Ternyata begini Cara Screenshot di PC Yang Praktis!

Cara Screenshot di PC
Cara Screenshot di PC

Rasa-rasanya sekarang ini fitur screenshot atau meng-capture layar baik dari ponsel atau PC sudah menjadi kebiasaan pengguna gadget. Cara meangkap layar gawai memang sangat mudah. Namun bagaimana dengan cara screenshot di PC?

Mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Karena itu dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara screenshoot di PC yang praktis, mudah, dan pastinya anti ribet. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Mudah Dan Anti Ribet! Ini Dia 6 Cara Screenshot di PC

Pada dasarnya ada banyak metode yang bisa digunakan sebagai cara screenshot di PC. Mulai dari menggunakan tombol pada keyboard, fitur dalam  PC, hinga memakai aplikasi. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

1.Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

 cara screenshot di PC

Penggunaan kombinasi tombol Alt + PrtScr mungkin menjadi cara yang paling umum untuk menangkap layar di PC. Hasil screenshot dengan cara ini akan menampilkan keseluruhan layar dari tampilan jendela yang sedang aktif saja.

Namun biasanya ada beberapa komputer yang mana tombol Alt + PrtScr mungkin tidak berfungsi. Jika demikian, sebagai gantinya, pengguna bisa menekan tiga kombinasi tombol yaitu Alt + Fn + PrtScr secara bersamaan.

2. Menggunakan Tombol Print Screen

Langkah paling mudah dalam menng-capture layar laptop yaitu dengan memencet tombol Print Screen. Untuk pengguna yang belum mengetahui posisi tombol Print Screen, biasanya letaknya berada di sisi kanan atas keyboard komputer.

Beberapa merek laptop umumnya memberikan label yang berbeda-beda pada tombol ini. Ada yang dilabeli dengan “prt scr”, “prnt scrn”, atau “prt sc”. Setelah menekan tombol tersebut, maka hasil capture akan tersimpan otomatis di clipboard.

3.Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Metode yang satu ini dikhususkan untuk pengguna Windows 10. Yaitu dengan menekan PrtScr dan tombol Windows untuk mengambil cuplikan layar di PC. Gambar hasil screenshot akan langsung tersimpan di direktori C pada folder Users.

✅TRENDING :  Cara Nonton Netflix di IndiHome

4.Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Selanjutnya, pengguna juga bisa mengambil screenshot pada area spesifik di layar dengan kombinasi tombol Windows, Shift dan S. Layar PC akan berubah menjadi abu-abu, dan pengguna bisa memotong area tertentu dalam berbagai bentuk.

5.Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada sejak era Windows Vista. Fitur ini berada di Windows Accessories. Pengguna cukup mengetikkan Snipping Tool di kolom pencarian Windows untuk membukanya.

Sebenarnya cara ini sama saja dengan metode yang telah dibahas sebelumnya dengan menekan tombol Windows + Shift + S. Namun bila pengguna tidak ingin repot mengingat kombinasi tersebut, makan bisa memakai Snipping Tool ini saja.

6.Menggunakan Aplikasi Dropbox

Cara cara screenshot di PC selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Dropbox. Sebagai media data sharing online yang cukup populer, mungkin sebagian besar pengguna sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini.

Salah satu layanan cloud Dropbox adalah fitur screenshot dengan mudah dan cepat. Untuk menggunakan fitur ini, aplikasi Dropbox harus sudah terinstal di PC. Caranya, pilih menu “Preferences” dan klik opsi “import”.

Kemudian berikan tanda centang pada tulisan “Save screenshot to your Dropbox”. Setelah itu, pencet Print Screen dan gambar akan langsung tersimpan di akun Dropbox. Silahkan buka folder Dropbox di Windows Explorer untuk melihat hasilnya.

Ternyata ada cuup banyak cara screenshot di PC yang bisa dicoba ya. Pengguna bisa menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.