Rekening Sekuritas Adalah Rekening untuk Investasi Saham

investasi

Investasi memang merupakan salah satu aktivitas yang semakin populer seiring dengan berjalannya waktu dan bahkan dijadikan sebagai sumber penghasilan. Walaupun begitu, masih tidak sedikit yang tidak memahami bahwa rekening sekuritas adalah salah satu komponen yang penting dalam investasi saham. Apalagi rekening untuk investasi tersebut dapat diajukan ke berbagai jenis bank.

Secara garis besar, jenis rekening telah disediakan dan ditawarkan oleh beberapa bank baik yang merupakan kepemilikan negara maupun milik swasta. Ditambah lagi, ada beberapa jenis bank yang memang sejak awal menyediakan layanan khusus rekening untuk investasi saham sehingga mempermudah nasabah. Penjelasan lebih detail mengenai jenis rekening dapat diketahui berikut ini:

Apa Itu Rekening Sekuritas?

Aspek pertama yang perlu diketahui oleh setiap calon nasabah terutama yang merupakan pertama kali mencoba adalah definisi dari rekening sekuritas. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa rekening sekuritas adalah rekening untuk investasi saham, sehingga penggunaannya pun tidak dapat dilepaskan dari saham. Apalagi proses investasi saham akan sulit dilakukan jika tanpa rekening.

Kemudian secara lebih lanjut, nama yang dipakai pada rekening ini sebenarnya merujuk pada perusahaan yang menyediakan saham untuk jual beli. Sekuritas secara garis besar dapat diartikan sebagai perusahaan yang beraktivitas untuk melakukan jual beli khusus saham sesuai dengan aturan pemerintah. Selain itu, sekuritas ini sudah disediakan secara bervariasi saat ini.

Sebelum melakukan pembukaan rekening untuk sekuritas pada suatu bank, setiap calon investor sebaiknya menentukan terlebih dahulu apa sekuritas yang dipilih. Setelah memilih sekuritas yang sesuai, setiap calon investor kemudian dapat mulai menyiapkan apa saja syarat untuk mengajukan rekening khusus sekuritas. Jika sudah siap, silakan ikuti setiap prosedur yang sudah ada.

✅TRENDING :  Harga IPhone 11 Turun! Kini Dijual Dengan Harga Rp 7,9 Juta

Syarat untuk Pembukaan Rekening Sekuritas

Selain terkait definisi dari rekening sekuritas adalah rekening untuk investasi saham, terdapat aspek yang perlu diketahui dan dipahami sejak awal. Setiap calon investor perlu mempertimbangkan dan menyiapkan apa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum mengajukan pembuatan rekening. Selain itu, persyaratan yang diperlukan pun perlu disiapkan secara matang.

Secara sederhana, sama seperti beberapa pengajuan pembukaan rekening pada umumnya, setiap calon investor perlu menyiapkan kartu identitas utama seperti KTP. Selain itu, jika tidak ada KTP atau KTP sedang digunakan untuk lainnya, setiap investor sekaligus nasabah dapat menggantinya dengan paspor. Ditambah lagi, diperlukan juga dokumen yang penting lainnya seperti NPWP.

Selain KTP dan NPWP, setiap calon investor yang akan membuka jenis rekening sekuritas perlu menyerahkan cover dari buku tabungan masing-masing. Kelebihan yang dimiliki adalah bahwa setiap calon investor dapat melakukan konsultasi dengan broker yang dipilih untuk menganjurkan integrasi rekening sekuritas. Jangan lupa untuk menyerahkan Nomor Identitas Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Prosedur Pembukaan Rekening Sekuritas

Sementara di sisi lain, setelah setiap persyaratan sudah disiapkan secara matang, segera mulai prosedur untuk mengajukan rekening sekuritas. Berikut prosedur pembukaan rekening tersebut secara detail:

  • Masuk ke laman atau aplikasi yang digunakan untuk membuka rekening sekuritas sesuai dengan yang dipilih. Kemudian masukkan informasi seperti surel elektronik ataupun nomor telepon ketika diminta. Selain itu, jangan lupa menambahkan password.
  • Setelah itu, silakan pilih menu pembukaan rekening sekuritas kemudian lanjutkan dengan mengisi identitas seperti KTP. Tambah pula dengan mengunggah dokumen pendukung seperti KTP dan NPWP. Kemudian lakukan proses verifikasi melalui surel elektronik.
  • Jika sudah berhasil diverifikasi, maka silakan mulai untuk menentukan kode PIN dari rekening masing-masing. Setelah itu, buka kembali aplikasi dan silakan memulai investasi.
✅TRENDING :  Netflix Naikkan Tarif Berlangganan Untuk Pelanggannya

Uraian tentang pengetahuan seperti rekening sekuritas adalah komponen penting untuk investasi saham di atas dapat mengatasi kebingungan. Ditambah lagi, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi dahulu. Setelah itu, prosedur dapat dipraktikkan dengan mudah.