Akhir Tahun Semakin Dekat, Saatnya Memilih Produk Investasi Yang Tepat

Tahun Air Tiger 2022 sepertinya belum akan berakhir, saatnya menetapkan berbagai target, termasuk finansial. Secara keseluruhan, pemulihan ekonomi di Indonesia terlihat sangat menggembirakan karena banyak perusahaan yang mulai bergerak maju. Terlepas dari ancaman inflasi dan kenaikan suku bunga global, pasar investasi di Indonesia terlihat bagus: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan naik menjadi Rs 7.400 pada akhir tahun 2022, dan bahkan Rs 7.800 dalam skenario optimis. Menurut Kepala Riset Mirae, Asset Securities Haryanto Vijaya.

Dengan hanya tinggal beberapa bulan di tahun ini, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memikirkan tujuan baru dalam hal meningkatkan kekayaan Anda, terutama diversifikasi portofolio investasi Anda di tahun mendatang. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk mengevaluasi kinerja portofolio investasi yang Anda miliki saat ini. Apa kabar? berapa banyak uang yang kamu peroleh

Yuk simak di bawah ini cara menyusun strategi investasi Anda dengan baik di akhir tahun!

Nilai

Sementara orang berinvestasi untuk berbagai alasan, fungsi terpenting dari sebuah produk investasi adalah untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan dengan menggunakan dana yang Anda miliki saat ini dengan harapan dapat meningkatkan kekayaan Anda. Misalnya, mempersiapkan tabungan masa depan dengan membuka rekening tabungan, menabung emas untuk lindung nilai terhadap inflasi, membeli tanah atau real estat untuk disewakan atau sebagai bisnis rumahan, atau menghasilkan uang melalui investasi yang lebih agresif seperti saham untuk mencapai keuangan jangka panjang. sasaran. . Terlepas dari pilihan produk investasi Anda, mengevaluasi kinerja tahunan adalah kunci untuk menentukan apakah portofolio Anda mendukung tujuan keuangan Anda. Cek secara berkala apakah perkembangan dana investasi Anda sudah sesuai dengan target. Kemudian mencari informasi tentang prospek pasar keuangan ke depan, untuk memutuskan apakah Anda perlu menambah portofolio Anda saat ini atau mempertimbangkan produk investasi lainnya. Saat pertama kali mulai berinvestasi, Anda perlu menilai posisi keuangan Anda saat ini dan menentukan tingkat risiko yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Membandingkan

Selesai penilaian? Kini saatnya membandingkan berbagai produk investasi di pasar sesuai dengan kebutuhan Anda. Variasi produk investasi yang tersedia menawarkan banyak pilihan kepada investor, tetapi tidak semuanya cocok untuk semua orang. Berinvestasi merupakan cara bagi seseorang untuk mencapai tujuan finansial. Misalnya, untuk mempersiapkan dana pensiun atau dana pendidikan anak yang ingin digunakan dalam lima tahun. Untuk dapat mencapai dana perwalian, Anda harus mempertimbangkan apakah produk investasi yang Anda pilih mampu memberikan pengembalian yang diinginkan dalam waktu lima tahun dengan modal investasi Anda saat ini. Lalu tentukan tipe profil risiko investasi, tipe yang manakah Anda? Agresif, moderat, konservatif atau sangat konservatif?

Selain tujuan investasi dan profil risiko Anda, Anda juga harus menentukan jangka waktu investasi, apakah Anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang? Beberapa produk investasi yang banyak diminati di Indonesia adalah deposito, obligasi, reksa dana dan saham. Citibank sendiri bertindak sebagai distributor atau penjual obligasi dan reksa dana.

Tidak seperti tabungan biasa, deposito berjangka memiliki tingkat bunga tahunan yang lebih tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai tabungan jangka panjang. Meskipun ini mungkin merupakan opsi pengembangan yang aman untuk dana Anda, dana yang Anda setorkan tidak dapat ditarik saat diperlukan karena tenggat waktu harus dipenuhi. Misalnya, Citibank menawarkan deposito berjangka atau term deposit untuk 1, 3, 6 dan 12 bulan.

Obligasi merupakan salah satu produk investasi yang paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Profil risiko yang ditawarkan oleh obligasi juga relatif rendah dan terukur, memberikan rasa aman bagi investor yang belum berpengalaman. Obligasi berupa laporan utang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan. Citibank menawarkan investasi pada berbagai produk obligasi, termasuk obligasi pemerintah Republik Indonesia berdenominasi Rupee, US Dollar dan Euro, serta sukuk ritel pemerintah (SR).

Berinvestasi di reksa dana sangat populer di kalangan investor, terutama pemula, karena bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Namun, ingat bahwa memilih reksa dana juga harus sesuai dengan tingkat risiko yang Anda inginkan. Setiap jenis reksa dana memiliki potensi dan risiko yang berbeda-beda, mulai dari yang berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang hingga yang berisiko tinggi seperti reksa dana saham yang potensi pengembaliannya bisa lebih tinggi dibandingkan produk reksa dana lainnya. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di reksa dana, Anda dapat menghubungi bank terpercaya Anda untuk menentukan produk yang terbaik untuk Anda. Citibank menawarkan berbagai produk investasi yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda.

Jika Anda adalah investor yang agresif dan berpengalaman, berinvestasi pada saham dengan return tinggi dan risiko yang tidak kalah tinggi mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Bagi investor pemula yang tertarik untuk berinvestasi saham, Anda bisa mencoba reksa dana saham, yaitu jenis reksa dana yang sebagian besar alokasi dananya diinvestasikan pada instrumen saham. Reksa dana saham memiliki potensi yang sama dan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman. Citibank menawarkan berbagai produk reksa dana saham kepada Anda.

Pilih produk investasi yang paling sesuai

Terakhir, Anda harus memilih produk yang paling cocok untuk kebutuhan masa depan Anda. Berinvestasi itu seperti menanam pohon: saat kita menanam pohon, kita tidak tahu apakah pohon itu akan tumbuh subur atau tidak tumbuh sama sekali. Oleh karena itu, banyak yang takut berinvestasi akan menyebabkan kehilangan uang atau berinvestasi itu sulit dan membutuhkan pengetahuan khusus. Namun, mengingat perkembangan pasar investasi yang sangat dinamis dan jumlah produk investasi yang berkembang pesat, Anda juga dapat menghubungi account manager Anda yang akan dengan senang hati membantu Anda dalam pengambilan keputusan investasi Anda.

Bank sekuritas biasanya memiliki tim berpengalaman yang dapat membantu Anda mengidentifikasi produk investasi yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, Citibank Asset Management dapat membantu Anda mengelola portofolio investasi Anda sesuai dengan tujuan keuangan Anda di masa depan.

Dengan berkembangnya teknologi digital di bidang perbankan, informasi yang diperlukan dapat dengan mudah ditemukan di Internet. Bahkan, berbagai bank juga memiliki layanan digital untuk nasabahnya, sehingga Anda hanya bisa mulai berinvestasi melalui smartphone. Apa yang kamu tunggu? Raih kesempatan untuk berinvestasi semakin mudah dan sambut akhir tahun ini dengan rencana keuangan terbaik. Ingatlah untuk selalu mendiversifikasi portofolio Anda untuk bertahan dalam siklus ekonomi yang berbeda.

========================