Advertisements
Advertisements

Cara Melihat Hasil Record Google Meet Terbaru 2023

Advertisements

Sejak merebaknya covid-19, kegiatan manusia banyak yang beralih menjadi serba online. Sehingga tidak heran jika platform meeting online banyak digunakan untuk belajar atau rapat, salah satunya yaitu Google Meet. Ketika proses rapat berlangsung banyak yang record, namun tidak tahu bagaimana cara melihat hasil record Google Meet.

Record sendiri merupakan proses merekam kegiatan belajar atau rapat yang sedang berlangsung. Hal ini sering dilakukan agar proses belajar mengajar online atau rapat yang sudah dilakukan dan berlalu dapat dilihat dan diputar kembali. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai dokumentasi.

Setiap peserta rapat pada dasarnya dapat merecord. Namun meskipun semua orang dapat merecord, tidak semua orang bisa memiliki hasil record. Sehingga banyak sekali peserta rapat yang kebingungan dan tidak menemukan hasil record. Lalu dimanakah sebenarnya hasil record tersimpan? Simak penjelasan berikut:

Hasil Record Google Meet Tersimpan Dimana?

Bagi pengguna yang ingin mengetahui bagaimana cara melihat hasil record, tentu harus mengetahui terlebih dahulu dimana hasil record tersimpan. Informasi ini sangat penting bagi semua pengguna agar ketika melakukan record tidak bingung lagi harus mencari file nya kemana.

Ternyata meskipun semua orang bisa merecord, hasil dari record hanya akan tersimpan ke Drive si pembuat rapat saja. Di dalam Google Drive pembuat rapat akan ada folder dengan nama Meet Recording, nah hasil record akan tersimpan di folder tersebut.

Perlu diketahui bahwasanya setiap sekali melakukan record Google Meet, Drive akan otomatis menyimpan dua buah file. Satu file berisi rekaman video saat proses rapat berlangsung dengan format file MP4. Dan file yang satu lagi berisi semua percakapan peserta rapat yang terjadi di kolom chat Google Meet.

Lalu bagaimana jika peserta rapat melakukan record dan ingin memiliki hasil record? Bagi peserta rapat yang menginginkan file rekaman, baik yang berbentuk video maupun percakapan chat hanya bisa memilikinya dengan cara memintanya file nya langsung dari pembuat rapat.

Cara Melihat Hasil Record Google Meeting

Nah setelah mengetahui dimana hasil record tersimpan barulah pengguna dapat melihat hasil record Google Meet yang telah dilakukan. Berikut ini merupakan langkah yang harus dilakukan untuk melihat hasil record Google Meet:

  • Karena file record hanya tersimpan pada akun Google Drive pembuat rapat, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu pembuat rapat mengunduh hasil record terlebih dahulu di Google Drive nya.
  • Download hasil rekaman, lalu simpan pada perangkat yang digunakan.
  • Jika proses download sudah berhasil, selanjutnya silahkan cari file yang sudah diunduh tadi pada folder download perangkat.
  • Selanjutnya, untuk bisa melihat hasilnya pengguna harus mengubah nama file terlebih dahulu.
  • Jika pengguna ingin melihat hasil record dalam bentuk video, maka pengguna harus mengubah nama file dengan menambahkan mp4 pada ujung nama file setelah titik tanpa memberi spasi.
  • Namun jika pengguna hanya ingin mendengarkan hasil record nya, pengguna bisa menambahkan mp3 di ujungnya.
  • Jika sudah menambahkan mp4/mp3 maka selanjutnya akan ada notifikasi bahwasanya pengguna ingin mengubah format file.
  • Kemudian klik “Ubah” dan selesai.
  • Dengan begitu maka pengguna sudah bisa melihat hasil record.

Demikianlah penjelasan mengenai cara melihat hasil record Google Meet. Caranya cukup mudah bukan? Dengan melakukan record, pengguna dapat memutar ulang rekaman jika ada sesuatu yang kurang jelas saat berjalannya rapat atau belajar.