Tampilan Spotify Telah Diganti, Begitu Pula Tiktok, Instagram, Dan Youtube.

Persaingan ketat di industri teknologi mendorong platform pemutar musik Spotify Rabu (3/8/2023) mengubah tampilan dan nuansa beranda aplikasinya.

Sebagai bagian dari acara Stream on 2023, Spotify mengumumkan beberapa perubahan tampilan baru.

“Mulai hari ini, ketika Anda membuka Beranda di aplikasi Spotify, Anda akan menemukan lagu, podcast, dan buku audio yang dipersonalisasi, serta cuplikan yang dipilih dengan cermat untuk didengarkan,” tulis Spotify di blog resminya.

Kutipan dari The Verge: Desain baru Spotify di halaman Pencarian berfokus pada visual dan pengguliran. Trek musik yang ditampilkan juga berubah dari persegi panjang menjadi memanjang vertikal.

Dengan perubahan baru ini, pengguna hanya perlu menggeser ke atas dari bawah untuk menemukan konten yang ingin didengar, mirip dengan fitur geser konten di halaman For You (TikTok) atau Reels (Instagram).

Spotify juga meningkatkan layanannya dengan memperkenalkan teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk fungsi Smart Shuffle guna menyenangkan pengguna.

Dengan pembaruan ini, pengguna kini dapat memutar lagu secara acak berdasarkan genre lagu yang sering diputar.

Untuk menambah variasi pengalaman, Spotify juga menampilkan musik yang disertai dengan konten video.

Perubahan lain juga terlihat saat mengakses halaman Podcasts & Shows, di mana pengguna melihat cuplikan podcast yang telah diunggah sebagai video.

Sementara itu, halaman konten audiobook akan menampilkan snippet sebagai sampul konten bersama dengan snippet audio. Selain itu, Spotify disebut berkontribusi pada resolusi konten yang ditampilkan dalam aspek rasio 9:16.

Semua perubahan yang dilakukan Spotify selain untuk memudahkan pengguna menemukan konten.

Sayangnya, perubahan baru yang dilakukan Spotify hanya terbatas di AS, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.