Begini 2+ Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF, Wajib Coba!

Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF
Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF

Google Form atau Google Formulir merupakan bagian program dari Google yang bisa Anda akses melalui browser di hp atau laptop. Dengan program ini, Anda dapat melakukan survey untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengubahnya menjadi PDF dengan cara mengubah Google Form menjadi PDF, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Sehingga, Anda membutuhkan beberapa data yang ada pada Google Form. Dengan begitu, tentu mendorong Anda untuk mencetaknya, dengan mengubahnya menjadi Format PDF. Mengubah Google Form menjadi PDF, tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara mengubah Google Form menjadi PDF.  Untuk mengetahuinya Anda harus menyimak ulasan artikel ini hingga selesai.

Ini 2 Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF

Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan cara mengubah Google Form  menjadi PDF. Di antaranya melalui ponsel atau PC alias komputer. Daripada Anda semakin penasaran, simak ulasan berikut ini, ya!

1.    Melalui Ponsel

Jika Anda ingin mengubah Google Form menjadi PDF, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Seperti yang kita tahu, ponsel memiliki dua basis sistem. Diantaranya android dan IOS atau Iphone. Untuk itu kami menyajikan kedua cara mengubah Google Form menjadi PDF dengan ponsel. Diantaranya :

a.     Mengubah Google Form  melalui Android

Tenang, jika modal Anda hanyalah seonggok ponsel android, Anda masih bisa melakukan cara mengubah Google Form menjadi PDF, kok. Anda bisa menggunakan Google Drive di ponsel android Anda untuk mengedit Google Form ini.

Caranya cukup mudah, tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa melihat titik tiga di sudut atas formulir di samping ikon kirim. Anda bisa mengklik ikon yang ada di bagian halaman web. Dari sana terdapat menu yang akan muncul, lalu Anda bisa mengklik dengan pilih Cetak. Dan laman baru akan tampil, dengan opsi baru.

✅TRENDING :  Aplikasi BiP: Pengertian, Cara Menggunakan dan Fiturnya

Anda bisa mengklik drop-down lalu pilih printer. Untuk cara mengubah Google Form menjadi PDF, Anda tinggal memilih Save as PDF.  Akan tetapi, jika opsi simpan PDF tidak terlihat, Anda bisa mengklik semua printer dan pilihlah simpan sebagai PDF.

Anda bisa mengklik PDF untuk mengubah Google Form ke PDF, lalu Anda bisa mengunduhnya di ponsel android yang Anda miliki. Pilihlah tempat penyimpanan yang sudah Anda tentukan, dan jangan sampai kebingungan, agar nantinya, Anda tidak kehilangan dokumen tersebut. Karena saat menyimpannya Anda lupa di file mana.

b.     Mengubah Google Form Melalui iPhone

Jika ponsel Anda berbasis IOS alias Iphone, Anda pun masih bisa melakukan cara mengubah Google Form menjadi PDF, kok. Bahkan Anda bisa melakukannya dengan dua cara untuk menyimpan Google Form menjadi PDF.  Kedua cara tersebut diantaranya ada yang mirip dengan cara menyimpan di  ponsel pada umumnya, ada juga cara alternatifnya.

Dari pada Anda semakin bingung, langsung saja kami akan menjelaskannya pada Anda. Untuk melakukan cara mengubah Google Form menjadi PDF yang pertama yakni dengan membuka Google Form terlebih dahulu. Harus dingat, untuk memastikan Google tersebut, terdapat data yang Anda butuhkan. Lalu pilih titik tiga di sudut samping tombol kirim, pilih opsi printer. Terakhir Anda harus mengklik simpan dokumen sebagai PDF.

Cara yang satu ini memang tidak dapat dilakukan oleh semua perangkat IOS. Jika Anda menggunakan cara tersebut, dan ternyata tidak berhasil. Maka, Anda masih bisa melakukannya dengan cara alternatif, kok.

Ya, seperti yang sudah dijelaskan,  merubah Google Form menjadi PDF melalui ponsel basis IOS seperti Iphone atau Ipad ini memiliki dua cara. Nah untuk cara kedua yakni cara alternatif. caranya yaitu, Anda bisa membuka Google Form seperti biasa, akan tetapi Anda harus membukanya melalui Google Drive atau jika ingin praktek gunakan tautan saja.

✅TRENDING :  15 Situs Download Torrent Terbaik dan Terlengkap (2021)

Setelah membuka Google Form melalui Google Drive, Form tersebut akan keluar atau terbuka di browser default yang ada pada  iPhone Anda. Pilih dan klik ikon bagikan di browser, nantinya akan muncul sebuah penampilan pop-up yang terbuka. Anda bisa langsung memilih opsi di samping nama Form yang Anda miliki dan pilih PDF pada bagian daftar opsi yang muncul di layar Anda, klik tombol selesai.

Setelah itu, Anda akan dibawa pada sebuah layar bagikan, temukan save to file untuk mengklik dan pilih tempat penyimpanan yang dituju. Setelah itu Anda bisa menyimpannya dengan Format PDF.

2.    Mengubah Google Form Melalui PC  atau Komputer

Jika Anda ingin melakukan perubahan dari Google Form menjadi PDF melalui komputer alias PC. Anda bisa melakukannya dengan membuka Google Formulir yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Tentunya dalam keadaan mode edit, ya!

Pada bagian kanan atas, tepatnya di samping tombol kirim dan pengaturan, Anda bisa mengklik ikon titik tiga. Maka semua menu akan muncul di layar monitor. Anda bisa memilih opsi cetak dan jangan lupa mengkliknya, ya.  Setelah itu barulah layar terbuka, dan di bagian sisi kanan layar Anda akan menemukan kotak drop-down untuk Anda klik dan melanjutkan untuk mengklik opsi simpan Google Form menjadi PDF.

Akan tetapi, jika Anda tidak menemukan opsi save as PDF, Anda bisa mengklik see more. Dii sana, Anda akan mendapatkan opsi save as PDF di layar baru, atur penyimpanan file PDF seperti yang Anda inginkan.

Pilih folder penyimpanan dimana Google Formulir menjadi PDF, klik unduh atau simpan. Terakhir, Anda bisa menavigasikannya ke dalam folder komputer dan membuka dokumen tersebut menjadi PDF.

✅TRENDING :  Cara Menghapus Akun Snack Video Permanen

Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF dan Kelebihannya

Cara Mengubah Google Form Menjadi PDF

Jika Anda sudah tahu bagaimana merubah Google Form menjadi PDF ? tentunya Anda penasaran bukan dengan apa itu Format PDF, dan apa saja keunggulannya? Menyimpan dokumen dengan Format PDF memungkinkan semua jenis perangkat bisa membuka file atau dokumen. Sehingga bisa dikatakan, lebih  fleksibel. Selain itu ada beberapa keunggulan dari dokumen Google Form yang diubah menjadi PDF ini. Diantaranya:

1.    Setting Dokumen

Jika Anda mengubahnya dengan Format PDF, dokumen Anda akan tetap aman tanpa khawatir ada orang yang mengubah atau menyettingnya. caranya tentu saja, dengan menggunakan password setting.

2.    Dapat Menyimpan Dokumen Bergambar

Format dengan PDF tak hanya bisa menyimpan dokumen teks saja, lho. Jika Anda memiliki dokumen berupa gambar, format satu ini sangat pas untuk digunakan.

3.    Banyaknya Software PDF Reader

Sebab Format PDF ini terbilang fleksibel, memungkinkan banyaknya software PDF yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa membuka dokumen tersebut dengan menggunakan software apa pun. Dokumen dengan Format PDF bisa menjadi pilihan yang sangat tepat jika dalam menyimpan dokumen tugas pekerjaan Anda. Salah satunya dokumen Google Form.

Itulah Kenapa Anda perlu Menyimpan dokumen Google Formulir menjadi PDF. Tertarik? Silakan coba cara-cara mengubah Google Form menjadi PDF seperti yang telah dijelaskan di atas. Karena seperti yang telah diketahui, mengubah Google Form menjadi PDF tentunya memiliki banyak keunggulan.