Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, beberapa operator telekomunikasi memberikan berbagai layanan kepada masyarakat.
Diperkirakan ada peningkatan layanan data karena masyarakat sudah bisa mudik dibandingkan Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu.
Tiga operator telekomunikasi yakni Telkomsel, XL Axiata dan Smartfren sudah menyiapkan layanannya untuk menyambut Ramadhan mendatang. Apa yang disediakan?
1. Telkomsel
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, pihaknya menyampaikan semangat #SambungkanSenyuman untuk menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan penuh optimisme.
“Melalui inisiatif ini, kami ingin terus membantu masyarakat untuk mengatasi berbagai tantangan di setiap fase kehidupan dengan menggunakan teknologi canggih,” kata Hendri.
Untuk memastikan seluruh jaringan broadband berjalan optimal dan ketersediaan semua produk dan layanan tetap terjaga, Telkomsel menyediakan Pos Maya untuk mendukung kegiatan pemantauan dan pengoperasian jaringan serta memastikan distribusi produk dan layanan secara hybrid.
Implementasi virtual monitoring merupakan bentuk implementasi berkelanjutan dari transformasi digital Telkomsel melalui penerapan metode kerja baru untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi network monitoring pada RAFI 2023.
Untuk mendorong kembalinya Lebaran, Telkomsel telah menerapkan pengamanan operasional jaringan yang fokus di sejumlah wilayah yang berpotensi meningkatkan trafik komunikasi dan layanan digital di beberapa wilayah, sejalan dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.
Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan trafik komunikasi yang signifikan pada RAFI 2023 dibandingkan hari biasa pada 2023.
Lalu lintas layanan data/broadband diperkirakan tumbuh 9,4%, lalu lintas panggilan suara diperkirakan tumbuh 9,3% dan SMS akan tumbuh 4,1%.
Sementara itu, aktivitas layanan digital komunitas juga diperkirakan meningkat selama RAFI 2023, seperti akses layanan media sosial diperkirakan tumbuh sekitar 7,5%, layanan komunikasi (pesan instan dan konferensi video) meningkat 21,3%, layanan video streaming ke meningkat. sekitar 15 persen. 0,3%, layanan game seluler melonjak menjadi 34,9%, akses penelusuran meningkat 17,8%, dan akses ke layanan e-niaga juga meningkat 18,4%.
Diharapkan keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas dan peningkatan teknologi jaringan Telkomsel akan fokus pada 500 Points of Interest (POI) di berbagai tempat di Indonesia, antara lain 104 permukiman, 4 rumah sakit rujukan utama COVID-19, 56 besar. kawasan transit (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 299 kawasan khusus seperti pusat pelayanan umum dan pusat perbelanjaan, 19 kawasan jalur pulang, dan 18 masjid besar.
Telkomsel juga telah melakukan serangkaian uji jaringan, termasuk pada rute pulang pergi dengan jarak 15.371 km, terutama untuk memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang mencakup 64 ruas tol besar di seluruh Indonesia.
Telkomsel berupaya memperkuat kualitas jaringan dengan meningkatkan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan menambah 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah RAFI 2023 POI, sehingga total dari lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel, yang umumnya didukung oleh teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96% populasi penduduk di Indonesia.
Sejak Maret 2023, Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Informasi dan Telekomunikasi (BAKTI) Kominfo juga telah menyelesaikan pembangunan sekitar 2.750 USO BTS dengan teknologi 4G/LTE dari target 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE tahun ini.
Untuk kebutuhan akses layanan data selama Ramadhan tahun ini, Telkomsel juga menambah kapasitas sekitar 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitasnya menjadi 10.032 Gbps. Untuk Internet IX ada tambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, dengan total kapasitas 6.390 Gbps.
Sejak Maret 2023, Telkomsel mengonfirmasi proses upgrade seluruh jaringan 3G menjadi 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun.
“Untuk kenyamanan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 jenis smartphone,” ujar Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho.
Sales Director Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan, memberikan berbagai loyalty program dan promosi produk unggulan yang mengutamakan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta turut mendukung gaya hidup digital di momen RAFI tahun ini. “
2. XL Axiaa
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) liwat Live.On meluncurkan program inovatif #KuotaSeumurHidup.
Bekerja sama dengan situs maujual.com Laku6, program ini menawarkan penawaran menarik kepada pelanggannya dengan mengganti smartphone lama dengan kuota data Live.on hingga 55GB per bulan seumur hidup.
“Program #LifeQuota merupakan bagian dari komitmen kami untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan menggunakan paket data yang disediakan oleh Live.On,” kata Direktur & Chief Commercial Officer Axiata – Home Enterprise XL, Abhijit J. Navalekar.
Head of Commercial – Laku6, Sintara Nyotowijoyo mengatakan, gadget bekas yang sudah tidak terpakai, harganya akan terus turun.
Maujual merupakan solusi untuk memberikan kemudahan dan kemudahan kepada konsumen yang ingin menjual gadget bekas.
Melalui program #KuotaSeumurHidup, pelanggan yang memiliki smartphone lama sejak tahun 2015 dapat menukarkan apapun secara online dan gratis melalui website Maujual.com/liveon.
Sebuah smartphone yang dimodifikasi belum tentu dalam kondisi terbaik. Yang penting smartphone yang dimodifikasi masih bisa digunakan. Namun tentunya kondisi smartphone akan mempengaruhi nilai tukar dibandingkan dengan kuota usia.
Untuk mengganti smartphone dengan kuota data, pelanggan cukup mengakses link website Maujual.com/liveon dan mengecek harga yang ingin dijual/tukar, lalu pilih paket data “Live.on Power Forever”, jadwal pengambilan via kurir untuk pengecekan kondisi fisik smartphone. Jika syarat tersebut terpenuhi, maka transaksi penukaran smartphone dengan #KuotaSeumurHidup akan segera dilakukan. Jika ada pembatalan di situs, pengguna tidak akan dikenakan biaya.
3. Ponsel pintar
Smartfren mendominasi paket Unlimited dengan berbagai promo dan program untuk membantu pelanggan tetap terhubung, menunjukkan kebaikan dan tetap bekerja selama bulan Ramadhan.
Khusus Ramadhan, pelanggan bisa mendapatkan tambahan promo Full Speed Unlimited Night yang membuat aktivitas berselancar saat sahur menjadi lebih cepat dan menyenangkan.
Tambahan promo Full Speed Unlimited Nights dapat ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Daily atau Non-Stop Unlimited kamu. Caranya mudah, pastikan kamu sudah mengaktifkan salah satu paket Smartfren Unlimited, lalu gunakan aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan tambahan 7 hari Full-Speed Unlimited Night seharga Rp 10.000 atau tukarkan saja 50 smartpoint.
Add-on Full Speed Unlimited Night diaktifkan secara otomatis setiap jam 01.00-05.00 WIB dan mengikuti masa aktif paket Unlimited yang dimiliki pelanggan.
Djoko Tata Ibrahim, Deputy Chief Executive Officer Smartfren mengatakan, dalam menyambut Ramadhan, Smartfren mengadakan promo khusus yang dapat mendorong seluruh pengguna Smartfren untuk mengisi Ramadhan tahun ini dengan aktivitas sepuasnya.
Melalui add-on Full-Speed Unlimited Night, pengalaman internetan menggunakan paket Smartfren Unlimited Daily dan Unlimited Nonstop akan terus ditingkatkan, sehingga pelanggan dapat merasakan layanan internet terbaik yang mendukung berbagai aktivitas positif.
Selain itu, Smartfren juga menawarkan berbagai program spesial dengan hadiah menarik untuk semua pelanggan.
Melengkapi promo Unlimited Nights, Smartfren juga menjalankan promo paket Unlimited Nonstop Rp 45.000 dengan bonus kuota besar dan Daily Unlimited Rp 60.000 dengan limit harian besar dengan harga tetap.
Sedangkan promo paket Unlimited Rp60.000 dengan FUP dinaikkan dengan harga tetap. Dengan menggunakan paket ini pelanggan bisa mendapatkan 500 MB + 200 MB FUP per hari, selama 28 hari. Artinya jumlah FUP yang didapat lebih dari 21 GB serta akses internet gratis unlimited yang digunakan setiap hari untuk mengakses aplikasi apapun dalam waktu 24 jam.
Sambil menunggu sahur dan berbuka puasa, pelanggan juga bisa mengikuti program seru lainnya yang mengajak semua orang untuk berpartisipasi dalam #Kebaikan Tak Terbatas. Mulailah dengan membuat konten, bergaul dengan pemain profesional masa depan, akses gratis ke berbagai film seru di Vision+, atau bergaul dengan idola Anda hanya di Smartfren WOWTalks.