Tips Jitu dan Cara Agar Google Form Tidak Bisa Diedit Orang Lain!

Cara Agar Google Form Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Google Form merupakan salah satu produk Google. Dimana Anda dapat membuat semua formulir dan menyebarkannya secara online. Anda tidak lagi membutuhkan berlembar-lembar kertas serta berkeliling untuk menyebarkan formulir, sangat canggih bukan? Namun terkadang, kecanggihan tersebut, justru membuatnya bisa diedit oleh siapapun. Kenali yuk, cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain!

Namun semakin canggih teknologi ya semakin ada saja juga celah untuk berbuat curang. Salah satunya kasus dimana orang lain dapat melakukan edit pada isi Google Form  Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut masih dapat dicegah dengan melakukan beberapa tips cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain berikut ini!

Tips dan Cara agar Google Form Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Cara Agar Google Form Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Agar Google Form yang telah Anda buat, tidak diedit oleh orang yang tidak berkepentingan, dan tidak mudah disalahgunakan. Ada baiknya, Anda melakukan pengaturan sendiri. Gunanya agar orang lain tidak bisa mengedit Google Form tersebut. Adapun caranya seperti berikut ini,

1.    Menghapus Riwayat Pencarian browser

Cara ini merupakan kebiasaan yang mudah. Namun sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Bahkan, banyak dari mereka yang menyepelekan hal ini. Namun, Anda justru dapat memberi celah kepada orang lain, dengan membiarkan jejak riwayat pencarian Anda agar terlihat begitu saja. Maka dari itu, mulailah untuk membiasakan diri dalam menghapus riwayat pencarian pada browser Anda.

2.    Logout Pada Email yang Ada di Laptop/Komputer

Hal ini merupakan perpanjangan dari tips di poin awal. Jika Anda melakukan proses login email  pada laptop atau PC milik Umum, tips ini sangatlah penting untuk Anda ingat. Anda tidak bisa memantau dan mengetahui siapa saja yang melakukan akses pada laptop atau PC tersebut

Sehingga untuk mencegah adanya orang asing menyusup kedalam email  ataupun mengambil alih google form. Sangat di sarankan, agar Anda bisa melakukan logout email  sebelum melanjutkan aktivitas di tempat lain. Sebagai perlindungan tambahan, Anda dapat menghapus alamat email Anda yang terekam pada halaman login google mail.

3.    Jangan Keliru dalam Melakukan Share Link

Poin ketiga dalam cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain, yaitu dengan selalu teliti dalam membagi link. Jika Anda bekerja dengan kondisi terburu-buru, kesalahan kecil hingga  fatal sekalipun akan mudah menghampiri Anda.

✅TRENDING :  7 Situs Baru Pengganti Cinemaindo (Update Link)

Salah satunya yaitu dengan keliru dalam melakukan share link. Seharusnya Anda memberikan link serta izin untuk edit kepada rekan kerja Anda. Namun, karena kelelahan atau sedang terburu-buru,  Anda malah  memberikan hak edit tersebut ke pihak yang tidak seharusnya. Jika link tersebut berisi dokumen yang penting, kejadian ini tentu akan membuat Anda menjadi kewalahan dan malah bisa mengacaukan  pekerjaan Anda.

Sebelum berbagi file melalui Google Form, Anda akan melihat beberapa pilihan. Anda bisa memilih siapa saja, yang berhak mendapatkan salinan link formulir tersebut, dan melakukan hak edit atau tidak.

Pastikan Anda benar-benar memilih opsi yang sesuai dengan keperluan. Bekerja pada saat kelelahan ataupun terburu-buru, merupakan keadaan yang sangat tidak direkomendasikan oleh siapapun. Sebelum memulai pekerjaan, pastikan Anda benar-benar berada dalam kondisi yang baik dan tidak sedang terburu-buru.

4.   Menggunakan Akun Perusahaan

Poin selanjutnya dalam cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain, yaitu dengan menggunakan akun email resmi. Jika Anda membuat Google Form untuk kepentingan suatu instansi atau perusahaan.

Alih-alih menggunakan akun Google milik pribadi, akan lebih baik menggunakan akun email milik perusahaan saja. Email perusahaan umumnya memiliki alamat domain tersendiri dan dapat diatur mengenai pihak mana saja yang dapat mengaksesnya. Sudah pasti hanya pihak internal saja yang mendapatkan izin untuk melakukannya. Dengan begitu isi dari formulir anda akan terhindar dari tangan-tangan oknum yang iseng.

5.    Memanfaatkan Fitur Add-On

Tips kelima dalam cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain, yaitu dengan menggunakan Add-On. Fitur Add-On dikenal memberi banyak bantuan kepada penggunanya. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Alangkah lebih baik, jika Anda mengetahui kebijakan pemberian Add-On terlebih dahulu, dan sejauh apa hak akses yang diberikan.

✅TRENDING :  Ini Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form, yang  Mudah!

Jika terdapat opsi untuk melakukan pembayaran. Maka, lakukan riset apakah fitur-fitur yang akan didapat setelah membayar, benar-benar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan atau tidak. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyesalan.

6.    Ganti Password Secara Berkala

Tips lainnya dalam cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain, gantilah password Anda. Opsi  ini mungkin akan sangat merepotkan bagi sebagian orang. Karena harus memikirkan kombinasi rangkaian angka dan huruf sebagai sebuah password.

Namun untuk benar benar mendapatkan perlindungan ekstra, tidak ada salahnya untuk mencoba. Mengganti password dalam kurun per 3 bulan sekali, mungkin sudah cukup baik. Jika khawatir lupa, Anda bisa set waktu melalui aplikasi pengingat pada kalender Anda.

7.    Menggunakan Mode Samaran

Sebagai penutup, dalam topik cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain ini, yaitu dengan sistem Incognito. Ya, satu lagi fitur canggih yang dapat membantu Anda, terutama bagi yang pelupa. Incognito akan secara otomatis melakukan logout pada email Anda, pada saat kondisi laptop atau komputer mati.

Pada saat orang lain menggunakan laptop atau PC tersebut, sistem akan menemukan akun email Anda sudah dalam posisi logout. Namun, mode ini tidaklah aktif secara otomatis, melainkan Anda yang harus mengaktifkannya secara manual. Sebelum menggunakan browser.

Ada 2 cara untuk mengaktifkan mode ini. Pertama, silahkan membuka aplikasi browser lalu klik icon 3 titik yang berada pada kanan atas halaman browser. Pilih jendela samaran baru. Jendela atau tab baru dengan mode samaran akan terbuka.

Untuk langkah singkatnya, Anda bisa klik Ctrl+Shift+N pada keyboard Anda dan mode incognito (mode samaran) sudah dapat digunakan. Dengan fitur incognito ini, Anda bisa melakukan blokir cookie pihak ketiga, saat membuka jendela samaran baru (incognito).

Cara Untuk Membagikan File Google Form

Langkah ini akan sesuai untuk melengkapi informasi tentang tips dan cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain. Diantaranya :

  1. buka browser Anda, lalu ketikkan Google Form pada kolom mesin pencarian
  2. Setelah berhasil akses Google Form, pada halaman awal akan terdapat beberapa jenis template yang bisa Anda gunakan atau jika template yang tersedia kurang sesuai, Anda bisa memilih membuat form Pilihan untuk membuat form terdapat pada bagian pilihan paling kiri
  3. Selesai menginput seluruh informasi, klik opsi kirim yang terdapat pada kanan atas tampilan formulir Anda
  4. Secara otomatis, akan muncul beberapa box Perhatikan pada deretan kata, kirim melalui salah satu, dari 3 pilihan yang ditampilkan. Anda bisa melakukan sharing langsung melalui email atau berupa link serta berupa penyematan HTML. Jika berbagi via email, Anda tinggal memasukkan alamat email tujuan pada kolom ke, lalu klik kirim
  5. Jika berupa link, Anda bisa klik tab yang berada setelah icon amplop (email), Anda akan menemukan link dari formulir Anda yang sudah dirancang otomatis oleh mesin. Jika merasa link tersebut terlalu panjang, silakan klik box perpendek url. Box ini berada persis di bawah letak URL. Klik salin, lalu Anda mengirim link formulir ini ke banyak orang melalui whatsapp, line atau sosial media lainnya.
  6. Pada sisi kiri, tepat di samping tab kirim terdapat icon opsi Silakan klik opsi tersebut
  7. pada layar akan muncul beberapa opsi. Anda hanya perlu fokus pada tab umum
  8. Di sub menu “responden dapat” terdapat 2 kotak pilihan menu, yang mana kalau Anda centang, maka orang yang akan menerima link formulir tersebut dapat melakukan akses edit. Jika Anda tidak ingin memberi akses kepada siapapun, pastikan kedua box opsi ini tidak tercentang salah satunya. Akhirnya dokumen Anda akan rawan dicurangi oleh oknum yg iseng
✅TRENDING :  Cara Download Film Di HP Dengan Mudah

Mudah, bukan? itu dia informasi dan tips dan juga cara agar Google Form tidak bisa diedit orang lain. Anda bisa mencoba melakukan pengaturan seperti itu, untuk menghindari Google Form Anda, disalahgunakan oleh orang yang tidak berkepentingan. Semoga bermanfaat, ya!