Advertisements
Advertisements

2 Teknik Cara Menampilkan Video Di Google Meet Bersuara Melalui Smartphone atau Laptop

Advertisements

Kini bertemu secara online memang lebih disukai karena menghemat tenaga dan waktu. Contohnya Google Meet sebagai aplikasi pemilik fitur yang dapat melihat satu sama lain atau bahkan menonton bersama. Akan tetapi, bagaimana cara menampilkan video di Google Meet apakah yakin sudah tahu?

Bagi beberapa orang yang belum terlalu paham dengan teknologi, mungkin masih kebingungan untuk melakukan share screen atau sekadar mengaktifkan kamera. Oleh karena itu, kali ini secara khusus akan disampaikan bagaimana menampilkan video Google Meet. Langsung saja simak penjelasannya berikut:

Menampilkan Video Melalui Smartphone Di Aplikasi Google Meet

Pembahasan pertama adalah untuk mengetahui cara menampilkan video di Google Meet melalui smartphone. Bagi sebagian orang, pertemuan online akan lebih nyaman dan cepat jika melalui smartphone. Tidak perlu khawatir karena untuk membagikan atau share screen video melalui smartphone akan sangat mudah.

Bagi yang belum mengetahuinya, Google Meet dapat dibuka melalui aplikasi Gmail yang hampir tidak memiliki perbedaan dengan aplikasi umumnya. Di bawah ini akan disampaikan untuk bagaimana cara memperlihatkan video lengkap dengan suaranya melalui smartphone antara lain:

  • Seperti biasa, klik link yang mengarahkan untuk bergabung dengan online meeting.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan video yang akan ditampilkan terlebih dahulu.
  • Lalu atur rotasi smartphone dengan menonaktifkan penguncian pergerakan layar.
  • Kemudian pada bagian tengah bawah, klik tanda yang menunjukkan “Share screen”.
  • Agar dapat membagikan suara juga, maka pemilik smartphone hanya perlu mengaktifkan tombol yang ada di bawah tulisan Stop Presenting.
  • Setelah tombol Presentation Audio menyala, maka secara otomatis seluruh suara dari dalam smartphone akan terdengar. Hal ini juga berlaku pada suara notifikasi atau alarm yang dibunyikan.
  • Buka video yang sebelumnya sudah disiapkan dan atur posisi smartphone dengan landscape agar video dapat terputar dengan full tanpa terpotong.
  • Berbeda dengan menggunakan laptop, membagikan video melalui smartphone akan secara otomatis akan memberikan akses untuk menunjukkan seluruh aktivitas layar. Tentunya tanpa hak untuk memilih pengaturannya.

Menggunakan Laptop Melalui Chrome

Beralih ke cara menampilkan video di Google Meet berikutnya yaitu ketika menggunakan laptop atau komputer melalui Google Chrome. Sebenarnya menggunakan laptop juga dapat mengunduh aplikasi Google Meet, namun lebih sederhana jika menggunakan Chrome.

Untuk bergabung melalui laptop juga lebih mudah karena pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci “Google Meet” di bar pencarian Google. Kemudian hanya perlu mengetikkan kode yang terdiri dari beberapa huruf. Langsung saja ketahui cara menampilkan video di Google Meet melalui laptop yaitu:

  • Pertama buat atau masuk ke link yang telah dimiliki dengan mengetikkannya sebagai kode huruf.
  • Kemudian tunggu hingga masuk ke dalam room meeting.
  • Siapkan video pada tab yang baru untuk mempersiapkan ketika akan memulai membagikan layar nantinya.
  • Kemudian kembali ke tab Google Meet dan klik tanda share screen yang ada di bagian bawah tengah dengan simbol seperti tanda panah ke atas.
  • Klik salah satu pilihan yang terdiri antara satu window, tab, atau penuh satu layar laptop yang akan dibagikan. Direkomendasikan untuk memilih tab yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Sama seperti sebelumnya, bagian layar Google Meet akan berubah menjadi tulisan “Presenting”.
  • Langkah selesai dan coba untuk mengecek pada partisipan yang hadir apakah video berjalan sempurna atau tidak.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan mengenai cara menampilkan video di Google Meet untuk dilakukan. Hal terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan melakukan dan mencobanya secara langsung sambil membaca. Sekian dahulu pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.