2 Produk Finansial Asuransi Pendidikan Allianz Yang Wajib Diketahui

Asuransi Pendidikan Allianz

Sudah menjadi kewajiban jika orang tua harus memberikan pendidikan ke jenjang yang tinggi untuk anak – anak mereka hingga dewasa nanti. Maka tak heran jika banyak orang tua merencanakan pendidikan anak sejak awal dengan menggunakan produk asuransi pendidikan di Allianz. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan dua jenis produk asuransi Allianz berikut ini!Perlu Anda ketahui sebelum menggunakan asuransi pendidikan Allianz, bahwa didalamnya terdapat dua jenis produk finansial yang sering digunakan dalam mengumpulkan dana pendidikan. Dua jenis produk finansial tersebut diantaranya asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, selain itu kedua produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurang masing – masing yang berbeda.

2 Jenis Asuransi Pendidikan Allianz

Asuransi Pendidikan Allianz

Agar Anda lebih mengetahui dan bisa memilih antara kedua jenis produk finansial dari Allianz, yuk simak penjelasan informasinya di bawah ini!

1.    Jenis Produk Tabungan Pendidikan

Inilah beberapa penjelasan lengkapnya tentang salah satu jenis produk finansial pendidikan Allianz yang berupa produk tabungan pendidikan.

A.    Merupakan Jenis Produk Tabungan

Salah satu jenis produk allianz ini bernama tabungan pendidikan yang merupakan sebuah produk tabungan berjangka dan diterbitkan oleh bank.

B.    Memiliki Jangka Waktu Yang Lebih Pendek Dengan Jangka Waktu 2 – 5 Tahun

Kelebihan dari jenis produk tabungan allianz ini, merupakan tabungan berjangka pendidikan yang bisa dicairkan dalam waktu yang relatif pendek. Pencairannya bisa dilakukan dalam jangka waktu dua tahun hingga lima tahun. Dengan begitu para  nasabah tidak bisa mengambil dana tersebut sebelum jangka waktu yang telah ditentukan berakhir.

C.     Telah Dijamin Oleh Lembaga Penjamin Simpanan Atau LPS

Seperti sebuah produk tabungan lainnya, dana para nasabah produk tabungan pendidikan dari Allianz tersebut juga dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Lembaga tersebut akan berperan jika terjadi suatu hal tanpa disadari pada bank tempat Anda menabung.

✅TRENDING :  Cari Tahu Yuk, Berapa Biaya Asuransi Pendidikan Untuk 3 Perusahaan Asuransi Berikut Ini!

Misalnya jika bank tersebut mengalami krisis atau sampai gulung tikar maka tabungan dana Anda akan tetap aman dan bahkan dikembalikan oleh LPS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

D.    Memiliki Resiko Yang Lebih Rendah

Selain itu pada produk jenis tabungan pendidikan memiliki resiko yang relatif lebih rendah karena adanya tanggung jawab pegemabangan dan pengelolaan dana oleh pihak bank. Jadi Anda sebagai nasabah bisa mengecek pengembangan dana tersebut secara berkala pada rekening.

E.     Memiliki Bunga Sekitar 3% Hingga 6%

Dengan adanya resiko yang rendah maka secara otomatis imbal hasil yang ditawarkan oleh tabungan pendidikan juga relatif rendah. Selain itu pada umumnya produk tabungan pendidikan menawarkan bunga berkisar 3% hingga 6% per tahun.

F.     Terdapat Manfaat Asuransi Jiwa

Lebih menarik lagi bahwa produk tabungan ini juga memberikan proteksi asuransi jiwa, hal tersebut tentu berbeda dengan produk tabungan dan deposito perbankan pada umumnya. Maka dengan begitu jika suatu saat terjadi musibah pada nasabah, maka penerima manfaat akan memperoleh sejumlah tabungan beserta bunga yang sudah tercantum dalam kontrak.

Selain itu jumlah proteksi asuransi jiwa pada produk tabungan pendidikan ini lebih rendah dari manfaat proteksi yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan.

2.    Jenis Produk Asuransi Pendidikan

Inilah beberapa penjelasan secara rinci tentang salah satu jenis produk finansial pendidikan Allianz yang berupa produk asuransi pendidikan.

A.    Pada Umumnya Berbentuk Asuransi Unit Link Dan Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi Pendidikan Allianz

Untuk produk asuransi dari Allianz pada umumnya berbentuk asuransi investasi atau unit link dan juga ada yang berbentuk asuransi jiwa dwiguna atau endowment. Jadi kedua asuransi tersebut selain bisa memberikan proteksi keduanya juga sama – sama memberikan nilai tunai.

✅TRENDING :  Syarat Pembukaan Rekening BNI dan Biaya Setoran Awal

Lalu nilai tunai tersebut akan dicairkan pada saat nasabah masih hidup sehingga nantinya bisa dipakai untuk dana pendidikan. Jadi intinya kedua asuransi unit link dan asuransi dwiguna memiliki perbedaan yang terletak pada pihak yang memilih produk investasi untuk pengambangan dana dan penanggung resikonya.

Karena terdapat tanggung jawab dalam produk  asuransi pendidikan dwiguna dalam memilih produk investasi dan mengelola dana investasi yang terletak pada perusahaan asuransi. Dengan begitu para nasabah tidak akan mengetahui bahwa dananya ditempatkan di ke dalam produk investasi apa saja. Maka dengan begitu imbal hasil yang diberikan dwiguna lebih tinggi dari tabungan pendidikan.

Namun untuk pada produk asuransi pendidikan unit link, Anda sebagai nasabah akan mendapatkan keleluasaan dalam memilih sendiri produk investasi yang akan dipakai untuk pengembangan dana. Oleh karena itu nantinya resiko pengembangan dana akan diserahkan sepenuhnya pada nasabah. Itulah yang menjadi penyebab imbal hasil dan risiko unit link lebih tinggi dari asuransi jiwa dwiguna.

B.    Memiliki Imbal Hasil Bisa Lebih Tinggi

Seperti sedikit ulasan diatas bahwa imbal hasil yang diperoleh dari nilai tunai asuransi pendidikan akan berpotensi lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan pendidikan. Para nasabah bisa saja memperoleh imbal hasil hingga 20% per tahunnya pada asuransi unit link.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa potensi penurunan juga tinggi karena adanya kinerja porsi reksadana pada unit link. Selain itu tergantung juga pada kinerja pasar saham pada umumnya.

C.     Memiliki Resiko Lebih Tinggi

Salah satu produk Allianz yang berbentuk asuransi unit link memiliki resiko paling tinggi jika dibandingkan dengan produk tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan dwiguna. Untuk itu pada saat investasi terjadi kerugian maka nasabah butuh waktu lama untuk membayar premi agar nilai yang ingin dicapai bisa terwujud.

✅TRENDING :  7 Cara Investasi Saham di Bank BRI dengan Tepat dan Mudah

Oleh karena itu sebelum memilih produk asuransi pendidikan seperti unit link maka lebih dulu kenali resiko pribadi dan kinerja dari masing – masing produk investasi. Sebelum memilih unit link ketahuilah bahwa dana yang nantinya akan Anda tempatkan tidak bisa menjamin seperti pada produk tabungan pendidikan.

D.    Memiliki Jangka Waktu Lebih Panjang Hingga Sampai 10 Tahun Atau Lebih

Pada umumnya untuk jenis produk asuransi pendidikan akan menerapkan jangka waktu pencairan nilai tunai. Jadi jangka waktu tersebut akan lebih lama dari tabungan pendidikan, maka dalam asuransi pendidikan nasabah bisa mencairkan nilai tunai 10 tahun atau lebih.

E.     Menyediakan Manfaat Produk Asuransi Jiwa Dan Asuransi Kesehatan

Karena berbentuk produk asuransi maka tak heran jika para nasabah yang akan membeli produk ini, nantinya juga bisa memperoleh berbagai proteksi mulai dari uang pertanggungan atau UP asuransi jiwa, hingga manfaat pengganti biaya kesehatan pada asuransi kesehatan.

Lalu untuk perolehan jumlah manfaat proteksi yang diterima oleh nasabah akan ditentukan dari kesanggupan nasabah yang membayar premi. Jadi jika nasabah semakin besar dalam membayar premi maka semakin banyak pula manfaat yang bisa diperoleh.

Nah itulah penjelasan informasi mengenai jenis asuransi pendidikan Allianz yang perlu diketahui sebelum menggunakan layanannya, semoga bermanfaat dan terima kasih.