Advertisements
Advertisements

Cara Upload Video Di Google Drive Dan Share Link Menggunakan Komputer Dan Ponsel 

Advertisements

Pengguna pasti sudah tahu tentang manfaat dari google Drive. Salah satu fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan tambahan, seperti untuk menyimpan video. Kali ini akan diuraikan bagaimana cara upload video di google drive dan share link supaya pengguna bisa mempraktekkannya.

Cara mengupload Video Di google Drive

Selain cara membagikan link maka akan dibahas terlebih dahulu mengenai cara mengupload videonya terlebih dahulu. Akan ada dua cara yang diuraikan kali ini, yakni cara yang menggunakan ponsel dan juga komputer. Langsung simak saja penjelasannya berikut ini:

1. Mengupload Video Menggunakan Ponsel

Google Drive memang bisa dibuka menghubungi komputer laptop dan juga smartphone. Begitu juga menguploadnya, bisa menggunakan komputer maupun ponsel. Jadi tidak harus melulu menggunakan komputer. Berikut adalah langkah cara yang bisa pengguna tiru:

  • Langkah pertama, pengguna bisa masuk pada aplikasi google Drive, bila ternyata ponsel tidak memiliki aplikasi tersebut maka bisa mengunduhnya lebih dulu.
  • Pastikan bahwa pengguna sudah masuk menggunakan akun google.
  • Bila sudah, pastikan bahwa ponsel sudah terhubung dengan jaringan internet, sebab memerlukan data untuk melakukan prosesnya.
  • Selanjutnya pengguna bisa klik ikon + yang ada di bagian bawah sebelah kiri pada halaman utama.
  • Bila sudah, pengguna bisa pilih opsi Upload untuk memilih berkas video yang akan diunggah.
  • Selanjutnya pilih aplikasi dimana pengguna menyimpan berkas tersebut, bila sudah ditemukan bisa pilih video yang akan diupload.
  • Bila sudah, maka google Drive akan langsung memproses penyimpanan, dan pengguna tinggal menunggu hingga proses selesai.

2. Mengupload Video Menggunakan Komputer

Bila sebelumnya merupakan cara yang menggunakan ponsel sebagai alatnya makan kali ini adalah mengupload menggunakan Komputer. Selain itu google Drive yang ada di komputer juga lebih lengkap. Sebab bisa digunakan untuk memberikan subtitle pada suatu video, berikut adalah langkah caranya:

  • Pertama pengguna bisa masuk pada Google Drive melakukan Browser dengan menggunakan link drive.google.com.
  • Jika sudah masuk pada halaman utama dari google Drive, maka tinggal klik menu baru atau new pada bagian atas sebelah kiri.
  • Bila sudah, maka pengguna bisa klik upload folder untuk mengupload video.
  • Kemudian pengguna bisa pilih video yang akan diupload, lalu tunggu proses hingga selesai.

Cara Membagikan Link

Sebelumnya sudah disebutkan bagaimana cara mengupload video. Maka pada pembahasan bagaimana cara upload video di google drive dan share link maka yang hendak dibahas selanjutnya yakni cara membagikan atau share link. Berikut juga akan diuraikan dua cara sekaligus untuk dipraktekkan:

1. Membagikan Link Untuk Publik

Cara mengupload video sangatlah mudah. Begitu juga cara share maka akan semakin mudah. Berikut adalah langkah caranya untuk membagikan link pada publik:

  • Tinggal pilih folder yang akan dibagikan kemudian klik kanan, kemudian pilih menu get link atau dapatkan link.
  • Pada bagian kata “dibatasi” pengguna bisa klik tanda panah kemudian bisa pilih “siapa saja yang memiliki link” selesai.

2. Membagikan Link Untuk Publik Untuk Satu Orang

Bila sebelumnya adalah link untuk publik, maka kali ini adalah cara untuk membagikan link hanya pada orang tertentu. Mungkin video tersebut memang tidak diperuntukkan publik. Berikut adalah langkah caranya:

  • Pada ponsel, pengguna bisa memilih folder yang akan dibagikan, kemudian klik bagikan.
  • Bila sudah, akan ada kolom orang, pada kolom tersebut pengguna bisa mengisi alamat Email orang yang akan dibagi, selesai.

Berikut adalah pembahasan mengenai cara upload video di google drive dan share link yang bisa pengguna coba. Pengguna bisa sesuai alat yang akan digunakan. Selain itu juga bisa mempraktekkan bagaimana cara membagikan link hanya pada orang tertentu saja.