Daftar Nomor Call Center (Bank, Nomor Darurat, Layanan Jasa, dll)

Call Center
Call Center

Mengutip ulasan pada Wikipedia yang menyebutkan bahwa Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang didirikan atas kewenangan untuk meminjamkan uang, menerima uang tabungan, serta menerbitkan promes atau banknote. Dalam hal ini, tentu kita membutuhkan jasa layanannya dalam mensejahterakan finansial. Meskipun demikian, sebuah bank juga dituntut untuk menyediakan layanan call center.

Bukan itu saja, Anda juga wajib  memiliki nomor layanan tersebut, untuk menyampaikan keluhan, ataupun untuk  mengajukan pertanyaan perihal produk yang ditawarkan. Hal ini juga berlaku bagi pengguna layanan jasa lainnya.

Itulah mengapa Anda harus memiliki kontak call center Bank, layanan jasa dan beberapa nomor darurat lainnya.Anda akan merasa kesulitan untuk menghubunginya, jika Anda tidak mengetahui mengenai nomor-nomor penting tersebut.

Seberapa Pentingnya Memiliki Nomor Call Center dan Nomor-Nomor Darurat?

Call Center

Jika Anda belum paham mengenai pentingnya call center dan juga nomor-nomor darurat, di bawah ini akan sajikan mengenai informasi datanya. Di antaranya :

1. Efisiensi Layanan

Call Center memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan layanan yang cepat dan terkendali (efisiensi). Pelayanan yang nyaman akan membuat nasabah maupun klien dan pelanggan dari beberapa bank dan layanan jasa, akan merasa aman. Tak hanya pada kepuasan para nasabah/pelanggan maupun klien saja, efisiensi layanan ini juga  bisa diartikan dalam menghasilkan penghasilan layanan atau penjualan produk yang lebih besar.

2. Manajemen Layanan

Selain efisiensi layanan, call center juga  memiliki peranan penting dalam melakukan manajemen layanan. Seperti menanggapi berbagai masalah yang terjadi.  Customer service yang ditempatkan pada layanan tersebut harus memberikan jawaban terhadap segala permasalahan yang dialami.

Baik oleh para nasabah seperti kredit macet, atm error, hingga masalah besar lainnya, yang dihadapi oleh para pelanggan/klien dari beberapa layanan jasa tersebut. Dengan adanya layanan ini, maka diharapkan, setiap manajemen layanan yang ada pada call center tersebut, bisa melakukan perencanaan dan penyelesaian terhadap setiap permasalahan yang terjadi.

 

3. Membangun Brand Awareness

Perana penting ketiga yang dimiliki oleh setiap call center di antaranya yaitu membangun Brand Awareness. Kesadaran merek atau Brand Awareness adalah bentuk kepercayaan masyarakat terhadap perusahan, bank maupun layanan jasa yang lainnya.

Jika layanan ini bisa  membuat nasabah/klien/pelanggan  merasa nyaman, apalagi sampai membuat mereka  percaya terhadap layanan yang diberikan, maka layanan jasa ataupun bank tersebut akan merasa sangat puas. Maka dari itu, nasabah/klien tersebut akan terus mengingat setiap layanan yang diberikan, dimanapun mereka berada.

Semakin meningkatnya Brand Awareness, tentunya akan membuat layanan tersebut dapat dipercaya. Sehingga bisa lebih menguntungkan pihak perusahaan/bank tersebut.  Maka dari itu, buatlah pelayanan call center yang bisa membuat nasabah/klien merasa  nyaman dalam menghubungi pihak perusahaan/bank tersebut.

4. Menyelesaikan Problematika

Call Center atau pusat panggilan digunakan sebagai tempat meminta bantuan. Dengan hal ini layanan ini diwajibkan untuk memberikan solusi dan penyelesaian terhadap nasabah/klien yang mendapatkan permasalahan.

Nasabah/klien yang melakukan panggilan terhadap call center, sebagian besar adalah orang-orang yang meminta solusi terhadap keluhan yang dialaminya. Itulah kenapa sebagai member, klien atau nasabah tersebut, harus memiliki kontak dari beberapa call center dan juga  nomor-nomor darurat yang lain.

Nah, jika melihat penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwasannya, call center memiliki perana penting  dalam melakukan tanggung jawab, atas permasalahan yang dialami oleh nasabah/klien terhadap layanan yang diberikan perusahaan/bank.

Tak hanya menyelesaikan permasalahan saja, menjelaskan produk dari perusahaan/bank ini juga  merupakan salah satu bentuk  tanggungjawab dari bank/perusahaan tersebut. Pastinya,kini Anda sudah mengetahui mengenai peranan yang dimiliki oleh call center, bukan? Namun, Anda pasti masih bertanya-tanya mengenai tugas dari seorang customer service yang ditugakan dalam layanan ini. Maka dari itu, dibawah ini akan diberikan penjelasannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service pada Layanan Call Center

Call Center

Jika tadi penjelasan mengenai peran penting dari sebuah layanan call center, maka kali ini akan dijelaskan mengenai tugas serta tanggung jawab dari seorang customer service yang ada di layanan tersebut. Diantaranya :

1.Menerima Panggilan

Tugas dan tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seorang customer service yang ada pada layanan diantaranya adalah menerima sebuah panggilan telpon. Biasanya nasabah/pelanggan/klien akan melakukan komunikasi terhadap layanan ini dengan melakukan panggilan telepon.

Dengan begitu, customer service harus bisa menerima panggilan tersebut secepatnya. Selain telpon, nasabah/klien akan mengirim pesan pada fitur chat di website resmi atau pada aplikasi resminya. Maka dari itu, customer service tersebut harus merespon pesan tersebut secepatnya.

2. Menjawab Pertanyaan

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwasannya nasabah/klien/pelanggan akan melakukan kontak panggilan untuk menyampaikan keluhan, bertanya seputar layanan maupun untuk meminta bantuan dan solusi atas permasalahan yang dialaminya.

Maka dari itu, customer service harus menjawab pertanyaan yang diajukan, untuk menjawab kegelisahan para nasabah/klien tersebut, dengan jawaban yang sebenarnya. Dan jangan asal memberikan jawaban. Sebab bukannya akan membantu, malah akan membuat nasabah/klien merasa tidak nyaman. Lebih fatalnya, nasabah/klien  tersebut akan kabur dengan layanan seperti itu.

3. Mendengarkan Keluhan Nasabah

Customer service pada layanan call center yang baik adalah yang dengan sabar mendengarkan segala keluhan dari para nasabah/kliennya. Meskipun nasabah/klien tersebut menceritakan keluhan atau permasalahan yang dialaminya dalam waktu yang lama sekalipun. Maka customer service harus menjadi pendengar yang baik bagi nasabah/kliennya.

Hal ini, tentunya akan membuat Brand Awareness masyarakat terhadap perusahaan/bank akan semakin meningkat. Itulah sebabnya, tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh customer service pada layanan call center ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

4. Memberikan Pelayanan

Tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh customer service lainnya yaitu  memberikan pelayanan terhadap nasabah/klien secara optimal. Pada dasarnya, call center merupakan tempat meminta bantuan.

Call center tidak hanya memiliki tugas untuk mendengarkan segala keluhan dan permasalahan yang dialami, melainkan juga memberikan pelayanan dalam mengatasi semua permasalahan nasabah/klien. Pemberian layanan merupakan bentuk tanggung jawab yang harus dimiliki oleh setiap customer service ini.

Pentingkah Memiliki Nomor Call Center dan Nomor Darurat?

Menilik dari tugas dan peranannya yang telah dibahas diatas, tentunya Anda dapat menyimpulkan jawabannya. Ya, tentu sangat penting, bagi para nasabah bank, pelanggan/member dari layanan jasam, maupun individu lainnya dalam memiliki nomor-nomor tersebut.

Memang, dengan teknologi yang semakin canggih, kini seluruh bank dan layanan jasa yang ada di Indonesia, kini telah memiliki laman website resminya masing-masing. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam menghubungi beberapa layanan call center ini.

Akan tetapi, mengandalkan pada fitur situs resminya saja tidaklah cukup Untuk itu, Anda harus memiliki nomor kontaknya juga. Anda bisa membayangkan sendiri,  jika Anda mengalami permasalahan terhadap ATM yang Anda miliki atau kredit yang Anda gunakan, pihak mana yang pertama Anda hubungi? Tentu saja pihak call center, bukan?

Dengan memiliki nomor-nomor tersebut, Anda akan merasa lebih aman, nyaman dan leluasa. Sebab, adanya nomor-nomor tersebut di hp Anda ataupun di tempat lainnya, akan memudahkan Anda dapat menghubungi pihak yang terkait.  Dimanapun dan kapanpun Anda membutuhkannya.

Daftar Nomor-Nomor Darurat dan Call Center yang Wajib Anda Simpan

Selain menyimpan beberapa nomor call center dari beberapa bank, sangat penting bagi Anda untuk selalu menyimpan beberapa nomor-nomor darurat. Hal ini dimaksudkan, agar Anda tidak kebingungan, bilamana Anda membutuhkan bantuan dari nomor-nomor darurat berikut ini.

Simpanlah nomor-nomor darurat ini di ponsel Anda, maupun di tempat lain, yang sekiranya bisa Anda temukan. Karena bisa dibayangkan, saat dalam keadaan panik dan mendesak, sebagian orang mungkin akan kebingungan. Terutama dalam mengingat dimana mereka telah menyimpan nomor-nomor darurat tersebut.

Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa nomor darurat yang bisa Anda simpan, sebagai bentuk waspada, terhadap hal-hal yang mungkin terjadi. Diantaranya :

1.Layanan Ambulance

Secara tidak terduga, mungkin Anda secara tidak sengaja melihat kecelakaan di jalan raya, ataupun ada anggota keluarga dan teman-teman yang mendadak sakit. Sehingga memerlukan penanganan medis yang cepat.

Dengan alasan itu pula, maka Anda wajib menyimpan nomor darurat dari layanan ambulance ini. Untuk layanan ini, Anda bisa menghubungi nomor 119. Layanan ini juga merangkap dengan layanan Kemenkes lainnya.

Hal inilah yang memberikan keuntungan bagi Anda. Karena saat Anda menghubungi  call center ini, maka pihak customer service akan mengirimkan bantuan ambulance, tenaga medis maupun layanan kesehatan, yang terdekat dengan lokasi dimana Anda berada.

2. Kepolisian

Selain layanan ambulance, alangkah pentingnya juga bilamana Anda selalu menyimpan nomor kepolisian. Hal ini sebagai bentuk waspada terhadap segala macam hal buruk yang mungkin saja menimpa Anda.

Misalnya aksi kejahatan yang mungkin saja terjadi saat Anda memasuki kawasan yang rawan kejahatan, ataupun yang lainnya. Dengan menghubungi layanan nomor darurat kepolisian ini, maka pihak kepolisian akan bisa merespon dengan cepat, terkait setiap pengaduan dan laporan yang Anda sampaikan. Nomor darurat yang bisa Anda hubungi untuk layanan ini yaitu 110.

3. Pemadam Kebakaran (DamKar)

Satu lagi layanan nomor darurat yang wajib Anda simpan, yaitu Pemadam Kebakaran (Damkar). Karena berada di kawasan padat penduduk serta musim kemarau yang tak kunjung usai, bisa saja menimbulkan kebakaran ataupun yang lainnya.

Baik itu kebakaran yang menimpa pemukiman penduduk, maupun yang terjadi di kawasan hutan, dengan jenis Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan). Maka dari itu, menyimpan nomor darurat untuk layanan ini memang sangat diwajibkan. Adapun nomor yang bisa dihubungi untuk layanan ini yaitu 113.

4. Basarnas

Selain kebakaran, dan juga kecelakan lalu lintas, ada bahaya lainnya yang rentan terjadi, bahkan mungkin yang sering menimpa masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu bahaya bencana dan wabah.

✅TRENDING :  Deretan HP Android Murah Dengan Spesifikasi Dewa

Baik itu bencana yang berupa banjir, meletusnya gunung berapi, gempa dan tanah longsor, Tsunami, dan yang lainnya. Sementara untuk wabah sendiri, bisa berupa penyebaran penyakit dan virus yang mungkin saja menimpa penduduk di suatu kawasan, yang mengharuskan pihak Basarnas untuk mengevakuasi seluruh penduduk.

Dalam kesempatan lain, Basarnas juga sering dimintai bantuan untuk melakukan pencarian korban bencana, hingga melakukan evakuasi terhadap korban meninggal, yang mana tempat kejadian perkara dari meninggalnya korban, letaknya sangat jauh dari pemukiman, dan yang lainnya.

Karena perannya yang begitu penting inilah, maka Anda diwajibkan untuk selalu menyimpan nomor dari layanan darurat Basarnas ini. Adapun nomor yang bisa Anda hubungi untuk layanan call center dari Basarnas ini yaitu 115.

5. BNPB

Hampir mirip  dengan Basarnas, BNPB memiliki peran yang sangat vital dalam penanggulangan bencana. Hanya saja, jika Basarnas diprioritaskan untuk melakukan pencarian dan evakuasi terhadap korban bencana, maka BNPB dikhususkan untuk melakukan penanganan dan penanggulangan bencana yang meliputi,

  • Upaya pencegahan bencana
  • Aksi tanggap darurat pada saat terjadinya bencana
  • Bertanggung Jawab dalam proses distribusi bantuan dan sumbangan yang ditujukan terhadap semua korban bencana
  • Mendirikan hunian sementara, maupun permanen untuk para korban bencana
  • Melakukan rehabilitasi terhadap semua korban bencana, dan yang lainnya

Jika Anda melihat adanya kawasan yang rentan bencana, ataupun menyaksikan sendiri, terjadinya bencana dan semacamnya, maka Anda bisa menghubungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di nomor 117.

6. Jasa Marga

Meskipun memang Jasa Marga dikategorikan sebagai layanan jasa, namun nomor call center dari Jasa Marga ini juga bisa menjadi daftar nomor darurat. Dimana saat Anda membutuhkan informasi mengenai penggunaan dan layanan jalan tol, maka solusi terbaik adalah dengan menghubungi pihak Jasa Marga ini.

Namun jika ternyata, mobil Anda mengalami mogok di tengah jalan, ataupun Anda melihat kecelakaan di jalan tol. Nomor call center Jasa Marga ini bisa menjadi nomor darurat yang bisa Anda hubungi.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda menyimpan nomor Jasa Marga ini di deretan nomor darurat lainnya. Karena, Anda tak mau bukan, jika tiba-tiba mobil Anda mogok di jalan tol, sementara  Anda tidak tahu nomor mana yang bisa Anda hubungi? Untuk kebutuhan ini, Anda bisa menghubungi jasa derek dari Jasa Marga ini di nomor 14080.

7. PLN

Selain Jasa Marga, PLN juga bisa dikatakan sebagai layanan jasa, sekaligus nomor darurat. Dimana Anda dapat mengadukan keluhan mengenai layanan listrik, berikut jaringannya ke Perusahaan Listrik milik Negara (PLN) ini.

Namun jika Anda menyaksikan peristiwa yang ada kaitannya dengan PLN ini. Baik itu mengenai kabel listrik yang terputus dan menghalangi jalan, gardu listrik yang terbakar, kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik, ataupun adanya banjir yang bisa menimbulkan korsleting listrik, yang mengharuskan untuk dilakukan pemutusan listrik, dan yang lainnya. Maka Anda bisa menghubungi call center PLN dengan beberapa cara dibawah ini. Diantaranya :

  • Dengan layanan telpon di nomor 123
  • Melalui website PLN di laman https://www.pln.co.id/
  • Dengan mengirimkan email ke alamat pln123@pln.co.id, serta
  • Melalui sosial media Facebook di akun PLN 123, serta Twitter di akun @pln_123

8. Layanan Darurat 112

Jika Anda lupa untuk menyimpan beberapa nomor darurat di atas, maka Anda tak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengingat satu nomor ini saja. Dimana dengan nomor 112, customer service dari layanan darurat ini, akan merespon laporan Anda, kemudian menyampaikannya ke pihak terkait. Baik itu kepolisian, ambulance dan layanan kesehatan, Pemadam Kebakaran, Basarnas, dan yang lainnya.

Bisa dibilang, layanan darurat 112 ini fungsinya hampir sama dengan layanan call 911, yang berlaku di negara Amerika Serikat. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, ada baiknya agar Anda selalu mengingat ataupun menyimpan nomor ini baik-baik, ya!

Daftar Nomor  Call Center dari Beberapa Layanan Jasa yang Mungkin Anda Perlukan

Jika sebelumnya membahas nomor darurat berikut nomor-nomor customer service dari beberapa bank. Maka kini, akan dibahas mengenai beberapa nomor call center dari beberapa layanan jasa, yang mungkin Anda perlukan suatu saat nanti. Diantaranya :

1.Indihome

Indonesia Digital Home, atau yang lebih dikenal dengan Indihome, merupakan salah satu layanan jasa yang menawarkan jaringan internet berbayar, sekaligus tv kabel, dan juga layanan telepon dalam 1 paket.

Perusahaan ini merupakan salah satu produk yang termasuk ke dalam layanan PT Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom). Sebenarnya, sebelum Indihome hadir, PT Telkom sendiri telah lebih dahulu meluncurkan produk yang sama, yang dikenal dengan nama Speedy.

Namun karena produk layanan ini akan diberhentikan, maka para pelanggan dari Speedy ini, satu persatu mulai pindah dan beralih ke layanan Indihome, hingga saat ini. Tentunya, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Indihome ini.

Bagi Anda yang juga merupakan pelanggan dari jaringan internet berbayar yang satu ini, Anda bisa mengajukan keluhan ataupun bertanya seputar layanan dari Indihome ke call center dari layanan ini, melalui salah satu dari beberapa cara berikut ini. Diantaranya :

  • Melalui sambungan telepon di nomor 147
  • Melalui aplikasi My Indihome
  • Dengan menggunakan sosial media dari Indihome di akun Twitter dengan nama @indihome, dan juga dengan nama @indihomecare

2. First Media

Selain Indihome, ada lagi nih layanan jasa yang sama-sama menawarkan jaringan internet, tv kabel dan juga telpon. Namanya yaitu First Media. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1994, dengan nama PT Broadband Multimedia Tbk.

Barulah pada tahun 2007, perusahaan ini berganti nama menjadi PT First Media Tbk. Sama halnya dengan Indihome, First Media juga menawarkan layanan internet yang beragam, serta biaya langganan yang bervariatif, yang bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda.

Untuk menyampaikan berbagai keluhan, pihak First Media sebagai mendirikan call center, yang bisa Anda hubungi melalui cara-cara berikut ini. Diantaranya :

  • menghubungi nomor 1500-595, maupun di nomor (021) 2559-6595
  • dengan mengunjungi website First mEdia di laman https://firstmedia.com/support, serta
  • melalui aplikasi my Firstmedia

3. MNC Play

MNC play merupakan salah satu penyedia layanan tv kabel dan juga jaringan internet yang berbasis serat optik. Merupakan salah satu anak perusahaan dari MNC Vision Network. MNC play sendiri menyediakan 4 layanan terbaiknya. Diantaranya :

  • High speed internet
  • Interactive cable tv
  • Interactive new media, yang meliputi home automation, interactive stock trading, interactive home shopping, dan yang lainnya
  • Fitur video call yang dikenal dengan layanan crystal clear telephony

Layanan call center dari MNC Play ini didirikan secara khusus untuk memfasilitasi para pelanggan dari salah satu tv kabel berbayar dengan jumlah pelanggan yang lumayan banyak ini. Khususnya dalam menyampaikan keluhan, yang bisa direspon secara cepat.

Layanan ini tidak dikenakan biaya, alias gratis, dan bisa diakses selama 24 jam non stop. Untuk menghubungi call center dari MNC Play ini, Anda hanya perlu menghubungi melalui telepon di nomor 1500-121, maupun dengan mengunjungi laman https://ccare.mncplay@mncgroup.com.

4. Shopee

Shopee merupakan salah satu ecommerce yang memiliki member dengan jumlah yang lumayan banyak, khususnya di Indonesia ini. Merupakan salah satu merchant yang terlebih dulu dikenal sebagai situs elektronik ternama yang berkantor pusat di Singapura. Dimana perusahaan ini didirikan pada tahun 2009.

Perusahaan ini didirikan oleh Forest Li, dan berada di bawah naungan dari Sea Limited. Hingga kini, Shopee bukan hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga di beberapa negara lainnya. Seperti Malaysia., Thailand, Filipina, Taiwan, dan juga Vietnam. Bahkan kini, Shopee telah memperluas jaringannya hingga ke negara Brazil.

Dalam melayani semua kebutuhan membernya, Shopee tak lupa untuk mendirikan call center khusus Shopee, yang bisa diakses melalui beberapa cara berikut ini. Diantaranya :

  • Melalui layanan chat yang bisa Anda lakukan di aplikasi Shopee. Adapun caranya yaitu dengan membuka aplikasi shopee, lakukan login, pilih menu saya, dan lanjutkan dengan melakukan chatting seputar keluhan yang Anda rasakan di opsi chatting dengan Shopee
  • Menghubungi customer service di call center Shopee dengan sambungan telepon di nomor 1500-702, ataupun di nomor (021) 3950-0300
  • Mengunjungi website Shopee di laman https://shopeexpress.co.id
  • Mengirimkan email ke alamat help@support.shopee.co.id
  • Mengandalkan sosial media dengan cara melakukan Direct Message di akun Facebook Shopee, dan juga Instagram dengan nama @shopee_id

2. Lazada

Ecommerce lainnya yang memiliki banyak member yaitu Lazada. Merupakan salah satu ecommerce yang dimiliki oleh Alibaba Group. Sejak didirikan pada tahun 2012, kini Lazada telah menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Khususnya di beberapa negara di Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan juga Vietnam.

Untuk mengoptimalkan pelayanannya, Lazada sengaja mendirikan call center khusus, yang bisa diakses melalui telepon di nomor (021) 8064-0090. Selain telepon, sebenarnya Anda juga bisa melakukan chatting dengan customer service Lazada, untuk menyampaikan sejumlah keluhan. Baik itu mengenai keterlambatan pesanan, fitur Lazpaylater, dan yang lainnya.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan chatting dengan customer service dari Lazada ini diantaranya :

  • Buka akun Lazada, dan lakukan login
  • Temukan menu customer service yang berada di bagian atas halaman utama
  • Klik menu tersebut, kemudian lanjutkan dengan memilih opsi hubungi kami di live chat 24 jam, dan mulailah untuk menyampaikan keluhan Anda

3. Bukalapak

Merupakan salah satu Perusahaan Terbatas (PT), sekaligus ecommerce yang didirikan oleh anak bangsa, dan memiliki kantor pusat di Jakarta, Indonesia. Bahkan kini, Bukalapak bukan hanya dikenal sebagai ecommerce saja, namun juga telah menjangkau beberapa strategi layanan dan pemasaran lainnya. Salah satunya dengan membuka program Mitra Bukalapak, yang menaungi beberapa pelaku usaha/UMKM di Indonesia.

✅TRENDING :  Proxy Web Online Gratis Terbaik (2021)

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi Bukalapak, dan juga berniat untuk menyampaikan keluhan. Pihak Bukalapak memberikan kesempatan bagi Anda untuk menghubungi call center Bukalapak yang dikenal dengan nama BukaBantuan di nomor 150-133.

Selain melalui sambungan telepon, Anda juga bisa menghubungi customer service dari BukaBantuan Bukalapak ini dengan mengunjungi website Bukalapak di laman https://bukabantuan.bukalapak.com/. Cara lainnya yaitu dengan mengandalkan sosial media, seperti Instagram dengan nama @BukaBantuan, Facebook dengan nama BukaBantuan, serta Twitter di akun @BukaBantuan.

4. Tokopedia

Selain Bukalapak, ada lagi nih ecommerce yang didirikan oleh anak bangsa lainnya, namanya yaitu Tokopedia. Bahkan kini, ecommerce yang satu ini telah memiliki member yang cukup banyak dan menjadi merchant yang patut diperhitungkan, diantara merchant-merchant yang lainnya.

Bahkan, ecommerce yang didirikan pada tahun 2009 yang lalu ini, memiliki layanan lainnya, yang berkaitan dengan pembinaan UMKM yang ada di Indonesia. Salah satu program yang diadakan oleh Tokopedia dengan UMKM indonesia ini salah satunya yang dikenal dengan program Maker Fest, yang mulai diselenggarakan dari sekitar tahun 2018 yang lalu. Tepatnya pada bulan Maret 2018.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, pihak Tokopedia memberikan kesempatan bagi para membernya untuk menghubungi customer service, bilamana memiliki keluhan, hingga bertanya seputar layanan Tokopedia di call center ecommerce yang satu ini.

Adapun caranya bisa dilakukan dengan melalui chatting di aplikasi Tokopedia, melalui kolom Tokopedia yang ada di laman https://www.tokopedia.com/about/contact-us/, maupun dengan mengirimkan email ke alamat speakers@tokopedia.com.

5. Layanan Kredivo

Email Dan Call Center Kredivo

Merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan layanan untuk membeli barang di beberapa merchant dengan sistem kredit. Dimana sistem ini menawarkan pembayaran dalam waktu 30 hari, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan.

Hanya saja, layanan Kredivo ini tidak dikenai bunga, sehingga aman digunakan. Belum lagi, karena Kredivo sendiri telah bekerjasama dengan beberapa merchant ternama di tanah air, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Jd.id, Blibli, Zalora, dan yang lainnya.

Meskipun demikian, Anda masih bisa mengajukan pinjaman uang tunai melalui aplikasi ini, dengan terlebih dahulu mengajukan pencairan limit kredit. Karena sering digunakan sebagai salah satu metode pembayaran pada beberapa merchant tersebut, sehingga tak heran, jika aplikasi ini sering mengalami sedikit gangguan, ataupun semacamnya.

Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menyampaikan keluhan Anda dengan melalui cara-cara seperti dibawah ini. Diantaranya  dengan menghubungi nomor 0807-1573-348, maupun dengan mengirimkan email ke alamat support@kredivo.com.

6. Akulaku

Jika biasanya Kredivo hanya digunakan sebagai metode pembayaran dengan sistem kredit. Maka Akulaku sering dijadikan sebagai media untuk meminjam uang. Meskipun memang, platform ini juga menerima layanan pembayaran untuk beberapa merchant di tanah air, namun kebanyakan pelanggan dari Akulaku, memang mengandalkan platform ini untuk mengajukan sejumlah pinjaman.

Keunggulan dari platform ini tentunya, tidak mengharuskan para pelanggannya untuk menyertakan agunan/jaminan. Bukan itu saja, dengan persyaratan yang mudah, hal ini juga menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi pinjaman yang satu ini.

Meskipun demikian, karena banyaknya pelanggan yang masuk ke aplikasi ini, hingga banyaknya transaksi dalam setiap harinya, membuat platform ini terkadang mengalami kendala dalam hal pengaksesan, dan yang lainnya.

Hal inilah yang memang sering dikeluhkan pelanggan. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal itu, pihak Akulaku sengaja menyediakan call center khusus yang bisa akses di nomor 1500-920, ataupun mengirimkan whatsapp di nomor 0811-1350-8161. Selain menggunakan kedua nomor tersebut, Anda juga bisa mengirimkan email ke alamat cs.id@akulaku.com.

7. Citilink

Merupakan salah satu maskapai penerbangan yang juga menjadi anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia. Bisa dibilang, layanan Citilink ini menawarkan tarif yang jauh lebih murah, dibandingkan induk perusahaannya sendiri, yaitu Garuda Indonesia.

Didirikan pada tahun 2001 yang lalu, Citilink kini menjadi salah satu maskapai penerbangan yang boleh dibilang, bisa disejajarkan dengan maskapai penerbangan lainnya. Barulah di tahun 2012 yang lalu, Citilink memisahkan diri dari Garuda Indonesia, setelah sebelumnya, maskapai ini mendapatkan AOC (Air Operator Certificate) sendiri.

Untuk memudahkan pelayanan dari maskapai penerbangan ini, pihak Citilink menyediakan layanan pengaduan khusus, yang dikenal dengan call center Citilink. Dimana dengan adanya layanan ini, akan memudahkan Anda, sebagai pelanggan untuk menyampaikan keluhan, pengaduan, hingga bertanya seputar layanan dan informasi lainnya, terkait Citilink, yang bisa Anda akses setiap hari, selama 24 jam secara non stop.

Adapun cara untuk menghubungi customer service di call center Citilink ini, yaitu dengan cara seperti berikut ini. Diantaranya :

  • Melalui sambungan telepon di nomor 0804-1080-808
  • Bagi Anda yang berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi pihak Citilink di nomor (62-31) 9920-8709, serta
  • Melalui live chat di situs resmi Citilink di laman http://contact.citilink.co.id/id

10 Daftar Nomor Call Center dari Bank-Bank Ternama di Indonesia

Bagi sebuah bank, call center diibaratkan sebagai sebuah layanan yang bisa dijadikan sebagai ruang/wadah untuk nasabah, dalam menyampaikan keluhan, hingga bertanya seputar layanan dan produk dari bank tersebut.

Dengan kata lain, call center dari sejumlah bank, bukan hanya digunakan untuk menyampaikan keluhan mengenai pelayanan yang diberikan oleh bank tersebut. Namun lebih dari itu, peran dari call center ini juga, bisa dijadikan sebagai tempat bertanya mengenai produk-produk dan layanan lainnya dari bank, yang umunya belum diketahui oleh nasabah.

Untuk memudahkan Anda, sebagai nasabah dari beberapa bank yang ada di Indonesia. Dalam daftar di bawah ini, akan diberikan beberapa nomor-nomor call center dari 10 bank ternama yang ada di Indonesia. Diantaranya :

1.Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

BRI menjadi salah satu bank milik pemerintah yang terbesar hingga saat ini. Didirikan pada tahun 1895, BRI kini menjadi satu-satunya bank milik pemerintah tertua, selain Bank Indonesia.

Berbeda halnya dengan Bank Indonesia, yang menjadi bank sentral, BRI lebih memprioritaskan sebagai bank umum, yang melayani seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya di perkotaan saja, bank ini juga kini hadir di berbagai pelosok tanah air.

Sesuai motonya, untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia, BRI juga tak lupa untuk melebarkan sayapnya, hingga memiliki banyak anak perusahaan. Seperti BRI Syariah, BRI Agro, BRI Remittance, BRI Life, BRI Finance, serta Danareksa.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, BRI mendirikan call center yang diberi nama Call BRI. Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungi Call BRI ini. Diantaranya :

1.Melalui Telepon

Anda bisa menghubungi Call BRI sebagai call center dari Bank Republik Indonesia dengan melalui sambungan telepon. Adapun nomor yang bisa dihubungi untuk layanan ini, diantaranya di nomor 14017. Selain nomor tersebut, Anda juga bisa menghubungi layanan Call BRI ini di nomor 1500-017.

2. Melalui Email

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengirimkan email. Khusus untuk layanan ini, Anda bisa mengirimkan email, seputar keluhan ataupun pertanyaan mengenai produk dan layanan BRI, ke alamat callbri@bri.co.id.

3. Menggunakan Media Sosial

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa melakukan cara yang ketiga. Dimana dengan cara ini, Anda bisa menyampaikan keluhan yang ditujukan kepada call center dari BRI ini, dengan bantuan media sosial. Caranya tentu saja, dengan melakukan Direct Message (DM) ke beberapa akun sosial media dari BRI ini. Seperti akun bankbri_id, di Instagram, akun BRIofficialpage di Facebook, serta akun kontakbri di Twitter.

2. Bank Nasional Indonesia (BNI)

Call Center Bank BNI

Bank Nasional Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan BNI, merupakan bank milik pemerintah, yang juga merangkap sebagai bank publik. Hal ini dimulai, ketika BNI mulai memperdagangkan asetnya di Bursa Efek Jakarta, beberapa tahun yang lalu.

Dalam perkembangannya, BNI kini telah memiliki sekitar 2.262 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara di luar negeri, BNI telah memiliki sedikitnya 8 cabang. Sementara untuk layanan informasi serta untuk menyampaikan keluhan, BNI telah mendirikan call center khusus, yang diberi nama BNI Call.

Adapun cara untuk menghubungi layanan call center ini, seperti yang akan diberikan berikut ini. Diantaranya :

1.Melalui Sambungan Telepon

Untuk menggunakan layanan call center ini, Anda bisa memilih salah satu dari 2 nomor berikut ini, yang mana nomor tersebut, dibedakan berdasarkan negara, dimana Anda berada. Diantaranya di nomor 1500-046, untuk Anda yang berada di Indonesia, serta di nomor (62-21) 30500046, bagi Anda yang tinggal di luar negeri.

2. Mengirim Email

Selain melalui sambungan telepon, Anda juga bisa menghubungi layanan dari BNI Call ini dengan cara mengirimkan email. Anda bisa mengirimkan email Anda ke alamat bnicall@bni.co.id. Pastikan Anda mengirimkan email ini ke alamat yang benar, agar setiap keluhan dan pertanyaan bisa direspon dengan cepat.

3. Mengandalkan Sosial Media

Sosial media bisa dijadikan pilihan bagi Anda, untuk menyampaikan keluhan hingga bertanya mengenai produk dan layanan dari BNI ini. Anda bisa melakukan DM (Direct Message) di Facebook yang ditujukan di akun BNI. Jika Anda menggunakan Instagram, Anda bisa DM ke akun @bni46, serta akun @BNICustomerCare di Twitter.

4. Cara Lainnya

Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa menghubungi layanan BNI Call dengan menggunakan faksimili, maupun melalui aplikasi BNI Call Virtual Assistant. Untuk layanan BNI Call melalui faksimili, Anda bisa mengirimkan fax, ke nomor (021) 25541203. Sementara jika ingin menggunakan aplikasi, Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi BNI Call Virtual Assistant, barulah Anda bisa menggunakan layanan BNI Call ini.

✅TRENDING :  Situs Yang Diblokir di Indonesia (Update)

3. Bank Central Asia (BCA)

BCA didirikan pada tahun 1957, dan menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Bisa dibilang, BCA merupakan salah satu bank swasta yang memiliki kapitalisasi pasar yang lumayan tinggi. Bahkan pernah menjadi bank dengan kapitalisasi pasar tertinggi di ASEAN. Tepatnya di tahun 2019 yang lalu.

Ada beberapa produk dari BCA yang banyak diminati para nasabah. Seperti BCA Dollar, Tahapan BCA, LAKU,Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, Simpanan Pelajar, Tabunganku, Deposito Berjangka, dan yang lainnya.

Untuk memudahkan pelayanan, BCA sengaja mendirikan call center yang dikenal dengan nama Halo BCA. Dimana layanan ini bisa diakses dengan cara-cara seperti berikut ini. Diantaranya :

  • Dengan sambungan telepon di nomor 1500 888
  • Melalui whatsapp di nomor 08111500998
  • Melalui email, di alamat halobca@bca.co.id
  • Melalui webchat di laman https://www.bca.co.id/halobca, serta
  • Melalui sosial media, seperti Twitter dengan akun @halloBCA

4. Bank Mandiri

Meskipun terbilang masih muda, namun Bank Mandiri kini menjadi salah satu bank terbesar, yang menyangkut deposit, pinjaman, serta aset. Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri baru didirikan pada tahun 1998 yang lalu, dan merupakan gabungan dari 4 bank yang telah berdiri sebelumnya.

Diantaranya Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Eksim), Bank Bumi Daya (Bank DBD), serta Bank Dagang Negara (BDN). Ke-4 bank tersebut merupakan bank milik negara, yang dimerger menjadi bank Mandiri.

Untuk memudahkan setiap layanan dan transaksi, hingga menyampaikan berbagai keluhan dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan. Anda bisa menghubungi call center Bank Mandiri, yang lebih dikenal dengan Mandiri Call, dengan cara-cara berikut ini. Diantaranya :

  • Melalui telpon di nomor 14000, maupun di nomor (62-21) 5299-7777
  • Melalui faximile di nomor (62-21) 5299-7735
  • Dengan mengirimkan email ke alamat mandiricare@bankmandiri.co.id, serta
  • Melalui sosial media, seperti Facebook dengan akun bank mandiricare, Twitter di akun @mandiricare, serta Telegram dengan akun bankmandiri care

5. Bank CIMB Niaga

Didirikan pada tahun 1955, Bank CIMB Niaga kini menjadi bank terbesar keempat di Indonesia, serta bank swasta nomor 2 di Indonesia. Penilaian ini dilihat dari aset yang dimiliki oleh bank yang termasuk ke dalam CIMB Group ini.

Selain menyediakan layanan tabungan, bank CIMB juga tak ketinggalan untuk memberikan layanan dalam hal kredit rumah. Dimana untuk layanan yang terakhir ini, Bank CIMB Niaga menjadi bank penyedia kredit perumahan dengan peringkat nomor 3 di Indonesia.

Bagi Anda yang merupakan nasabah dari Bank CIMB Niaga ini, Anda bisa memanfaatkan call center dari bank ini, untuk mencari informasi mengenai layanan yang ditawarkan hingga menyampaikan keluhan, atas layanan Bank CIMB Niaga ini.

Adapun caranya dengan memilih salah satu dari beberapa cara dibawah ini, diantaranya :

1.Melalui Telepon

Anda bisa menghubungi call center Bank CIMB Niaga di nomor-nomor berikut ini. Diantaranya :

  • Layanan bebas pulsa di nomor 14041
  • Di nomor 1500800, untuk bertanya seputar layanan kartu kredit premium
  • Bagi yang tinggal di luar negeri, bisa menghubungi call center dari Bank CIMB Niaga ini di nomor (62-21) 29978888

2. Dengan Mengirimkan Email

Untuk menyampaikan keluhan dan bertanya seputar layanan dan produk dari CIMB Niaga ini, Anda bisa melakukannya dengan cara mengirimkan email yang ditujukan kepada call center dari Bank CIMB Niaga ini. Adapun alamatnya yaitu 14041@cimbniaga.co.id

3. Via Sosial Media

Bisa dibilang, selain menggunakan layanan telepon, email, website dan yang lainnya. Sosial media bisa menjadi alternatif untuk menghubungi call center dari berbagai bank dan jasa lainnya. Salah satunya yaitu untuk bank CIMB Niaga ini. Adapun untuk melakukan Direct Message (DM) untuk Facebook, bisa Anda melakukannya di akun CIMB Niaga. Sementara untuk Twitter bisa dilakukan di akun @cimbniaga.

6. Bank tabungan Negara (BTN)

Merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang berbentuk Perusahaan Terbatas (PT). Dimana BTN ini beroperasi dalam bidang layanan jasa keuangan perbankan. Namun kini, BTN lebih dikenal sebagai bank penyedia perumahan rakyat.

Salah satunya dengan layanan KPR (Kredit Perumahan Rakyat). Meskipun demikian, ada 3 sektor yang dijalankan oleh BTN ini. Diantaranya meliputi sektor perbankan perseorangan, sektor bisnis, serta sektor syariah.

Untuk memudahkan ketiga sektor tersebut, BTN sengaja mendirikan call center khusus, untuk memfasilitasi para nasabah yang ingin mengenal BTN lebih jauh, serta menyampaikan berbagai keluhan. Terutama mengenai produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank yang mulai berdiri di tahun 1897 ini.

Adapun cara untuk mengakses dan menghubungi call center dari Bank ini, bisa dilakukan dengan menghubungi melalui sambungan telepon di nomor 1500 826. Layanan ini bisa diakses 7 hari dalam seminggu, dam 24 jam secara non stop.

7. Bank Panin

Bank Panin didirikan pada tahun 1971. Merupakan sebuah bank yang berasal dari penggabungan bank-bank yang ada di Indonesia, yang kemudian dijadikan satu, seperti yang bisa dilihat saat ini. Dalam perkembangannya, bank ini telah bekerjasama dengan beberapa institusi keuangan terbaik di beberapa negara lain.

Bisa dibilang, Bank Panin ini merupakan bank pertama yang memperdagangkan asetnya dalam bentuk saham di Bursa Efek Jakarta. Tepatnya yang dilakukan pada tahun 1982 yang lalu. Bukan itu saja, saat krisis moneter melanda Indonesia di tahun 1998, Bank Panin termasuk ke dalam bank dengan kategori A, yang mana dengan kategori tersebut, bank ini tidak diharuskan untuk melakukan rekapitulasi.

Hal ini bisa dibuktikan, dengan konsistensi yang ditunjukkan oleh bank ini. Salah satunya dengan memberikan layanan customer service yang dikenal dengan call center, yang dikenalkan dengan sebutan Call Panin.

Untuk mengakses layanan ini, Anda bisa menghubunginya dengan cara-cara dibawah ini. Diantaranya :

  • Menelpon langsung di nomor 1500-678
  • Menelpon dari luar negeri di nomor (62-21) 251-5555
  • Di akun Facebook dengan nama panin bank fanpage
  • Twitter dengan akun @paninbank, serta
  • Akun Instagram dengan nama @paninbank.official

8. Bank Muamalat

Bisa dibilang, Bank Muamalat merupakan bank pertama di Indonesia yang menerapkan hukum-hukum syariat dalam operasionalnya. Didirikan pada tahun 1991, Bank Muamalat merupakan salah satu bank yang berdiri atas inisiatif Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta pemerintah Indonesia, yang didukung oleh para cendekiawan Indonesia, yang merasa perlu untuk mendirikan bank yang tanpa disertai unsur riba didalamnya.

Dalam produk layanannya, Bank Muamalat mengedepankan prinsip Wadiah (jual beli) serta prinsip Mudahaabah (bagi hasil). Sementara untuk pendanaannya sendiri, Bank Muamalat menerapkan prinsip jual beli, bagi hasil, serta prinsip sewa.

Meskipun demikian, Bank Muamalat tak pernah lupa untuk selalu melayani keinginan para nasabahnya. Terutama dalam merespon segala macam keluhan, yang bisa ditujukan ke call center Bank Muamalat ini.

Layanan yang dikenal dengan nama SalaMuamalat ini bisa dihubungi di nomor 1500-016. Sementara bagi Anda yang berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi SalaMuamalat ini di nomor (62-21) 8066 8000. Layanan ini akan merespon setiap keluhan Anda dengan cepat, dengan layanan selama 24 jam.

9. OCBC NISP

Bank OCBC NISP yang dulunya dikenal sebagai Bank NISP, merupakan bank tertua keempat di Indonesia. Selain BRI, BNI, dan juga BTN. Sebagai informasi, Bank NISP didirikan pertama kali pada tahun 1941.

Namun sejak OCBC Overseas Investment Pte.Ltd memegang kepemilikan saham, tepatnya di tahun 2015, menjadikan bank ini lebih dikenal dengan Bank OCBC NISP. OCBC sendiri telah lebih dulu dikenal di beberapa negara di Asia. Seperti Cina, Singapura, Malaysia, dan juga Hongkong.

Sementara untuk layanan call center yang diberikan, Bank OCBC NISP menyebut layanan ini dengan nama Tanya OCBC NISP. Dimana untuk layanan ini, Anda bisa menghubungi Tanya OCBC NISP, melalui salah satu dari beberapa cara dibawah ini. Diantaranya :

  • Untuk layanan dalam negeri, Anda bisa menghubungi nomor 1500-999
  • Sementara bagi nasabah yang berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi nomor (62-21) 2650-6300
  • Untuk layanan Tanya OCBC NISP via whatsapp, bisa melakukan chatting di nomor 0812-1500-999
  • Bagi Anda yang ingin mengirimkan email, bisa ditujukan ke alamat tanya@ocbcnisp.com
  • untuk layanan yang menggunakan akun Twitter, Anda bisa mengirimkan mention ke akun @tanyaocbcnisp

10. Bank Danamon

Bank Danamon didirikan pada tahun 1956, dengan nama Bank Kopra Indonesia. barulah 20 tahun setelah didirikan, tepatnya di tahun 1976, Bank Kopra Indonesia berganti nama menjadi Bank Danamon.

Nama Danamon sendiri diambil dari kata Dana Moneter. Dimana bank ini bisa dikatakan sebagai bank devisa pertama yang ada di Indonesia saat itu. Barulah pada tahun 1998, saat terjadinya krisis moneter, pemerintah Indonesia mengambil alih bank ini.

Hello Danamon merupakan cara lain yang diberikan oleh Bank Danamon ini. Terutama dalam memfasilitasi para nasabah yang ingin menyampaikan keluhan, dengan lebih mudah dan cepat. Layanan call center Hello Danamon ini bisa dihubungi dengan cara menelpon di nomor 1500-090, maupun di nomor (021) 2354-6100.

Demikian beberapa penjelasan seputar call center dari beberapa bank serta layanan jasa yang mungkin Anda butuhkan. Bukan itu saja, dengan nomor-nomor darurat dan nomor layanan customer service dari layanan jasa dan bank ini, diharapkan bisa memudahkan Anda. Terutama dalam menyampaikan keluhan maupun pengaduan terkait pelayanan, maupun kejadian tak terduga, yang mungkin Anda alami, yang mengharuskan Anda untuk menghubungi nomor-nomor tersebut. Semoga bermanfaat!