Advertisements
Advertisements

5 Rekomendasi Aplikasi Rapat Online Terbaik

Advertisements

Bagi para pebisnis, pekerja kantoran maupun guru yang sering melakukan kegiatan rapat, kini tidak perlu lagi melakukan kegiatan rapat diluar. Pasalnya, seiring berkembangnya zaman, rapat bisa dilakukan tanpa bertatap muka atau secara online. Bahkan  kini sudah banyak aplikasi rapat online yang bisa digunakan.

Dengan adanya aplikasi ini tentu sangat mendukung, karena sangat efektif jika digunakan. Hal ini karena dapat dilakukan dimana saja tanpa perlu lagi bepergian untuk rapat, serta mampu menghemat waktu, dan biaya tentunya. Berikut rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan:

1. Google Meet

Salah satu aplikasi percakapan yang dimiliki Google yaitu Hangouts Meet. Hangouts Meet dapat menampung 250 peserta dalam sekali melakukan panggilan. Nah, karena aplikasi ini milik Google, di dalamnya terdapat beberapa fitur google yang bisa digunakan. Misalnya saja seperti teknologi text to speech yang dapat menampilkan caption secara otomatis.

Aplikasi ini juga dapat membuat jadwal meeting yang berkaitan langsung dengan Google calendar. Menariknya, apabila anggota lain ingin bergabung dalam meeting tersebut, pengguna tersebut harus menggunakan meeting code sebagai akses untuk bergabung.

2. Skype

Aplikasi Skype ini berupa media percakapan suara dan video keluaran dari Microsoft. Aplikasi Skype dapat melakukan panggilan kepada 25 pengguna secara virtual. Berbeda dengan yang lain, Skype ini juga dapat diakses semua media elektronik, seperti laptop, PC, smartphone hingga TV sekalipun.

Skype dapat dimanfaatkan sebagai media percakapan berupa pesan, dapat digunakan secara individu ataupun grup. Aplikasi ini juga mendukung untuk melakukan panggilan telepon melalui seluler maupun telepon genggam.

3. Zoom

Zoom memiliki kelebihan mempunyai banyak fitur yang mumpuni, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pertemuan tatap muka. Fitur yang terdapat pada Zoom yaitu pengguna dapat berbagi layar (screen sharing) kepada pengguna lain. Selain itu, juga terdapat fitur yang memudahkan pengguna untuk mengundang peserta lain dengan menggunakan nomor telepon, atau email.

Pada aplikasi rapat online satu ini juga terdapat dukungan Google Drive, Dropbox, hingga Box sehingga dapat berbagi foto serta dokumen. Aplikasi Zoom ini dalam sekali melakukan panggilan dapat digunakan hingga 100 peserta.

4. Cisco Webex

Cisco Webex memiliki keunggulan fitur yang beragam, seperti screen sharing, papan virtual, perekaman, hingga google assistant. Keunggulan lain yang dimiliki Cisco Webex antara lain kualitas gambar yang sangat mumpuni, dan suara latar yang terdengar lebih jernih dan tidak berisik.

Meskipun Cisco Webex terdengar sangat asing, namun aplikasi ini telah digunakan sejumlah perusahaan ternama terutama perusahaan yang berada di daftar Fortune 500. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan sesuai tarif berlangganannya. Tetapi, maksimal pesertanya bisa sampai 100 peserta.

5. Slack

Slack ini aplikasi berupa grup percakapan yang dapat digunakan komunikasi antar topik. Slack mempunyai fitur yang menarik salah satunya yaitu dapat mencari percakapan yang sudah lama, mengirim dokumen, serta video conference. Tentunya dengan ketentuan maksimal penggunanya 15 orang dalam melakukan panggilan.

Slack dapat dihubungkan dengan media sosial dan beragam tools, sehingga lebih memudahkan penggunanya. Dapat digunakan mentransfer file, memantau proses kerja, seperti Dropbox, Twitter hingga Google Drive.

Rekomendasi aplikasi rapat online di atas dapat diunduh di Google Play store. Tentu, aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Saat ini sudah banyak orang-orang menggunakannya, karena tentu akan lebih produktif dan pastinya efektif tidak menyita waktu. Pasalnya rapat tetap bisa berjalan tanpa bertemu satu sama lain.