10 Hosting Gratis Terbaik di Indonesia (100% Free)

Please log in or register to like posts.
VPN.co.id
hosting-gratis-terbaik

Bagi Anda yang baru saja memulai untuk membangun website, tidak ada salahnya mencoba layanan hosting gratis yang dilengkapi fitur profesional tanpa perlu membayar sama sekali.

Memiliki website sendiri sudah menjadi suatu keharusan. Penggunaan website masih sangat efektif bagi Anda yang ingin berbagi informasi atau sekedar digunakan untuk membuat konten demi keperluan bisnis.

Anda bisa saja membuat website dengan menggunakan berbagai fitur gratis di luar sana namun hati-hati, website Anda malah bisa terlihat tidak profesional.

Manfaat Hosting Gratis

Orang biasanya memilih layanan hosting web gratis saat anggaran mereka terbatas dan tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun untuk hosting web.

Hosting gratis juga dapat berguna bagi siswa yang memiliki anggaran terbatas. Membantu mereka mengerjakan tugas dan proyek mereka untuk tujuan pembelajaran dan penilaian.

Dan yang paling penting adalah, kita tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk membangun sebuah website. Dengan fitur site builder yang disediakan secara gratis, siapapun bisa membangun website dalam hitungan menit.


Daftar Hosting Gratis

Tim VPN.co.id telah melakukan uji coba langsung terhadap lebih dari 50 layanan hosting gratis, dan membangun beberapa website uji coba menggunakan WordPress.

Setelah melewati beberapa kali tes kecepatan dan kestabilan server, kami menyimpulkan 10 hosting dengan kualitas terbaik dibanding layanan lainnya berikut ini.

1. Freehosting.com

Yang pertama adalah Freehosting. Layanan yang satu ini menjadi favorit banyak orang terutama bagi pemula. Anda dapat memanfaatkan layanan yang satu ini dengan gratis namun tentu ada kelebihan dan kekurangan berikut ini.

  • Kelebihan

Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sampai 10 GB, mendapatkan site builder, mendapatkan satu akun email gratis, installer skrip, dukungan support 24 jam selama 7 hari dengan bandwith tak terbatas.

  • Kekurangan

Kecepatan servernya tidak konsisten, tidak ada domain gratis, dan tidak ada SSL gratis.


2. Wix.com

Salah satu hosting gratis yang paling terkenal. Wix telah membantu ribuan website di seluruh dunia. Platform ini juga direkomendasikan oleh banyak startup.

Wix adalah site builder yang memungkinkan Anda membangun situs dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu mempelajari hal teknis apa pun. Cukup mendaftar dan mulai membangun situs keren yang sesuai dengan selera Anda hanya menggunakan metode klik, drag and drop.

Memang versi gratisnya tidak mengizinkan Anda menggunakan nama domain khusus seperti misalnya detik.com. Namun Wix akan memberi URL bagi situs Anda seperti ini: https://namaku.wixsite.com/websiteku

  • Kelebihan
Baca Juga:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi (100% Bisa)

Site buildernya sangat luar biasa, memberikan dukungan pelayanan 24 jam selama 7 hari penuh. Pilihan templatenya banyak sehingga website Anda jauh dari kesan gratis.

  • Kekurangan

Kapasitas storage hanya 500 MB saja, bandwidth-nya sangat terbatas, Anda tidak akan mendapatkan akun email gratis.


3. Zyro.com

Yang ketiga, Anda bisa mencoba Zyro. Platform ini akan memberikan fasilitas hosting gratis bagi para pemula yang minim pengetahuan mengenai bahasa pemrograman.

  • Kelebihan

Kelebihan dari Zyro ini adalah fiturnya yang sangat lengkap seperti Al writer yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi konten di situs Anda dengan cepat. Lalu ada banyak stok gambar gratis untuk berbagai kebutuhan, dan Anda bahkan bisa menggunakan layanan logo dan slogan gratis.

  • Kekurangan

Ada konten iklan yang sedikit mengganggu dan kapasitas penyimpanannya yang cukup terbatas yaitu 500 MB saja.


4. 000Webhost.com

000Wbhost bisa menjadi pilihan yang berikutnya. Web hosting yang satu ini sudah melayani ribuan pengguna selama lebih dari satu dekade dan sejauh ini banyak sekali testimoni yang puas dengan layanan mereka.

Biasanya sebuah hosting gratis pasti akan menampilkan iklan di situs yang Anda buat.

Namun hebatnya, di 000webhost, Anda bisa mendapatkan situs tanpa biaya apapun dan tanpa iklan sama sekali.

Anda bisa membuat situs pribadi, atau bahkan website unuk bisnis skala kecil menengah. Anda bahkan dapat menempatkan iklan Anda sendiri di situs Anda.

  • Kelebihan

Kelebihan dari web hosting yang satu ini adalah Anda akan mendapatkan 100% layanan gratis selamanya. Anda akan diberikan ruang penyimpanan sebanyak 1 GB, bandwidth 10 GB, mendapatkan penginstal WordPress otomatis, dan website builder gratis.

  • Kekurangan

Kecepatan yang tidak terlalu memuaskan, serta tidak ada backup.


5. InfinityFree.com

Yang berikutnya ada InfinityFree. Perusahaan ini telah melayani lebih dari 300.000 pengguna dalam enam tahun terakhir.

Baca Juga:  LK21 Pindah Alamat Situs (Update)

Tidak ada batasan jumlah website yang bisa Anda buat. Namun Anda hanya akan mendapatkan 10 akun email dan satu FTP account saja untuk upload file.

Tidak ada biaya apapun dan Anda akan mendapatkan jaminan uptime 99,9%.

  • Kelebihan

Kelebihan dari InfinityFree adalah adanya penginstal Skrip Softculous yang akan membuat penginstalan WordPress dan ratusan aplikasi lainnya menjadi lebih mudah. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan unlimited, 10 akun email gratis, SSL gratis, dan sub domain gratis.

  • Kekurangan

Hanya ada dukungan support melalui forum, serta performa server yang tidak begitu stabil.


6. X10Hosting.com

Yang selanjutnya ada X10Hosting yang merupakan layanan web hosting tertua dan sangat terkenal di kalangan para UKM. Ada banyak fitur menarik yang dapat dimanfaatkan.

Dengan ratusan ribu situs yang telah dihosting, X10Hosting merupakan salah satu layanan paling stabil di dunia yang didedikasikan untuk hosting gratis.

Membuat akun baru sangatlah mudah, dan semua website secara otomatis akan di-backup setiap bulan.

  • Kelebihan

Kelebihan dari X10Hosting adalah pendaftaran anggota yang sangat cepat dan mudah serta memiliki performa server yang cukup baik. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penyimpanan dan bandwith yang tidak terbatas. Anda akan mendapatkan 1 akun email.

  • Kekurangan

Tidak ada garansi uptime yang stabil.


7. Byet.host

Byethost juga dapat menjadi pilihan yang tepat dengan fitur yang sangat banyak bagi individu maupun bisnis. Platform ini memiliki cara penggunaan yang sangat simple bagi seseorang yang tidak memiliki pengetahuan teknis.

Anda cukup drag and drop untuk memasukkan “teks”, “gambar”, dan “video YouTube” ke dalam situs yang sedang dibuat.

Ada banyak pilihan template website yang bisa dipilih dan Anda cukup menambahkan atau atau mengedit file yang sudah ada.

  • Kelebihan

Kelebihan dari ByeHosting adalah jaringannya yang paling stabil di antara layanan lain. Tidak hanya itu saja, ByeHosting juga dilengkapi dengan penyimpanan serta bandwidth yang tak terbatas, 5 akun email gratis, dan yang paling menarik adalah tanpa iklan sama sekali.

  • Kekurangan
Baca Juga:  VPN Tarumanagara KlikBCA Login

Tidak ada uptime guarantee.


8. Awardspace.com

Yang selanjutnya adalah Awardspace, yang merupakan web hosting dengan kualitas yang sangat bagus untuk sebuah layanan gratis.

Mereka hanya menyediakan 1500 MB untuk storage namun sudah cukup untuk situs pribadi atau bisnis yang memiliki banyak gambar.

Kecepatannya sedikit lebih lambat dibandingkan dengan layanan lain namun site builder dan CPanelnya sangat mudah digunakan untuk pemula.

  • Kelebihan

Awardspacxe memiliki installer yang bisa digunakan untuk menginstal WordPress atau Joomla dengan sangat mudah. Tidak hanya itu, layanan pelanggan mereka juga aktif 24 jam dalam satu minggu penuh.

  • Kekurangan

Loading situs yang kurang maksimal dan kapasitas bandwith yang terbatas.


9. Freehostia.com

Dengan platform ini, Anda dapat dengan mudah membuat situs berbasis Drupal, Joomla, atau WordPress.

Anda tidak perlu menguasai cara menyiapkan database atau mentransfer file sendiri karena semuanya sudah disiapkan di bagian dashboard.

  • Kelebihan

Freehostia memberikan layanan uptime 99,9%, 3 akun email gratis serta bandwitdh 6 GB. Sangat mudah untuk membuat WordPress, Joomla, atau CMS lainnya dengan 1 kali klik. Dan website builder nya juga memiliki template yang bagus.

  • Kekurangan

Kapasitas storagenya hanya 250 MB saja dan tidak ada layanan domain gratis.


10. WordPress

Platform blogging paling populer ini ternyata memiliki layanan gratis untuk membantu Anda membangun sebuah blog atau website dengan sangat mudah. Anda tidak perlu pusing dengan masalah kode, hosting atau server. Cukup fokus pada website anda.

Berbeda dari hosting gratis lainnya, WordPress.com menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 3 GB, ditambah banyak pilihan desain theme gratis.

Situs Anda nantinya akan dihosting menggunakan subdomain WordPress.com, dan ini sangat membantu untuk proses SEO di Google. Contoh url anda nantinya adalah: https://websiteku.wordpress.com

  • Kelebihan

Anda akan mendapatkan Capnel, yang memungkinkan Anda mengedit situs tanpa memerlukan pengetahuan teknis. Di panel Anda dapat dengan mudah mengelola situs, melihat statistik website dan informasi penting lainnya.

  • Kekurangan

Anda hanya mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB.

Featured image by Designecologist from Pexels