10 Emulator Android Paling Ringan Untuk PC (2020)

Please log in or register to like posts.
emulator-android-ringan

Emulator Android adalah sebuah perangkat virtual Android yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dan menggunakan aplikasi Android di PC dan laptop. Dengan emulator, Anda dapat menginstal aplikasi Android di PC Anda dan menggunakannya seperti biasa.

Pengguna smartphone dapat mengkonversi game dan mendownload aplikasi Android pada komputer dengan cepat dan mudah. Ada banyak emulator Android untuk PC yang ringan serta sederhana untuk digunakan.

Nah, apa saja emulator Android terbaik untuk PC dan laptop? Berikut rekomendasi dari tim VPN.co.id

Emulator Android untuk PC Ringan

1. Bluestacks

BlueStacks memungkinkan aplikasi mobile bisa ditampilkan di layar besar seperti PC atau Mac. Anda dapat menggunakan smatphone sebagai controller untuk memainkan game favorit di dekstop.

Untuk menjalankan BlueStacks, pengguna harus lebih teliti karena emulator Android ini membutuhkan PC dengan spesifikasi RAM setidaknya 1 GB, jumlah yang sebenarnya sudah sangat umum. Karena jika kurang dari ukuran tersebut, biasanya akan terjadi lagging saat menggunakan sebuah aplikasi. Performa yang sangat bagus dan tampilan yang interaktif membuat aplikasi ini populer di kalangan para gamers.

Sebelum dapat menggunakan aplikasi BlueStacks, Anda harus memiliki akun Google yang nantinya akan digunakan untuk download apps di situs Google Play Store.

Cara registrasinya cukup mudah, masuk ke menu BlueStacks Settings > Advanced Settings > Google lalu isikan dengan akun Gmail Anda. Agar proses download berjalan lancar pastikan akun Gmail yang digunakan di BlueStacks belum pernah digunakan di handphone Android manapun.

Kelebihan:

  • Anda dapat memainkan banyak game secara bersamaan.
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan screen capture dan screen recording.
  • Platform yang didukung: Windows dan Apple macOS.

2. LDPlayer

Emulator Android untuk PC Windows selain BlueStack selanjutnya yaitu LD Player. Emulator Android yang berasal dari China ini cukup menarik dan mudah digunakan.

Baca Juga:  Mikrotik Hotspot: Pengertian dan Cara Setting

LDPlayer bisa membantu pengguna ponsel pintar untuk membuka aplikasi pada dekstop. Dengan spesifikasi PC yang tepat, pengguna dapat memainkan mobile game terbaru tanpa masalah.

Kekurangan dari perangkat ini yaitu user tidak mendapatkan informasi yang cukup dari situs resminya, terutama mengenati persyaratan minimum-nya. Selain itu, karena hanya tersedia dalam bahasa mandarin, sangat menyulitkan bagi pengguna yang tidak terlalu paham dengan bahasa Mandarin.

Fitur:

  • Membantu Anda untuk mengelola game secara otomatis.
  • Menawarkan kontrol khusus dengan keyboard dan mouse.
  • Memungkinkan Anda untuk membuka beberapa game secara bersamaan

3. GameLoop

Termasuk aplikasi populer yang menawarkan pengalaman full Android pada perangkat PC. Dengan menggunakan GameLoop, berbagai macam aplikasi mobile bisa dimainkan dengan sangat efisien.

Hal menarik lainnya dari emulator Android ini yaitu adanya multi-touch support dan pinch to zoom yang sangat cocok untuk yang laptop yang menyediakan fitur touch screen.

Fitur:

  • Dukungan untuk dual boot dengan satu kali klik.
  • Tampilan Android dengan antarmuka PC yang memberikan pengalaman bermain game yang lebih seru.
  • Memiliki kinerja tinggi dan stabil.

4. MEmu

MEmu adalah emulator keluaran China sama seperti LDPlayer, namun situs mereka memiliki panduan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris, sehingga memudahkan siapapun untuk memakai aplikasi ini.

Diklaim sebagai salah satu emulator Android paling ringan dan sangat smooth untuk dijalankan di berbagai jenic PC. Emulator ini juga cukup stabil untuk digunakan pada PC, notebook, hingga tablet.

Fitur:

  • Opsi virtualisasi dan pengaturan keyboard khusus untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

5. YouWave

YouWave merupakan aplikasi emulator yang pertama kali booming, dan cukup ramah pengguna. Para user yang masih baru pasti bisa langsung memahami sistem kerja aplikasi ini dengan mudah.

Baca Juga:  Proxy Web Online Gratis Terbaik (2020)

Selain itu performa YouWave juga mengesankan dan sangat halus saat dijalankan.

Sayangnya, poin minus untuk aplikasi ini terbilang sangat fatal, sebab selain merupakan fitur berbayar, YouWave masih berupa emulator Android untuk PC Windows XP. Aplikasi ini juga masih menggunakan versi Ice Cream Sandwich Android, dimana sistem operasi tersebut sudah cukup lama.

Fitur:

  • Mendukung PC/laptop layar sentuh.
  • Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kontrol sesuai kebutuhan dan dapat langsung mengunduh aplikasi ke Emulator.
  • Dukungan konfigurasi keyboard dan gamepad untuk game.
  • Platform yang Didukung: Android, Browser, dan Microsoft Windows.

6. GenyMotion

Salah satu alternatif emulator terbaik yang cukup bagus. GenyMotion menawarkan fitur baru seperti OpenGL serta cukup responsif untuk ukuran aplikasi mobile.

GenyMotion menggunakan dua versi pilihan yaitu gratis dan berbayar yang sama canggihnya, namun terbatas untuk item tertentu pada model free yang dipakai. Aplikasi yang cepat dan mudah untuk dijalankan ini bisa menjadi pilihan untuk bermain game mobile pada layar besar seperti PC.

Fitur:

  • Kompatibilitas piksel HD, yang memberikan kejelasan gambar yang lebih baik pada PC Anda.
  • Menggunakan webcam desktop sebagai sumber video untuk merekam screencast.
  • Platform yang Didukung: Android, Mac OS, Microsoft Windows, dan Linux.

7. Nox App Player

Nox App Player hadir dengan emulator Android untuk PC yang punya fitur canggih dan keren. Sama seperti emulator lainnya, aplikasi ini juga dapat membuka semua jenis game dan aplikasi Android di PC.

Fitur yang tersedia misalnya support dengan prosessor Intel dan AMD hingga dapat leluasa mengatur resolusi, CPU serta RAM dari aplikasi.

Fitur:

  • Menawarkan tampilan yang lebih besar dan tajam untuk semua jenis aplikasi.
  • Anda tidak perlu kuatir dengan daya baterai perangkat Android Anda.
  • Platform yang didukung: Microsoft Windows, dan Apple macOS.

8. Andy Android Emulator

Tampilan Andy cukup istimewa serta sangat memuaskan untuk memainkan semua jenis game apabila didukung dengan spesifikasi komputer yang tepat.

Baca Juga:  Cara Mengatasi FUP Indihome Dengan Mudah

Kendala yang dimiliki aplikasi ini ialah proses download yang menggunakan online installer menyebabkan para pengguna terutama di Indonesia, merasa keberatan dengan sistem ini karena harus membutuhkan kuota yang lebih banyak dan koneksi yang stabil.

Fitur:

  • Ada kapasitas penyimpanan untuk pengguna.
  • Bisa memainkan game apa pun yang tersedia di platform PlayStore.
  • Memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi dari browser desktop langsung ke AndY OS.
  • Platform yang Didukung: Android, macOS, dan Microsoft Windows.

9. Android SDK

Bagi yang gemar melakukan coding bahasa pemograman Java Android, pastinya sudah hafal dengan emulator Android paling ringan dan cepat satu ini.

Android emulator dari Android SDK biasanya digunakan untuk testing aplikasi yang dibuat oleh programmer Android. Dikarenakan proses pemasangan dan pemakaian yang cukup rumit, agaknya aplikasi ini memang kurang tepat untuk pengguna biasa.

Namun, karena kecepatannya dan dengan fitur yang disuguhkan, Android SDK mampu menduduki peringkat teratas emulator mobile untuk PC yang paling banyak diunduh.

Fitur:

  • Dapat menjalankan aplikasi Android sekaligus melakukan pengujian untuk mengatasi error atau bug.
  • Platform yang didukung: Windows, Linux, Mac, dan Chrome OS.

10. Android x86

Tak bisa dipungkiri bahwa memainkan game mobile ke layar dekstop menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Daftar terakhir untuk aplikasi Android emulator pada PC yang juga cukup populer yaitu Android x86 yang sudah diperbaharui.

Sistem operasi yang sudah bisa dijalankan pada prosessor berbasis x86 ini, bisa dibilang termasuk pure OS Android yang tidak sepenuhnya emulator. Android x86 sangat responsif untuk dibuka meskipun ada kendala pada dukungan Driver, jadi sangat cocok untuk spesifikasi PC yang minimal.

Fitur:

  • Dapat mengatur resolusi layar.
  • Memungkinkan mode cermin pada monitor eksternal.
  • Dukungan automount untuk penyimpanan eksternal.
  • Mendukung keyboard eksternal.

Last Updated on 2 weeks