Rekening Bersama Tokopedia untuk Kemudahan Transaksi Online

Tokopedia hadir sebagai salah satu marketplace di Indonesia bersaing dengan Shopee, Bukalapak, serta marketplace lain. Tokopedia selalu berusaha memberikan pelayanan kepada konsumen yang prima dengan membuka rekening bersama Tokopedia. Rekening tersebut bertujuan agar pembeli dan penjual di Tokopedia dimudahkan untuk bertransaksi.

Sekilas Mengenai Rekening Bersama di Tokopedia

Rekening bersama Tokopedia merupakan jasa pelayanan dari pihak ketiga untuk menampung dana dari konsumen, sebelum diteruskan kepada penjual. Dalam hal ini, Tokopedia berperan besar sebagai jasa pihak ketiga tersebut agar pembeli dan penjual bisa mendapatkan kenyamanan ketika bertransaksi online.

Transaksi online banyak digunakan pada saat ini karena lebih aman dan terjamin. Terlebih, di tengah pandemi seperti saat berbelanja keluar rumah sangat berisiko tertular wabah sehingga banyak orang enggan melakukannya. Maka dari itu, marketplace banyak dipilih sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhannya agar lebih aman.

Meningkatnya konsumen di marketplace, membuat tokopedia mencari solusi agar pembeli dan penjual saat bertransaksi di Tokopedia lebih aman dan nyaman. Salah satu bentuk pelayanannya dengan membuka rekening bersama. Hal tersebut memang sudah dilakukan sejak pertama kali Tokopedia berdiri agar melindungi penjual dan pembelinya.

Adapun cara kerja rekening bersama ini, menampung dana dari pembeli untuk diteruskan pada penjual. Saat pembeli hendak membeli barang-barang tertentu di Tokopedia, pembeli akan transfer sejumlah uang senilai harga barang ditambah ongkos kirim. Nah, uang yang ditransfer dari pembeli tidak langsung diteruskan kepada penjual.

Tokopedia akan menampung dana pembelian dari konsumen sampai barang yang dibeli oleh konsumen diterimanya. Konsumen harus menyatakan transaksi selesai melalui aplikasi Tokopedia agar marketplace ini bisa menerima laporan bahwa barang yang dibeli benar-benar diterima oleh konsumen yang bersangkutan. Selanjutnya, Tokopedia akan meneruskan dananya kepada penjual.

✅TRENDING :  Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru Windows 11,10,9

Penjual dan pembeli yang ada di Tokopedia tidak perlu ragu akan transaksi tersebut agar kredibilitas penjual tetap terjaga, karena konsumen bisa  mendapatkan uangnya kembali ,bila barangnya kosong melalui sistem refund di Tokopedia. Sistem refund tersebut akan terjadi bila barang yang dibeli oleh konsumen tidak ada, sementara pembeli sudah melakukan transfer.

Kelebihan Menggunakan Rekening Bersama Tokopedia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Tokopedia memfasilitasi nasabahnya dengan membuka rekening bersama Tokopedia agar menjamin keamanan pembayaran antara penjual dan pembeli. Terlebih tidak sedikit konsumen ragu untuk berbelanja online karena khawatir uangnya dibawa kabur oleh penjual palsu dan barangnya tidak diterimanya.

Penggunaan rekening tersebut bertujuan agar pembeli dan penjual ,mendapatkan kenyamanan bertransaksi atau tidak adanya rasa tidak percaya dari pembeli kepada penjual karena uang pembeli akan disimpan di pihak ketiga, dalam hal ini Tokopedia.  Selain itu, terdapat juga beberapa kelebihan lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan kepercayaan konsumen kepada penjual, penjualan tentunya akan meningkat bila pembeli sudah percaya. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan penjual bila penjualannya meningkat.
  • Transaksi lebih aman bila dana telah berada di pihak Tokopedia, karena penjual juga tidak akan berisiko mendapatkan penipuan dari pembeli. Misalnya, pembeli membohongi penjual dan menyatakan sudah transfer.
  • Kredibilitas penjual terjaga, sehingga konsumen akan percaya, membeli di toko tersebut berulang kali.
  • Selain itu, pembeli juga akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi, seperti mudah mengajukan komplain, garansi dan refund.
  • Selama ini, pembeli enggan bertransaksi online karena seringkali mendapatkan penipuan. Namun, adanya rekening bersama di Tokopedia memberikan keuntungan kepada pembeli agar agar mendapatkan jaminan transaksi dan meminimalisir risiko terjadinya penipuan yang mungkin terjadi pada pembeli online.
✅TRENDING :  Cara Menghasilkan Uang Dari Aplikasi Buzzbreak terbaru 2021

Tokopedia hadir sebagai solusi cerdas untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Namun, masih banyak orang yang meragukan untuk bertransaksi online karena seringkali terjadi penipuan. Maka dari itu, penting diketahui oleh semua konsumen Tokopedia mengenai  rekening bersama tokopedia.