WA Web: Cara Menggunakan Whatsapp di PC dan Laptop

Please log in or register to like posts.
VPN.co.id
wa-web

Indonesia menjadi negara ke-2 dengan jumlah pengunduh aplikasi Whatsapp terbanyak di dunia setelah India. Jumlah penetrasi Whatsapp (WA) di Indonesia mencapai 125 juta pengguna aktif.

Hal ini tidak mengejutkan mengingat WA telah menjadi bagian penting dalam komunikasi sehari-hari di masyarakat kita. Baik untuk keperluan bisnis, komunikasi massa dan silaturahmi antar keluarga.

Namun yang menarik adalah, berdasarkan hasil riset tim VPN.co.id. Jumlah pengguna WA web melalui PC dan laptop meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir. Pada kuartal I 2020, dari 125 juta pengguna aplikasi WA di Indonesia, sebanyak 5 juta pengguna aktif menggunakan WA web melalui perangkat komputer atau laptop.

Umumnya pengguna WA web adalah pekerja dan pelajar aktif yang memerlukan efektifitas dalam menerima dan mengirim pesan Whatsapp sembari menyelesaikan pekerjaan mereka.

Apa itu Whatsapp Web?

WhatsApp Web merupakan platform untuk mengakses dan menggunakan akun WhatsApp melalaui komputer atau laptop Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan WA melalui PC Anda, dan bukan melalui ponsel.

WhatsApp Web adalah versi browser dari aplikasi obrolan dan panggilan video / suara WhatsApp Messenger populer yang kita semua tahu dari iOS dan Android.

WA web sendiri memiliki dua jenis yaitu:

  • Software yang dapat diunduh langsung untuk PC dan laptop berbasis MacOS dan Windows.
  • Whatsapp web versi browser yang diakses melalui website

Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai ekstensi dari akun WhatsApp di smartphone Anda. Semua pesan dapat disinkronkan antara ponsel dan komputer Anda. Dengan kata lain Anda dapat melihat dan membalas pesan WA Anda di perangkat apa pun.

Pesan yang Anda kirim dan terima sepenuhnya akan disinkronkan antara ponsel dan komputer Anda. Tindakan apa pun yang Anda lakukan di ponsel maka akan terlihat juga di WhatsApp Web dan demikian juga sebaliknya.

WhatsApp Web bukanlah akun WhatsApp yang berbeda. Saat Anda menggunakan WhatsApp di komputer, Anda hanya mengakses akun yang sama di kedua perangkat yang berbeda.

Whatsapp Web adalah alat komunikasi yang sangat efektif. Anda dapat mengirim pesan dan file yang ada di PC/laptop dengan mudah dan gratis.

Terkadang lebih mudah untuk mengetik pesan Anda pada keyboard PC dan membaca pesan di monitor yang ukurannya lebih besar dari HP. Segala kemudahan ini membuat pengguna WA web semakin meningkat.

Cara Menggunakan WA Web

WhatsApp tidak menyimpan data Anda di server web mereka. Jadi estiap kali ada orang yang mengirimi Anda pesan di WhatsApp, maka pesan itu tetap akan dikirim ke ponsel Anda dan kemudian ke WA web yang sedang Anda buka.

Baca Juga:  Cara Matikan VPN di PC dan Smartphone (100% Aman)

Whatsapp versi Browser

whatsapp-web

1. Buka aplika WA di smartphone anda, lalu klik Menu atau Setting (titik tiga), setelah itu pilih Whatsapp Web. Setelah itu akan muncul scanner QR. Silahkan ikuti langkah ke 2

2. Buka browser di PC atau Laptop anda (Chrome, Mozilla, Opera atau Safari), dan kunjungi laman berikut ini https://web.whatsapp.com/. Disitu akan muncul sebuah QR code.

3. Scan QR code tersebut, maka website akan loading dan menampilkan akun Whatsapp anda di layar PC atau laptop.

4. Disini anda sudah bisa menggunakan WA seperti biasa, baik untuk menerima dan mengirim pesan maupun file.

Whatsapp versi Software

Kelebihan menggunakan software untuk PC/laptop adalah kita tidak perlu lagi mengunjungi alamat website Whatsapp seperti di atas. Cukup klik dan WA web bisa langsung digunkan kapan saja. Berikut panduannya.

1. Download software Whatsapp disini:

wa-web

2. Setelah proses download selesai, klik file tersebut dan ikuti instruksi untuk melakukan instalasi

wa-web

3. Setelah proses intalasi selesai, klik Open atau klik icon Whatsapp di PC/laptop Anda. Maka akan muncul QR Code, lanjutkan ke langkah 4.

wa-web

4. Buka aplikasi WA di smartphone anda, lalu klik Menu atau Setting (titik tiga), setelah itu pilih Whatsapp Web. Lalu scan QR code yang ada di PC/laptop tadi.

5. Anda akan masuk ke akun WA versi desktop dan sudah mulai bisa menggunakannya seperti biasa. Secara otomatis WA akan melakukan sinkronisasi Apa yang muncul di smartphone juga akan muncul di PC/laptop.

Cara Menggunakan WA Web tanpa Scan QR Code

1. Always Logged in

  • Akses Whatsapp web melalui website atau software PC/laptop.
  • Di bagian awal login, centang kotak “Keep me signed in”. Ini terletak tepat di bawah QR code.
  • Anda akan masuk ke akun WA versi web dan akan terus aktif meskipun anda menutup browser atau mematikan PC/Laptop

Namun jika anda melakukan clear cache di browser atau klik Log Out. Maka anda harus mengulangi lagi langkah pertama (centang “Keep me signed in”)

2. Sotfware PC / Laptop

  • Cara kerjanya hampir mirip dengan versi website di atas, bedanya kamu akan terus logged in tanpa perlu scan QR code lagi meskipun browser cache sudah di-clear atau PC/laptop dalam keadaan mati.
  • Klik icon Whatsapp di PC/laptop, maka akan mucul laman dengan QR Code.
  • Buka aplikasi WA di smartphone anda, lalu klik Menu atau Setting (titik tiga), setelah itu pilih Whatsapp Web. Scan QR code yang ada di layar tadi. Jangan lupa centang kotak “Keep me signed in” di bagian bawah QR Code.
  • Anda akan masuk ke akun WA Anda dan nanti bisa menggunakannya seperti biasa tanpa harus melakukan scan lagi.

Cara Video Call di Laptop dan PC

  • NoxPLayer adalah sebuah emulator yang memungkinkan PC/laptop kita untuk menggunakan games atau apps yang tadinya hanya bisa diakses di smartphone
  • Buka browser anda melalui PC/laptop dan kunjungi link ini: https://www.bignox.com/appcenter/game_management/use-whatsapp-on-pc-with-noxplayer/
  • Lalu klik Download on PC
  • Setelah proses download selesai, klik file dan ikuti semua langkah-langkah instalasi
  • Setelah instalasi selesai, NoxPlayer secara otomatis terbuka
  • Login ke PlayStore menggunakan akun Google anda
  • Search aplikasi Whatsapp dan klik Install (mirip dengan proses instalasi di smartphone)
  • Setelah instalasi selesai, klik icon Whatsapp di NoxPlayer
  • Masukkan nomor HP yang anda gunakan untuk WA sekarang atau bisa juga menggunakan nomor baru jika ingin membuat akun berbeda
  • Anda akan login dan mengikuti beberapa langkah untuk sinkronisasi atau load backup data
  • Voila! WA sudah bisa digunakan di PC/laptop tanpa perlu QR Code dan bahkan bisa untuk melakukan Video Call
Baca Juga:  LK21 Pindah Alamat Situs (Update)

Harap diingat bahwa ketika anda menggunakan nomor lama di aplikasi WA NoxPlayer ini maka secara otomatis WA yang di smartphone akan ter-logout dan tidak bisa digunakan lagi.

Kebijakan Whatsapp hanya memperbolehkan satu nomer untuk satu akun. Jika anda berencana untuk menggunakan WA di PC untuk sementara, maka sebaiknya gunakan fitur video call di smartphone saja.

Cara Menggunakan Beberapa Akun WA web di PC

1. Incognito Mode atau Browser yang berbeda

  • Jika Anda sedang membuka WA web di browser Chrome, klik bagian Menu (titik tiga) di kanan atas dan buka “New Incognito Mode”
  • Maka akan terbuka jendela browser Chrome “Incognito Mode” yang baru. Incognito artinya lebih privat sehingga aktivitas anda tidak bisa dilacak walaupun tidak sehebat fitur privasi VPN.
  • Kunjungi laman https://web.whatsapp.com di jendela Incognito Mode ini
  • Ikuti kembali langkah pertama di atas untuk login menggunakan akun WA yang berbeda (nomor yang beda)
  • Jika ingin membuka akun WA lainnya, maka gunakanlah browser yang berbeda seperti Mozilla, Opera atau Brave. Dan ulangi kembali cara diatas.
  • Anda saat ini bisa membuka dua atau lebih akun WA berbeda di PC/Laptop yamg sama

2. Ekstensi Session Box

Ekstensi Session Box memungkinkan Anda menggunakan banyak akun di browser yang sama pada waktu yang saat yang sama pula.

Setiap sesi akan disimpan di browser dan jika ingin login kembali, maka pengguna hanya perlu mengklik tombol tertentu.

Session Box sangat membantu karena URL (website) yang sama dapat digunakan di berbagai browser yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya

1) Instal ekstensi SessionBox disini (otomatis membuka browser Chrome)

menggunakan-banyak-akun-di-wa-web

2) Setelah ekstensi ditambahkan ke Chrome Anda silahkan kembali ke halaman WA web anda sebelumnya

3. Kemudian klik icon “Pin” lalu icon “SessionBox” seperti di gambar ini

menggunakan-banyak-akun-di-wa-web

4. Klik “New Stored Session” lalu akan terbuka tab WA web yang baru namun masih di jendela browser yang sama.

5. Sekarang beri nama Session ini, misalnya “Akun WA 2”. SessionBox secara otomatis mengingat sesi ini dan jika lain kali Anda perlu mengakses akun WA ini, cukup klik ikon Session Box dan klik nama yang Anda buat tadi.

menggunakan-banyak-akun-di-wa-web

6. Silahkan login ke akun WA kedua dengan mengikuti langkah yang sama disini.

7. Sekarang, Anda bisa mengakses dua akun WA berbeda namun tetap di jendela browser yang sama.

Jika Anda ingin menghapus sesi dari semua akun yang tidak lagi Anda perlukan, klik menu tiga titik dan pilih opsi Delete.

Cara Menghilangkan Tanda “Read” Biru

Umumnya setiap kali pesan kita dibaca oleh seseorang, maka akan ada tanda “Read” berwarna biru.

Baca Juga:  Cara Menggunakan dan Mengaktifkan VPN (100% Aman)

Namun Anda bisa mematikan tanda “read” melalui menu Setting-Privasi di aplikasi smartphone Anda. Sehingga anda dapat membaca balasan pesan tanpa diketahui pengirimnya melalui tanda centang “read”.

Tapi, jika anda ingin tetap melihat balasan dari seseorang atau grup di WA web tanpa diketahui telah di “read” oleh Anda, berikut caranya:

  1. Buka obrolan chatting anda di WhatsApp Web
  2. Lalu buka jendela browser Chrome baru, dan kecilkan ukurannya sehingga Anda tetap dapat melihat WhatsApp web di bagian belakang
  3. Klik jendela baru tersebut dan tahan kursor Anda di sana. Ini adalah langkah penting, karena PC akan mengira Anda sedang bekerja di jendela yang berbeda dan bukan di jendela browser Whatsapp
  4. Balasan pesan akan muncul di jendela Whatsapp web di bagian belakang, namun masih bisa terlihat oleh anda, tanpa ditandai “centang biru”.
  5. Karena dianggap belum terbaca, maka tandanya hanya centang abu-abu, yang berarti pesan telah diterima oleh Anda, tetapi belum dibaca.

Cara ini hanya bisa digunakan untuk “mengintip” pesan dari satu orang/grup saja dalam waktu yang sama.

Cara Menggunakan Dark-mode

  • Buka WhatsApp Web di PC atau laptop Anda
  • Klik ikon tiga titik di bagian kanan atas > lalu pilih Pengaturan (Setting) > Tema (Theme).
  • Sekarang pilih Gelap (Dark) dan klik OK.
  • Tampilan Whatsapp web Anda pun akan menjadi gelap dan nyaman di mata.

Tetapi ada cara yang jauh lebih mudah yaitu dengan menggunakan ekstensi bernama WhatsApp Web Dark Mode. Cukup tambahkan ekstensi itu ke browser Chrome, dan dengan satu kali klik, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Gelap di WhatsApp Web kapan saja.

Cara Drag and Drop File

Anda dapat mengirim berbagai jenis file di WhatsApp Web dengan mengklik ikon “klip kertas” di sudut kanan atas. Namun ada cara lain yang lebih mudah untuk melakukannya.

  • Cukup buka folder tempat Anda menyimpan file di PC/laptop, lalu klik, tahan, seret ke jendela WA web dan drop file langsung ke dalam chat untuk mengirimnya.

Shortcut Keyboard di WA Web

Untuk memanfaatkan sepenuhnya WhatsApp Web di komputer Anda, Anda perlu mempelajari beberapa pintasan keyboard. Ini dapat membuat Anda menjadi ninja pengetik yang melakukan segalanya dengan sedikit lebih cepat. Berikut daftar pintasan keyboard yang berfungsi di WhatsApp Web:

  • Ctrl + N: Mulai obrolan baru
  • Ctrl + Shift +]: Obrolan berikutnya
  • Ctrl + Shift + [: Obrolan sebelumnya
  • Ctrl + E: Arsipkan obrolan
  • Ctrl + Shift + M: Bisukan obrolan
  • Ctrl + Backspace: Hapus obrolan
  • Ctrl + Shift + U: Tandai belum dibaca
  • Ctrl + Shift + N: Buat grup baru
  • Ctrl + P: Buka status profil
  • Ctrl + X: Cut
  • Ctrl + C: Copy
  • Ctrl + V: Paste
  • Ctrl + A: Select all
  • Ctrl + F: Search
  • Alt + F4: Exit app

Shortcut untuk Emoji

WhatsApp terkenal dengan emoji-nya. Kami sangat terbiasa mengekspresikan emosi kami melalui emoji sehingga tidak mungkin untuk tidak menggunakannya. Penggunaan emoji di WhatsApp Web bisa lebih cepat jika Anda melakukannya dari keyboard.

ShortcutEmoji
:18🔞
:24🏪
:admission ticket🎟
:airplane arrival🛬
:airplane departure🛫
:ambulance🚑
:amusementpark🎡, 🎢
:asterisk
:atom
:baggage claim🛄
:battery🔋
:bestest💜
:bewhiskered🧔🏻
:biohazard
:blue heart💙
:boxing🥊
:brain🧠
:broccoli🥦
:broken💔
:canoe🛶
:chains
:chair💺
:checkmark✅, ✔
:choo choo🚆
:cigarette🚬
:circus🎪
:closed eyes😙
:coaster🎢
:coffin
:cool button🆒
:copter🚁
:copyright©
:cross mark
:crossing🚸
:cupid💘
:customs🛃
:disapproval🤨
:distrust🤨
:drumsticks🥁
:dumpling🥟
:explode🤯, 💥
:face blowing a kiss😘
:faith💯
:fencer🤺
:ferry
:fire engine🚒
:free button🆓
:fuel pump
:funeral
:giggle🤭
:giraffe🦒
:goal🥍, 🥅
:green heart💚
:guitar🎸
:hashtag#⃣
:heart with arrow💘
:heart with ribbon💝
:heartbeat💓
:heartpulse💗
:hedgehog🦔
:highway🛣
:hugging face🤗
:id button🆔
:jet
:judo🥋
:knobs🎛
:liberty🗽
:locomotive🚂
:love letter💌
:lover😘
:mermaid🧜‍
:metro🚇
:microphone🎤, 🎙
:middle🖕
:military🎖
:millionaire🚤
:minibus🚐
:mono🚝, 🚈
:mother🤶
:motorboat🛥
:nail💅🏻
:new button🆕
:no smoking🚭
:oil🛢
:paintbrush🖌
:parking🅿
:passport🛂
:peaceful😇, ☮
:penguin🐧
:piano🎹
:pissed🤬, 😒
:plug🔌
:pretzel🥨
:prophecy🥠
:radioactive
:railway track🛤
:recycle
:red heart
:registered®
:reminder🎗
:revolving hearts💞
:rose🌹, 🏵
:sailboat
:sauropod🦕
:sax🎷
:scooter🛵, 🛴
:shushing face🤫
:slider🎚
:smiling face with heart😍
:sock🧦
:sparkling heart💖
:spew🤮
:spider web🕸
:streamer🎏
:suspension🚟
:t-rex🦖
:tent🎪, ⛺
:thinking face🤔
:thx🙏
:tichel🧕
:titanic🚢
:tokyo🗼
:tractor🚜
:triton🧜‍
:trumpet🎺
:two hearts💕
:unlock🔑, 🔓
:versus🆚
:violin🎻
:warning
:waste🗑
:wheelchair
:white heart💟
:yellow heart💛
:zebra🦓

Featured image by MORAN on Unsplash