10 VPN Router Terbaik dan Cara Settingnya (Update 2020)

Please log in or register to like posts.
VPN.co.id
vpn-router-terbaik

Router VPN adalah solusi yang tepat bagi kamu yang ingin mengamankan beberapa perangkat sekaligus dalam satu jaringan internet yang sama. Misalnya Smart TV, Smart Refrigerato, Amazon Alexa, konsol game dan laptop di rumah.

Aplikasi VPN sebenarnya dapat diinstal dengan mudah jika perangkat tersebut memiliki dukungan aplikasi Android. Tapi beberapa Smart TV atau Kulkas Pintar justru memiliki sistem operasinya sendiri dan tidak memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi VPN.

Dalam kasus seperti itu, kamu dapat mengatur VPN di router, dan semua perangkat yang terhubung secara otomatis akan mendapatkan akses dan proteksi VPN.

Manfaat Router VPN

Sebuah router akan membuat koneksi jaringan aman yang bisa diakses tanpa perlu menginstal software apapun. Semua perangkat yang di rumah— laptop, Smart TV, dan smartphone — dapat mengakses router ini secara bersamaan. Cara kerjanya sama dengan modem wifi yang dilengkapi dengan router (MiFi).

Ada beberapa keuntungan menggunakan VPN di router daripada menginstalnya di setiap perangkat.

  • Mengamankan koneksi dan data dari semua perangkat yang tersambung ke router
  • Menjaga kestabilan koneksi antar perangkat
  • Semua perangkat yang tidak mendukung aplikasi VPN bisa menggunakan router untuk mendapatkan proteksi yang sama
  • Membuka blokir situs atau aplikasi di berbagai perangkat
  • Mencegah bandwidth throttling yang sengaja dilakukan ISP untuk mengurangi kecepatan internet kamu
  • Parental Guide. Membatasi akses anak-anak ke situs web seperti YouTube, Facebook, Netflix, dan lainnya.

Salah satu hal yang paling saya suka dari router VPN adalah fleksibilitasnya. Karena kita memiliki kontrol penuh dan penyesuaian tergantung kebutuhan perangkat yang kamu miliki di rumah.

Dengan menggunakan router maka kamu bisa menghubungkan semua jenis perangkat dalam jumlah tak terbatas ke layanan VPN, termasuk device yang tidak memiliki dukungan VPN bawaan seperti Sony Playstation, AppleTV, Xbox, dan Roku.

Rekomendasi Router Terbaik

Router yang bagus harus kompatibel dengan semua layanan VPN dan memiliki prosesor terbaik dan firmware khusus (sistem operasi router) agar bisa langsung terhubung ke layanan VPN dan melindungi seluruh jaringan kamu.

Sebelum memilih 10 router terbaik, kami melakukan pengujian Kecepatan, Kemanan dan Kompatibilitas dengan memperhatikan unsur-unsur berikut ini:

  • CPU (Central Processing Unit). Minimal memiliki dual-core processor (600 Mhz ke atas) agar kecepatan koneksi tetap stabil
  • Router Firmware (sistem operasi). Beberapa merek router tidak mendukung VPN dan oleh karena itu dibutuhkan firmware tambahan yang bisa di-instal seperti DD-WRT (FlashRouter), Tomato dan ASUSWRT
  • Garansi. Produk yang berkualitas pasti memberikan jaminan garansi yang terbaik.

Berikut adalah rekomendasi Router VPN terbaik yang berhasil melewati uji coba dari tim VPN.co.id

1. ASUS AC1900 Dual Band Bagi Yang Mengutamakan Kecepatan

best-vpn-router

ASUS AC1900 Dual-Band Gigabit Router merupakan salah satu router Wi-Fi tercepat di dunia. Router ini memiliki kecepatan gabungan hingga 1900Mbps. Perangkat ini menggunakan antarmuka web ASUSWRT, jadi cukup mudah untuk disetting.

Interface ASUSWRT yang berbasis web ini sangat mudah digunakan. Kamu bisa melakukan kustomisasi yang bisa disesuaikan dengan layanan VPN. Selain itu kamu dapat melihat detil dari setiap perangkat yang terhubung, dan jika diperlukan bisa langsung memblokirnya.

Dari hasil pengujian, router yang satu ini tidak pernah mengalami penurunan kinerja karena prosesor dual core-nya. Sangat cepat dan stabil untuk digunakan streaming video HD atau bermain game dengan FPS tinggi.

2. Netgear R7800 Nighthawk DD-WRT Cocok Untuk Jaringan Rumah

best-vpn-router

Netgear Nighthawk Smart WiFi Router (R6700) memiliki jangkauan hingga 450 meter. Merupakan router dual-band dengan prosesor dual-core 1.7Ghz, yang memiliki kecepatan hingga 450/1300 Mbps.

Selain memiliki 4 antena, Netgear R7800 juga mendukung Dynamic QoS, Smart Connect, Firewall, Guest Wi-Fi, dan VPN.

Perangkat router ini telah dioptimasikan untuk firmware FlashRouter. Sehingga kamu dapat dengan mudah memilih layanan VPN dan menyesuaikan pengaturan yang cocok untuk kebutuhan jaringan kamu.

3. Linksys WRT AC3200 Router Untuk Kebutuhan Personal

best-vpn-router

Router ini memiliki firmware open-source yang dilengkapi dengan beberapa fitur canggih. Linksys WRT AC3200 merupakan router dual-band yang mendukung kecepatan hingga 600Mbps pada 2.4GHz dan hingga 2600Mbps pada jaringan 5GHz.

Kamu dapat meyetting VPN dengan mudah, mengelola hotspot, mendeteksi gangguan jaringan, dan banyak lagi. Router ini juga dilengkapi teknologi MU-MIMO untuk membrikan koneksi Wi-Fi berkecepatan tinggi ke beberapa perangkat secara bersamaan.

Teknologi Tri-Stream 160 yang digunakan memeang memberikan kecepatan yang bisa dibilang sangat ekstrim. Karena hampir tidak ada lag sama sekali.

4. TP-Link Archer A7 — Kualitas dan Keamanan Jaringan di Rumah

best-vpn-router

Archer A7 adalah router dual-band, yang dilengkapi dengan 3 antena eksternal dan empat port Gigabit Ethernet.

Selain support berbagai layanan VPN, TP-Link Archer A7 memiliki kecepatan hingga 450Mbps pada jaringan 2.4GHz dan hingga 1300Mbps pada jaringan 5GHz. Selain itu kamu bisa menyambungkan hingga 50 perangkat berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan kamu untuk pengaturan jaringan. Jangkauannya juga luas, perangkat ini mencakup hingga 762 meter.

Archer A7 bisa dibilang salah satu router yang sangat terjangkau. Karena mendukung protokol PPTP, L2TP, dan IPSec, maka sangat kompatibel dengan hampir semua layanan VPN.

5. Synology RT2600ac Rekomendasi untuk Bisnis Startup dan UKM

best-vpn-router

Synology RT2600ac memiliki jangkauan hingga 916 meter dengan kecepatan hingga 2,53 Gbps.

RT2600ac sangat direkomendasikan bagi kamu yang mengutamakan kecepatan koneksi. Dilengkapi dengan 4×4 MIMO Omni-directional high-gain dipole antenna, router ini mendukung berbagai jenis layanan VPN.

Kamu juga dapat melakukan setting VPN di tingkat jaringan tanpa harus menginstal perangkat lunak (firmware) tambahan.

Router RT2600ac dilengkapi dengan perangkat lunak Smart Wifi yang memberi kontrol penuh atas jaringan. Kamu dapat memantau jaringan, mengatur Parental Control, membatasi akses jaringan, filter konten dan banyak lagi.

Karena sifatnya open-source, kamu dapat melakukan memodifikasi router termasuk opsi untuk memanfaatkan firmware open source yang tersedia.

6. Asus RT-AC88U Pilihan Terbaik untuk eSports & Gaming

best-vpn-router

Secara keseluruhan, kami sangat terkesan dengan kinerja router VPN ini serta akselerator VPN yang menyertainya. Fungsi accellerator ini memungkinkan kita untuk memaksimalkan kecepatan router VPN.

Router yang dioptimalkan untuk gaming ini nendukung DD-WRT dan bisa digunakan hingga 30 perangkat dalam waktu yang bersamaan. Asus RT-AC88U juga memiliki fitur teknologi MU-MIMO, yang mengirimlan data dengan kecepatan tinggi ke semua perangkat yang terhubung.

Kecepatan transfer data router ini mencapai 3100Mbps yang diperkuat dengan prosesor 1.4GHz-nya.

RT-AC88U juga memiliki interface Web yang mudah digunakan, dan memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan kinerja router atau memantau kondisi jaringan.

Proses instalasi dan konfigurasinya juga sangat cepat. Terdapat beberapa fitur canggih termasuk dukungan untuk semua layanan VPN sehingga client yang menggunakan laptop, smartphone, dan tablet dapat terhubung ke jaringan internet secara aman.

7. D-link DIR-885L/R router Stabil dan Mudah Digunakan

best-vpn-router

Router D-link dikenal sangat stabil. Perangkat ini cukup populer di kalangan network administrator, karena cara penggunaannya sangat mudah.

Selain kompatibel dengan sebagian besar layanan VPN, router ini juga bisa bekerja dengan banyak firmware dan mudah untuk di-upgrade. Router DIR-885L/R sudah mendukung protokol OpenVPN, L2TP, dan PPTP.

Kami menyarankan untuk memasang firmware khusus jika ingin menggunakan layanan VPN. Seperti misalnya firmware DD-WRT, karena ini adalah cara terbaik untuk menyambungkan router ini ke VPN.

8. GL.iNet GL-AR300M Mini Pilihan Tepat Saat Berlibur

best-vpn-router

Router ini dapat berfungsi sebagai server VPN atau sebagai klien. Selain itu GL.iNet GL-AR300M telah mendukung tiga jenis protojol yaitu PPTP, L2TP, dan OpenVPN. Dan sebagian besar layanan VPN menggunakan ketiga protokol tersebut.

Walaupun bentuknya agak mini, router ini memiliki CPU 650Mhz dan RAM 128MB. Karena fungsinya memang untuk traveling maka router hanya dapat menangani dua atau tiga perangkat yang kamu bawa dalam perjalanan.

Itulah mengapa kecepatan koneksinya tidak secepat router untuk jaringan rumah atau kantor. Meskipun hal itu sebenarnya tidak terlalu masalah karena kecepatan 250 Mbps harusnya sudah lebih dari cukup saat kita sedang liburan di pinggir pantai.

9. Roqos Core Kecil, Hemat Tempat dan Bertenaga

best-vpn-router

Walaupun namanya kurang dikenal, tapi Roqos Core adalah router berkualitas tinggi.

Selain dilengkapi dengan processor 2GHz, router yang berukuran kecil ini memiliki kecepatan hingga 6.600 Mbps

Yang unik adalah Roqos menyediakan fitur “Parental Control” yang memberikan orang tua kontrol penuh atas akses internet anak-anak mereka, termasuk fungsi filter dan blokir.

Cara pengaturannya termasuk yang paling mudah dibanding jenis router lainnya. Perangkat ini dilengkapi dengan SSID Wi-Fi, yang perlu kamu ubah setelah mengunduh aplikasi Roqos (mendukung iOS dan Android).

Roqos Core juga menyediakan sistem keamanan cyber berbasis cloud yang dapat memantau lalu lintas jaringan kamu.

10. Zyxel Zywall 110 VPN Firewall Rekomendasi Terbaik untuk Jaringan Kantor

best-vpn-router

Router ini memiliki kinerja yang sangat bagus. Selain mendukung berbagai jenis VPN, Zyxel Zywall 110 memiliki fungsi firewall untuk melindungi semua perangkat dari ancaman virus atau hacker.

Jika kamu mencari router untuk kantor yang tidak menurunkan kecepatan internet saat menggunakan layanan VPN, maka Zywall 110 adalah pilihan terbaik.

Zyxel Zywall 110 memiliki software khusus untuk pengaturan fungsinya. Dan interface-nya yang sangat user-friendly. Manual dan dokumentasi yang disertakan juga sangat lengkap dan cukup membantu.

Router ini memiliki kecepatan data transfer hingga 300Mbps saat layanan VPN diaktifkan. Dan mendukung Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) VPN untuk perangkat seluler, seperti Android, Windows Phone, dan iPhone.