Advertisements
Advertisements

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Hp Tanpa Aplikasi Untuk Pengguna IPhone

Advertisements

Tidak hanya kamera, ponsel kini menjadi benda yang dapat menangkap sebuah momen yang berharga dalam bentuk foto. Namun, terkadang seseorang justru tidak sengaja menghapus foto pada galeri. Tak perlu khawatir, kini terdapat cara mengembalikan foto yang terhapus di hp tanpa aplikasi.

Pengguna tidak perlu mencari atau mengunduh aplikasi pemulih foto yang justru memakan ruang penyimpanan pada ponsel. Selain itu, beberapa aplikasi memiliki basis pembayaran sehingga akan jauh lebih boros. Di bawah ini terdapat cara yang bisa dilakukan oleh pengguna, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka Fitur Trash Pada Galeri

Cara yang pertama adalah dengan membuka fitur Trash atau keranjang sampah pada galeri. Cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk memulihkan foto yang dihapus. Langkah ini dapat dilakukan dengan syarat telah melakukan backup data, biasanya terhubung dengan Google Photos.

Pengguna hanya perlu membuka galeri dan memilih menu Setelan atau Pengaturan. Setelah itu, akan tampil beberapa opsi seperti sampah. Biasanya foto yang tersimpan pada trash akan bertahan selama 60 hari sebelum dihapus secara permanen. Pilih foto mana saja yang ingin dipulihkan lalu konfirmasi pemulihan foto. Dengan cara ini, foto akan tersimpan kembali pada galeri.

2. Periksa Folder Yang Baru Dihapus

Selanjutnya adalah dengan cara memeriksa folder yang baru saja dihapus pada iPhone. Pada semua jenis ponsel iPhone, tentu terdapat folder yang sangat berguna ketika terjadi keadaan genting dan mendesak, yaitu folder Recently Deleted.

Pada folder Recently Deleted biasanya berisi beberapa foto yang baru dihapus dalam waktu tertentu. Biasanya foto yang tersimpan pada folder ini akan terhapus secara permanen jika sudah melampaui 30 hari. Untuk memulihkan foto, cukup ketuk foto yang akan di recovery, lalu setujui bahwa foto tersebut hendak dipulihkan. Foto yang telah dipulihkan akan kembali pada album foto.

3. Gunakan iCloud

Cara mengembalikan foto yang terhapus di hp tanpa aplikasi berikutnya adalah melalui iCloud. Pengguna harus membuka website iCloud dengan memberikan ID Apple yang dimiliki. Untuk memulihkan foto, pengguna cukup membuka situs web iCloud dilanjutkan dengan mengatur fitur pada setelan.

Fiturnya meliputi Pulihkan File, Pulihkan Kalender, dan Pulihkan Kontak. Agar foto yang dihapus dapat kembali, pilih fitur Pulihkan File dan tandai foto mana saja yang akan dipulihkan dengan mengkonfirmasi recovery. Foto yang tersimpan di iCloud biasanya bertahan selama 30 hari.

4. Gunakan iTunes

Cara untuk mengembalikan foto bisa pula dengan menggunakan bantuan iTunes. Apabila pengguna iPhone sering menghubungkan ponselnya dengan komputer dan mencadangkan datanya disana, maka dipastikan foto akan selamat.

Hal ini disebabkan karena iTunes akan secara otomatis menyimpan semua file data yang masuk seperti halnya foto. Terdapat satu cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan foto-foto yang dihapus melalui iTunes. Pengguna dapat melakukan restore dan back up atau menyimpan dan mencadangkan file secara langsung.

5. Cek Sosial Media

Cara terakhir untuk memulihkan foto yang dihapus adalah dengan melakukan pengecekan terhadap akun sosial media yang dimiliki. Namun apabila tidak berhasil, bukalah akun sosial media yang dimiliki. Cobalah untuk mengingat kembali foto yang dihapus pernah di unggah ke sosial media atau tidak.

Pada semua jenis aplikasi sosial media terdapat fitur untuk menyimpan foto. Jika foto yang hilang tidak ditemukan pada sosial media, maka pengguna harus merelakan foto tersebut karena mungkin telah terhapus permanen.

Demikian 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di hp tanpa aplikasi bantuan. Kini tidak perlu mengunduh aplikasi untuk memulihkan file yang hilang sehingga terasa lebih efisien. Cukup mudah dan anti ribet, bukan?