Asuransi Kesehatan BRI untuk Perlindungan Secara Menyeluruh

asuransi kesehatan bri

Saat ini sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan asuransi kesehatan. Terlebih kini semakin banyak perusahaan yang menyediakan layanan asuransi untuk kesehatan. Salah satunya adala asuransi kesehatan BRI. Sesuai namanya, asuransi ini diselenggarakan oleh bank BRI yang merupakan salah satu bank pemerintah terbesar di Indonesia.

Asuransi kesehatan yang disediakan oleh Bank BRI ini diakomodir oleh anak perusahaan bank plat merah tersebut yang bernama BRI Life. Pada awal pendiriannya, perusahaan asuransi kesehatan ini bertujuan untuk melengkapi pelayanan kepada para nasabah Bank BRI. Selain itu, pada awalnya pun hanya berfokus pada asuransi jiwa kredit.

Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan BRI

asuransi kesehatan bri

Asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh bank BRI ini diakomodir oleh BRI Life. Hampir sama dengan jenis asuransi umumnya, BRI Life juga menawarkan asuransi kesehatan dengan cakupan perlindungan yang cukup luas.

BRI Life merupakan layanan asuransi yang diselenggarakan oleh Bank BRI yang mencakup asuransi jiwa, kesehatan, kredit mikro, pendidikan, dan cakupan-cakupan lainnya. Meskipun Anda tidak menjadi nasabah bank BRI, namun Anda tetap bisa mendapatkan asuransi dari agen-agen BRI Life.

Pada umumnya, biaya premi yang ditawarkan juga relatif cukup terjangkau. Oleh sebab itu, asuransi ini diharapkan bisa menyasar banyak masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi. Selain menyediakan asuransi konvensional, BRI Life juga menyediakan layanan asuransi kesehatan khusus untuk para muslim/muslimah yang berbasis Syariah.

Ketentuan Umum Untuk Bergabung Asuransi BRI Life

Seperti jenis asuransi pada umumnya, untuk bisa bergabung dengan program asuransi dari BRI ini juga perlu memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa informasi penting terkait ketentuan umum pendaftaran asuransi kesehatan di Bank BRI :

✅TRENDING :  Daftar Nomor Call Center (Bank, Nomor Darurat, Layanan Jasa, dll)

1. Usia Tertanggung Asuransi Kesehatan BRI Minimal 17 Tahun Dan Maksimal 55 Tahun

Kalau tertarik untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan BRI, salah satu persyaratan umum yang perlu dipenuhi adalah minimal berusia 17 tahun dan maksimal berusia 55 tahun pada saat proses pendaftaran asuransi kesehatan tersebut.

2. Masa Kontrak Pertanggungan 5 – 10 Tahun

Persyaratan yang berikutnya adalah terkait dengan masa kontrak. Asuransi BRI Life umumnya memiliki masa kontrak minimal 5 tahun dan maksimal 10 tahun. Anda bisa memilih jenis masa kontrak tersebut sesuai dengan kebijakan dan preferensi yang Anda miliki.

3. Biaya Premi Asuransi Kesehatan BRI Dibayarkan Sekaligus

Persyaratan umum yang tidak kalah penting untuk dicermati selanjutnya adalah terkait dengan pembiayaan biaya premi. Ketika Anda memilih menggunakan layanan asuransi kesehatan dari Bank BRI ini maka biaya premi perlu dilakukan pembayaran secara sekaligus.

Keunggulan Asuransi Kesehatan Yang Diselenggarakan BRI

Ketika menggunakan asuransi kesehatan BRI, Anda bisa mendapatkan jaminan atau perlindungan yang tidak hanya terbatas pada biaya rawat inap. Namun asuransi tersebut juga akan mencakup risiko meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Asuransi dari Bank BRI ini antara lain adalah sebagai berikut :

asuransi kesehatan bri

1. Jaringan Yang Luas

Keunggulan pertama yang bisa didapatkan bagi para pengguna asuransi dari Bank BRI ini adalah jaringannya yang luas. Hal ini disebabkan karena asuransi tersebut didukung oleh seluruh kantor Bank BRI di seluruh Indonesia. Tentunya keunggulan ini akan semakin memudahkan para nasabah dalam berbagai hal terkait dengan asuransi tersebut.

Seperti yang sudah diketahui kalau Bank BRi merupakan bank plat merah yang memiliki cakupan sangat luas. Bank BUMN ini bahkan menjangkau hingga ke desa-desa kecamatan yang jauh dari kawasan perkotaan. Akibatnya, Anda bisa mendapatkan akses yang semakin mudah terkait dengan asuransi kesehatan dari BRI.

✅TRENDING :  4 Cara Buka Situs Tanpa VPN dengan Aman

2. Banyaknya Jenis Jaminan Perlindungan Atas Penyakit Kritis 

Keunggulan berikutnya yang bisa didapatkan oleh para pengguna asuransi kesehatan dari Bank BRI adalah banyaknya jenis jaminan perlindungan atas penyakit kritis. Asuransi kesehatan ini memberikan jaminan perlindungan hingga 31 jenis penyakit kritis yang dialami oleh tertanggung dalam masa asuransi.

3. Penempatan Dana Sesuai Profil Nasabah

Kelebihan berikutnya yang dimiliki oleh asuransi kesehatan dari Bank BRI adalah terkait penempatan dana nasabah. Dana yang dimiliki oleh nasabah akan ditempatkan pada pos-pos sesuai dengan profil yang dimiliki oleh setiap nasabah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui profil masing-masing nasabah dengan tepat dan akurat.

Terkait dengan jenis profil nasabah ini Anda bisa langsung mengetahuinya dari pihak asuransi. Pada umumnya ketika membuka asuransi, Anda akan diberikan sejumlah pertanyaan mendasar. Pertanyaan tersebut kemudian akan digunakan sebagai landasan untuk menyimpulkan profil risiko yang Anda miliki.

Tata Cara Klaim Asuransi Kesehatan Dari Bank BRI

Setelah mengetahui secara sekilas tentang seluk-beluk asuransi yang diselenggarakan oleh Bank BRI, Anda juga perlu tahu tentang tata cara klaimnya. BRI Life sendiri menawarkan cukup banyak jenis klaim jaminan kesehatan. Mulai dari meninggal dunia, kecelakaan , rawat inap, rawat jalan, operasi, melahirkan, dan lain sebagainya.

Seperti prosedur klaim asuransi pada umumnya, Anda perlu menyiapkan serangkaian dokumen penting untuk bisa klaim asuransi di BRI Life. Agar proses klaim asuransi bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, maka Anda harus menyiapkan dokumennya selengkap mungkin. Selain itu, pastikan juga kalau dokumen yang diserahkan tersebut sesuai dengan ketentuan yang sudah dipersyaratkan oleh provider asuransi.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa gambaran umum mengenai tata cara pendaftaran klaim asuransi di BRI Life :

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi kantor BRI Life yang ada di kota Anda.
  2. Silakan sampaikan kepada pihak Customer Service terkait keinginan Anda yang ingin melakukan klaim asuransi.
  3. Serahkan dokumen persyaratan yang sudah ditentukan. Beberapa berkas yang perlu disiapkan antara lain adalah surat kematian, surat keterangan kecelakaan, resume medis, dan juga kwitansi asli. Silakan Anda bawa sesuai dengan kondisi. Sebagai contoh untuk klaim asuransi kecelakaan maka silakan bawa surat keterangan kecelakaan dan lainnya.
  4. Selain itu, bawa juga dokumen data dari pihak tertanggung. Dokumen yang perlu disiapkan seperti KTP, KK, salinan polis (asli atau fotokopi). Kemudian jangan lupa Anda juga perlu membawa buku tabungan BRI.
  5. Setelah berkas persyaratan yang Anda bawa sudah lengkap, biasanya Anda akan dilayani oleh agen asuransi yang  akan membantu Anda terkait dengan urusan klaim asuransi.
✅TRENDING :  Cara Memberi Waktu pada Google Form dengan Mudah

Perlu diingat bahwa tata cara di atas hanyalah gambaran umum saja. Realitas di lapangan mungkin saja bisa berbeda sesuai dengan kondisi Anda dan juga kantor asuransi yang didatangi. Namun kurang lebih proses umumnya bisa diringkas dalam beberapa langkah di atas.

Demikianlah pembahasan mengenai asuransi kesehatan BRI yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengetahui seluk-beluk terkait dengan asuransi kesehatan dari bank BRI. Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda sekalian.