Programmer Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Teks Editor dan Kelebihan Kekurangannya

Pemilihan jenis software teks editor memang bisa dibilang gampang – gampang susah, karena dengan dukungan software teks editor tersebut seorang web developer bisa dengan mudah untuk menyederhanakan pemformatan teks koding. Oleh karena itu sebagai seorang developer Anda perlu mengetahui beberapa rekomendasi teks editor dan kelebihan kekurangannya dalam software tersebut.

Karena seperti yang Anda ketahui bahwa tugas utama dari adanya software teks editor adalah untuk membantu para web developer agar bisa menyusun barisan source code dalam membangun aplikasi atau website yang berkualitas dengan mudah dan cepat.

Meski terbilang sederhana teks editor ini sangat fungsional dan bagus untuk digunakan, untuk itu yuk simak beberapa rekomendasi daftar teks editor beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Beberapa Rekomendasi Teks Editor dan Kelebihan Kekurangannya

Agar bisa lebih memudahkan Anda dalam proses pengkodingan, yuk simak beberapa daftar rekomendasi software untuk teks editor beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

1.    Notepad++

Dalam dunia pengkodingan programmer, software Notepad++ banyak diperbincangkan karena menjadi editor teks yang memiliki kecanggihan dan paling populer di pasaran. Dimana jenis teks editor ini hadir sebagai platform teks editor online yang bisa digunakan secara gratis dengan berbagai tool pengeditan yang sangat serbaguna.

Jadi platform editor teks ini telah dihadirkan sebagai pengganti Notepad yang didukung fitur lebih dari 80 bahasa pengcodingan yang mudah dipahami, sehingga bisa memudahkan para pemula untuk menggunakannya.

Tidak hanya itu, beberapa tools yang terdapat dalam Notepad++ sangat membantu para web designer dan front – end developer dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan mereka dalam dunia programmer.

Kelebihan Notepad++ :

  • Platform Notepad++ memiliki tampilan multi-view dengan highlighting dan folding sintaks dengan beberapa tools yang mudah dimengerti sesuai kebutuhan bahkan untuk developer
  • Terdapat fitur setting auto – completion yang bisa menyelesaikan fungsi parameter atau kata – kata yang tidak harus diketik ulang dan fitur autosave sebagai fungsi penyimpanan secara otomatis.
  • Selain itu memiliki tampilan antarmuka yang multi-dokumen sehingga memudahkan perpindahan antar tab dan mengelola beberapa proyek sekaligus, bahkan didukung daftar plugin yang bisa meningkatkan fungsionalitas dan bisa berintegrasi dengan program lain.
✅TRENDING :  Fungsi dan Manfaat CSS yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan Notepad++ :

  • Kekurangan yang disayangkan dari platform Notepad++ adalah hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows dan ia hanya menggunakan daya komputasi seperti CPU yang lebih sedikit dari pada teks editor lainnya.

2.    Sublime Text

Selanjutnya daftar rekomendasi teks editor dan kelebihan kekurangannya adalah bernama Sublime Text, dimana menjadi platform teks editor yang memiliki banyak fitur untuk mengedit kode yang mengutamakan user experience.

Selain itu salah satu platform editor teks terbaik Sublime ini memiliki kinerja yang cukup ringan dan mudah dipakai serta juga tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan macOS.

Kelebihan Sublime Text :

  • Sublime text didukung dengan desain sistem UI & UX yang bagus sehingga membuat platform teks editor ini mudah digunakan terutama untuk pemula.
  • Selain itu Sublime Text juga menyediakan banyak plugin yang bisa Anda gunakan agar bisa memudahkan proses pengkodingan para programer.
  • Tidak hanya itu kelebihan lainnya yang bisa Anda temukan dalam Sublime adalah bisa melihat pratinjau dari kodingan – mu dengan snippet yang sudah tersedia di sampingnya dalam platform.

Kekurangan Sublime Text :

  • Hal yang disayangkan oleh beberapa pengguna adalah bahwa platform Sublime Text ini tidak gratis jadi untuk penggunaanya harus berbayar.
  • Selain itu beberapa fitur di dalam platform Sublime sangat jarang dilakukan update, sehingga kemampuan berinovasi sangat terbatas.
  • Bahkan kekurangan lainnya yang dijumpai adalah kinerja loading time memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan Notepad++, dan tidak hanya itu saja bahkan masih ditemukan beberapa kualitas plugin yang masih dipertanyakan.

3.    VIM

VIM menjadi salah satu teks editor tertua dimana sudah ada sejak tahun 1991, namun hingga saat ini platform ini masih populer dan banyak digunakan oleh para developer sehingga mampu menghasilkan pembaruan dan skrip dengan serangkaian perintah.

✅TRENDING :  7 Persiapan Pemrograman Web (PHP) di Linux untuk Pemula

Platform yang memiliki kepanjangan dari Vi Improved telah dirancang dan digunakan oleh Command – Line Interface (CLI) bahkan juga sebagai aplikasi mandiri dalam Graphical User Interface (GUI). Selain itu VIM juga menjadi salah satu daftar rekomendasi teks editor dan kelebihan kekurangannya yang bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Kelebihan VIM :

  • Salah satu hal menarik yang dimiliki oleh VIM adalah dimana seluruh operasi kinerjanya bisa hanya menggunakan keyboard atau tanpa perangkat mouse.
  • Selain bisa digunakan secara gratis platform VIM bisa digunakan untuk ngoding secara remote dengan sambungan SSH.
  • Dengan VIM Anda bisa dengan mudah dalam membuka file yang berukuran besar apalagi dengan banyaknya plugin yang bisa diinstal untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Kekurangan VIM :

  • Namun hal yang sangat disayangkan dari platform VIM adalah memiliki teks editor yang cukup kompleks sehingga terbilang susah untuk dipelajari seorang programmer pemula.
  • Selain itu agar kinerja maksimal maka VIM perlu menambahkan beberapa fitur modern dengan plugin yang tersedia.

4.    Atom

Menjadi salah satu platform teks editor yang hackabel, Atom telah menawarkan tools pendukung yang rapi, tampilan editor yang ringkas, dan juga berbagai tools organisasi hebat agar bisa menjadi program web Anda tetap terkendali.

Selain itu Atom juga memiliki beberapa fitur utama yang populer yaitu Auto-completion, browsing berkas sistem, dan masih banyak lagi, oleh karena itu platform ini cocok digunakan oleh programmer yang suka bekerja di WordPress.

Kelebihan :

  • Karena platform teks editor Atom bersifat open source maka platform ini bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi seperti, Linux, macOS, OS X, dan Microsoft Windows dengan gratis.
  • Selain tersedia banyak package yang terdapat dalam Atom, platform ini juga bersifat hackable yang mudah di kostumisasi hingga ke akar artinya Anda bisa membagikan dan mengedit program web secara real time apalagi juga bisa memonitor dari kejauhan.
  • Menariknya platform Atom juga mudah digunakan oleh para pemula dan juga menyediakan git control dan fitur manajemen
✅TRENDING :  Perbedaan PHP 5x dan 7x dari Segi Kecepatan hingga Optimasi Performa

Kekurangan :

  • Namun juga terdapat hal yang sangat disayangkan dari platform ini dimana memiliki kecenderungan akan terjadi crash jika Anda membuka file dengan ukuran lebih dari 10 MB, artinya sulit digunakan untuk membuka file yang besar.
  • Tidak hanya itu kekurangan lainnya adalah ukuran file platform instalasi Atom sangat besar artinya platform ini lebih memakan banyak file.

Nah itulah beberapa daftar rekomendasi teks editor dan kelebihan kekurangannya yang wajib Anda ketahui sebagai programmer namun pilihlah jenis platform sesuai dengan kebutuhan Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.