Download Betternet untuk PC dan Android (Free)

download-vpn-betternet

Betternet adalah salah satu dari banyak VPN gratis yang tersedia di pasaran saat ini.

Ini VPN yang sangat cocok bagi pemula yang tidak ingin dipersulit oleh hal-hal teknis, tetapi bisa digunakan untuk mengakses berbagai situs yang diblokir.

Lihat review dan panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk mengetahui cara menggunakan Betternet dengan benar.

Download Betternet

Berikut cara download Betternet VPN untuk smartphone dan PC:

  1. Unduh file melalui link di atas, klik OK jika muncul notifikasi
  2. Setelah itu, buka atau klik ‘Open” pada file yang telah di-download
  3. Lalu klik ‘Install”
  4. Setelah selesai proses instalasi, buka aplikasi/software dan klik “Connect”
  5. Platform ini secara otomatis akan memilih server yang paling dekat dengan lokasi Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan server dari negara lain, Anda bisa memilih dari pilihan server yang tersedia.

Betternet tidak memerlukan pendaftaran atau pengaturan akun apa pun. Cukup unduh aplikasinya dan Anda siap menggunakannya dengan gratis.

Hal ini membuatnya ideal untuk mereka yang baru mengenal layanan VPN, karena Anda tidak perlu khawatir menyerahkan detail pribadi Anda untuk membuat sebuah akun.

Selain itu juga ideal jika Anda hanya membutuhkan VPN untuk waktu singkat dan bukan untuk jangka panjang.

Apakah Betternet Aman?

Betternet menawarkan semua fiturnya secara gratis, namun sayangnya mengorbankan beberapa sisi keamanan dan kecepatan.

Ini adalah pilihan bagi mereka yang menginginkan perlindungan sesekali saja saat sedang bepergian atau saat menggunakan Wi-Fi di tempat umum.

VPN atau jaringan pribadi virtual, seharusnya memberikan keamanan saat kita menjelajah internet. Namun, alih-alih memberikan keamanan, Betternet bisa menjadi ancaman keamanan bagi perangkat dan data Anda.

Layanan VPN ini tidak memiliki server yang memiliki sistem perlindungan yang baik.

Kita mungkin tergoda untuk menggunakan VPN gratis dibandingkan dengan yang berbayar, tetapi resikonya sangat besar dan tidak sebanding.

Saat pengguna mengunduh dan menginstal Betternet, perangkat mereka menjadi target empuk para peretas. Yang memungkinkan para peretas untuk melewati firewall dan menyadap koneksi Anda.

Hal ini karena Betternet memiliki kekurangan berikut ini:

  • Tidak bisa mengganti protokol
  • Betternet tidak memiliki Kill Switch
  • Ada potensi kebocoran WebRTC
  • Hasil pengujian juga menunjukkan adanya kebocoran DNS

Di website mereka juga tidak disebutkan mengenai enkripsi 256-bit, padahal ini sudah menjadi standar keamanan di industri VPN.

Dan sayangnya lagi, Betternet berlokasi di Kanada, sebuah negara yang memiliki peraturan yang dapat memaksa perusahaan manapun untuk memberikan data penggunanya jika diperlukan oleh pemerintah atau pengadilan.

Semua jenis VPN gratis seperti Betternet tidak memiliki kinerja yang bagus dan memiliki kecenderungan untuk menjual data pribadi Anda kepada pihak ketiga.

Selain menampilkan banyak iklan, Betternet juga tidak melindungi privasi Anda secara maksimal. Terbukti dari beberapa kali kebocoran IP atau lokasi saat kami melakukan uji coba.

Platform ini juga mengumpulkan dan menyimpan informasi pribadi seperti alamat IP Anda, nama, alamat email, dll. Dan tidak seperti VPN berbayar, mereka bisa sewaktu-waktu memberikan semua informasi ini jika dipaksa oleh pihak lainnya.

Kecepatan Koneksi

Kecepatan platfrom ini juga sangat mengecewakan. Ketika kami menguji server di beberapa negara, kecepatan koneksi kami menurun drastis hingga 70% dari kondisi awal.

Dari segi kecepatan benar-benar tidak dapat bersaing dengan layanan VPN lain yang sudah kami uji.

Latensinya juga sangat tinggi, menjadikannya pilihan yang buruk untuk para gamer. Kami mendapatkan latensi sekitar 35 md saat terhubung ke server di Amerika Serikat (kami menguji dari Jakarta). Kecepatan downloadnya juga sangat buruk ketika mengakses situs torrent.

Jika Anda mengutamakan kecepatan, maka Betternet sangat tidak direkomendasikan. Kecepatannya lambat dan tidak stabil selama masa pengujian kami.

Berikut adalah kecepatan rata-rata yang kami dapatkan (menggunakan ISP First Media dengan kecepatan up to 10Mbps):

  • AS: 1,5 Mbps (unduh) & 0,5 Mbps (unggah)
  • Kanada: 1 Mbps (unduh) & 0,4 Mbps (unggah)
  • Singapura: 3,9 Mbps (unduh) & 1 Mbps (unggah)
  • Jerman: 1,4 Mbps (unduh) & 0,3 Mbps (unggah)

Lokasi Server

Jumlah servernya sangat sedikit, hanya tersedia 17 server di 10 negara berbeda.

Jika dibandingkan dengan VPN lain yang memiliki ribuan server, Betternet sangat tidak fleksibel.

Kami juga tidak dapat menemukan dengan tepat berapa jumlah server yang benar-benar dikelola sendiri oleh perusahaan Betternet. Kami mencoba meminta informasi lebih lanjut dari pihak Betternet, tetapi belum ada tanggapan kembali dari pihak mereka.

Jadi kemungkinan jumlah keseluruhan servernya hanya sedikit, yang dapat menyebabkan kecepatan jauh lebih lambat pada jam-jam sibuk.

Kami juga mencoba mengakses Netflix versi Amerika menggunakan server AS, namun akhirnya kami diblok oleh Netflix karena terdeteksi menggunakan VPN.

Enkripsi

Betternet thanya menggunakan protokol VPN IPSec dengan enkripsi 128-bit.

Selain itu tidak ada dukungan terhadap router dan kemungkinan besar tidak akan dapat Anda menggunakan OpenVPN dan saat Anda menggunakan IPSec.

Privasi

Di bagian Kebijakan Privasi situs Betternet, diuraikan mengenai potensi akses pihak ketiga atas cookie dan data tambahan untuk menyesuaikan iklan dengan minat spesifik pengguna.

Hal ini menegaskan bahwa secara tidak langsung mereka memberikan data Anda kepada pengiklan.

Jika sebuah perusahaan memberikan layanan gratis, biasnya tujuannya adalah untuk menarik calon pembeli dan pada akhirnya menawarkan produk lain yang berbayar.

Meskipun Betternet menggunakan model bisnis ini untuk mempromosikan layanan berbayarnya, namun Betternet ternyata tetap mengizinkan iklan untuk muncul di versi gratis.

Ketika Anda melihat iklan pihak ketiga di sebuah layanan VPN dan Anda mengeklik iklan atau video yang telah disesuaikan dengan minat Anda, maka privasi Anda sesungguhnya sudah tidak terjaga lagi.

Streaming

Netflix

Sayangnya dengan menggunakan Betternet, hampir mustahil untuk bisa menonton Netflix negara lain. Anda hanya dapat menonton konten yang diblokir dengan versi premium. Untuk mendapatkan opsi ini, Anda harus memilih paket langganan bulanan.

Hulu

Seperti platform streaming lainnya, Hulu memblokir layanan VPN karena dianggap melanggar kebijakan penggunaannya.. Jika perusahaan mendeteksi bahwa Anda sedang menggunakan VPN, maka mereka akan memblokir akses Anda.

Namun. dengan menggunakan versi premium Anda bisa mengakses Amazon Prime Video versi Amerika Serikat dan Inggris. Meskipun demikian, kualitas kecepatannya tetap saja tidak terlalu stabil.

Game Online

Sebagai pemain eSport, ancaman terhadap privasi Anda mungkin terdapat di dalam game yang selalu Anda mainkan setiap hari.

Misalnya, saat Anda menggunakan webcam atau mikrofon untuk mengobrol dengan pemain lain. Beberapa perusahaan merekam data Anda untuk dijual kepada pengiklan, sementara yang lain mengumpulkan data dalam jumlah besar untuk tujuan yang jahat.

Betternet cukup banyak digunakan oleh para gamers, alasan utamanya karena platform ini gratis.

Namun sekali lagi, sebuah VPN gratis tidak dapat memastikan bahwa data Anda aman di server perusahaan game. Terlebih karena kualitas enkripsi Betternet yang tidak sebaik penyedia layanan lain.