peretas.

Fake App (Android)

Meskipun terlihat resmi, aplikasi Fake App kerap melakukan aktivitas tanpa ijin penggunanya seperti mengirim pesan SMS dan mengunduh aplikasi tak dikenal.

FraudTool

Jenis malware yang berpotensi merusak software atau perangkat lunak di PC, laptop atau smartphone.

Generic Malware

Malware ini memungkinkan peretas untuk masuk ke perangkat Anda dan melakukan berbagai tindakan seperti mencuri file dan data pribadi.

GravityRAT

Jenis Trojan yang dapat secara otomatis mengunggah file Office, mengambil screenshot dan merekam log keyboard (semua yang Anda ketik).

Hacktool

Digunakan untuk masuk ke perangkat korban. Biasanya disebarkan melalui flash disk, email dengan attachment, file yang di didownload, dan jaringan file peer-to-peer (P2P) seperti torrent.

Heuristic

Malware yang dirancang untuk mengubah pengaturan sistem dalam perangkat Anda.

Hijack

Malware ini akan menjalankan file secara otomatis atau mengarahkan browser korban ke situs tertentu yang berbahaya.

Hijack Folder Options

Malware jenis ini dapat menghalangi Anda untuk membuka atau menggunakan kotak dialog “Folder Options” pada PC/laptop berbasis Windows.

Hoax

Jenis malware yang disebarkan melalui media sosial, pesan chat atau email dengan cara memperingatkan calon korban akan ancaman berbahaya di perangkatnya. Padahal ancaman tersebut sama sekali tidak ada.

Joke Tool

Malware ini dapat melakukan hal yang tidak diinginkan di perangkat yang terinfeksi, diantaranya adalah menghapus file tertentu dan melakukan format ulang hard disk tanpa sepengetahuan Anda.

Meltdown

Meltdown adalah celah keamanan yang terdapat pada prosesor Intel dan memungkinkan peretas untuk mencuri data dari perangkat pengguna.

Baca Juga:  10 Router VPN Terbaik dan Termurah (2021)

MobiDash

Perangkat smartphone akan terus menampilkan iklan yang mengganggu. Biasanya terjadi setelah menginstal aplikasi dari situs yang tidak dikenal.

Netwire

Netwire termasuk dalam kategori backdoor yang mampu mengambil screenshot dan mencatat log dari keyboard di perangkat Anda.

OSX/CrescentCore

Malware yang terdapat di MacOS ini dapat melewati Gatekeeper karena memiliki “sertifikat” yang ditandatangani oleh Apple. Biasanya secara otomatis menginstal file bernama LaunchAgent, Advanced Mac Cleaner, atau ekstensi Safari.

OSX/Shlayer

Malware ini mampu menghindari perlindungan keamanan MacOS Catalina dan dapat seakan-akan memandu Anda untuk menginstal file tertentu.

Ransomware

Jenis malware yang “menyandera” data, file atau perangkat seseorang. Biasanya akan muncul notifikasi tentang cara membayar uang tebusan dan batas waktu pembayaran sebelum data mereka dihapus.

Rootkit

Rootkit adalah kategori malware yang memungkinkan peretas untuk mengakses dan mengendalikan sistem perangkat tanpa sepengetahuan pengguna.

Startapp Adware

Akan muncul banyak iklan dari sumber yang tidak dikenal dan Anda tidak bisa mengetahui dari aplikasi mana.

SpamTool

Ini adalah jenis malware yang akan mengirimkan banyak spam melalui email dan akun media sosial pengguna. Biasanya berasal dari file yang di download dari situs yang mencurigakan.

Spyware

Jenis malware yang menginfeksi PC atau handphone, dan mengumpulkan semua informasi tentang pengguna secara diam-diam, baik itu histori aktifitas online, kebiasaan penggunaan Internet dan lainnya.

Trojan

Jenis ini akan mengeksploitasi sistem perangkat begitu mereka berada di dalamnya. Umumnya berasal dari software keygen, program gratis (game atau screensaver), lampiran email yang terinfeksi, atau saat mengunjungi situs yang telah disiapkan untuk menginfeksi pengunjungnya.

XCSSET

Malware yang terdeteksi di MacOS ini dapat mengakses informasi sensitif melalui browser Safari, termasuk data penting seperti login Anda untuk layanan Apple, Google, Paypal, Skype, Telegram hingga WeChat.

Baca Juga:  VPN Tarumanagara KlikBCA Login

Yo Browser (Android)

Aplikasi Yo Browser akan menampilkan iklan dari situs-situs yang mencurigakan. Dan app ini juga mengandung keygen yang berbahaya.